Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

BIDADARI-BIDADARI SURGA DAN KEDUDUKAN WANITA SHOLEHAH (2)

Kajian Online WA HAMBA اللَّهِ SWT

Senin, 12 Mei 2014
Narasumber : Ust. DODI KRISTANTO
Notulen: Bunda Atien dan Bunda Hida





 
■ Pak dodi saya cemburu, kalau membayangkan suami sekarang lagi ditunggu sama bidadari yang cantik jelita, yang gak pernah diliat orang..boleh gak ya saya berdoa supaya suami saya gak ditunggu bidadari? Saya aja deh yang jadi bidadarinya. Katanya wanita sholehah akan jadi kepalanya bidadari, saya gak mau punya anak buah... Saya aja deh.. Maaaf kalau pertanyaan saya aneh, di materi yg kang dodi sampekan bahkan 1000 wanita dg 1 suami tdk akan terjadi keresahan dan masalah seperti didunia, semua aman dan tenteram..kalo didunia saya jg blm bisa berbagi bu, kl disurga bukannya Allah memberikan yg terbaik, baik laki2 maupun perempuan..afwan y.
Saya dulu pernah menangis saat suami Bilang kalo Di surga kelak akan bertemu bidadari ..adakah doa khusus untuk bisa berkumpul dg suami dan anak anak Di surga nanti ?..

Jawab  → Semua WANITA DUNIA yang MASUK SURGA LEBIH TINGGI kedudukannya DARIPADA BIDADARI, mereka lebih cantik.

Bahkan jika amal mereka baik, maka kecantikan mereka mengalahkan bidadari. Bisa jadi para bidadari yang sedemikian cantiknya dalam gambaran Al-Quran dan Sunnah, mereka hanya sebutir pasir di pantai, para bidadari tidak lagi ditoleh sedikitpun oleh suami wanita terebut disurga. Oleh karena itu para wanita bisa membuat cemburu bidadari disurga sesuai dengan amal dan kepatuhan mereka terhadap suami dalam perkara yang baik.

Maka dari itu... Berlomba lombalah menuju surga ya Bunda.
Syurga isteri berada di telapak kaki suami....
Surga anak berada di telapak kaki ibu..

■ Kenapa banyak wanita di neraka....? (Waktu itu sudah dibahas)

Jawab  → karena durhaka pd suami slah satunya ♈ǻ​  kang Dodi?
Kepatuhan dan taat kpd suami salh satu tiket k syurga ya pak?

Ibnu Hibban meriwayatkan hadits dari Abu HurairahRadhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Apabila wanita menunaikan shalat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya; maka disampaikan kepadanya: masuklah surga dari pintu mana saja yang kamu mau." (Dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Jami', no. 660)

■ Kita sepakat bahwa mentaati suami wajib hukumnya, tapi selama tidak bertentangan dengan aturan Allah kan ustadz?
Kalau sempat suami tidak RIDHO, itulah yang menghalangi istri masuk surga dari pintu manapun yang dia inginkan. Jika suami, tidak menjalankan kewajibannya, bahkan menjadikan isteri tulang punggung keluarga bagaimana?
Sekecil apapun ketidakridhoan itu batasannya gmn kang?
Kalo misal sdh minta maaf, dan berusaha memperbaiki apa keridhoaam itu bisa diampuni. Isteri sebagai tulang punggung makin marak

Jawab  → Seorang suami sholih tdk akan mungkin menjadikan isterinya sebagai tulang punggung...
Berdiskusi dgn suami (dgn hikmah) agar tdk terjadi konflik yg lbh runyam....
Suami bisa diajak ikut ta'lim ttg keluarga sakinah....

■ Apakah suami berdosa ?

Jawab  → Krn skrng cukup banyak kajian2 ttg keluarga...

■ Kl yg ditanyakan ada soalnya, jd suami ngurus anak dan istri kerja..tgl anak yg trakhir yg sekolah..dan istri merantau..gmn?
Apa kewajiban & hak suami...
Sebaliknya, apa kewajiban & hak isteri..
Bisa dijelaskan hak dan kewajiban masing2 ustad?

Jawab  → Isda pernah baca kira2 begini:
"Bagaimana sikapmu terhadap suamimu? Sesungguhnya ia adalah syurga dan nerakamu" @bunda Isda : Itu hadits diriwayatkan oleh Ahmad dan Al-Hakim, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al;Targhib wa al-Tarhib, no. 1933)

■ Pak apakah seorang istri salah kalo kasih saran/jalan kluar..untuk mncari rizki? karena ada kasus isteri bekerja.

Jawab  → Bagi bunda2 yang mau informasi tambahan bs dibaca di blog hamba Allah swt ya www.kajianonline-hambaAllah.blogspot.com, www.cindrarusni.blogspot.com. Terkait dengan bagaimana hukum wanita bekerja?

■ Saya mau tanya... Kalau misalnya ada seorang janda karena suami meninggal, lalu menikah lagi itu... jadi bidadarinya suami pertama atau kedua atau 22nya.. bila ke22nya merupakan suami yang sholeh di dunia pak.

Jawab  → Kan suami yang lain udah dapat Bidadari. Maka Istri bisa menentukan mau ke Suami yang mana dia berlabuh.

■ Bagaimana seorang  suami yg  benar" kita patuhi ..
Apakah yg  dpt membimbing  istri dan mengingat  kan istri  ttg  ibadah dan segala kebaikan yg t menurut syari'at dan  bgmn jika suami  tersebut malah sama sekali tidak  tau / tdk paham ttg agama??

Jawab  → Menikah adalah proses memberi dan menerima di KEDUA BELAH PIHAK. Jika ada kekurangan dilain pihak, maka pihak lain akan mengisi kekurangan. Demikian sebalinya. Menikah itu bukan mencari kecocokan.
Tetapi menerima sekecil mungkin perbedaan yang terjadi dan kita menikmatinya.
 --
Pak di Al-Qur'an kan ada ayat yg mengatakan perempuan baik utk laki2 yg baik2  perempuan yg jahat utk laki2 jahat (kurang lebih seperti itu artinya saya lupa surat apa?
Pertanyaannya....kok kadang ada perempuan yg baik  tp dpt pasangan yg jahat atw sebaliknya...
Bgmna itu pak dodi...

Jawab  → Itu sebagai cobaan yang harus kita lalui didalam dunia ini ya Bunda.
Cobalah dakwahi orang2 yang kita cintai. Sampai batasan tertentu kika memang sudah tidak tahan, maka diperbolehkan wanita mengajukan cerai (sudah dibahas waktu itu).

■ Pak dodi boleh nanya ga.... lg galau tingkat tinggi nih.. . Saya kan tinggal di apartement baru nikah 6 bln, sepi di apartement ga ada tetangga ga da sosialisasi, sendiri aja... suami sering keluar kota dlm seminggu bisa 4 hari pergi dinas.... jd sendiri deh ... trus jadi pengen kerja, nah dapat kerjaannya, tp pas nanya ama suami... 3x dia bilang ngga boleh kerja, trus krn aku nya yg ngeyel... akhirnya dia bilang terserah aja.... menurut pak dodi apa yg harus aku lakukan? Kerja ato ngga?
Jawab  → Nggak. Saran saya... Begitu suami datang kerumah... Kudu kerja lembur bikin anak. Biar ada kesibukan dan mainan buat Bunda 

■ Afwan kang dod...i kang iman....studi kasus yaah...mohon pandangannya...ada sebuah keluarga yg sdh 5 tahun hidup satu rumah...namun sdh tdk satu ranjang...mereka hidup masing masing dlm satu rmh beda kamar...alasannya demi menjaga nama baik dan. psikologis anak semata wayangnya......saya sering jd tempt diskusinya ...(Perempuan) saran ustadz seperti apa menghadapi kasus seperti ini...

Jawab  → Itu beraaaat dan harus ada keikhlasan.
Sementara yang kita ketahui selama ini adalah tetap dan cerai.

Coba saya uraikan point per point ya Bunda Rahayu.
1. Lelaki = manusia. Manusia itu mempunyai selera dan kepuasan yang berbeda dan juga tingkat kejenuhan yang berbeda.
Setidaknya para istri memahami dulu sifat yang memang mendasar yang ada di diri manusia.
2. Sifat kebosanan suami sangat manusiawi dan ini bahkan pernah terjadi dalam rumah tangga Rasulullah صلى الله عليه وسلم  kepada istri tertua Beliau Saudah Binti Zam'ah.

Bayangkan Bunda, Nabi saja yang akhlaknya sempurna saja bisa merasa bosan dengan istrinya, apalagi manusia yang sifatnya sangat jauh lebih rendah dibanding Beliau yang mulia. Bukankah Nabi Muhammad memang diturunkan untuk menjadi panutan Umat Manusia disegala macam kehidupan kita....? Bertambah yakin ya kita Bunda, bahwa Beliaulah memang Rasul terakhir sebagai pelengkap agama Islam.

Point ketiga yang saya tulis nanti mungkin jawaban yang tidak akan menyenangkan hati Para Bunda disini.

3. Lihatlah Firman  اللّهُ Ta'ala dalam QS An Nisa : 128 yang artinya kurang kebih seperti ini :

وإن امرأة خافت من بعلها نشوزا أو إعراضا فلا جناح عليهما أن يصلحا بينهما صلحا , والصلح خير , وأحضرت الأنفس الشح , وإن تحسنوا وتتقوا فإن الله كان بما تعملون خبيرا

Artinya:
Dan jika seorang wanita khawatir akan nusyuz atau sikap tidak acuh dari suaminya, maka tidak mengapa bagi keduanya mengadakan perdamaian yang sebenar-benarnya, dan perdamaian itu lebih baik (bagi mereka) walaupun manusia itu menurut tabiatnya kikir. Dan jika kamu bergaul dengan isterimu secara baik dan memelihara dirimu (dari nusyuz dan sikap tak acuh), maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS. An-Nisa’:128)

Penjelasannya: Apabila seorang wanita khawatir suaminya akan melakukan ‘NUSYUZ’ atau suami berpaling darinya maka tidak ada salahnya jika keduanya melakukan KESEPAKATAN DAMAI. Dan kesepakatan damai itu merupakan jalan terbaik (daripada bercerai) ….

NUSYUZ  →   tidak mau berhubungan badan, mengurangi nafkah, atau tertarik dengan wanita lain yang lebih cantik.
(Tafsir Jalalain)

Sangat jelas  اللّهُ Ta'ala menerangkan sikap yang tepat ketika suami tidak lagi mendekati istrinya dalam konteks ayat di atas.

Sebagian ahli tafsir mangatakan, “Seorang wanita boleh mengizinkan suaminya untuk tidak menunaikan sebagian kewajibannya kepada istrinya, dengan syarat, dia bisa tetap menjadi istrinya (tidak diceraikan). Bentuknya, bisa dengan cara si istri rela dengan nafkah yang sedikit, memberikan giliran malamnya untuk madunya, atau (suami) mengurangi intensitas hubungan dengan dirinya.”
(Tafsir As-Sa’di)

والله أعلم بالصواب

■ Maksudnya, mereka tidak bercerai tapi juga tidak berhubungan begitukah pak dodi?

Jawab  → Sooo.... Janganlah kita memberi nasehat yang tidak sesuai dengan DALIL, maksud kita baik, cuma jika teman kita mengambil inisiatif yang kita sarankan, kita ikut tanggung renteng dalam hal tsb. Maksudnya masalah NUSYUZ ini Bunda Rahayu. Betul Bunda Prima. Dan ini ternyata diperbolehkan dalam agama kita.
Jangankan UU perkawinan, secara syariat aja boleh kok. Kan kita sudah pernah bahas kajian tsb.
Ada 6 point tentang  →  Wanita bolehkah menuntut cerai....?

■ NUSYUD Kalau atas permintaan isteri boleh?
Bukankah jika suami ingin dilayani tapi isteri gak mau akan dilaknat?
Trus ada akadnya jugakah nusyuz itu? Misal saya nusyuz kamu..

Jawab  → Bunda Prima... Kasus yang itu berbeda dengan ini. Yang saja jabarkan adalah kasus Bunda Rahayu (suaminya yang mau pisah ranjang). Tapi jika istrinya menjadi objek pelaku, hukumnya berbeda dengan penjabaran diatas.
Tak adeee Bunda Prima. Jika berlarut2 dan terjadi komunikasi dan tetap ingin mempertahankan pernikahan atas pride, psikologis anak dan akhirnya sepakat atas KESEPAKATAN DAMAI tersebut, maka terjadilah.
 Mksdnya? Pelaku wanita minta nusyuz gak boleh kang?

Jawab  → Tak boleh Bunda Aryani. Bisa kena laknat setiap hari dan menyebabkan suami tidak RIDHO.
Apakah bisa masuk surga para wanita....Hal sepele pun jika suami tdk ridho akan menghalangi kita ke syurga.

■ Ada alasan yg sangat mendasar dlm keluarga besarnya yaitu jika mereka bercerai maka anak mereka tdk akan mendapatkan warisan. Itu yg dikhawatirkan sama mereka... Soal harta warisan. Wanita selalu yg jadi korban

Kalau saya berfikir sihh bunda kembali ke hati masing 2 adanya kasus ini karna masing 2 egois dgn pikirannya ...
Tidak ada saling pengertian. Yg saya kaji siih gini bunda. Yg laki-laki tetep bersikeras dgn gaya hidup nya yg sdh modrn yg perempuan ga mau dianggap durhaka pd orang tua. Ketika diajak ke lingk kerja suami selalu di anggap ndeso. Dan istri kurang bisa menempatkan diri. Hingga akhirnya suami sering uring 2an
Terjadilah perdebatan hebat dan kesimpulan akhir mereka melakukan pisah ranjang.

Bersyukurlah kita disini yg bisa saling asah asih asuh membina mahligai rumah tangga...karna luar biasa perjalan hidup ini hanya bisa dilalui dengan ke imanan yg kuat...

■ Kalau jualan tahu goreng, showcasenya yang tertutup atau terbuka....? Nda ada yang jawab ya. Kalau kita jualan goreng2an, showcasenya yang tertutup atau terbuka....? Kalau jual intan, tertutup atau terbuka....?

Jawab  →yang tahu terbuka. Yg intan tertutup

Kenapa tertutup...?

Jawab  → Lbh bernilai hrg, mahal dan berkelas yg intan

Kenapa mahal...?
Jawab  → Krn proses terbentuknya dan Bahannya sulit di dapat
1. Terbentuknya
2. Langka

Laki-laki juga seperti itu :
1. MEMBENTUK laki2 yang Taat kepada  اللّهُ itu luar biasa susahnya, kenapa....? Karena banyak dan besarnya tanggung jawab yang dipikul oleh seorang laki-laki. Orang tuanya, keluarganya, istrinya, anak2nya, lingkungannya dllnya.

2. Laki2 itu LANGKA keberadaannya di BUMI ini, sesuai hadist yang shohih, bahwa kelak perbandingan pria dan wanita 1:40

Maka dari itu, TERKESAN laki-laki lebih diutamakan dibandingkan wanita, jadi jika ada ayat yang sedikit menguntungkan laki2, maka "hati" wanita terkadang tersentil bahwa, susahnya jadi Istri Solehah. Padahal kalau istri disuruh menanggung bebannya suami, pasti akan teriak2 minta tolong.

Adakah Nabi atau Rasul dari kalangan wanita...? pada suaminya selama berada dijalan yang benar. Nabi & rosul semua laki-laki
Apakah kita akan iri mengiri dalam hal ini....?

Kesimpulannya:
Tugas wanita hanyalah TAAT ke suami
Memiliki hati yg lapang. Asalkan suami memerintahkan yg benar.

Masuklah kedalam SURGA dari pintu mana yang kau kehendaki
Karena laki2 itu susah membentuknya dan langka pula.

Jika para Bunda sudah memilikinya, maka sayangilah dia dan cintailah dia dengan baik.

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

 “Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه