Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Hukumnya Bercinta dengan suami di KAMAR MANDI. Bolehkah...

Resume Kajian Online WA HAMBA اللَّهِ SWT

Minggu, 4 Mei 2014
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
Notulen: Bunda Aulia dan Bunda Riniْ
بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
Islam sebagai agama yang universal merupakan rahmat yang tidak hanya buat umat-Nya namun juga buat seluruh makhluk. 
Agama mana selain Islam yang mengajarkan mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur kembali, semua kegiatannya ada Do'a (Dzikir) pendukung dari kegiatan kita sebagai manusia :
- bangun pagi
- masuk wc
- mandi
- bercermin
- memakai pakaian
- sarapan
- berangkat kerja
- didalam pekerjaan
- pulang kerja
- mandi
- makan
- berjima'
- mandi
- tidur kembali
Tidak semua dari urutan diatas selalu diawali dengan Do'a dan Dzikir. 
Sebagai sebuah rahmat kehidupan yang bisa dinikmati oleh umat-Nya maka diutuslah Rasulullah Muhammad صلى الله عليه وسلم yang menjadi contoh aplikatif realistis seluruh ajaran islam.
Sebagai sebuah contoh sempurna di semua aspek kehidupan maka segala apa pun yang berasal darinya tidaklah lepas dari bimbingan wahyu Robb-Nya, sebagaimana firman Allah سُبْحَانَهُ وتَعَالَى   
”Dan Tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” 
(QS. An Najm : 3 – 4)
Termasuk yang bersumber dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang sebagian kaum muslimin masih menganggapnya TABOO adalah perihal variasi dan seni bercinta. Mereka menganggap hal ini tidak perlu dibahas dan dipelajari karena hal ini sudah menjadi naluri setiap manusia. 
Padahal realitanya tidaklah demikian, banyak dari pasangan suami isteri yang tidak merasakan kenikmatan dalam bercinta meskipun hubungan itu sudah sering dilakukan.
Kalaulah setiap pasangan suami isteri menyadari bahwa PERSETEBUHAN diantara mereka adalah IBADAH, dan pada umumnya ibadah bahwa ia memerlukan ILMU dan PENGETAHUAN sehingga mendapatkan ridho dari Allah سُبْحَانَهُ وتَعَالَى  
Islam tidak menginginkan umatnya dalam melakukan hubungan seksual seperti yang dilakukan orang-orang barat yang tanpa aturan, semua boleh, dimanapun dan dalam kondisi apapun hubungan seks dilakukan sah-sah saja, 
sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairoh bahwasanya Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,
”Terlaknatlah orang yang menyetubuhi isterinya pada duburnya.” (HR. Ahmad).
Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda,
” Apabila salah seorang diantara kalian menyetubuhi istrinya maka lakukanlah dengan penuh semangat. Jika dia sudah hendak ejakulasi sementara isterinya belum sampai pada klimaksnya maka janganlah tergesa-gesa untuk menyudahinya sehingga isterinya mencapai klimaksnya.” 
(HR. Abu Ya’la)
Kasih tau hadist diatas ke suami ya Bunda....!!!!!
Variasi bercinta diperlukan bagi pasangan suami-isteri untuk terus menjaga gairah bercinta dan sikap saling menyayangi diantara keduanya. Dan diantara variasi yang mungkin bisa dilakukan adalah bagaimana bercinta di kamar mandi.
Meskipun bercinta dilakukan kamar mandi, namun suasana keindahan, kenyamanan dan kebersihan tetaplah harus diperhatikan. Untuk menambah gairah diantara keduanya bisa terlebih dahulu memberikan pengharum kamar mandi dan saling memberikan wangi-wangian ke tubuh pasangannya terlebih dahulu. Ingat, tujuan utamanya kan bukan untuk mandi seperti biasanya tetapi untuk bercinta.
Aisyah ra berkata, → ”Aku memberikan wewangian ke tubuh Rasulullah صلى الله عليه وسلم kemudian dia menggilir para isterinya, kemudian pada pagi harinya dia mengenakan pakaian ihram.” 
(HR. Bukhori)
Ibnu Hajar mengatakan, → ”Perkataan menggilir isterinya adalah istilah untuk bersenggama yang mewajibkannya mandi. Dan disebutkan di dalam hadits itu bahwa Aisyah memberikan wewangian ke tubuh Rasulullah صلى الله عليه وسلم sebelumnya dan pada pagi harinya beliau sudah mengenakan ihram.” Ia menambahkan ,”Ibnu Bathol mengatakan, → ’Disunnahkan bagi laki-laki dan wanita untuk memakai parfum / wewangian saat bersetubuh.” 
(Fathul Bari juz I hal 458)
Pada saat mandi, suami isteri bisa saling menciduk air secara bergantian dan menyirami tubuh pasangannya dan membersihkannya. Atau suami isteri juga bisa berada didalam satu wadah yang bisa menampung keduanya, seperti bak mandi atau bathup, tidak mengapa kalaupun saling melihat aurat diantara mereka berdua. Dan hendaklah menghindari kemubadziran didalam penggunaan air.
Diriwayatkan dari Aisyah ra, ia berkata,”Aku pernah mandi bersama Nabi صلى الله عليه وسلم dalam satu bejana yang disebut al Farq.” 
(HR. Bukhori). 
1 farq = 16 kati = ±18 liter.
Ad Dawudi menggunakan hadits ini sebagai dalil diperbolehkannya seorang laki-laki melihat aurat isterinya atau sebaliknya. Hal ini dikuatkan dengan apa yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dari jalan Sulaiman bin Musa bahwasanya dia ditanya tentang seorang laki-laki yang melihat kemaluan isterinya maka dia menjawab, → ”Saya bertanya (tentang hal yang sama) kepada Atho’. Maka dia menjawab,’Aisyah pernah bertanya (tentang hal ini) maka beliau menyebutkan hadits ini.” Artinya hadits ini menjadi dalil dalam permasalahan ini.
(Fathul Bari juz I hal 438)
Diriwayatkan dari Abi Salamah bin Abdurrahman mengatakan,”Telah berkata Aisyah, → "Aku mandi bersama Rasulullah صلى الله عليه وسلم dalam satu bejana dan kami sama-sama dalam keadaan junub." (HR. Muslim)
Dari Aisyah ra berkata,”Aku pernah mandi bersama Nabi صلى الله عليه وسلم dari satu bejana, tangan kami saling bergantian menciduknya.” 
(HR. Muslim)
Jadi meskipun bercinta dilakukan di kamar mandi hendaklah suami isteri tetap memperhatikan kepuasan masing-masing pasangannya, tidak tergesa-gesa untuk menyelesaikannya. 
Namun perlu di ingat bahwa, dibolehkan melakukan hubungan intim dengan istri tanpa busana. Juga dibolehkan melakukan hubungan seks di kamar mandi atau bathtub. Namun, dalam kondisi ini akan menyebabkan sang suami meninggalkan sunnah, yaitu tidak berzikir (membaca doa) sebelum melakukan hubungan intim. Karena sebagaimana kita ketahui, tidak selayaknya menyebut nama اللّهُ di WC atau kamar mandi.
Maka, orang yang hendak melakukan hubungan badan di kamar mandi, tidak mungkin dia bisa membaca doa sebelum melakukan hubungan seks di kamar mandi. Kecuali, jika dia membaca doa tersebut sebelum masuk ke kamar mandi, baru kemudian masuk 
(Fatwa dari Syaikh Sa’ad al-Hamid, yang dicantumkan dalam Fatwa al-Islam: Tanya-Jawab, no. 21195) 
والله أعلم بالصواب


PERTANYAAN DAN JAWABAN
 Bagaimana jika sang suami tidak bisa memuaskan isterinya kr hal2 tertentu spt Diabetes umumnya impotensi. Apakah sang isteri boleh nikah lagi? 
Bagaimana jika tidak diizinkan suaminya? Bagaimana jk hal itu terjadi sebaliknya?
Jawab:
♻Poliandri...? 
Nda Boleh. 
♻Mau minta cerai dan terus nikah lagi...? Lihat dikajian, Bolehnya wanita meminta Cerai. 
Bagaimana hukumnya bercinta pada saat datang bulan? 
Jawab : Haram..!!!
Bagaimana jika bercinta pd saat hari terakhir datang bulan, msh junub tp sdh mau bersih?
��Dalil untuk Point No 3 dan 4 : 
Allah Ta’ala berfirman
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ وَلا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّى يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ
“Mereka bertanya kepadamu tentang haid.Katakanlah,’Haid itu adalah suatu kotoran’.Oleh karena itu hendaklah engkau menjauhkan diri dari wanita di waktu haid,dan janganlah kamu mendekati mereka,sampai mereka suci.Apabila mereka telah suci,maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu” 
(QS. A-Baqarah: 222)
Bagaimana hukumnya jk sang pasangan sebelum berhubungan, membaca cerita seksual untuk menambah rangsangan spy makin hot? Ada jg yg menonton film xxx.
Jawab : Tidak boleh
 Bagaimana jk nikah dg org dibawah umur, dl sempat ada. Apakah di islam ada dalil yg melarang / memperbolehkan bersenggama dg anak2(wanita)?
Jawab :
Dalilnya  Umur berapakah Aisyah sewaktu menikah dengan Nabi....?
9 tahun, Dinikahkan menurut Hadist Bukhori diusia 6 tahun
Dan digauli di usia 9 tahun, menurut Hadist Bukhari Satu-satunya Istri yang dinikahkah dengan petunjuk Wahyu hanyalah Aisyah seorang saja.
Berarti ada maksud tertentu yang diperintahkan اللّهُ Ta'ala dalam pernikahan ini. 
Ada yang berpendapat : 
1. Dengan usianya muda Beliau, maka Beliau mempunyai kemampuan menghafal semua perkataan Suaminya (Rasulullah صلى الله عليه وسلم) beserta juga dengan apa2 saja yang diperbuat. 
Terbukti perkataan2 Nabi banyak yang keluar dari lisannya Aisyah r.a
2. Mengajarkan sisi kehidupan manusia didalam kehidupan Rumah Tangga - Sudah sunatullah bahwa wanita muda lebih memiliki rasa cemburu yang besar dibandingkan yang sudah dewasa. Nabi bisa menasehati dan Aisyah bisa mempelajari. 
Sehingga hal ini bisa menjadi acuan ilmu bagi pasangan2 muda yang baru menikah dikehidupan setelah Beliau.
Ingatlah... Agama ISLAM itu SEMPURNA disegala sisi. Termasuk didalam aturan kehidupan berbangsa, bernegara, bermasyarakat dan berumah tangga sekalipun
Bayangkan kalau ada panutan Nabi yang menjadi Nabi penutup belum pernah menikah...? Baik sama yang lebih tua ataupun yang lebih muda.
Dari Atsar Sahabat : 
Ali ra telah menikahkan putrinya Ummu Kaltsum pada saat dia masih kecil dengan Urwah bin Zubeir. Urwah bin Zubeir telah menikahkan putri dari saudara perempuannya dengan anak laki-laki dari saudara laki-lakinya sedangkan keduanya masih anak-anak.
Meskipun menikahi anak pada usia belum baligh diperbolehkan secara ijma’, namun demikian tetaplah memperhatikan batas usia MINIMAL BALIGH KEBANYAKAN WANITA DIDAERAH TERSEBUT dan juga kesiapan dia baik dari aspek kesehatan maupun psikologi.
 Boleh digauli jika memang belum Baligh ataupun sesudah Baligh, biasanya ditandai dengan kebanyakan tumbuhnya bulu2 halus disekitar kemaluan atau mendapatkan haid
Syafi’i, Ahmad, Ibnu Wahab dan jumhur berpendapat bahwa hal itu adalah pada usia sempurna 15 tahun. Bahkan Imam Syafi’i pernah bertemu dengan seorang wanita yang sudah mendapat monopouse pada usia 21 tahun dan dia mendapat haidh pada usia persis 9 tahun dan melahirkan seorang bayi perempuan pada usia persis 10 tahun.
Jd kalo menikah muda di Islam diperbolehkan, sedangkan bersenggama dg anak2 tdk ada aturannya?
Kita berhati-hati dalam hal ini ya Bunda Nofita. 
Paling hati2 mengikuti kesimpulan para Ulama : 
 → Meskipun menikahi anak pada usia belum baligh diperbolehkan secara ijma’, namun demikian tetaplah memperhatikan batas usia MINIMAL BALIGH KEBANYAKAN WANITA DIDAERAH TERSEBUT dan juga kesiapan dia baik dari aspek kesehatan maupun psikologi.
saudara ada yg waktu kecil sd terkena pelecehan seksual..tp lama kelamaan dia mau aja digituin krn iming2 dikasih uang..hal itu berlangsung sampai dia kls 5 SD
Skrng dia merasa berdosa. ..apakah dia terkena dosa zina ya..
Jawab:
Kalau dia merasa berdosa → Taubatan Nasuhah saja Dosa sebesar apapun akan diampuni oleh اللّهُ Ta'ala, asalkan bukan dosa syirik.
Dosa gk klo perempuan dinikahi sama orang yg sdh beristri, tapi tanpa dia tau klo laki2 yg menikahinya sdh beristri, dansetelah menikah barulah tau klo ternyata suaminya sudah ada istri dn anak gimana pak
Jawab: 
Hal tersebut sudah dibahas dikajian Poligami. 
Intinya, laki-laki tidak perlu meminta ijin dari istri pertama untuk menikah, jauh lebih baik memang ybs ijin dan niat dengan sungguh2 menjalankan ibadah. 
Contoh diatas SAH tidak pernikahannya, selama sesuai dengan urutan dan persyaratan nikah, maka SAH. 
Cuma yang menjadi catatan... Kalau dia saja tidak jujur dari awal, bisa diyakini dia menikah bukan untuk niat menjalankan Ibadah tapi hanya mengedepankan syahwat saja. 
ِ
Pak Dodi, saya baru sempat baca kajian hukum bercinta dikamar mandi, apa yg dimaksud kamar mandi bukan yg seperti biasa dibudaya kita yg ada bak & ada WC-nya (maksudnya tempat buang hadas besar&kecil) tapi kamar mandi yg isinya badtup/bak terpisah dgn WC, krn kalau ada WC doa masuk WC kan minta dijauhkan dari godaan setan jantan & betina jadi WC itu tempat berkumpulnya setan hendaknya klu sdh selesai urusan buang hadas segera keluar tdk berlama2 di WC apalagi utk bercinta khawatir setan ikut andil dlm percintaan (proses pembuatan calon baby klu terjadi pembuahan)
Jawab :
Bacalah doa jima' sebelum masuk ke kamar mandi. Jika sudah baca doanya diawal, maka setan In Sha اللّهُ tidak ikut andil. 
Kebanyakan dari kita mungkin lupa, karena terburu -buru. Makanya Hadist didalam kajian perlu dikasih tau ke SUAMI, agar nda buru2 
Jadi boleh bercinta dikamar mandi yg terdapat WC-nya? Maaf make sure�� krn pernah dpt kajian tdk boleh
Jawab :
Sepengetahuan saya tentang WC dan Kamar Mandi, saya belum pernah membacanya sampai didefinisikan terpisah. 
Tapi kalau dilihat dari kebiasaan di Indonesia. Dulu, pembuatan WC dan Kamar Mandi itu digabung bersama, zaman sekarang cenderung berubah, yaitu :
1. Kamar Mandi kering → Hanya toilet saja untuk hadas besar dan kecil. 
2. Kamar Mandi basah → Bathup atau shower dengan wastafel.
Iya... Sebagai tambahan nasehat diluar dari kajian. 
Toh dalam kenyataannya melakukan dikamar mandi, paling2 prosentasenya dibawah 5% (hanya sebagai bentuk melepas rutinitas dan menambah variasi). 
Selebihnya kan pasti dikamar pribadi kita masing2. 
Jika ternyata.... Kejadian diluar dugaan dari kita terjadi dikamar mandi, dan dimana ada beberapa pendapat Ulama yang membolehkan dan melarangnya. 
Tetapi hukum yang pasti adalah jika sang ISTRI MENOLAK AJAKAN SUAMI, karena adanya sudut pandang yang berbeda. 
Jangan DITOLAK, jika jatuhNYA BERDEBAT dengan suami, dan akhirnya Suami turun Syahwatnya dan tidak jadi melakukan Jima' , maka Dosanya pun terkena kepada istrinya, yaitu dilaknatnya sang Istri oleh Malaikat sampai menjelang pagi
Boleh tdk memakai bulu mata palsu krn klu menyambung rambut kan haram.
Bagaimana dgn bulu mata?
jawab:
Yang saya sajikan disini, pasti ada dalil pendukungnya. Mungkin ada juga, karena dipastikan keterbatasan pengetahuan saya pastinya
Waktu itu sudah dibahas , termasuk yang dilarang, karena dari segi kesehatan tidak jelas peruntukkannya. 
Yang bisa dipastikan memakai bulu mata hanya untuk TABARUJ saja.
��pak dody ...berarti di sah kan kita bercinta di kmr mandi??? & untuk menghindari lupa berdo' a kira sebaik nya mengucap kan do'a seblm masuk kmr mandi ..ya pak dody ...???
pak dody bs jelas kn tata cara mandi junub, menurut ...hadist yg shahih??
Jawab: 
Harus dibedakan antara mandi junub dan mandi haid yaa
Urutan mandi JUNUB bagi wanita adalah :
1. Seorang wanita mengambil airnya, kemudian berwudhu dan membaguskan wudhu’nya (dimulai dengan bagian yang kanan).
2. Menyiramkan air ke atas kepalanya tiga kali.
3. Menggosok-gosok kepalanya sehingga air sampai pada pangkal rambutnya.
4. Mengguyurkan air ke badan dimulai dengan bagian yang kanan kemudian bagian yang kiri.
5. Tidak wajib membuka jalinan rambut ketika mandi.
Urutan mandi HAID dan NIFAS bagi wanita adalah :
1. Wanita tersebut mengambil air dan sabunnya, kemudian berwudhu’ dan membaguskan wudhu’nya.
2. Menyiramkan air ke atas kepalanya lalu menggosok-gosokkannya dengan kuat sehingga air dapat sampai pada tempat akarnya rambut.
3. Menyiramkan air ke badannya.
4. Mengambil secarik kain atau kapas atau apapun yang sejenis lalu diberi minyak wangi kasturi atau semisalnya kemudian mengusap bekas darah (farji) dengannya.

��Pak dody jadi diperbolehkan waktu berhubungan dgn suami tdk memakai kain sehelai pun (bugil) hadist di atas di sebut kan kita boleh meyebut nama Allah di dalam kamar mandi ..
Bagaimana kalo dg saat kita mau mandi di saat melepas baju kita mengucap kan Basmallah & disaat mau buang air besar/air kencing pun sebelum duduk di closed pun kita ucap Basmallah ..
Mohon penjelasan nya ya ..pak dody ..???
Pak kalo kita mau buang air kecil / besar sebelum naik closed kita baca basmallah gmn ??? 
Jawab: 
Boleh Bunda Lia... Tapi didalam hati ya. Jangan dilafazkan
Pendapat Ulama :
Imam Ibnu Baz menjelaskan:
Boleh berwudhu di dalam kamar mandi jika butuh melakukan hal itu. Tetap membaca basmalah di awal wudhu, dia ucapkan: “Bismillah..” karena membaca basmalah hukumnya wajib menurut sebagian ulama, dan sunah muakkad menurut mayoritas ulama.
��Dari penjelasan diatas berarti kita boleh. Berwudhu dalam keadaan tak memakai baju ya?
Yang pernah sy ketahui ttg thaharah mandi wajib spt ini :
- mencuci kedua tangan
- mencuci bagian inti yg mengeluarkan hadas hingga bersih (genggam tangan kanan lalu tiupkan mulut kita disitu agar tertekan keluar hadast yg masih tersisa atau mgk spt yg no.4 di atas)
-Berwudhu
-Mengguyur air mulai dr kepala, mencuci kepala hingga akarnya lalu membasuhnya hingga bersih
-Mengguyur air ke seluruh tubuh dan mencucinya hingga bersih hingga ke celah-celah jari atau lipatan lalu bersiwak
Selesai
-Kita boleh tidak berwudhu lg selama kita tidak menyentuh bagian itu tadi dan tidak melakukan hal-hal yg membatalkan wudhu ( spt pipis, kentut, dll)
Itu sepengetahuan saya, tp mgk kita perlu juga membaca buku fiqih ttg wanita.
Yg tersebut di atas mungkin secara garis besarnya saja...
Tapi kita tunggu kang Dodi untuk lebih jelasnya yaa...
Jawab:
Boleh Bunda... Pastikan itu dikamar mandi tertutup ya Bunda 
Mau tanya kang: habis junub apakah boleh lgsg tidur, mandi besoknya pas mau subuhan?
Jawab: In Sha اللّهُ boleh
��Pak dody jadi diperbolehkan waktu berhubungan dgn suami tdk memakai kain sehelai pun(bugil)
Jawab : Boleh Bun. Dalilnya yang Nabi صلى الله عليه وسلم mandi berdua dengan istrinya dibejana.
 Utk mandi junub bukannya boleh tdk membasahi rambut kang?
Jawab : iya, nda harus dibuka, cukup dikepak2 sebanyak 3x. 
Ini Dalilnya :
لا إنما يكفيك أن تحثي على رأسك ثلاث حثيات ثم تفيضين عليك الماء فتطهرين
“Jangan (kamu buka). Cukuplah kamu menyela-nyelai kepalamu dengan air tiga kali, kemudian guyurlah kepala dan badanmu dengan air, sehingga kamu telah suci.” (HR. Muslim no. 330).
 Tidak wajib membuka jalinan rambut apa yg di maksud ..(  kurang paham )?
Jawab : kalau rambutnya lebat, kan biasanya dilinting /konde atau di ikat keatas, itu maksudnya.
 Pak dody apakah boleh kita ucapkan salam waktu di dlm kamar mandi?
Jawab : Tidak diwajibkan. Boleh dijawab didalam hati dan jangan di lafazkan. Termasuk mau baca basmalah waktu mau wudhu di kamar mandi.
 Oo...bukannya setelah berwudhu membersihkan farji terlebih dahulu baru menyiram dan membersihkan seluruh tubuh?
Jawab : Kalau bisa urutannya sesuai dengan yang diatas, agar jika badan diguyur dulu, maka kotoran turun dahulu dan tinggal sisanya saja yang dibersihkan.
 Aslm .. kang dodi .. mau tanya donk ..
Apa hukumnya ingin di ruqyah krn merasa diri ada gangguan2 seperti bisikan2 atau seperti ada yang aneh2?
Jawab: 
Ada 2 Jenis Ruqyah
1. Yang diperbolehkan
2. Ruqyah Kesirikan
Yang paling bagus adalah jika kita bisa mengruqyah diri kita sendiri. Tetapi...Jika tidak mampu, maka carilah ahlinya.
Maksud Ahli disini bukan semata2 ahli tafsir atau ahli hadist saja. Karena tidak banyak orang yang mempunyai kemampuan diatas.Yang paling banyak dicari orang2 Soleh untuk membantu meruqyah dirinya adalah orang2 yang benar2 Ahli Aqidah. Karena tipu daya setan itu jauh lebih besar dari yang kita bayangkan.
Ibnu Taimiyah waktu itu sedang meruqyah seseorang untuk mengeluarkan Jin Wanita yang masuk kedalam Tubuh laki-laki. 
IT : Keluarlah kamu dari tubuh laki-laki ini. 
J : Saya mencintai dia
IT : Tapi dia tidak mencintai kamu. 
J : Saya mau pergi ke Mekkah bersama dia. 
IT : Dia tidak mau kamu ikut bersamanya. 
J : Baiklah... Demi Syech saya keluar
Apa jawaban Ibnu Taimiyah....?
Mungkin kalau kita2 dan orang yang meruqyah tidak ahli aqidah, pasti jawabannya → Silahkan...!!!
Tapi Beliau Menjawab → TIDAK... Demi اللّهُ lah jika kamu memang mau keluar.
Cobaaa.... Jin masih mencoba untuk menjebloskan Ulama sekaliber Ibnu Taimiyah dalam hal ini.
Yang kedua itu seperti membaca ayat2 suci tapi kayak orang ngedumel. Intinya bacaannya kudu bisa didenger yang diruqyah. Kita ngga tau dia baca apa. Khawatirnya jatuh ke Ruqyah Kesyirikan.
��Pernah ikut di majalah ghoib, kalo itu kang?
Nda berani menilai, jujur karena tidak tau siapa orang2 di majalah ghoib tersebut.
Seorang teman mimpi di tindih org hitam berbulu ktnya ,trus dia manggil dukun palsu (dupal),si dupal bilang bahwa ada yg jahat dan dia kalo mau di buang atau dibalaskan hrs ada biaya 750 rb, sy nasehati teman sy spy jangan itu bohong, si dupal kurang senang ma saya ,akhirnya tetap lakukan dan minta sebotol air mineral utk di bacain di suatu ruangan, setelah si dupal duduk di ruangan saya penasaran ingin tau, dg jin jit saya pelan2 ngintip si dupal apa yg di lakukan, waktu saya ngintip eh dia kaget botol nya mental dan suara nya langsung keras baca doa sambil melirik ke saya, saya bilang teman saya tetap dia percaya si dupal akhirnya si dupal plg bawa uang, penampilan sama spt seorg ust, kenapa ust dia bisa buta apa sdh di hipnotis teman saya?
Jawab:
Biasanya orang2 yang sudah trauma dengan penyakit aneh2 ataupun penyakit medis lainnya. Pikirannya cuma 1, bagaimana caranya menyembuhkan penyakitnya dengan cepat. Akhirnya segala cara dicoba berharap itu berhasil.
Kesimpulannya : 
1. Bisa saja ketidaksabaran teman Bunda Soraya, sehingga beliau Khilaf dan akhirnya ketidaksabaran yang menyebabkan ybs memberikan uang.
2. Tidak diperkenankan membaca ayat2 ruqyah terpisah dari yang mau diruqyah, apalagi sampai ada masuk ruangan khusus dan hanya berdua saja (khalwat, masuk kategorinya)
Padahal teman saya itu s org dokter kang sy bingung kenapa percaya dg iming 2 org
Iya Bunda...
Dokterkan juga manusia 
��Pak dody mau tanya sejak kecil sampai sekarang klau mimpi kalau bangun msh ingat mimpi itu biasa nya akan nyata kejadiannya persis dlm mimpi itu, dan disaat emosi mengeluarkan kata2 dan kejadian juga seperti yg diucapkan.
Apakah yg harus dilakukannya? dgn keadaan seperti ini, mhn minta penjelasannya.
Jawab: 
Jadi kalau saya hanya menganggapnya Mitos saja Bun
Nda usah dipercaya.
��Apa ada kang seseorang bisa nurut dan patuh karena pelet?
Jawab: 
Bisa saja Bunda.
Makanya sebelum tidur, baca doa tidur dan baca surat Qulhu 3x, Al Falaq 3x dan An Nas 3x ditiupkan secara halus kedua tangan dan diusap keseluruh badan sampai sejauh tangan menggampai (posisi tiduran). 
Bacaan ruqiah tuk pribadi: Al Fatihah, Ayat kursi, An Nas, Al Falaq dan Al ikhlas.
Dicontohkan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم
Mengusap seluruh badan dengan tangan itu membantu kita selama tidur untuk menolak hal-hal ghaib yang akan dikirimkan kepada kita
Salah satu metode Ruqyah juga ada yang memakai sarana air. Siapa yang sudah pernah menonton video tentang susunan molekul kimia air yang berubah setelah dibacakan surat al-fatihah....?
Susanan Molekulnya menjadi susunan yang sempurna, saya nda tau itu benar atau tidak. Tapi jika benar... Itulah kehebatan dari ayat-ayat اللّهُ
*Larangan menggunjingkan org lain:
Menggunjing hukumnya haram dan termasuk berdosa besar, baik aib yang digunjingkan itu benar-benar ada pada diri seseorang maupun tidak ada, hal ini berdasarkan ketetapan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa ketika Beliau ditanya tentang menggunjing beliau bersabda :
“Engkau membicarakan saudaramu tentang sesuatu yang ia tidak suka (bila itu dibicarakan)”

Ada yang bertanya:
“Bagaimana bila yang aku katakan itu memang benar ada pada saudaranya ?”
Beliau menjawab:
“Jika memang benar bahwa yang kau katakan itu ada padanya, berarti engkau telah menggunjingnya, jika itu tidak ada padanya, berarti engkau telah berdusta tentangnnya”
Dirwayatkan pula Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa pada malam Isra' beliau melihat suatu kaum dengan kuku-kuku yang terbuat dari kuningan, mereka mencakar-cakar wajah dan dada mereka dengan kuku-kuku tersebut, lalu Beliau menanyakan tentang mereka, kemudian dijawab bahwa mereka itu adalah orang-orang yang memakan daging manusia dan merusak kehormatan sesama manusia.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati. Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah.
Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.”
(QS Hujurat : 12)
Allah berfirman “Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal”. 
(QS. Luqman: 34).