Cara Islam Mempercantik Diri Wanita

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, April 30, 2014

Resume Kajian online wa HAMBA اللَّهِ SWT

Selasa, 29 April 2014.
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
pj : Bunda Evie
ْ
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Rebounding lagi ngetrend niih, ikutan aaahh. Bolehkah...

Kadang2 manusia itu memang ada sifat yang bosan terhadap kebiasaan, apalagi salah satu keunggulan wanita (dan para Bunda disini) adalah senang sekali melalukan perawatan diri dan melakukan hal2 lain diluar dari kebiasaannya. 


Salah satunya adalah model rambut wanita yang dilakukan perubahan2 terhadap model dan gaya bentuknya. 

Bagaimana Islam memandang hal ini

Pada dasarnya Islam memandang hal ini dengan MEMPERBOLEHKAN bagi Bunda untuk mengkriting rambutnya asalkankan dengan syarat :
1. Tidak mengikuti model orang kafir. 
2. Ia tidak boleh menampakkan rambutnya tadi kepada para pria selain mahromnya.

Rebounding Itu HARAM Bagi Wanita yang Tidak Berjilbab → Ini yang perlu diingat ya Bunda. 

Ada catatan yang mesti diperhatikan, jika Bunda ingin melakukan hal diatas, antara lain :

1. Keriting dan rebounding tersebut tidak boleh mengikuti model wanita kafir atau wanita fajir (yang gemar maksiat).

2. Yang boleh mengkriting rambut atau merebounding adalah diutamakan wanita juga ya Bunda. 

3. Rambut yang dikeriting atau direbounding tidak boleh ditampakkan kecuali pada suami atau mahromnya saja.

Hati2 dengan tujuan tersembunyi ya Bunda, yang bisa masuk kategori HARAM yaitu ingin PAMER RAMBUT yang merupakan aurat yang wajib ditutupi.

Bahaya Pamer Rambut yang Merupakan Aurat Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat : Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.”

Di antara tafsiran “wanita yang berpakaian tetapi telanjang” adalah wanita tersebut membuka aurat yang wajib ditutupi seperti membuka rambut kepala. 

Lihatlah ancaman untuk wanita yang sengaja buka-buka aurat : Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.

Rambut kepala juga merupakan perhiasan wanita yang wajib ditutupi. Allah Ta’ala berfirman,

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu ber-tabarruj seperti orang-orang jahiliyyah pertama.” (QS. Al Ahzab : 33). 

Tabarruj → menampakkan perhiasaan dan setiap hal yang dapat mendorong syahwat (godaan) bagi kaum pria.”

Dari sini, sungguh sangat aneh jika ada yang menghalalkan rebounding untuk wanita yang ingin pamer aurat....?

Semoga para wanita dan Bunda muslimah selalu diberi taufik oleh Allah untuk memiliki sifat malu. Sifat inilah yang akan mengantarkan mereka pada kebaikan. 

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,

الْحَيَاءُ لاَ يَأْتِى إِلاَّ بِخَيْرٍ

“Rasa malu tidaklah mendatangkan kecuali kebaikan.”

Semoga Allah memberi taufik untuk memperhatikan dan mengamalkan aturan yang telah Allah gariskan. Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna.

Wallahu Ta’ala a’lam.
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Assalamualaikum ustad, saya mau nanya, gimana klo yang pake jilbab tapi masih memperlihatkan lekuk tubuh nya, apakah itu termasuk pada wanita tertutup tp telanjang?
 Yessss Beneeerrr
➖➖➖
 Klo yg direbonding muka gmn? Setrika wajah utk nyenengin suami...?
Apapun untuk SUAMI di HALALkan, asal jangan ada niat tersembunyi dibalik itu.
Kecuali merubah bentuk yaa.
➖➖➖
 Tanya juga ustad, bagaimana juga hukumnya wanita yg menggunakan jilbab stylish (hijaber) tapi tetep syar'I. Hanya jilbabnya yg dimodel2, tapi pakainnya longgar. Hal ini dilakukan utk suami, baik krn tuntutan suami atau krn ingin terlihat menarik wlo berhijab didepan suami?
Jangan kan pakaian Bun, dulu disini sudah pernah ada yang menulis, tingkah laku seorang istri di atas ranjang harus "lebih" hebat dari seorang pelacur (yang diikuti ilmu servicenya ya, bukan kerjaannya).
➖➖➖
 Aq member Nu skin dan salah satu produknya adalah galva spa.bisa jg disebut setrika wajah..
Tp ni produk sdh bersertifikat halal ifanca (mui nya amerika) dan semua produknya berdasarkan penelitian dan ilmu pengetahuan..produknya knowledge.
Yg saya fahami produk ini bukan utk merubah takdir.khan dgn setrika wajah bs mengembalikan kekencangan wajah.tua sih tetap tua.nggak ada satupun produk yg bisa melawan ketuaan.tp tuanya tua yg terawat.maksud sy orang yg berumur 60 thn dan menggunakan galva wajah dgn orang yg berumur 60 thn tanpa menggunakan galva wajah berbeda tampilannya..bukan selamanya muda.tp tetap tua hanya teksturnya lbh kinclong gitu kira2..
Kalau memang untuk memberikan kesehatan, asalkan tidak melanggar koridor2 yang ditentukan, No Problemo Bunda
➖➖➖
 Subhanallah ..ternyata berjilbab tdk dgn baik itu ..jg seperti tdk berpakaian ya pak dody ..
Ayo bunda berhijab dg baik seperti yg di anjurkan ROSULULLAH  
Biar kita terhitung beribadah bkn ber maksiiat 
 Iyaaa... Lakukan secara bertahap yaa...

Hati2 dengan ucapan bathil → Yang penting hatinya dulu dijilbabin, baru badannya. INGAT, Tidak ada istilah JILBAB HATI. 

Belum Berjilbab → Berjilbablah
Berjilbab ketat → Longgarkanlah
Sudah longgar → Teruskanlah

Proses belajar itu terjadi setiap waktu tanpa mengenal BATASAN. Teruss dan Teruuus dan Teruuusss, pastinya ada yang cepat dan lambat (LEBIH disukai yang cepat, yang lambat jangan patah semangat)
 Intinya :
tetap tertutup. 
tdk membentuk tubuh
tidak transparan
tidak mengundang perhatian dg warna mencolok
dan yg utama cm yg nampak telapak tangan dan muka.
➖➖➖
 Assalamualaikum wr wb
Met Pagiii Kang Dodi... 
Aku mau tanya aja... klu yg pakai jilbab warna hitam panjang dan muka pakai cadar apakah itu sesuai spt yg disyariahkan..... .?
Ada 3 pendapat Ulama besar dalam hal ini. 

1. Pendapat pertama hanya dicukupkan kepada jilbab hitam dan longgar, 

2. Pendapat kedua lebih berhati-hati, jika memang wanita tersebut merasa cantik dibagian mukanya, bibir, hidung dll, lebih utama diberikan cadar

3. Ada yang berpendapat MUTLAK dan HARUS.
Yang ketiga biasanya jauh lebih KETAT dikarenakan wanita tsb jatuh kedalam TABARUJ (lihat pengertian Tabaruj dikajian, bukan hanya berdandan)
➖➖➖
 Saya mau tanya pak Dodi...kalo warna untk baju wanita yg pink n warna lembut lain apa benar tidak dibolehkan?saya pernah bincang2 dg teman.
Boleh Kok...
➖➖➖
 Pak mau tanya masalah dagang ,saya muslim tp yg saya jual itu campur ada gamis,celana pdk dan pj,rok jg pdk&pj,blus dan kaos.pdk pj,karena ikuti model yg laku sekarang,klu gak ngikuti kan gak laku,apakah boleh,? Dan.hasilnya penjualan temasuk gimana hukumnya ?
Dari sisi paling keras dulu ya Bunda ,

( إنَّ الله إِذَا حَرَّمَ شَيْئاً حَرَّمَ ثَمَنَهُ ) رواه أبو داود ( 3488 ) وصححه الألباني في " صحيج أبي داود "

Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda, 
“Sesungguhnya jika Allah mengharamkan sesuatu maka Allah pasti mengharamkan pendapatan yang dihasilkan darinya” 
[HR. Abu Daud, no. 3488, dinilai sahih oleh Al-Albani]
 Karena yg pendek2 itu,yg beli trus dipakai kan dia ngumbar aurat kan,pak,saya tau itu dosa kan,jd yg jualan ikutan dosa ngak,gimana hukumnya halal haramnya,
Tapi kalau mau mengikuti aturan yang TEGAS, seperti mengikuti hadist diatas.
Diluar dari nasehat agama, ini hanya saran dari teman group chat ini
Berlakulah proses transformasi sampai pelan2 Bunda bisa merubah ke arah yang lebih Syar'i

 Seperti saya mendapatkan nasihat terhadap orang2 yang bekerja di BANK, padahal jelas2 itu berada area yang tidak diperbolehkan. 
Jadi yang bekerja dibank, boleh berupaya dengan keras untuk mencari pekerjaan baru yang lebih baik, sambil tetap bekerja di sana.
 Analogi diatas adalah bisa diambil untuk kasus Bunda (pertimbangan seorang teman)
➖➖➖
  kang, nanya donk kalo pedagang baju muslim yg menjual baju muslim yang berbahan transparan itu hukumnya gmn? Skrg kan byk di outlet baju muslim yg spt itu.
Pastikan Bunda menjual pakaian tersebut dengan memberikan petunjuk bahwa pakaian tersebut bukan merupakan PAKAIAN UTAMA dan harus digunakan bersamaan sebagai aksesoris dengan PAKAIAN UTAMA nya.
➖➖➖
🙋 kang, apakah betul.jika kita menggunakan kerudung yg spt punuk unta diharamkan?
Betul Bunda, menurut yang menganut pemahaman seperti itu. Yang Dalaman jilbabnya ada yang pake bola seukuran bola tenis. 
Ada Ulama lain yang mengatakan bahwa punuk unta itu arti kiasan

Ada hadist yang Shohih yang menjelaskan tentang masalah punuk onta tsb.

Hadist tsb merupakan salah satu mukjizat Rasulullah صلى الله عليه وسلم Apa yang telah beliau kabarkan kini telah terjadi…

 Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda”

 ( صنفان من أهل النار لم أرهما قوم معهم سياط كأذناب البقر يضربون بها الناس ونساء كاسيات عاريات مائلات مميلات رؤوسهن كأسنمة البخت المائلة لايدخلن الجنة ولا يجدن ريحها وان ريحها لتوجد من مسيرة كذاوكذا )
رواه أحمد ومسلم في الصحيح .

“Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya,

1. Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia [maksudnya penguasa yang dzalim],
2. dan perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi surga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu [jarak jauh sekali]”.
(HR. Muslim dan yang lain).

 Ini tafsiran dari Ulama lain :
Al Maaziri berkata: dan mungkin juga maknanya adalah bahwa mereka itu sangat bernafsu untuk melihat laki-laki dan tidak menundukkan pandangan dan kepala mereka.
 Tafsiran terhadap punuk unta :
1. Menyisir rambut keatas dan dipilin berkaitan 
2. Seperti Al Maaziri katakan diatas
 Cuma paling banyak Ulama besar yang mengambill point 1, mau rambut asli kek (bisa dikepang saran Bunda Prima), mau disambung pake bola kek dlsbnyaa
 Lihatlah tingkah laku unta. Tengok kanan tengok kiri, hadap depan, jarang menghadap bawah dan bergoyang2 lembut pada saat berjalan
 Ya itu krudung kaya punuk unta itu namanya iner cemol pak
 Jangan jualan itu aaah
Rasulullah صلى الله عليه وسلم tau looohhh ada iner cemol disaat sekarang, hebbaat ngga...? Artinya itu masalah yang sangat BESAR dan pasti mengetahuinya sumbernya dari 1 saja yaitu اللّهُ سُبْحَانَهُ وتَعَالَى

🙋 Kalo nikahan biasanya penggantinnya dipakaikan yg spt itu kang utk memdhk periasan kerudungnya. Gmn donk kang ?
 Mgk kalo yg ditambah itu sama dengan cemara atau sanggul ya...tidak boleh
 Kumaha engke (gimana nanti) → tinggalin
Engke kumaha (nanti gimana) → lakuin
 Life is choice...!!! Pada saat kita diberikan kebebasan untuk memilih, maka apapun yang kita PILIH, maka akan diminta PERTANGGUNG JAWABANNYA
➖➖➖
 Pak Dodi, saya pernah membaca bahwa sesama wanita muslim pun kita ada auratnya. Dari pinggang sampai lutut.. Benerkah? Mohon penjelasannya
 Betul Bundaaa
 Banyak anak2 ABG kita salah paham tentang ini, senengnya malah mandi berdua atau rame2 dengan teman2nya
Aurat dibuka totaaallll
So kalau gitu, luluran meskipun therapistnya perempuan gak boleh bagian aurat tsb ya pak
 Bisa disikapi dengan memakai kemben, tangannya aja yang masuk dibawah kain ya Bunda
Ketikan saya, biasanya memang untuk laki2 yang dipijit karena keseleo, atau masuk angin, maka kalau dipijat oleh sesama laki2 untuk membetulkan hal yang salah, kondisinya sama seperti ke dokter juga Bunda
Kalau maslh lulur lebih baik di hindari...

 Kalau mijit ma tuna netra laki gimana kang ?
 Mata tak melihat, Tangan merasa
Ga boleh juga dunk, Bunda 
 Kt nya matanya yg gk nyala hatinya dan si iminnya nyala y kang
Iya Bunda.... Laki2 tidak ada unsur menopouse yaa, selama ybs kuat dan sehat, maka fungsi kelaki2annya tetap berjalan dengan Normal Dan Baik
➖➖➖
 Kang dodi, kuku panjang boleh gak siii...susah bener ksh tau ponakan suruh potong, ada hadist atau ayat qur'annya gak?
 Bunda, Laki2 dan perempuan jatuhnya sama yaa, jatuhnya tidak mengikuti Sunnah. Jangan biarkan kuku kita melebihi 40 hari

Memanjangkan kuku termasuk perbuatan yang bertentangan dengan ketentuan as-Sunnah, di mana Nabi صلى الله عليه وسلم telah bersabda,

اَلْفِطْرَةُ خَمْسٌ أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ اَلْخِتَانُ وَالاِسْتِحْدَادُ وَتَقْلِيْمُ اْلأَظَافِرِ وَنَتْفُ اْلإِبْطِ وَقَصُّ الشَّارِبِ

“Hal yang fitrah itu ada lima atau lima hal merupakan fitrah, yaitu khitan, mencukur rambut kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur kumis.” 
(HR. Al-Bukhari)

Kuku tidak boleh dibiarkan panjang hingga 40 (empat puluh) hari. Hal itu berdasarkan keterangan dari Anas Radhiyallahu ‘anhu , seraya berkata, “Telah ditentukan bagi kita (kaum muslimin) batas waktu mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak dan mencukur rambut kemaluan, bahwa tidak boleh membiarkannya lebih dari 40 (empat puluh) malam.” 
(HR. Muslim, bab bersuci (258)). 

Memanjangkan kuku dikategorikan menyerupai binatang dan sebagai orang kafir.
Bulu Dada tidak ada kewajiban untuk memotongnya Bunda 
Mencukur bulu kaki boleh kah kang ?
 Bulu kaki wanita...?

Pada dasarnya hal itu DILARANG. 
Tetapi ketika bulunya tumbuh liar dan menyerupai laki2, maka lebih baik dicukur, kalau cuma halus2 saja (bulu roma), biarkan saja jangan diapa2in yaa
 Padahal dari sudut pandang Suami ke Istri, bulu2 roma itu memanjakan mata suami looohhh. 
Jangan dicukur ya, membuat suami senang kan ibadah juga 
 Kl di cukur licin dan bersih alias mulus
 Awalnya LEBAAAT nda....?
 Kalau lebat seperi laki-laki dan ternyata hormon testoteronnya lebih dominan maka itu diperbolehkan.

Demikian isi kajian Selasa, 29 April 2014. 
Semoga bermanfaat dan Allah kian membukakan pintu hidayah agar kita tetap istiqomah di jalanNya. Aamiin yra.
Mohon maaf bila ada rekapan.yg krg berkenan. 

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!