Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KEJANG DEMAM PADA ANAK


Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT

Jumat, 20 Juni 2014
Narasumber : dr. Nestri Nazezda
Rekapan Grup HA 5 (Rina)

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Sumber Referensi
Pedoman Diagnosis dan Terapi Ilmu Kesehatan Anak, Edisi-4, Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung (dengan berbagai penambahan dan pengolahan bahasa oleh penulis).

APA ITU KEJANG DEMAM?
Kejang demam adalah kejang yang terjadi pada suhu tubuh yang tinggi. Suhu tubuh dikatakan tinggi atau demam apabila telah mencapai lebih dari 38°C pada pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer melalui anus, atau lebih dari 37,6°C pada pengukuran suhu tubuh menggunakan termometer melalui ketiak.
Kejang demam terjadi pada 2-4% populasi anak. Tidak ada batasan usia yang spesifik, sering terjadi pada usia 6 bulan-3 tahun, dengan puncak usia 18 bulan.
Kejang demam jarang terjadi pada usia kurang dari 1 bulan ataupun pada usia lebih dari 7 tahun.

KEJANG DEMAM DAN EPILEPSI, SAMA KAH?
Ketika membicarakan kejang, banyak dari kita yang membayangkan epilepsi, samakah?
BEDA.
Kejang demam adalah kejang yang muncul karena adanya demam yang terlampau tinggi, dan merupakan reaksi ekstra kranial (reaksi yang BUKAN disebabkan oleh gangguan di dalam otak).
Sedangkan, epilepsi adalah kejang yang muncul karena gangguan di dalam otak, yaitu karena terjadi ketidaksinkronan atau ketidaknormalan muatan listrik pada sel otak seseorang.

SEPERTI APA ITU KEJANG DEMAM?
Seperti yang telah penulis sebutkan sebelumnya, tanda kejang demam adalah munculnya kejang yang sebelumnya diawali dengan demam yang tinggi (biasanya di atas 38°C suhu ketiak, dan resiko munculnya kejang semakin besar seandainya panas semakin naik mencapai 39°C atau bahkan mencapai 40°C suhu ketiak).

APAKAH SEMUA KEJANG DEMAM SERUPA?
Tidak. Kejang demam dapat dibedakan menjadi kejang demam kompleks dan kejang demam sederhana.

Kejang demam kompleks memiliki tiga ciri utama, yaitu :
1. Kejang berlangsung lama (> 15 menit)
Tips : Pastikan anda menghitung lama kejang dengan menggunakan jam atau alat pengukur waktu lainnya. Karena bila tidak, data lama kejang tidak akan akurat. Kenapa? Karena orangtua yang panik melihat anaknya yang kejang biasanya akan merasa bahwa kejang anaknya berlangsung sangat lama, padahal sebenarnya hanya berlangsung beberapa menit saja. Hal ini kurang baik karena beda lama kejang akan menyebabkan perbedaan pada pengklasifikasian jenis kejang, yang kemudian akan berakibat pada perbedaan jenis pengobatan yang akan dilakukan pada anak anda).
2. Kejang bisa terjadi pada sebagian tubuh, ataupun kejang pada seluruh tubuh yang sebelumnya didahului dengan kejang pada sebagian tubuh terlebih dahulu.
3. Kejang berulang (kejang terjadi sebanyak 2 kali atau lebih dalam 24 jam)
Kejang demam dikatakan kompleks apabila sudah memenuhi 1 saja diantara 3 tanda kejang demam kompleks di atas.
Selebihnya, apabila ciri kejang demam yang terjadi tidak memenuhi satupun syarat di atas, maka kejang demam yang terjadi merupakan kejang demam sederhana.

BAGAIMANA MENANGANI KEJANG DEMAM PADA ANAK? APAKAH ANAK DENGAN KEJANG DEMAM HARUS SELALU DIBAWA KE RUMAH SAKIT?
Langkah pertama dan terpenting dari kejadian kejang demam adalah PENCEGAHAN.
Karena kejang yang muncul diawali dengan demam, maka anda harus mencegah anak anda agar tidak demam, setidaknya tidak mengalami demam yang terlalu tinggi.
Cegah demamnya dengan selalu menyediakan obat penurun panas di rumah. Sediakan obat penurun panas dengan jenis yang disesuaikan dengan usia anak anda.

Apabila anak anda masih bayi, sediakan penurun panas jenis drop (tetes), apabila sudah cukup besar namun masih kesulitan menelan tablet ataupun puyer, sediakan penurun panas jenis sirup, dan selebihnya dapat anda sediakan jenis puyer ataupun tablet.
Merk apapun yang anda beli tidak masalah, silahkan anda yang menentukan, karena pada dasarnya isinya adalah paracetamol, penurun panas yang insyaa Allah aman untuk anak anda.


Doa Kafaratul Majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga Bermanfaat
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه