Ketik Materi yang anda cari !!

BIDADARI-BIDADARI SURGA DAN KEDUDUKAN WANITA SHOLEHAH (1)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, May 13, 2014

Resume Kajian Online WA HAMBA اللَّهِ SWT 



Senin, 12 Mei 2014
Narasumber : Ust. DODI KRISTANTO
Notulen: Bunda Atien dan Bunda Hida







السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Mengapa  اللّهُ  menjanjikan bidadari kepada laki-laki di surga sedangkan wanita tidak disiapkan sebagaimana laki-laki (bidadara)

Jawaban  →
Karena laki-laki adalah pemimpin bagi wanita. Jika laki-laki dijanjikan semisal ini maka mereka akan lebih semangat dan berupaya dalam mencari akhirat dan tidak adanya kecondongan terhadap dunia karena bisa menghalangi mereka dengan berlomba-lomba menuju kebaikan.

Wanita umumnya mengikuti laki-laki. Jika laki-laki (dijanjikan) diberikan bidadari di surga, bersamaan dengan itu,  اللّهُ  juga menjanjikan bagi wanita yang beriman kebaikan yang besar dan kedudukan yang tinggi di surga. Bagi mereka pahala yang menjadikan mereka istri bagi suami mereka yang baik di surga (wanita di dunia akan mendapatkan suaminya di surga, menjadi suami-istri abadi).

Di surga tidak ada gangguan, perselisihan dan bahaya sebagaimana yang terjadi pada para madu (istri-istri) di dunia.

Bahkan mereka bersatu (hatinya) bersama suami mereka. Walaupun bersama suaminya 1000 wanita, maka tidak membahayakan, tidak membuat menyesal dan bersedih. Semuanya berada dalam kebaikan, kenikmataan, kenyamanan dan ketenangan.

Peranan Laki2 atau Suami :

Tugas laki-laki salah satunya adalah mendidik wanita para istri mereka. Dan laki-laki akan diminta pertanggungjawaban terhadap istri mereka. Ketika si istri melakukan kemaksiatan, maka suami juga akan ditanya diakhirat, “mengapa engkau biarkan istrimu bermaksiat....? Mengapa tidak kau didik...?”.

Dan umumnya wanita terkadang mengingkari kebaikan suami mereka (sebagaimana dalam hadits) dan bidadari adalah sebagai motivasi serta hiburan bagi para suami dan laki-laki (misalnya semangat berperang dalam jihad).

Oleh karena itu jika si istri membangkang dan sulit dididik, maka para suami memiliki hiburan berupa bidadari.

Sebagaimana sabda Nabi صلى الله عليه وسلم ,

لاَ تُؤْذِي امْرَأَةٌ زَوْجَهَا فِي الدُّنْيَا ؛ إِلاَّ قَالَتْ زَوْجَتُهُ مِنَ الْحُوْرِ الْعِيْنِ : لاَ تُؤْذِيْهِ قَاتَلَكِ اللهُ ؛ فَإِنَّمَا هُوَ عِنْدَكِ دَخِيْلٌ يُوْشِكُ أَنْ يُفَارِقَكِ إِلَيْنَا

“Tidaklah seorang wanita menyakiti suaminya di dunia kecuali istrinya di akhirat dari bidadari akan berkata, “Janganlah engkau mengganggunya, semoga Allah membinasakanmu. Sesungguhnya ia hanyalah tamu (sebentar) di sisimu, sebentar lagi ia akan meninggalkanmu menuju kami”

Wanita juga mendapatkan kenikmatan laki-laki yang ganteng, tubuhnya atletis dan penampilan yang sangat menarik. Yaitu suami mereka di dunia.

Para suami mereka akan diubah penampilannya menjadi sangat sempurna.

Penduduk surga akan menyerupai bentuk bapak mereka nabi Adam ‘alahissalam. Dan Nabi Adam adalah manusia yang paling sempurna, paling ganteng dan paling sempurna penampilannya karena langsung diciptakan oleh tangan  اللّهُ  Azza wa Jalla.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم  bersabda,

فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُوْرَةِ آدَمَ

“Semua yang masuk surga seperti bentuknya Nabi Adam“

Dalam riwayat yang lain,

إِنَّ أَوَّلَ زُمْرَةٍ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ عَلَى صُوْرَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ ثُمَّ الَّذِيْنَ يَلُوْنَهُمْ عَلَى أَشَدِّ كَوْكَبٍ دُرِّيٍّ فِي السَّمَاءِ إِضَاءَةً لاَ يَبُوْلُوْنَ وَلاَ يَتَغَوَّطُوْنَ وَلاَ يَتْفُلُوْنَ وَلاَ يَمْتَخِطُوْنَ … وَأَزْوَاجُهُمْ الْحُوْرُ الْعِيْنُ عَلَى خُلُقِ رَجُلٍ وَاحِدٍ عَلَى صُوْرَةِ أَبِيْهِمْ آدَمَ سِتُّوْنَ ذِرَاعًا فِي السَّمَاءِ

“Sesungguhnya rombangan pertama yang masuk surga seperti rembulan yang bersinar di malam purnama, kemudian rombongan berikutnya seperti bintang yang paling terang di langit, mereka tidak buang air kecil, tidak buang air besar, tidak membuang ludah, tidak beringus….istri-istri mereka adalah para bidadari, mereka semua dalam satu perangai, rupa mereka semua seperti rupa ayah mereka Nabi Adam, yang tingginya 60 hasta menjulang ke langit“

Sebagaimana laki-laki, wanita juga ingin mendapatkan pasangan yang paras dan penampilannya indah. Maka para wanita surga juga akan mendapatkan apa yang mereka inginkan di surga. Sebagaimana firman Allah,

لَهُمْ مَا يَشَاءُونَ عِنْدَ رَبِّهِمْ ذَلِكَ جَزَاءُ الْمُحْسِنِينَ

“Mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki pada sisi Tuhan mereka. Demikianlah Balasan orang-orang yang berbuat baik”
(Az-Zumar : 34)

لَهُمْ مَا يَشَاءُونَ فِيهَا وَلَدَيْنَا مَزِيدٌ

“Mereka di dalamnya memperoleh apa yang mereka kehendaki; dan pada sisi Kami ada tambahannya” (Qaaf : 35)

والله أعلم بالصواب
--
PERTANYAAN DAN JAWABAN:

Ada istri yang cemburu yang merasa ngga rela jika suaminya bersama bidadari
Jawaban saya akan menentramkan para Istri 
Semua WANITA DUNIA yang MASUK SURGA LEBIH TINGGI kedudukannya DARIPADA BIDADARI, mereka lebih cantik. Bahkan jika amal mereka baik, maka kecantikan mereka mengalahkan bidadari. Bisa jadi para bidadari yang sedemikian cantiknya dalam gambaran Al-Quran dan Sunnah, mereka hanya sebutir pasir di pantai, para bidadari tidak lagi ditoleh sedikitpun oleh suami wanita tersebut disurga. Oleh karena itu para wanita bisa membuat cemburu bidadari disurga sesuai dengan amal dan kepatuhan mereka terhadap suami dalam perkara yang baik.


■ Koq yg sering terdengar yg paling ganteng nabi yusuf ya, kemudian nabi Muhammad. Itu bagaimana...? Trus kl nabi Muhammad akan terlihat seperti dahulunya atau tidak ya.

Jawab  → Semuanya guanteng2 Bunda

■ Ustz saya pernah denger bhw wanita dunia mempunyai kelebihan atas bidadari karena ibadah dan ketaatan..kaif?
Pak ustadz, jika wanita sholihah yang di dunia belum menikah, belum dapat jodoh atau suaminya zholim nanti wanita tersebut di surga bgaimana?

Jawab  →Wanita Dunia yang masuk Surga, maka posisinya jauh lebih baik dari bidadari2 Surga.
Yang belum menikah didunia, diberikan kebebasan untuk memilih selama ybs Ridho menerima pilihannya.

■ Ustdz, saya pernah mendengar, jika seorang wanita menikah lebih dri 1X, maka yg menjadi pasangan nya adalah yg menjadi suami terakhirnya, apa itu benar?

Jawab  → Tidak benar Bunda.
Kalau suami terakhir tidak masuk Surga bagaimana...?
Tentunya yang taat yang memang masuk surga atau dipasangkan dengan Laki2 lain, selama wanita tsb Ridho terhadapnya.

■ Orang sholeh nanti akan dapat yang sholeh juga..kalau gak salah di An Nur..
Tp ada jg orang sholeh ketemu dg orang fasiq atau kurang sholeh..
Kasus fira'un d aisyiah
Nabi luth dpt istri jahat..
Gimn pendapatnya..

Jawab  → Dan banyak terjadinya didunia nyata sekarang juga
Itulah salah satu cobaan yang harus dilalui

■ Kalau orang liqo mendapatkan orang gk liqo gimana pak? Krn pendapat temen, dia blg, koq maunya ya org liqo dgn org gak liqo? Apakah dg iktn liqo, itu mrpkn tanda iman dy lbh baik

Jawab  → Apakah kita BERKEYAKINAN TINGGI bahwa orang yang tidak LIQO tidak mempunyai keimanan yang baik...?
TAKWA itu tempanya DiHATI, jangan pula kita merendahkan orang lain dengan menggunakan barometer diri kita sendiri.
Waspada BOLEH, menjustifikasi yang DILARANG.
Liqo itu istilah yang dipakai oleh kelompok tertentu saja.

Banyak cara dan metode yang bisa digunakan untuk memperdalam ilmu agama.
Yang penting kita tau batas2annya.

■ Jika hati blm rela/bahkan tidak rela di dua kan..apakah it artinya kurangnya rasa cinta kita terhadap sang khaliq?

Jawab  → Manusiawi ya Bunda... 

■ Pak jika wanita pernah menikah lebih dr satu, misal suami yg pertama meninggal kemudian menikah lagi. Dan kedua suaminya tersebut sama2 orang sholeh. Nanti di syurga-nya bersama siapa? Suami Yg pertama apa kedua?

Jawab  → Bunda diberikan kebebasan untuk memilih dengan siapa
Iya dunk. Yang paling dicinta.

■ Kalo aku mau tanya proses hidayah:
1. Bagaimana jika org tersebut sdh mengetahui ilmu Nya, tp dia jg msh ingkar akan kewajiban sbg umatnya?

Jawab  →  Ingatkan saja, bahwa jika hukumnya sudah diketahui, maka ARGO DOSA akan berjalan terus, jika kita belum menjalankannya 

2. Adakah proses agar mempercepat mendapatkan hidayah dibantu oleh orang lain? Bagaimana caranya? Mis. Istri ke suami atau suami ke istri, ortu ke anak atau anak ke ortu.
Sedangkan kita tahu kesadaran efektif adlh dr diri sendiri, bukan dipaksakan.

Jawab  →  Hidayah itu adalah Hak Prerogatif  اللّهُ Ta'ala, bahkan Ibunda Rasulullah pun tidak mendapatkan Hidayah dari  اللّهُ untuk memeluk Islam. Yang bisa kita lakukan adalah hanya BERHARAP dan MEMOHON kepada  اللّهُ Ta'ala agar dibukakan pintu hatinya.

3. Apakah ada tips cara yang dapat memancing org yg belum mendapatkan hidayah agar mau menggunakan AKALnya?

Jawab  →  Buatlah contoh perbuatan dari diri kita sendiri, misal Puasa atau Sunnah2 yang lainnya. Kalau dia lebih tua dari kita, in sha  اللّهُ mereka akan berfikir.

4. Boleh minta doa spya bs belajar dg mudah shg bs menghafal ilmuNya tk berbagi bersama keluarga.

Jawab  →  Nanti kita isi kajian deh dengan adab2 menuntut ilmu termasuk Doa2 yang sangat banyak mulai dari dirumah, perjalanan, sampai ke Majelisnya 

 T : Koq yg sering terdengar yg paling ganteng nabi yusuf ya, kmdn nabi muhammad. Itu bgmn...? Trus kl nabi muhammad akan terlihat spt dahulunya atau tidak y.
J : Semuanya guanteng2 Bunda

T : ustz sy prnh denger bhw wanita dunia mempunyai kelebihan ats bidadari krn ibadah dan ketaatan..kaif?
Pak ustadz, jk wanita sholihah yg di dunia blm menikah, blm dpt jodoh atau suaminya zholim nanti wanita tsb di surga bgaimana?
J : Wanita Dunia yang masuk Surga, maka posisinya jauh lebih baik dari bidadari2 Surga.
Yang belum menikah didunia, diberikan kebebasan untuk memilih selama ybs Ridho menerima pilihannya.

T : Ustdz, sy pernah mendengar, jika seorang wanita menikah lebih dri 1X, maka yg menjadi psangan ny adlah yg menjadi suami terakhirnya, apa it bnr?
J : Tidak benar Bunda.
Kalau suami terakhir tidak masuk Surga bagaimana...?
Tentunya yang taat yang memang masuk surga atau dipasangkan dengan Laki2 lain, selama waniya tsb Ridho terhadapnya.

T : Orang sholh nti akn dpt yg sholeh jg..klo g salah d surat an nur..
Tp ada jg orang sholeh ketemu dg orng fasiq ..at kurang sholeh..
Kasus fira'un d aisyiah
Nabi luth dpt istri jahat..
Gimn pendapatnya..
J : Dan banyak terjadinya didunia nyata sekarang juga
Itulah salah satu cobaan yang harus dilalui

T : Klo org liqo dptin org ga liqo gmn pak? Krn pendpt temen, dy blg, koq mwnya ya org liqo dgn org ga liqo? Apakah dg iktn liqo, itu mrpkn tanda iman dy lbh baik?
J : Apakah kita BERKEYAKINAN TINGGI bahwa orang yang tidak LIQO tidak mempunyai keimanan yang baik...?
TAKWA itu tempanya DiHATI, jangan pula kita merendahkan orang lain dengan menggunakan barometer diri kita sendiri.
Waspada BOLEH, menjustifikasi yang DILARANG.
Liqo itu istilah yang dipakai oleh kelompok tertentu saja.

Banyak cara dan metode yang bisa digunakan untuk memperdalam ilmu agama.

Yang penting kita tau batas2annya

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post