Ketik Materi yang anda cari !!

Home » , , » POLA PIKIR WANITA SEMPURNA: MEMAHAMI ILMU SYARI'AH

POLA PIKIR WANITA SEMPURNA: MEMAHAMI ILMU SYARI'AH

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, May 28, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT 
Sabtu, 24 Mei 2014
Nara Sumber : Ustazah Endria sari Hastuti
Notulen : Bunda  Nofita dan Ana Trienta

السلام عليكم ورحمة الله و بركاته.

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله و الشكر لله  و الصلاة و السلام على رسول الله و على آله و أصحابه و من تبعهم بإحسان إلى يوم الدين.

Assalamualaikum warahmatullah wabarokatuh.

Dengan menyebut nama Allah yg maha pengasih dan maha penyayang.

Segala puji serta syukur milik Allah subhanahu wata'alla. Shalawat serta salam untuk baginda besar Muhammad shallahu alaihi wasslam untuk para sahabatnya dan para pengikutnya hingga akhir zaman.



Kenalkan ... Saya Endria , kepala departemen kaderisasi ODOJ pusat..

Semoga bersama antuna disini bisa saling berbagi ilmu..
Saya yakin apa yg kita upayakan ini adalah termasuk dari amal sholeh menuntut ilmu... Jadi kita disini sedang melakukan amal sholih lhooo ..
Jd ibu2 jgn ada yg kelupaan blm membaca bismillah ya ....

Kita sebagai seorang wanita dewasa hrs sdh mempunyai pola pikir yang sempurna. Sempurna disini yg dimaksud adalah sdh memahami bbrp hal penting yg vital untuk dirinya, suaminya dan keturunannya ... Jika kita sebutkan kenapa ke orang tua tdk disebut ?
Karena pemahaman bgmn kita terhdp orang tua sdh hrs dimiliki sejak blm aqil baliq .. Sedangkan wanita dewasa yg dimaksud disini adalah yg sdh aqil baliq...

Kita sebagai seorang wanita dewasa hrs sdh mempunyai pola pikir yang sempurna. Sempurna disini yg dimaksud adalah sdh memahami bbrp hal penting yg vital untuk dirinya, suaminya dan keturunannya ... Jika kita sebutkan kenapa ke orang tua tdk disebut ?
Karena pemahaman bgmn kita terhdp orang tua sdh hrs dimiliki sejak blm aqil baliq .. Sedangkan wanita dewasa yg dimaksud disini adalah yg sdh aqil baliq...

Nah... Apa kira2 bekal atau standart pola pikir yg sempurna dan ideal itu menurut Islam ?
Yakni , pemahaman ilmu syariat dan pembinaan ahlaqul kharimah ...
2 hal ini harus mjd target utama kita semua !

Mari kita bahas point pertama :
Yaitu Memahami Ilmu Syari'ah
Memahami ilmu syariah tdk bisa jika tdk dilakukan dengan niat dan kesungguhan.
Bikin program terstruktur,
Apa saja yg urgent untuk dipelajari .... Ini hal yg penting ...
Kebanyakan diantara kita hny semangat memuntut ilmu .. Tetapi tdk pandai membuat silabus materi yg terstruktur ... Sehingga dengan membuat suatu urutan apa saja ilmu2 dan urutan yg perlu kita pelajati benar2 akan menuntun kita pada pola pikir yg membangun.. Tdk lompat2 sehingga ilmu yg kita dapat juga sepotong2 .. Akhirnya yg tjd kita merasa sdh lama mengikuti kajian ilmu ... Tp koq rasanya tdk merubah karakter dan tdk menambah keimanan ...

Point yang kedua adalah :
Siap memgamalkan hasil kajian ilmu yg kita dapat itu dengan dasar imam dan taqwa kpd Allah SWT.

Sampai disini ada yg kurang faham ? Silahkan tanya ...


 PERTANYAAN DAN JAWABAN:

■ Ilmu dasar apa yg benar2 dibutuhkan oleh seorang wanita dewasa sehingga dia bisa membina dan membangun sebuah keluarga yg Islami?

Jawab:
Naaaah ini pertanyaan bagus sekali ukhti .., inalah yg ingin saya share disini .. InsyaAllah kedepan kita akan bermajelis ilmu dengan materi terstruktur yg saya susun secara bertahap hingga ukhtifillah disini akan bisa mengikuti setahap demi setahap.... Akhirnya tercapai sbgmn yg mjd tujuan dan harapan kita bermajelis ilmu yakni menjadi wanita yg berkwalitas ! Dengan stardart ukhrowi ya bukan duniawi ... , maksudnya hrs dibedakan wanita sukses duniawi dan wanita sukses dlm ukuran ukhrowi ... Standart yg kefua ini yg ingin kita capai bi idznillah .. Aamiin

Disini yg penting saya minta semua harus punya niat dan tekad untuk menjadi wanita yg berkwalitas !!!

Sukses dalan standart ukhrowi itu jika dijwb dengan singkat ... Kita pasti masuk syurganya Allah .... Bhkn tanpa hisab ! Itu harus menjadi target ya !

Jangan kita ini hny puas menjadi seorang Muslimah saja !
Apalagi sekedar menjadi seorang wanita biasa ??? Itu pemikiran yg tdk cerdas !
Kalo menjadi seorang wanita itu bagi kita Qadarullah...
Menjadi seorang Muslimah saja juga masih sekedar membatalkan kekafirannya ! Betul nggak ?
Naaaah kalo jadi Muslimah yg Berkwalitas ...???
Dunia pasti mendapat nikmat dan kemuliaan dari Allah SWT
Di akhirat kita pasti menjadi pemghuni syurga

■ Menjawab pertanyaan diatas ... Biasanya hal tsb ada bbrp faktor pencetus, yakni mengapa kita suka tdk istiqomah dlm menuntut ilmu ?

Jawab:
Ada bbrp pencetus mengapa bisa terjadi demikian :
1. Azzam untuk menuntut ilmu kurang kuat !!!!
Azzam itu hrs dibarengi dengan niat yg benar2 tulus krn Allah kita menuntut ilmu !
Tidak akan lekang wkt, usia, kaya miskinya, tia mudanya dll..
Niatkan menuntut ilmu krn ingin menggapai ridhoNya Allah SWT.
Ingat bwh Allah memberi penghargaan yg sangat besar bagi hambaNya yg gemar dan ISTIQOMAH dlm menuntut ilmu Agama ya.... Bukan ilmu2 yg lain .
2. Adalah bisa jadi karena Materi yg kita pelajari kurang terstruktur sehingga kurang mengarah dan juga kurang mengefek pada pembentukan karakter dan pribadi kharimah...
3. Bisa jadi penyebabnya krn kita blm menemukan lingkungan yg pas ... Yg saling memberi semagan dan yg sama ruh sehingga bisa membangun istiqomah diri dlm menuntut ilmu..

■ Bunda.. bgmn carany agar msk surga bahkan tnpa hisab?

Jawab:
Ada 10 sahabat Nabi saw yg sdh dijamin masuk syurga tanpa hisab.
Rata2 mereka semua adalah para sahabat yg telah menunjukan loyalitas dan pengorbanannya kpd Rasul saw secara total.
Lahir dan batin, jiwa raga dan hartanya benar2, mereka sumbangkan untuk mendukung perjuangan baginda Rasul saw.
Tetapi itu memang hamba2 Allah yg telah dikabarkan kpd kita bhw Allah menjaminnya masuk syurga tanpa hisab !

Bagi kita gimana ???? Itu pertanyaannya ? Ngiriiii yaaah ?
Kita pun insyaAllah punya kesempatan untuk masuk syurga tanpa hisab .. Gmn caranya ????
Naaaah itu yg nanti insyaAllah akan kita bahas. Kl dijwb singkat ya kita berjuang dengan jiwa, raga dan harta kita semampunya. Bgmn ?
Menuntut ilmu duluuuu .. Apa saja yg bisa kita lakukan ... Krn amal sholih itu pilihannya banyak sekali kan .. Makanya dengan ilmu kita tentu aka pandai memilih amal2 prioritas yg menghasilkan pahala besar ....

Berdoalah apaaaaa saja kepada Allah SWT asal doa2 yg baik ya sayang.
Harus YAKIN bhw Allah itu tempat kita memohon pertolongan dlm sgl urusan aaaaapa saja !
Jgn terlalu bahagia krn kebahagian itu pasti ada batasnya .. Juga jgn terlalu bersedih dg kesedihan yg berlebihan krn semua masalah hidup itu pasti ada solusinya !!
Krn segala yg masih ada di dunia ini sifat fana. Yg abadi adalah kehidupan akhirat !
Oleh karena itu mari kita berusaha dan beramal sungguh2 untuk kehidupan akhirat kita
Hayo semua mulai saat ini hari ini ! Bangkit dan bertekadlah untuk hijrah menjadi hamba yg berkwalitas ukhrowi !
Jgn mudah terbawa arus trend masa kini yg semakin menjauh dari nilai2 Agama kita

■ Ustadzah. Gimana cara spy kita bs jadi muslimah berkualitas. sy mau curhat dikit. sy sekarang ibu rumah tangga dg 2 anak, pendidikan terakhir sy S2 pemikiran politik Islam. bahkan saat lulus sy jjadi wisudawan terbaik. tp knp dlm membangun rumah tangga sy merasa kurang sukses ya ustadzah?
Saya merasa kurang bs jadi ibu yg baik utk anak2, istri yg menyejukkan pandangan buat suami. Jadi istilah zaujatul muti'ah, ummul madrasah rasanya belum ada di diri ini.
Menjadi wanita yg berkwalitas masuk surga tanpa hisab itu luar biasa agar kita mampu msk kesana juga harus punya silabus ya ustadzah.

Jawab:
Ya ukhti .. Sebetulnya bahasa sederhananya sih ... Ya belajar dgn materi yg urut ..runtut dan bertahap...
Seperti hrs dimulai dengan pemahaman dasar ... Kemudian meningkat ..meningkat... Hingga menacapai materi yg sifatnya advance atau yg sdh kelas tinggi
Bisa juga sih kalo kita ingin spt kebanyakan wanita masa kini yg sdh mempunyai semangat dlm menuntut ilmu ... Tapi karena asal tangkap ilmu jd hasilnya juga kurang tampak
Mgkn bisa saja berubah dalam penampilan ...
Tp jika pola pikir blm terbentuk ... Ya tetap kurang dpt dirasakan perbedaannya.


Bunda  apakah hukum nya bila setelh berdo'a kita mengusap kan  muka??

Jawab: Setelah sholah mengusap muka bukan wajib ataupun sunah ... Tp tdk makruh  apalagi haram jadiiii boleh2 sajaaa ... Atau mubah

■ Tanya lg ya ustdzh, klo biaya admin di RS, (stl rawat inap biasanya di billing ada biaya admin sekian persen dari ttl biaya), apakah itu riba, ustdzh?

Jawab:
Kalo disana jelas ditulis sbg biaya Administrasi ya bukan riba.
[4:40AM, 5/27/2014] O Nofita Kutub HA 1: QIBLAT & WAKTU AFDHOL SHALAT DHUHA

■  Bgmn saat mlksnkan Sholat kt tdk m'hdp Kiblat.lbh condong k'utara. Itu kl posisi kita berdiri.
Ttp.kl kita dg posisi duduk bs m'hdp Kiblat..

Jawab:
Tentang sholat yg afdhol adalah spt sholatnya Nabi saw yakni berdiri say ... Jika ada keterbatasan situasi tetap usahakan menhmghadapbarah qiblat
Baik secara fisik maupun hati/ batin kita hrs fokus menghadap ke qiblat

Yg sy mau ty. Afdol mn kah d'antara k'2 cr Sholat tsbt.krn posisi kmr ssh Mau ambil posisi Sholat ...

Sukron atas p'jlsn'y Ustadzah...

■ Assalamualaikum Ustdazah, mau bertanya waktu yang pas n aman u/ sholat dhuha sebenarnya pkl brp u/ hitungan drh WIB.Krn ada wkt2 yg diharamkan u/ sholat ya , Ustdzh. Terima kasih.

Jawab:
Kalo afdholnya sih sholat dhuha itu justru yg mendekati wkt mau masuk dzuhur sayang.
Jadi sekitar jam 11.00 an WIB. Ya sayang ... Bhkan afdholnya yg sekitar jam 11 an itu.
Waallahu a'laam
[4:40AM, 5/27/2014] O Nofita Kutub HA 1: MADHZI HARAM...?

■ Bagaimana hukumnya penyakit keputihan ?? Bagaimana kalau dia keluar ketika kita tengah menunaikan sholat???

Jawab:
Tentang keputihan. Disebut dgn madhzi ..Itu najis. Jadi jika kita sholat maka kondisi pakaian dalam kita hrs bersih dari keputihan ya.
Bahkan kadang jika bepergian jauh wlpn tdk keputihan tapi suka ada bercak slem bening di celana dalam kita ...  Itu juga tdk boleh dibawa dlm sholat kita ya sayang
Jika keluarnya ketika kita berada di dlm sholat isyaAllah tdk apa
Hanya saja pastikan ketika sblm sholat tdk melekat di diri kita ataupun pakaian dalam kita...

Perempuan yg sedang keputihan silahkan pakai celana yg bersih atau tidak pakai celana ketika sholat. Bisa disiasati dgn .. Pakai penty liner. Jadi yg dibuang penty liner nya aja

■ Bu ustadjah brarti ketika kita mendapat keputihan brarti kita langsung mandi brsih. Sama sprti kita mandi wajib stlh haid????

Jawab: Keputihan hadast kecil mbak.

■ Tanya lg mba...
akan melahirkan/sdh mulai ada pembukaan ada lendir bercampur darah...apakah saat itu kita msh wajib sholat atau sdh dikatakan nifas..?

■ Bunda mau tanya,saya akhir2 ini haid lebih lama, 2 minggu lebih, dampak dr lepas kb. Apakah saya hrs tetap sholat  walaupun keadaan masih haid? Mohon penjelasannya trimakasih bunda.

Jawab:
Untuk haid lebih dari 2 minggu berarti penyakit .. Wajib sholat .. Batas 2 minggu hrs mandi besar kemudian laksanakan sholat
Usahakan ketika sblm sholat pastikan tdk ada darah
Jika darah muncul ketika kita sedang sholat insyaAllah tdk apa2 ..

waallahu a'laam bishowwab

■ Ustadzah.. Blh nanya d luar yg d atas ga??
Skrg sy bingung.. Br prtma kali KB suntik 3 bln jd tdk teratur haid'y.. 1minggu ptma kluar drh tp hanya sdkt2. Saya pikir itu ptnda mw haid jd sy sdh tdk slt.. Dan ternyata brlnjt.. 1 minggu slnjt'y kluar darah haid. Kmrn sy br browsing dan br tahu klo tnyta yg ptma kluar itu drh istihadah dan hrs'y ttp slt.. Tp sy tdk shalat ustadzah dan skrg msh byk bgt darah yg kluar (darah haid).. Klo trs brlnjt sy hrs mulai kpn slt'y?pas nanya2 kata'y klo udah 14hari hrs slt. Tp bingung htg 14hr'y dr pas kluar drh istihadah atw pas haid?

Jawab:
Darah haid dan darah istihdzah itu punya ciri khas masing2.
Jika anti yakin bhw itu darah haid ya stop sholat. Darah haid bisa dideteksi dari BAU nya. Baunya khas. Dan hny diri kita yg hafal. Shalat itu tdk ada yg namanya sholat qodho. Kalo kemaren anti blm tahu, untuk yg akan datang saja lebih hati2 ya sayang. Perbanyak istighfar ya.
[4:40AM, 5/27/2014] O Nofita Kutub HA 1: ■ Assalamu'alaikum ustadzah....sy mau brtanya. Apa hukum nya ketika sholat qt tidak memakai pakaian (hanya memakai pakaian dalam) apa itu di perbolehkan ? Atau hanya memakai sarung, tidak memakai pakaian dalam ?

Jawab:
Sholat tdk pakai pskaian dalam insyaAllah boleh.
Yg penting kita yakin kita tdk ada najis yg menempel dan juga tdk sedang berhadast.

■ bunda  apa hukumnya seorg istri  jika melakukan  kebisaan yg sama terhadap suami ..contoh  nya : selama ini suami sedkit  pun gk mau perduli, krn kita jarak jauh, kl tdk di telpon gak mau nelpon kl tdk di sms dia  pun gak sms

bahkan kita diam1 thn pun dia pun bgtu ..

berkl " di peringatkn  kl wanita itu bth perhtian  tp g lerduli ..
bgmn ini bunda & bgmn hrs menyikapi keadaan yg seperti ini .

Jawab:
Jika menghukumi saya tdk berani ya sayang ... Krn saya mau berspekulasi dgn info yg sepihak ... Namun saran saya kpd ukhti yg mengalami hal spt diatas ..coba lakukan instrospeksi mgkn kita ada salah dlsb. Tp jika jwbny ternyata tidak .. Saya sangat bisa mengerti perasaan anti. Bersabarlah ... Kuatkan kesabaran anti... Adukan keadaan tsb kpd Allah .. Krn Allah yg lebih tahu tentang keadaan antum berdua ..

■ Tanya lg mba...
Ketika akan melahirkan/sdh mulai ada pembukaan ada lendir bercampur darah...apakah saat itu kita msh wajib sholat atau sdh dikatakan nifas..?

■ Kalo misal sdg sholat terbatuk dan spt kluar pipis, batal gak ustz? bahkan kluar pipis tuh kalo nenek2

Jawab:
Kl sekedar batuk tidak batal sholatnya. Jika sampai pipis walpn sedikiiiiit hrs ganti pakaian dlm ... Sucikan kemaluan dari hadast dan ulangi sholat.

Bunda: Kalo kita udah tua kalo batuk sampe ngeden suka kluar pipis, ibu sy spt itu mk selalu pake softex, apalg keadaannya skrg gak memungkinkan bolak balik kmr mandi.

■ Jika sdg sholat hidung.kita kgn telinga gatal  bgt gak bs nahan  blh kah kita mengaruk nya  bunda?

Jawab:
Jika sholat .. Gatal2 biasanya itu datang dari gangguan syaithon agar kita tdk khusyuk. Jadi usahakan bisa tahan. Dan biasakan sebelum sholat baca ta'awutzd.

■ How to be muslimah n shalihah di zaman online_isasi.?
Apakah pasang foto profile wajah qt d soscmed itu dilarang.? Krn bisa d liat o/ non muhrim.?

Jawab:
Menjadi Muslimah yg shalihah spt yg td sdh saya ungkapkan harus bangkit bertekad untuk menuntut ilmu .. Dgn ilmu yg shohih .. Kita bisa memilih dan menyaring , informasi2 apa saja yg layak kita konsumsi..
Pergaulan yg bagaimana yg akan menyelamatkan kita ..Dlsb ...
Sungkitnya ilmu kita akan otomatis menjadi filter bagi diri kita, hal apa saja yg kiranya akan memberikan manfaat dan apa saja yg bisa menjadi sekedar tumpukan sampah yg justru akan mengotori dan mengeraskan hati kita ..

Jawaban kedua :
Jika foto itu akan nembawa mudhorot dpd manfaatnya lebih baik tdk dipasang...di FB atau di sosmed yg terlalu luas bisa diakses khalayak banyak.

■ Bu wanita kn dilarang memakai wangi2an ya? Tapi kadang kala ada yang tidak memakai wangi2an tapi malah tercium maaf bb... jadi hukum memakai wangi2n sendiri gimana bu?

Jawab:
Memakai wewangian bagi wanita hingga tercium bukan mahrom dan menimbulkan birahi ini dilarang oleh agama kita. Kl mau siasati agar tdk bb ? Antisipasi dgn cara2 yg dibolehkan yakni dengan mencegah bb kita.
Misal ba'da mandi kita pakai Rexona misalnya.
Jd kl pakai yg lembut dan tdk spt kondisi diatas ya insyaAllah tdk apa... Apalagi untuk membahagiakan suami.

■ Saya pernah dengar istilah ikhtilat & khalwat.. Apa maksud istilahnya?

Jawab:
Ikhtilat itu dituasi percampuran antara laki2 dan perempuan yg bukan mahram. Khalwat itu menyendiri ... Berduan diantara 2 manusia berlawanan jenis yg bukan mahram

■ Bagaimana dengan fenomena sekarang ini yg menjadikan jilbab sebagai trend?? Kebanyakan hijaber2 tersebut kerudungnya dibuat bervariasi sehingga tidak menutupi dada? Apakah itu dosa sekalipun bajunya agak longgar?

Jawab:
Tentang hijab yg mengikuti trend mode !
Dlm kaidah pemahaman ilmu yg mendasar terkait dgn hal tsb diatas , hrs difahami dulu bhw :
Melakukan amal sholih itu ada syaratnya ... :
1. Harus ihlas krn Allah semata
2. I'tiba Rasul
Jd kl pakai jilbab niatnya bukan krn memenuhi perintah Allah menutup aurat maka tdk ada artinya. Krn dia hny melakukan krn nafsunya .. Bukan krn meraih ridhonAllah. Jadi gak boleh dong ikut trend dlm berjilbab ?? Boleeeh ... Asal niatnya lurus murni krn menenuhi perintah Allah SWT daaaan hrs sesuai dgn yg diperintahkan . Tdk semaunya sendiri ...
Trendy n Syar'i ??? Why not !!!

■ Unsur2 tabarruj itu yg seperti apa sih bu? Bagaimana dgn menggunakan celak?

Jawab:
Pake celak boleh saja , asal tdk berlebihan .. Dan pastikan bahan celak tdk ada yg haram.

[4:40AM, 5/27/2014] O Nofita Kutub HA 1: Doa Kafaratul Majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post