Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

DOSA-DOSA KECIL, APA SAJAKAH...?

Rekapan Kajian Online WA HAMBA اللَّهِ SWT

Kamis, 8 Mei 2014
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
Notulen: Bunda Vita





ْبِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم


Disini tak kasih kajian berbeda aja deh
Kita bahas yang dosa3 kecil dan sering kita lakukan tanpa kita sadari yuuukkk

Kentut adalah sesuatu yang memang bisa mengundang gelak tawa bagi teman kita yang tidak sengaja mengeluarkan bunyi tersebut. Boleh kah kita tertawa dan terbahak-bahak...?

Langsung setelah sadar Istigfhar yaaa

Dosa Kecil bisa dihapuskan dengan cara apa....?

Bisa Istigfhar, Bisa Bersedekah, Bisa mengamalkan Sunnah2, yang laki2 bisa hilang antara Jumat ini ke jumat depan

Bisa hilang antara ramadhan ini ke ramadahn depan. Dstnya

Boleh ngga dikeluarin
Keluarin ajaaa
Jangan ditahan

Maaafffff.... Jika memang ga tahan dan ingin tidak berbunyi. (Maaaaaaafff). Tangan sebelah kiri menarik pantat sebelah kiri ke samping kiri
Sehingga jalan keluarnya bebas hambatan dan tidak akan berbunyi kencang. Langsung plooooong keluarnya.
Ada yang tau teknik diatas....?
Kalau belum tau, silahkan dicoba
Manjuuuuurrrr
Duduk juga bisa kok
Duduknya agak miring kanan sedikit
Pura2 mau ambil Tas dong Bunda
Ambil buku kek
Ambil pulpen kek
Atau ambil yang lainnya 😄
Kalau di timur tengah ya. Mau kentut mah kentut aja
Preeetttttt
Sampe loncat saya di sebelahnya
Kalau disini kan biasanya masuk ke kategori etika dan sopan santun

PERTANYAAN DAN JAWABAN:

BUNDA LIA :
bgmn dg kebohongan kecil yg sering kita lakukn pak dody ..??
kebohongan yg bersifat ing menyelamat kn diri ..??
contoh nya ..: kdg takut di mrh bos dlm kerja ..kita berbohong ..
kerjaan yg lom di kerjakn di blng sudah pd hl blm ..
tp yg tdk berakibat fatsl loe pak dody ????

Ust. DODI :
Ada 3 Dusta yang diperbolehkan didalam Islam
1. Bohongnya Suami terhadap Istri (tentang makanannya, pakaiannya, dan lain2 yang menyanjung istrinya)

2. Bohong dalam Peperangan.

3. Bohong dalam rangka mendamaikan kedua belah pihak yang sedang bersiteru

Diluar dari yang diatas tidak diperkenankan

BUNDA LIA :
waah ...🙈🙈
sy sering dlm ke adaan terjepiit ...😰😰

Ust. DODI :
Buru2 lakukan pengikisan dosa2 kecil ya Bun
Yang disebutkan diatas

BUNDA VITA :
Kang dodi kalo bohong dg alesan untuk kebaikan gak boleh jg yaaa....kdg kan suka gitu
Misalnya neh kalo kita terus terang cerita ttg sesuatu sama org itu, kita tau neh pasti org tersebut marah atau gimana, bisa jd salah paham, krn sifatnya yg suka action sblm di cerna

Ust. DODI :
Itu masuk kategori ke3 kan Bunda Vita

BUNDA VITA :
Kalo misalnya neh, org tua kita nyuruh sesuatu yg gak mgk kita lakukan cpt atau bahkan gakbs dilakukna misalnya, trus kita bohong dulu, iya udah...gmn kang?

Ust. DODI :
Kenapa nda jujur aja...?
Kayaknya ga bisa deh Bu...
Kan belum kamu coba
Iya dehh. Tak coba dulu ya Bu
Selesai kan... Nda harus bohong

Kesimpulan :
Dosa sekecil apapun tetaplah dosa
Maka kita wajib menghindarinya
Jika pada akhirnya kita terpaksa melakukannya maka segeralah beristighfar, dan bertaubat
Lakukan hal-hal yg bisa menyeimbangkan atau menutupi dosa kecil tsb misalnya sedekah dll


---

Diantara amal yang dianjurkan untuk dikerjakan di malam atau hari Jum’at adalah membaca surat Al Kahfi. Dalam hadits, membaca surat Al Kahfi kadang disebutkan dengan redaksi لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ (malam Jum’at) dan kadang disebutkan يَوْمِ الْجُمْعَةِ (hari Jum’at). Artinya, waktu disunnahkannya membaca surat Al Kahfi dimulai dari tenggelamnya matahari pada hari Kamis hingga sesaat menjelang matahari tenggelam di hari Jum’at. Membaca surat Al Kahfi di rentang waktu itu memiliki keutamaan besar.

Berikut ini 3 diantara keutamaan membaca Surat Al Kahfi di hari Jum’at:

1. Dipancarkan cahaya pada dirinya di hari kiamat kelak, dari kaki hingga ke langit

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ
"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq." (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi, dishahihkan Al-Albani)

2. Diampuni dosanya antara dua Jum’at

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.” (Hadits riwayat Ibnu Umar dalam at-Targhib wa al- Tarhib)

3. Diselamatkan dari fitnah Dajjal

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ
“Barangsiapa hafal sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim)

مَنْ قَرَأَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنَ الْكَهْفِ لَمْ يَخَفِ الدَّجَّالَ
“Barangsiapa membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” (HR. Darimi)

Demikian 3 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jum’at, semoga semakin memotivasi kita.....
.jumat mubarok