Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

MANAJEMEN STRESS

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT

Senin, 23 Juni 2014
Narasumber : Dr. Moro
Rekapan Grup HA 7 (Bunda Mery)
Editor: Nofita

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
Bunda, ini sedikit uraian saya tentang managemen stress.

Stress adalah respon adaptif seseorang terhadap hal-hal diterimanya sebagai sasuatu ancaman atau tantangan terhadapnya.
Hal-hal yang menimbulkan stress di sebut sebagai stressor, stressor ini bisa berasal dari diri sendiri atau dari luar. Jika seseorang mengalami stress, terjadi gangguan dalam fisiknya, dalam kognisi (pikirannya) dan emosinya. Teori menyebutkan ketika stress terus menerus melanda seseorang (stress kronis) akan terjadi pengecilan di bagian otak kita sehingga akan timbul gangguan-gangguan jiwa lainnya seperti depresi. Hampir semua orang pernah mengalami hal-hal yang dapat menimbulkan stress, tiap-tiap orang berbeda dalam proses menghadapi stres ini.

Tiga hal dalam menghadapi stress:
1. Hapuslah sumber stress dengan mengubah sesuatu. Gunakan pemecahan masalah, komunikasi langsung, organisasi, perencanaan dan manajemen waktu.
2. Hilangkan situasi stress.
3. Menerima situasi stress itu dan memberdayakan diri agar tidak larut dalam suasana stres.

Managemen stress:
A. Berpositif thinking terhadap segala sesuatu yg terjadi dalam kehidupan kita,
B. Mensyukuri apa yg ada di hadapan kita
C. Bersabar dalam menghadapi sesuatu
D. Perbanyak ibadah: sholat, tilawah, zikir. Akan memberikan suasana hati yang tenteram.

Akibat Stress:
(1) Menurunnya minat atau kesenangan yang nyata pada semua, atau hampir semua aktivitas hampir sepanjang hari, hampir setiap hari (seperti yang ditunjukkan laporan subjektif atau pengamatan orang lain).
(2) Penurunan berat badan yang bermakna walaupun tidak diet atau berat badan bertambah (contohnya perubahan lebih dari 5% berat badan dalam sebulan), atau menurun maupun meningkatnya nafsu makan hampir setiap hari. Catatan: pada anak, pertimbangkan adanya kegagalan mencapai berat badan yang diharapkan.
(3) Insomnia atau hipersomnia hampir setiap hari.
(4) Adanya kegelisahan atau menjadi lebih lamban.
(5) Lelah atau hilang energi hampir setiap hari.
(6) Perasaan tidak berarti atau rasa bersalah yang tidak sesuai atau berlebihan hampir setiap hari (tidak hanya menyalahkan diri atau rasa bersalah karena sakit).
(7) Menurunnya kemampuan berpikir atau berkonsentrasi, atau keragu-raguan hampir setiap hari (baik laporan subjektif atau diamati orang lain).
(8) Pikiran berulang mengenal kematian (bukan hanya rasa takut mati), gagasan bunuh diri berulang tanpa sesuatu rencana yang spesifik, atau upaya bunuh diri atau suatu rencana spesifik untuk melakukan bunuh diri.

TANYA DAN JAWAB:

 Bagaimana untuk mengatasi stresor pada anak agar bisa konsentrasi dalam belajar?
stress pada anak? stressornya apa?
Jawab: 
Di gali lagi apakah anak stressnya karena faktor lingkungan? faktor keluarga?
Peran orang tua sangat penting dalam menghadapi stress pada anak, bimbingan dan motivasi yang benar dan dukungan dapat menghilangkan stress pada anak.

 Apa indikator yang terlihat pada seorang anak/dewasa yang sudah masuk ke dalam fase stress berat atau depresi?
Jawab: 
Depresi berat ciri-cirinya perasaan sedih atau kosong atau pengamatan orang lain tampak bersedih. 
Catatan: pada anak dan remaja, bisa berupa mood iritabel.

 Di atas dikatakan orang yang mengalami stress terus-menerus akan mengalami pengecilan di bagian otak yang menjadi penyebab gangguan jiwa. Bila terjadi keadaan di atas apakah dengan pemberian obat-obat antidepresan atau semacamnya bisa mengembalikan keadaan menjadi normal lagi?
Jawab: 
Iya...antidepresan dapat mengembalikan keadaan menjadi normal kembali.

 Apalaj ada hubungannya stress dengan sakit kepala? soalnya saya kalau sedang memikirkan sesuatu sampai kepala sakit banget.
Jawab: 
Yang ke-5, stress dapat menyebabkan sakit kepala karena pada saat stress ada beberapa hormon tubuh yang merespon sehingga dapat timbul sakit kepala.

 Saya juga sering susah tidur kalau sedang memikirikan sesuatu tidak nafsu makan juga.
Jawab: 
Sering susah tidur dan tidak nafsu makan berarti sudah mulai ada gejala depresi, perlu sekali untuk bisa me-manaje stress dengan baik sehingga tidak jatuh ke arah depresi berat.

 Bagaimana caranya bsa tidur di bawah jam 12, karena banyak fikiran saya tidur selalu di atas jam 12.
Jawab:  
Mengatasi gangguan tidur:
1. Mencari penyebab terjadinya gangguan tidur.
2. Segera mencari solusi dari penyebab.
3. Rlaksasi.
4. Perlu adanya manajemen stress.

 Kalau sering muncul ragu-ragu itu kenapa ya? Sampe kadang-kadang melakukan sesuatu dilakukan berulang-ulang sampai sempurna. Ada temen yang seperti ini tapi saya tidak tahu penyebab dan solusinya apa?
Jawab: 
Ragu-ragu dan melakukan sesuatu secara berulang-ulang, sepanjang bisa diterima / dinalar itu masih dalam batas normal. Tpi  jika sudah berlebihan berarti itu sudah dikatakan ada gangguan yaitu obsesif kompulsif disorder nama penyakitnya, dan itu perlu penanganan lebih lanjut.

 Dokter maaf melebar sedikit, menurut teorinya kan, anak yang pernah menjadi objek kekerasan seksual misalnya sodomi berpotensi besar untuk menjadi pelaku dikemudian hari bila tidak mendapatkan terapi yang tepat. Yang mau saya tanyakan terapinya seperti apa? maksudnya jenis terapinya apa? lalu adakah kasus-kasus dimana anak yang sudah diterapi hingga tuntas, bagaimanakah kehidupan seksual mereka saat dewasa?
Jawab: 
Terapi pada seseorang yang mengalami tindak kekerasan seksual biasanya dalam bentuk yan menyeluruh, baik berupa terapi obat, psikoterapi berupa edukasi, dukungan psikososial, terapi kelompok, dan lain-lain.
Jika korban sudah dapat menghilangkan gangguan stress pasca traumanya saya pikir besar prosentase-nya ke arah normal.

 Mood iritable itu apa ya? contohnya seperti apa?
Jawab: Mood iritabel itu sensitif.

■ Kalau anak dari kecil yang sudah mendapatkan kekerasan oleh orang tua seperti dibentak, dicubit, dikurung apakah akan berpengaruh terhadap emosional anak tersebut setelah besar?Apakah jadi cenderung melakukan kekerasan juga ke adik atau orang lain?
Jawab: 
Child abuse dapat berpengaruh terhadap emosional seseorang saat dewasa, menurut teori anak-anak yang mengalami kekerasan pada saat dewasa akan rentan terhadap stress dan depresi.

 Bagaimana cara mengatasi minder dan tidak percaya diri?
Jawab: 
Mengatasi minder dan tidak percaya diri dengan berpositif thinking terhadap diri sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri.

 Kenapa pasien yang mengalami gangguan jiwa, sudah rutin minum obat, masih saja kambuh? Terimakasih.
Jawab: 
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kambuhnya pasien, yaitu psikososialnya (dari keluarga, dari lingkungan) atau dari resistensi obat. Tapi biasanya kebanyakan pasien sudah merasa sembuh sehingga malas untuk minum obat dan mengakibatkan kekambuhan.

 Apa mungkin karena minum obat yang sama bertahun-tahun. Efeknya jadi kurang karena tubuh mengadaptasi?
Jawab: 
Iya itu yang di sebut resistensi terhadap obat, mungkin perlu untuk kombinasi atau mengganti yang lebih baik obatnya.

§  Assalamu'alaikum Dokter, Mau tanya kenapa perempuan itu cenderung lebih mudah stress dibandingkan laki-laki? Kadang ingin cuek terhadap kondisi yang buat stress tapi susah.
Jawab:
Kita punya hormon yang berbeda dengan pria. Hormon juga berpengaruh terhadap stress, tapi jangan salah bun... wanita sering terkena stress tapi wanita lebih tahan untuk menghadapi stress di banding laki-laki. Maksudnya lebih tahan itu tidak mudah jatuh ke arah depresi.....lebih kuat untuk menghadapi stress yang bertubi-tubi.


§  Saya lagi stress banget semenjak saya putus dengan pacar saya, malah sekarang saya seperti alergi dengan laki-laki. Laki-laki mana pun yang mendekat saya menolak, ini masih normal atau tidak bunda, saya takutnya ga normal?
Jawab:

Alhamdulillah kalo management stress di tinggal pacar jadi alergi pacaran. lebih positif. Coba kalo di tinggal pacar jadi malah agresif . Kalo sudah tidak pacaran jangan berpikir ke hal-hal yang berbau pacaran, berfikir ke arah lain. Misalnya Fokus pada cita-cita, fokus memperbaiki diri. Mindset di rubah mulai sekarang jadi bukan nda mau pacaran karena nanti ending nya nyakitin.... tapi nda mau pacaran karena. Allah itu jauh lebih melegakan tidak stress kalo liat orang pacaran,nda iri apalagi cemburu

§  Bu dokter ...stress pada anak" gimana tanda"nya
Jawab:
Stress pada anak-anak biasanya terlihat pada perubahan sikap anak. ..yang tadinya ceria jadi murung,sensitif, lebih cengeng....yang perlu di perhatikan lagi stress yang terus menerus pada anak misalnya mendapat perlakuan buruk ortu atau di sekolah....mereka cenderung terlihat frontal, membangkang, malas sekolah. ,malas belajar sampai berpengaruh terhadap pertumbuhan dan petkembangan badan nya.


§  Anak saya mengalami perubahan perilaku sikap yang dokter bilang. Tadinya dia rajin baca, semangat belajar tapi setahun belakangan berubah jadi agak malas, sensitif mudah marah, segitu kritis, suka protes apakah itu berarti dia mengalami stress dok..? Afwan dok ,itu terjadi pada ade saya ,beliau sekarang usianya 9 thn ,tpi itu tadi di suruh sholat,mandi ,sekolah agama susah banget bahkan sampai umi ana bentak& pukul eeeh malah ngelawan ,gimana dok mohon solusinya?
Jawab:
Kemungkinan adik nya mengalami stress....terkadang anak tidak bisa bercerita atau mengungkapkan isi hati...jika masih bisa untuk di dekati oleh keluarga, di beri semangat, jangan ada bentakan,marah,atau menyudutkan sang anak,jadi pelindung bagi dia sehingga dia bisa dan ingin menceritakan apa yang di hadapinya


§  Pernah baca jika seseorang sudah stress biasanya memancing penyakit fisik juga seperti maah atau juga psikosomatis. Nah penyakit-penyakit yang awalnya disebabkan stress ini apakah bisa muncul lagi walaupun kita sudah berlatih manajemen stress?
Jawab:
Iya.... penyakit fisik bisa di sebabkan karena stress,yang paling sering sakit maag, nyeri kepala, gatal-gatal. Apakah bisa muncul kembali kalo kita sudah tidak stress? tergantung.... jika sebelumnya memang sudah ada sakit tersebut maka nda terpengaruh tapi kalo memang murni karena faktor stress maka penyakit tersebut bisa hilang...

§   Bu Dokter, mau tanya, apakah denga berpikir positif terus, fokus dengan pekerjaan, perbanyak tilawah dll namun masalah tetap timbul bahkan bertambah... itu bisa memicu stress juga?
Jawab:
iya bun....tapi yakin dan di tanamkan dalam diri, Allah akan menguji hambaNya sesuai kemampuannya....jadi ketika kita di beri masalah atau ujia yakin deh kalo kita bisa menghadapinya walau seberat apapun...

 
§   Dokter..akhir" ini kepala saya suka keliyengan..saya pernah di diagnosa punya darah rendah..gimana cara mengatasi supaya darah rendah saya tidak suka kumat?
jawab:
darah rendah bisa terjadi karena kelelahan, daya tahan tubuh sedang turun,dl, biasanya karena kelelahan bisa menyebabkan keliyengan di coba istirahat dan minum vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh...

 
§   Bu dokter mau tanya, Mengapa jika mendengr kabar yang tidak enak badan saya langsung lemes, jika stress sdikit saja langsung sakit, dan belum sembuh jika masalahnya belum selesai. Mengapa bisa seperti itu dokter? Mohon penjelasannya?
Jawab:
Di tubuh kita ada hormon yang terpengaruh oleh stress, ini yang membuat denyut jantung meningkat, tensi meningkat, aliran darah meningkat, sehingga membuat tubuh lelah dan juga stress dapat menurunkan daya tahan tubuh akhirnya bisa jatuh sakit

 
§   Dok, kalo bawaan nya marah dan ga sabar dan orang itu memang tegas..dan sudah wataknya, termasuk kategori stress kah?
Jawab:
itu karakter bun beda dengan stress akan tumpang tindih ketika seseorang punya karakter yang tegas, keras, pemarah di hadapkan pada stresor... karakter yang tadi akan lebih menonjol lagi


§   Bu dokter, saya udah seminggu ini sakit type dan udah seminggu ini pula gak puasa, kebetulan pas saya sakit pas jadwal haid. Sekarang saya sudah agak sembuh walau masih minum obat dan sudah bersih pula. Kira-kira menurut dokter berapa hari lagi saya memulihkan kondisi saya dan kapan kira-kira saya bisa memulai puasa lagi?
Jawab:
teorinya typhoid itu bedrest slama 2minggu sampai pulih pencernaan kita,tapi jika ingin puasa perlu memperhatikan makanan jangan sampai makanan dapat memperburuk penyakit yang di derita


§   Bu dokter, apa yang di maksud dengan peranakan (rahim) turun.. apa itu bahaya bagi wanita?
Jawab:
Seperti nya pertanyaan ini lebih berkompeten di jawab sama dr Riyana Spog deh kalo saya yang jawab takut salah menerangkannya.


Mungkin itu saja yang dapat saya berikan dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang bunda-bunda sampaikan. Jika belum puas mungkin bisa berkonsultasi secara pribadi. Afwan jika tidak berkenan.
Jika tidak ada yang bertanya lagi, saya akan tutup dengan doa kafaratul majelis.


Doa Kafaratul Majelis:


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga Bermanfaat

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه