Ketik Materi yang anda cari !!

Panduan Hidup Bagi Orang2 Beriman

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, June 7, 2014

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT (HA 7)


Hari / Tanggal : 6 Juni 2014
Nara sumber : Ustadz Wardhani
Tema : Panduan hidup bagi orang-orang beriman

Adab:
Jangan bertanya dulu sebelum selesai materi dan  waktunya bertanya.
Firman اَللّه :
"wala tatakhidzu ayatillahi huzuwan wadzkuruu nikmatallahi wama anzalall minal kitabi walhikmati ya'idhzukum bihi wattaqullaha wa'lamu annallaha bikulli syai-in 'aliim.
Utk teks yg benar lht QS 2:231 ya..


Ternyata ada auto teks yg susah d rubah. Mhn maaf & maklum. Artinya: "dan janganlah kalian jadikan ayat2 اَللّه  sbg bahan olok-olok. Ingatlah nikmat اَللّه  kpd kalian dan thd apa yg telah diturunkan اَللّه  kpd kalian yaitu kitab dan hikmah (Qur'an dan Hadits/sunnah) utk memberi pengajaran kepadamu. Dan bertaqwalah kpd اَللّه  dan ketahuilah bhw اَللّه  Maha Mengetahui segala sesuatu. (Qs.2:231) Dlm QS.21:10 اَللّه  berfirman

"Laqad anzalnaa ilaikum kitaaban fihi dzikrukum afalaa ta'qiluun". 
Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kalian sebuah kitab yang di didalamnya terdapat sebab kemuliaan bagi kalian. Maka, apakah kalian mau memahaminya?" 

Saudaraku.. Rusak dan menyimpangnya setiap agama terjadi karena prilaku orang-orang yang nifaq, musyrik dan inkar (kafir= menolak) dimana mereka bersekutu (bekerja sama) dalam menolak kebenaran ajaran اَللّه sehingga terjadi islamophobia yangg berlebih lebihan. Rasul s.a.w pernah memberikan wasiat yang diabadikan dalam riwayat Abu Sofyan bin Harb (saat itu ia msh kafir), ketika ia sedang ekspedisi dagang ke negeri syam yang dipimpin seorang raja Heraklius yang masih beragama nasrani. Ia dan rombongan dipanggil Heraklius dlm ruang majlis tinggi d kota Iliyya dihadapan para petinggi kerajaan. Lalu Heraklius bertanya (mlalui penterjamah), apa yang diperintahkan oleh seorang yang bernama Muhammad kepada kalian? Abu Sofyan (yg masih kafir maju, karena ia salah seorang paman nabi juga) menjawab : Rasul kami berkata, "Sembahlah اَللّه  saja Yang Maha Esa dan jgnlah mempersekutukannya dgn suatu apapun. Dan tinggalkan tradisi-tradisi yang dikatakan oleh bapak-bapak moyang kalian, dan tegakkanlah shalat, dan tunaikanlah zakat, dan berbuatlah juju/benar, dan saling memberi maaf dan sambunglah sillaturahim". Itulah yg diperintahkan (H.R.Bukhori & Muslim). 

Jadi pokok-pokok ajaran Islam yang harus jadi panduan hidup seorang mukmin adalah isi hadits di atas. Yg mencakup hablun minallah dan hablun minannaas, yakni:
1. Sembahlah اَللّه  sj dan jgn skali kali mempersekutukannya.
2. Tinggalkan tradisi2 bpk moyang yg tdk sesuai dg ajaran Islam.
3. Tegakkan sholat,
4. Tunaikan zakat,
5. Berkata & berbuat jujur,
6. Saling memaafkan,
7. Hubungkan silaturrahim (persuadaraan). 

Inilah salah satu pengajaran اَللّه  kpd manusia melalui Rasul utusan yg diridhoi-Nya agar menjadi hamba2 yg mulia di dunia dan dimuliakan اَللّه  di akhirat kelak, berkaitan dg QS.al anbiya (21):10 di atas.  

Demikian isi kajiannya, silahkan dipahami dan di explore sendiri, penjelasannya nanti saat ada pertanyaan. Semoga bermanfaat dan mendapat bimbingan اَللّه  dlm stiap aktifitas kita pd hri ini. Jgn lupa sertai dzikir dan doa dlm melkukan aktifitas apapun

TANYA JAWAB


§       Ustadz maaf...apa hubungan nya dengan awal ayat nya tentang perceraian kan?

Jawab: Ya betul berhubungan dg mslh tsb, اِ نْ شَآ ءَ اللّهُُ   penjelasannya pada poin 5-7. Hubungannya dengan perceraian adalah, poin ke 5 - 7. Kadang perceraian itu terjadi karena adanya ketidakjujuran antara 1 atau keduanya. Nah supaya hal itu jangan sampai terjadi, maka segeralah kedua-duanya saling jujur dan membuka hti untuk saling memaafkan agar harmonisasi keluarga tetap terjaga. Jika perceraian terpaksa harus terjadi, tidak boleh saling mengumbar aib (malah ngundang wartawan, misalnya) karen hal tersebut semakin memperparah hubungan kekeluargaan dan kekerabatan kedua belah pihak yg telah terjalin. Kwajiban keduanya adalah saling memberikan kebaikan sesuai yg diajarkan اَللّه  dalam ayat tersebut, agar hubungan silaturahim tdk terputus.

Tanggapan: Ya ya tidak boleh memutuskan silaturahim meskipun telah bercerai ...hatur nuhun pa ustadz

§   Assalamualaikum, disebutkan di atas bahwa tdk boleh mengolok olok agama kita, Ustad, afwan...kami kadang bergurau malam jumat mengikuti sunnah Rasul waktunya jima. Tapi saya pernah dengar bahwa  tidak ada sunnah yang menganjurkan sepert itu. Bagaimana Ustd?

Jawab: Betul. Saya juga belum tau ada hadits yg berkaitan dengan ibadah khusus malam jum'at berkaitan dg jima' suami istri. Wallahu a'lam. Mungkin besok2 ada ustadz yg lain yg bantu saya untuk jelaskannya.

§  Assalamualaikum ustadz , saya pernah dengar.  salah 1 bentuk syiar adalah mentradisikan islam bukan meng-islamkan tradisi...bagaimana menurut ustadz?  Jazakallah
§      Ust...kebiasaan di masy kita spt yasinan, tahlilan, dsb malam jum'at di kalangan ibu-ibu merupakan mentradisikan ajaran Islam atau mengislamkan tradisi, atau dikarenakan keistimewaan malam/hari jum'at? Sy suka ditanya knp jarang ikut datang kalo malam jum'at tsb
§     Pa Ustad, klu kt mau ada acr jg orang" blg syukurannya mlm jumat aja bagus...gmn tuh menurut pa Ustad
§  Ustad ..mohon di berikan contoh ciri" mempersekutukan Allah  jg kesyirik kan pada Allah  ..syukron

Jawab: Ciri2 mempersekutukan اَللّه  sptnya sdh sy jelaskan dalam kajian 2 jum'at yg lalu?? Atau ini grup HA yg lain ya? Jd blm dpt materi 2 jum'at yg lalu? Tentang kemusyrikan. Musyrik artinya mempersekutukan اَللّه  dengan makhluknya, apakah dengan jin, arwah, benda sakti /keramat, atau dgn syetan, harta/pangkat/jabatan atau ilmu. Menandingkan اَللّه  dengan makhluknya, juga musyrik. Misal: lebih takut,taat,tunduk,takluk dan percaya kepada atasan, dukun, orang sakti, daripada takut taat takluk dan percaya kpd اَللّه  itu juga musyrik. Contoh kasus, ketika ditakut-takuti akan dipecat kalo tidak mau mebantu perbuatan curang atasan, ditakuti2 mbah dukun kalo ga taat bakal kuwalat dll, itu namanya musyrik menandingkan اَللّه  dengan makhluqINya. Nah yg menyandingkan adalah, membuat perantara dalam pengabulan doa. Misalnya agar doa dikabul maka harus memuja muji arwah para syeih, wali, org shaleh, kyai dll. Ini jg namanya kemusyrikan. Contohnya, setiap mau ujian ziarah kubur para wali, terus minta didoakan oleh arwah para wali ini jg kemuyrikan. Lht Qs.25:68, 50:23-27.

§  Jika seorang istri kadang merasa bersalah/takut telah berbuat salah baik tingkah laku/kata kepada suami terus dia minta maaf. Tetapi dalam hatinya masih semacam terbebani perasaan bersalah.. Apakah perasaan salah itu sama dengan mendekati/sama dengan Syu'udhon....??? Jazakallahu Khaer Ustadz....

Jawab: Usahakan hati kita tetap pede terhadap suami, jangan merasa tertekan, sebab perasaan tertekan, selalu merasa salah itu bagian dari tipu daya syetan dan pintu masuknya syetan.

§  Bagaimana dengan membaca ramalan bintang / primbon Ustadz ?? Kalau dengan paranormal bagaimana pa Ustad?

Jawab: Ramalah, primbon dll adalah kesyirikan. Dlm hadits nabi bersaba, " Siapa yg msh percaya ramalan, nujum (perbintangan atau yg spt itu) berarti ia telah kufur kpd apa yg diwahyukan kpd Muhammad s.a.w".

§  Paranormal padahal ngaji, sholat jg lho pa Ustad jadi gimana tuh?

Jawab: Paranormalnya ngaji kek, para normalnya haji dan pembimbing haji kek.. Smua itu kesyirikan. Coba sering lht2 acara khazanah trans 7, kita ada komunitas pecinta tauhid dan ruqyah syar 'iyyah utk memberantas tradisi kesyirikan dan perdukunan. Ada istilah kikun (kyai dukun)

Tanggapan: Astaqtafirulloh...kenapa yaa pada percaya saya baru ngeliat tuh, tapi emang orangnya serem dan aneh gitu dan berteman hanya orang tertentu saja...makasih pa Ustad ntuk pencerahannya.. terus gimana kasih tau teman yang sudah percaya sama paranormal dan mereka suka ada acara pertemuan pada malam hari?

Jawab: Kalo ada kelompok perdukunan, paranormal dan pertemuannya di malam tertentu sepeti itu, pada umumnya mengarah kepada ajaran menyimpang, yang dalam istilah agama klompok aliran sesat. Setiap aliran sesat pada umumnya ada 3 tujuan dri penyesatnya. 1. Mau malakin/morotin harta pengikutnya dengan tipu daya dan menakut nakuti (harta), 2. ingin disanjung sanjung dan dianggap tokoh sakti/hebat (kedudukan/kehormatan) 3. Ingin punya banyak pengikut terus dapat lampiaskan syahwatnya  menikahi/gauli banyak wanita. Tentu dengan melanggar ajaran agama.

§       Ustadz kalo yg dilarang minta diruqyah itu dalilny sahih tdk ya tadz?

Jawab: Ya dalilnya shahih. Karena itu juga pintu masuk iblis (tipu daya syetan), baik kepada si peruqyah, maupun yg diruqyah. Kecuali minta diajari tatacara merukyah diri sendiri. Atau dalam keadaan kesurupan jin. Sy ada jamaah wanita yang seperti itu, akhirnya hidupnya tidak nyaman, bentar-bentar sakit. Setelah kita bacakan ayat dan doa rukyah bereaksi, ternyata tubuhnya banyak jin yg emngendalikannya. Kita ruqyah terus menerus jinnya pd kluar, saat ada yg ga mau kluar kita tanya, knapa kamu ada dalam tubuh orng ini, jinnya bilang krn kami kasian, org ini tertekan terus jiwanya, jdi kami nyaman brada dlm tubuhnya. Nah..dri hikmah seorang jamaah spt ini, mk kita hrs optimis dan minta bimbingan kpd اَللّه  spy tetap bahagia.

Tanggapan: Bgmn cr m'Ruqyah diri sendri Tadz....???
Tanggapan: Bentar pak, maksudnya ??? Kita gak boleh minta dirukyah dan merukyah?? Waduuuhhh... Mohon penjelasannya ustadz....

Jawab: kita dianjurkan untuk merukyah diri sendiri, dengan banyak membaca qur'an secara tartil dgn suara yg baik d rumah kita sendiri. Itu yg paling shahih, boleh minta dirukyah jika keadaan darurat.

Tanggapan: Kalau dg mgkhususkan mbaca srt al baqoroh bgm tadz?

Jawab: Org yg rajin baca qur'an dengan tartil, berusaha sesuaikan pola/prilaku hidupnya sesuai Ajaran qur'an, akan dilindungi اَللّه , ditolong اَللّه  dan disayangi اَللّه  dan diobati oleh اَللّه  . . Lht qs.17: 45, 82 dan Qs. 41:44 Surat albaqarah pengusir syetan. Itu sangat dianjurkan oleh nabi, agar dibacakan d stiap rumah org2 muslim.

§     Saya mau tanya ada yang bilang katanya saya gak boleh pake baju yag ada bercorak warna hitam dan orang itu bilang itu yang bisa buat saya sial. Apa ada kaitan dengan semua ustadz sedang saya gak pernah percaya dengan semua itu?

Jawab: Masalah memakai baju berwarna hitam? Memang hitam identik dg kegelapan. Hanya sj kita tdk boleh tersugesti dgn ramalan spt itu, tpi memang lbh baik jk kita pake warna2 yg sesuai dg anjuran rasulullah s.a.w, baik thd laki2 maupun warna2 utk wnt. Wallahu a'lam Tentang doa2 trtentu mksudnya bgmn ya ba/bund..tiara? Trtentu Dlm hal apa..misalnya? Mhn diperjelas, afwan.. Meruqyah diri sendiri dg banyak baca qur'an, trus minta kpd اَللّه  agar tubuhnya dibersihkan dri sgala penyakit dzahir maupun batin, gangguan syetan/jin, binatang berbisa, pandangan2 menakutkan, dan dri kedengkian org yg iri dan dengki. Caranya ya spt yg dilakukan/dicontohkan oleh nabi. Doa2nya jg yg kita bisa, tetapi yg sesuai dg contoh/printah/petunjuk nabi s.a.w.

§    Kalau ada seseorang yg malas sholat dinasehati sedemikian rupa pun tdk mempan ustad. Malah "ngamuk" walau gk sampai kesurupan . Apa kasus demikian termasuk darurat u/ di ruqiah ?

Jawab: Ya, yang masyhur ayat kursyi, 3 Qul. Ada jg yg lain tambahannya sepeti  3 ayat terakhir al baqarah, 10 ayat suratt awal atau akhir al kahfi, 9 ayat awal surat ash shaffat, 9 ayat trakhir surat al hasyr dll. Wallahu a'lam. Ya, itu darurat n boleh dirukyah. Tapi harus bersama sama dengan keluarganya atau mahramnya.


Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك


Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga bermanfaat


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post