Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

ISTRIKU SAYANG… MAAFKANLAH SUAMIMU YANG TIDAK PEKA INI

Kajian Online WA HAMBA اللَّهِ SWT


Rabu, 21 Mei 2014
Nara Sumber : Ustad Dodi Kristono
Notulen : Bunda Nofita, Kusworini dan Bunda Rini



بسم الله الرحمن الرحيم

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Kenapa sih kok suami yang "begitu" yang mendampingi kita....?
Begitu itu apa aja sih....?
Sederhana kok... Disini akan ditulis kajian singkat kenapa suami kadang2 seperti itu
Apakah benar pernikahan itu mencari kecocokan...?
Atau kita berusaha meminalisir ketidakcocokkaan dan kita menikmatinya.

Sudah menjadi kebiasaan kaum hawa untuk tetap dapat mengurus rumah tangga dan bersusah payah dalam mengurus diri sendiri pula, dan tentunya para Bunda disinipun sudah merasakan hal tersebut. Apalagi di era sekarang kebanyakan kaum hawa turut berpartisipasi dalam mencari rezeki saling topang diantara keduanya.

Meskipun secara umum para lelaki memiliki kelebihan dalam memandang dan cara berfikir dengan melihat lebih jauh ke depan, akan tetapi harus diakui bahwasanya para wanita dalam beberapa hal, terutama yang berkaitan dengan urusan rumah tangga dan anak-anak, maka para wanita lebih tajam dan lebih detail pandangan dan pengamatannya.

Dalam hal urusan pengaturan perabot rumah tangga, persiapan sekolah anak-anak, dan hal-hal lain dalam rumah, maka wanita lebih jeli dan detail. Berbeda dengan para lelaki yang hanya bisa menilai secara global dan tidak detail. Karenanya para lelaki kurang bisa mengamati perubahan-perubahan detail yang terjadi di rumah, akan tetapi para lelaki bisa menilai dengan penilaian global bahwa kondisi rumah baik atau tidak. Adapun perubahan posisi pot bunga misalnya, atau pergantian taplak meja atau seprai kasur, atau perapian rambut anak-anak, atau tas baru milik anak-anak, sering kali para lelaki (para suami) tidak tanggap.

Demikian pula jika sang istri baru saja merapikan rambutnya, atau baru saja memakai perhiasan yang baru, atau bedak yang baru lalu ia bertanya kepada sang suami, "Sayangku adakah sesuatu yang baru yang kau lihat hari ini.....?".

Sesungguhnya pertanyaan ini adalah pertanyaan yang mudah dan sepele akan tetapi ternyata sangat berat untuk dijawab oleh seorang suami yang pandangannya tidak detail dan jeli dalam urusan seperti ini.

Bahkan bisa jadi sang istri memakai kembali kalung yang dulu pernah dibelikan oleh sang suami sebagai hadiah karena ada kondisi istimewa tertentu, lalu tatkala sang istri bertanya, "Sayang lihat sesuatu yang baru atau yang aneh nggak pada diriku...?". Terkadang suami menjadi bingung untuk menjawab pertanyaan ini...?, apa yang aneh..?, apa yang baru…?

Jika sang suami ternyata tidak tanggap dan berkata, "Memang ada apa cintaku?". Terkadang sang istripun langsung "manyun" mendengar pertanyaan balik sang suami.

Sang istripun menjelaskan dengan agak sedih, "Ituloh, saya memakai kalung yang dulu kau hadiahkan kepadaku?".

Ternyata terkadang sang suami masih juga belum tanggap dan bertanya lagi, "Kalung yang mana....?, hadiah yang mana....?, kapan saya menghadiahkannya kepadamu...?. Kenapa saya menghadiahkan kepadamu...?"  Dan dijamin Bunda pun akan segera menyimpulkan sesuatu yang negatif dikepala Bunda, berfikir macam-macam dan terkadang menerawang lebih jauh dan lebih dalam. Jangan-jangan....

Pertanyaan-pertanyaan beruntun yang terkadang sangat menyedihkan sang istri karena menunjukkan suami yang tidak tanggap dan tidak nyambung-nyambung…

Terkadang sang istri bertanya, "Suamiku, apakah ada perubahan pada wajahku....?". (Maksud sang istri – setelah memakai pembersih muka atau pembersih kulit selama sebulan - tentunya ada perubahan ke arah lebih cantik, akan tetapi sang suami tatkala ditanya demikian menjadi sangat bingung. Karena suami merasakan sama sekali tidak ada perubahan, karena setiap hari ia melihat wajah sang istri…, terlebih lagi sebagaimana telah lalu pandangan suami dalam hal-hal rumah tangga hanyalah pandangan global dan tidak detail.

Demikian juga tatkala sang istri melakukan program diet selama sebulan lantas setelah sebulan ia bertanya kepada suaminya, "Wahai cintaku, tidakkah engkau melihat perubahan pada tubuhku....?"

Sang suamipun bingung, dalam hatinya berkata, "Memang ada perubahan apa…?"

Karenanya wahai para istri, ingatlah firman  اللّهُ Ta'ala

وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالأنْثَى

"Laki-laki tidaklah seperti perempuan" (QS Ali Imron : 3)

Jikalau  اللّهُ  memberikan pandangan tajam bagi lelaki dalam hal pekerjaan dan rencana masa depan akan tetapi ternyata pandangan lelaki tidaklah tajam dan detail dalam pengurusan dan pengaturan dalam rumah.  اللّهُ  menjadikan wanita lebih jeli dan detail dalam hal-hal rumah tangga.

Bayangkan jika seandainya  اللّهُ  menjadikan seorang suami pandangannya detail dan jeli dalam perubahan kondisi dalam rumah, tentu sang suami akan menjadi seorang wanita yang cerewet, bahkan bisa jadi lebih cerewet dari pada seorang wanita !!!

Karenanya …MAAFKANLAH SUAMIMU…wahai para istri…, maafkanlah dia yang terkadang tidak bisa romantis kepadamu tatkala engkau sedang ingin beromantis dengannya.

Kadang2 laki2 nda mau kehilangan sifat machonya dihadapan orang.

Salah kebanyakan laki2 bahwa romantis itu katanya menghilangkan sifat machonya
--

PERTANYAAN DAN JAWABAN:

■ Pak cahyadi..praktisi perkawinan..pernah membahas masalah ini
Ketika suami menikah dia sdh merasa zona aman..jd lebih banyak diam..sibuk sama diri sendiri..
Pdhl sebelum menikah dia bersedia melaukan apa pun asal mndapatkan si istri tadi..
Di istri kebalikan nya..ketika sdh menikah dia ingin dirayu..di manja..tp suaminya cuexx..he..he..spintas ga adil ya..
Pak dody gmn komen nya..

Jawab:
Betuuulll. Laki2 sebelum menikah itu sifatnya seperti pemburu.
Gimana caranya harus dapatlah buruannya. Jika buruannya sudah didapat, maka dia merasa buruannya sudah menjadi milik dia seutuhnya.
Dan inilah yang membuat zona nyaman tersebut. Yg jd mslh istri ny merasa dicuexin...
Terus istriny uring2an..
Mkny g nyambung..
Berantem..diam2an..
Karena memang laki2 diciptakan sebagai Pemimpin. Jadinya merasa seperti itu.
Semua harus ikut pemimpinnya.

Bunda: Ternyata ada tips lg buat istri..ini jg dr pak cahyadi plus dr pak dody waktu kajian lama:
1. Buat suami merasa mnjadi pemburu lagi
2. layani suami dg sepenuh jiwa..
3. Niatkan hanya mndpt ridha Allah saja..
4. Dan mempercantik diri dan ruhiyah dg memperbanyak ibadah terutama sholat tahajud dan
5. Ikuti mau suami selama tdk menyimpang.
Saya masih tahap latihan..tp Alhamdulillah sekarang saya tidak merasa dicuekin lagi..saya terapkan tips diatas..suami malah lebih perhatian..hati jg lebih lapang..

■ Contoh kasus: Ni kasus tmn ngajar..suaminya cuekk banget. Apa2 diserahkn pd istri...istrinya diam..kalau marah dia diam gak tegursapa..jd jarang komunikasi..
Sekarang imbas anaknya ga mo diatur..bolos dan merokok..kabur dr rumah karena gak nyaman dipukuli sang ayah..mereka saling salah2n.. Tuh.

Saya yg jd penonton bingung..Suami super cuek. Istri yg diam..kesal klo sdh gitu ngelawan jg karena kecuekan suami. Solusinya gimana ya pak buat istrinya..

Jawab:
Umumnya, pertengkaran yang sering terjadi disebabkan oleh masalah yang ‘itu-itu’ saja. Pemicunya bisa berupa hal kecil, namun inti permasalahannya tetap sama dan belum juga menemukan pemecahan. Bahkan, kadang menimbulkan perang dingin karena kedua belah pihak merasa benar dan gengsi untuk mulai berbaikan kembali.

Oleh karena itu, coba gali inti masalah yang ingin dibahas bersama pasangan. Batasi pembicaraan hanya untuk masalah itu agar tidak berbelit-belit ketika membicarakan dan merampungkan sebuah masalah.

■ Pak, ada titipan pertanyaan dr teman. Sjk suami kerjanya jauh shg menghabiskan waktu perjalanan maka ketika smp rmh biasanya capek. Akhirnya sering bangun kesiangan dan tdk bs sholat shubuh berjamaah. Gmn cara menasihatinya ya. Pdhal kader dakwah jg. Ini mgkin kasusnya sm dng cerita di atas. Tp adakah solusi lain slain fragmen air mata istri? Krn teman saya ini tipenya tdk bs menangis spt cerita di atas. Mksh.

Jawab:
Ajaklah suami tersebut ke kajian2 yang diadakan pada hari liburnya, biasakan berkumpul dengan orang2 soleh (positif). Maka hal tersebut akan mengurangi kebiasaan negatif dari suami tsb. In sha  اللّهُ .

والله أعلم بالصواب

Bunda: Pdhal saya jg sering liat suaminya bareng ama suami saya dan temen kader dakwah lainnya jg..artinya keterikatan dia dengan orang orang sholih lumayan jg...tdk terasing jauh.

Jawab:
Ingatkan saja kalau begitu... Masa orang kader dakwah, sholat kesiangan mulu, nanti malu loh kalau ketauaan. Biasa orang seperti ini akan lebih menjaga pencitraan didepan manusia 

Bunda: Saya jg tahu krn istrinya minta masukan ke saya...klo saya minta tolong suami saya nasihatin kira2 tersinggung ga ya? Saya tanya ustadz krn mgkin lbh faham psikologis sesama ikhwan.
Iya betul ustadz..biasanya kan malu.

Jawab: Betuull... Pasti ybs akan malu sesama Ikhwan.
Jadi bisa saja suami Bunda memberitahukan pelan2 kepada ybs.

■ Kalo libur biasanya kan para suami jg libur. Sdgkan para istri namanya pekerjaan rumah tdk ada liburnya. Inginya kita jg dibantu ama suami. Tp suami malah tidur atau nonton tivi ataupun hobi lainnya yg mgkin td bs dilakukan saat kerja. Gmn kiat meminta bantuan ke suami ya? Krn kdg istri jg segan, malu...tp suami ga tanggap...suami maunya rumah bersih, anak rapi n istripun jg harus tampil cantik....klo meminta bantuan bs jd suami kesal krn mengganggu istirahatnya..

Jawab:
Kalau begitu perlu dibuat list pekerjaan secara tertulis dan kalau bisa dibreakdown secara detail.

Dan pembagian tugasnya juga dicantumkan disana.

Tujuannya  →  agar bisa diketahui flow dan beban kerja masing2 orang sekaligus memberitahu tugas2 yang dikerjakan istri tanpa sepengathuan suami, sehingga tanpa keluar langsung dari mukut Bunda, maka suami mengetahui yang memang tidak bisa terlihat dia, selama ybs bekerja di kantor. Dan dia akhirnya tahu beban pekerjaannya ternyata sudah over load juga.

■ Lalu bagaimana cara istri untuk membimbing dan mengingatkan suami nya untuk jd lebih baik jika apa yg diucapkan istri hanya masuk kuping kanan keluar kuping kiri...?

Jawab:
→  Ajak ke kajian2 rutin Bunda, jika dimobil, putar radio kajian, jangan musik2 terus. Ciptakan dikeluarga 1 hari wisata kajian + kuliner (contoh).

→  Laki2 itukan PEMIMPIN, jika cara penyampaiannya SALAH, maka ybs pasti tidak akan mau dengar, jadi sampaikan dengan penuh kesabaran dan jangan yerkesan mengajari.

■ Apakah berdosa seorang istri yg cerewet dan bawel tuk mengingatkan dan menyuruh kpd kebaikan...?
Krn kalo ga di bawelin gak akan di lakukan pak..

Jawab:
→  Tidak berdosa Bunda... Sekali lagi, inti agama itu NASEHAT. Jadi jangan sungkan2, tapi cobalah dengan cara yang lebih halus.

TIPS KOMUNIKASI SUAMI ISTERI YANG EFEKTIF

■ Adakah tips cara membuat suami terbuka dan menceritakan sesuatu yg diresahkannya? Atau tips berkomunikasi yg baik dan efektif?
Contoh kadang isteri tdk memahami sesuatu yg disukai atau diminta suami jk tdk ada pembicaraan,  dan tipe laki2 tdk semua suka berbicara/bercerita.
Contoh Orang yang menutupi kesakitannya di depan isterinya. Padahal lebih gk enak kalo isteri tau dr orang lain,  serasa tdk menjadi org kepercayaannya.
Mungkin lain lagi dg perasaan isterinya.

Jawab:
Kasus saya kemarin adalah, sebenarnya saya nda mau dia ikut resah, trus karena anak2 libur dan mereka begadang, habis sholat subuh pada tidur lagi.

Sehingga saya nda mau ganggu waktu istirahatnya istri dan anak2.

Nanti aja deh saya sampaikan setelah urusan rumah tangga yang selesai.

Bunda: Tujuannya sangat mulia, tp blm tentu org lain atau isterinya memahami, maksudnya intepretasi org terkadang berbeda2

Bicarakan dengan suami saat suami dalam kondisi nyaman (alpha) sama seperti anak kecil
Contoh : Saat kenyang setelah makan
Saat memberikan hadiah ke suami
Memang komunikasi plg efektis setelah berhubungan intim
Saat habis berhubungan intim (tahaaaannn, jangan sampai ngorok duluan)

■ Membaca topik bahasan hr ini sy malah melongo. Oh ya?? Memang ada ya ibu2 yg mempertanyakan hal2 spt itu ke suami?? afwan kasian suami-nya, rempong yah.

Jawab:
Cerita di atas hanya gambaran umum wanita sepertinya. Wanita memang kadang butuh perhatian suaminya,  mungkin kr dicuekin terus apa aza bs jd topik demi menarik perhatian sang suami. Bunda seorang istri jg butuh perhatian.

■ Bagaimana tips menahan amarah suami yg efektif?

Jawab:
- Buat Komunikasi yang baik
- Jika Suami EMOSI, istri berkewajian DIAM, agar tidak membesarnya API karna percikan Minyak Tanah.

■ Jk terjadi prahara dalam rumah tangga,  apakah ada adab islami dlm pencarian solusi yg baik?

Jawab:
→  Istri diusahakan mengalah dan pandai berperan (walaupun berat) untuk menuju kemenangan yang abadi.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم  pernah bertanya kepada para sahabatnya, “Maukah kuberitahukan kepadamu, bekal istrimu di surga?” Para sahabat menjawab, “Ya, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Yaitu setiap istri yang penuh kasih sayang dan banyak anak (subur) dan bila ia marah atau diganggu atau dimarahi oleh suaminya, lalu ia menyerahkan dirinya dan berkata, “Inilah tanganku terserah kepadamu, aku tidak akan dapat tidur sehingga engkau rela kepadaku.” (H.R. Thabrani)

■ Bagaimana sikap tetangga yg mendengar/mengetahui adanya bersiteru di keluarga org lain? Jika diminta tlg menengahi apakah boleh ikut campur?

Jawab:
→  Tidak Boleh ikut campur.

Bunda: Pengalaman ada saudara yg mengikut sertakan tetangga (suami org) awalnya utk penengah. Akan tetapi sampai saat ini malah memperkeruh keadaan dg menghasut isteri shg membenci suami sangat sampai hidup masing2. Sampai suaminya merasa isteri sering curhat ke suami tetangga tanpa diketahui isteri suami tetangga tersebut dan menduga telah berselingkuh.

Jawab:
→  Tetangga bukan tempat mengadu.

■ Sejauh mana kita membatasi keterlibatan orang ketiga dlm rumah tangga?

Jawab:
→  Diusahakan mencari orang ke3 yang dituakan dan netral dalam memberi pandangan.
Berbeda rasanya dg Nusyuz (tinggal 1 atap, suami yg meminta, ada pengurangan nafkah dan Isteri tidak diperbolehkan mengajukan nusyuz).

■ Bagaimana sikap kita sebagai saudara? Sedangkan setiap suami plg tugas (sabtu minggu), isteri pindah ke rumah ortunya. Karena dirasakan sudah hampir 2 thn ini ada perubahan thd psikologi keponakan.

Jawab:
→  Agama itu intinya NASEHAT, nasehatilah dan jika tidak berubah, gugurlah kewajiban kita sebagai sesama saudara.

■ Bagaimana jika sebaliknya Ustad, ada suami yang suka membicarakan kekurangan istri pada teman dan saudara2nya. Bagaimana sebaiknya sikap sang istri?

Jawab:
Jika kita tahu contentnya apa... Maka jadilah opposite terhadap apa yang dibicarakan suami ke teman2nya.
Misal...
Istri saya pake daster mulu tiap dirumah.
→  pake baju non daster 

: ■ Bagaimana menyeimbangkan kepatuhan kita sbg istri bg suami dan kepatuhan kita terhadap orangtua..khusunya wanita?
Ada banyak orang bilang saatnya kita balas kebaikan orngtua ketika mereka sdh tua dg mengurus mereka..
Tp klo ortu di kampung sementara kita di kota..ortunya tetap maunya tinggal di kampung..sementara istri harus mngurus suami di kota..

Jawab:
Kewajiban seorang wanita terhadap orang tuanya terputus jika ybs menikah dengan calon suaminya. Dan akan berbalik harus mengabdi kepada Suaminya.

Kewajiban seorang laki2 terhadap orang tuanya TIDAK AKAN PERNAH PUTUS walaupun laki2 tersebut sudah menikah 1x, 2x, 3x ataupun 4x.

Jika kita memang mendapatkan suami yang baik, utarakan dan sampaikan kondisi yang sebenarnya jika memang kadang2 kita dibutuhkan oleh orang tua kita. Dengan cara meminta pendapat dan saran dari suami apa yang harus dilakukan (teknik meminjam tenaga lawan). Dan biarkan suami yang ambil keputusan yang terbaik. Jika dia suami yang baik, pasti ada keputusan yang menyenangkan.

Ingat.... Laki2 itu juga manusia yang tetap mempunyai hati

■ Bagaimana ya spy suami pulang kerja itu kita bs selalu senyum. pasalnya suami pulangnya malem terus, sy di rumah udah keburu capek kadang kesel kok pulang malam banget. Pengen senyum, tp malah jadi manyun deh.

Jawab:
Klo saya selalu berpikir....secapek2nya kita mengurus rumah tangga....pasti suami lebih capek lg....capek banyak kerjaan, capek dijalan yg sering macet, belum lg klo kena teguran dr atasan....usahan senyum secapek apapun....kan senyum itu sedekah apalagi senyum ke suami...bisa jd dpt mengurangi kepenatan suami....jgn lupa dandan yg cantik dihadapan suami....jgn sampai dandannya kita utk orang lain....pasti suami seneng klo lihat istrinya cantik....kebanyakan ibu2 dandan cantiknya klo pas kondangan ....tp drumah cm pake daster alakadarnya....kasihan suami kita bunda....masa diluar rumah suami melihat wanita yg cantik2 sedangkan istrinya gk pernah dandan utk suaminya.

■ Tadi pak Dodi katakan bahwa sunatullah kalau laki-laki (suami) tidak memperhatikan hal2 yg detail, contohnya dalam penataan rumah, penampilan istri.
Nah bagaimana jika seorang suami juga menganggap sepele dalam hal ibadah...
Sang istri sudah berusaha mengingatkan tp suami tetap tidak peduli...
Jadi sebaiknya si istri harus bagaimana?
Pak Dodi bagaimana cara berdakwahnya seorang istri kpd suami suka gengsi kalau  dinasihati oleh istri.

Jawab:
Terus saja memberitahu ya Bunda. Agama itu intinya NASEHAT.

Jadi jangan pernah berhenti untuk memberikan nasehat
Blh nambah? Selain memberi nasehat yg terus menerus tentunya kita jangan lupa mendoakannya juga ya.
Jangan lupa itu ladang pahala buat kita berdakwah. Nda perlu repot2 keluar rumah lagi.

Dalam RT Yg penting komunikasi yg baik ya bunda...& kita sbg istri hrs tau karakter suami seperti apa ya...

■ Katanya kalau orang tua terutama ibu, harus berhati2 thd ucapannya kpd anak, krn bisa menjadi doa. Misal kita terlanjur mengucapkan perkataan yg tdk baik ke anak, tp setelah itu kita beristigfar, kira2 ucapan kita itu diampuni dan tdk diaminkan sbg doa atau gimana ustad?

Jawab:
Kan itu dalam kondisi emosi, setelah sadar kita istigfhar in sha  اللّهُ tidak apa2.
Sama seperti talak, jika suami dalam keadaan emosi yang tidak biasa, maka tidak masuk hitungan talak.

■ Pa Ustadz, bagaimana rasanya seorang suami bila ada istri gayanya glamor tp hasil glamornya pinjem uang dr sana sini tanpa sepengetahuan suami, pdhl tau suami kerjanya freeline dan akhirnya RT berantakan dan semua ulah istri, suami yg tanggung jawab dan kini istri sakit parah tp suaminya sudah gk mau bertemu.....

Jawab:
Suami pasti melihat dia adalah istri yang tidak bertanggung jawab dan selfish hanya untuk kepentingan dirinya saja.

Begitu suami tahu tidak dibutuhkan Istrinya, EGO laki2nya akan keluar dan dia pasti tidak akan peduli.

■ Ada suami yang perhatiannya berlebihan sehingga kesannya cerewet banget segala sesuatu  dikomentari.... itu gimana menghadapinya pak??

Jawab:
Alhamdulillah...
Syukurilaaahhhh
Nikmatilaaaahhh 

■ Oia pak dodi..sy mau tanya. Kalau suami ingin menikah lagi...istri pun memberi ijin. Apakah yg melamarkan harus istri pertama ya pak ? 

Jawab:
Sebenarnya kalau secara Syariat, diperbolehkan untuk tidak ijin ke istri pertama.

■ Pak, semua yg dikerjakan istri untuk suami ada pahalanya kan? pertanyaan saya
Apakah istri akan dapat pahala kalau semua kerjaan rumah dikerjaakan orang lain, seperti mencuci dan memasak. Kedua kalau semua urusan rmh sampai bercinta suami nurut kemauan istri, pokoknya hanya tdk membuat istri kecewa, apakah istri berdosa pak?

Jawab:
Tugas Istri  →  Memanage Rumah Tangga (bisa tangan sendiri atau orang lain).

■ Pak dodi...kalo istri gak menuruti kemauan suami untuk bercinta dosa gak pak ? Trs kalo sebaliknya bagaimana ? 

Jawab:
Dosaaaa. Dilaknat sama malaikat sampai pagi hari.
Sebaliknya tidak berdosa sampai batasan tertentu, ada yang bilang jangan biarkan ranjang tidak berderrit lebih dari 3 bulan.

■ Misal neh ortu perlu di jaga, dan keadaan sodara yg lain tidak memungkinkan, jadi mau tidak mau dia yg menjaga, sementara dia anak perempuan, suaminya sii gpp...gimana kang?

Jawab:
Selama dapat ijin dan suaminya Ridho maka tak mengapa Bunda Vita.

■ Topik suami istri selalu mak nyoosss. Tapi cinta itu perlu disiram, perlu dipupuk, perlu dipelihara...minimal kalau bs stiap hr suami bilang I LOVE YOU mau ucapan ataupun wa/sms..bener nggak ya pak dodi???romantisnya bs dipelajari..

KOMUNIKASI KEBUTUHAN BIOLOGIS SUAMI ISTERI

■ Terkadang isteri tdk mengetahui kebutuhan sang suami, dan tiba2 membuat suami uring2an terutama dalam hal biologis. Isteri jk sudah lelah mengurus rumah tangga, pekerjaan kantor, dan anak shg tenaga terkuras. Atau terkadang isteri jg sedang tdk mood begitu pula sebaliknya isteri yg menginginkan tetapi suaminya yg kelelahan.
Terkadang membicarakan hub. Intim itu tabu dan malu2 sehingga komunikasi kurang lancar.
1. Apakah tetap dilaknat bagi isteri yg tdk mengetahui/peka terhadap keinginan suaminya? Bagaimana jk dalam kondisi isteri yg sakit?
2. Kalo isteri tdk mendapatkan kepuasan apakah boleh dikomunikasikan? Bagaimana crnya agar tdk menyakiti pasangannya? Kr biasanya isteri terkesannya lebih memilih diam kr khawatir menyinggung.

Jawab:
1. Intinya adalah ajakan yang jelas, kudu seperti Ruqyah harus jelas, kalau kode2an kan istri bukan detektif.
Kalau sakit sampaikan saja secara halus dan tawarkan dengan "cara" lain jika suami berkenan.

2. Pada saat kita menyenangi di posisi tertentu, bicarakan saja bahwa memang kita menyukainya, toh itu suami kita sendiri. Dan beraktinglah jika dipenuhi dengan seolah2 Bunda nyaman diperlakukan demikian. Ini akan menambah semangat suami dan mengesankan dia perkasa.
Suami seneng loh dipuji  →  PERKASA
Beneraaan deeeh.
Jadi memuji dg maksud tujuan tertentu.
Setelah dia senang, minta keinginan Kita sebagai Istri.
Dia happpyyy... Pasti nanti diberikan. Ingat  →  kondisi alpha.

Keluar uang untuk mendapatkan uang, kan begitu prinsip ekonomi.
Pokoknya prinsip kebutuhan suami istri komunikasikan saja..nggak usah malu2..klu nggak dikomunikasikan mana bisa tahu walaupun itu suami istri.

Tp tipe suamiku itu harus dipancing dulu.spt ini contohnya :
biasanya aq yg sering duluan bilang Schatz...Ich Liebe Dich...my dear I Love You..
nah biasanya suami kepancing...jawabannya..Ich Dich Auch. ...Me too..

UCAPAN SAUDARA YANG MENYAKITKAN

■ Bagaimana menghadapi saudara yg tdk bs menjaga ucapannya? Setiap ketemu ucapannya menyakitkan, jadi sy fikir lbh baik menghindar walaupun ngga bisa jg selalu menghindar.

Jawab:
Lebih baik begitu, tapi jangan memutus tali silaturahmi ya Bunda.

Bunda: Tapi ngga bisa selalu menghindar ustadz, karena namanya saudara sekali2 bertemu. Kalau saya memilih menghindar dan diam. Tapi tetep adaaa.....aja yg di senggol2. Kayaknya memang hobi menyakiti perasaan org.
Memutus tali silaturahmi itu gmn ustadz? Kalau selalu berusaha menghindar agar tdk terjadi konflik, apakah itu bs jg di sebut memutus tali silaturahmi?

Jawab:
Maksudnya komunikasi tanpa tatap muka juga dilakukan sekali kali.

Bunda: Iya ustadz, untuk menghormati suami, saya juga masih datang ke rmh beliau tp biasanya saya memilih banyak diam, akting senyum2 aja tp kok ya msh kena jg.

ORANG TUA YANG BANYAK MEMINTA

■ Maaf pak Dody ikut diluar kontek..saya kadang suka bingung dg permintaan orangtua yg ingin selalu memberi yg bagus2 ke orang lain..sya tau maksudnya baik cma kan kita kadang bugdet ga ada..contoh saat acara kendurian makanan harus enak2, berkat yg dibawa orang2 haruslah bagus ga cuma makanan kadang harus ada baju,dll,,selain itu kadang kita harus sering nengok beliau..kalau jarak kami dekat insyaallah lah beliau nyuruh setiap hari dateng dijabanin tpi kan jauh hiks

Jawab:
Jujur saja Bunda... Mungkin orang tua tidak mengetahui secara detail kondisi keuangan Bunda.

Ini nanti akan berefek seperti bola salju kalau dibiarkan begitu saja.

Bunda: Kita sdah jujur pak..tpi kata beliau nanti jga ada rejeki dateng dri Allah..

Jawab: Diiyakan saja dulu ya Bunda... Doain ya Bu, semoga seperti itu. Dan jika memang belum datang rezeki dari  اللّهُ , kita atur baik2 dulu pengeluaraannya.


BAHASA DOA KHUSUS

■ Ada doa khusus yg perlu dibaca ga supaya bisa jd istri sholehah, yg selalu sabar menghadapi anak2 dan segala urusan lainnya?

Jawab:
Masuk kategori Doa Masalah saja Bunda.

Doa Masalah ini kita diperbolehkan berdoa sesuai denganpermasalahan kita dan menggubakan bahasa kita.

Ceritakan keinginan kita didalam doa tsb.

■ Kalo ceritakannya pake bhs indonesia boleh tad?
contoh doanya kaya gmn gitu?

Jawab:
Boleh... Pake bahasa Indonesia
Contohnya ya kayak curhat gitu, masalahnya apa disampaikan, maunya apa dimintakan

BERSENTUHAN DENGAN SUAMI ISTERI, BATAL WUDHUKAH?

■ Pak dodi, setelah wudhu trus kita bersentuhan dgn suami, batal ga ???

Jawab:
Ada 2 pendapat Ulama dalam hal ini
1. Ada yang bilang batal (kebanyakan Mahzab Syafii)
2. Ada yang bilang tidak batal (kebanyakan Mahzab Hambali)
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Pernah Rasulullah صلى الله عليه وسلم  melakukan shalat sedangkan saya tidur terbentang di depannya layaknya jenazah sehingga apabila beliau ingin melakukan witir, maka beliau menyentuhku dengan kakinya”.

■ Pak, nyambung pertanyaan tentang batal wudhu? misal, kita memilih amalan ke 2 atau bermazhab hambali. Boleh ga amalan lain kita pilih kita memilih mazhab syafii? Soalnya kata suami, klo dah memilih satu mazhab, maka amalan lainnya pun hrs satu mazhab, mohon pencerahan, tks.

Jawab:
Ada beberapa pendapat Ulama yang memang tidak boleh lintas mahzab. Dan juga ada yang membolehkannya.

Kalau saya lebih memilih pendapat yang rajih yang memang mendekati Al Quran dan Hadist.
Mana pendapatnya yang lebih kuat, apakah tertera di Al Quran dan dijelaskan dalam tingkatan Hadist yang Shahih.

AKTE LAHIR ANAK HILANG BOLEHKAH DIGANTI NAMA AYAH TIRI?

■ Assalamu'alaykum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.....
Ustadz...
Saya sedikit punya problem..
Maaf ini sebenarnya privacy...
Dari pernikahan pertama saya dikaruniai seorang putri.
Tetapi akte kelahiran semua hilang.. (maaf lenyap tanpa bekas).
Bagaimana hukum dlm Islam jika sy buat akte baru dg nama Ayahnya yang sekarang..??
Diperbolehkan / Dilarang oleh Agama....???

Jawab :
Tidak diperbolehkan, karena bukan nasab dari ayahnya. Akan merancukan nanti pada saat hukum warisan dibagikan.

Doa Kafaratul Majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه