Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

TAHSIN: SIFAT-SIFAT HURUF


Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT

Sabtu, 7 juni 2014
Narasumber: Ibu Ayu Rahayu


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Ada dua yang menjadi target dalam program tahsin yaitu.
1. Kemampuan membaca dengan lancar.
2. Kemampuan membaca dengan benar
KESALAHAN UMUM SAAT TILAWAH

Kesalahan umum yang sering terjadi saat tilawah contohnya:
  1. Membaca mantul pada bacaan yang seharusnya tidak mantul seperti Alhamdu di baca. Ale hamdu.
  2. Menyambung kalimat di sertai jeda sehingga terkesan ada mad. Biasa. Dilakukan oleh para pemula..contohnya...iyya kana'budu wa iyyakanas ta'iiin ....dengan di sertai jeda pada bacaan ka dan du.
  3. Membaca mad asli kepanjangan, yang seharusnya hanya 2 harokat (ketukan) di baca menjadi 3 harokat contohnya. Dlalam bacaan bismillahirrohmaanirrohiiim...lafadz ALLAH dan Arrohmaani di baca panjang 3 harokat.
  4. Tidak teliti pada tanda mad atau bendera(~) yang seharusnya di baca panjang 4 atau 6 harokat hanya di baca 2 harokat contohnya I dza jaaaa a...maaaa agnaa.
  5. Tidak membaca dengung dengan sempurna karena kurang teliti. Kadar lama membaca dengung gunnah tidak setabil...seharusnya 3 harokat contoh malikinnaas...
Seseorang tidak mungkin mampu membaca Al Qur'an dengan benar dan fasih kecuali melalui proses sebagai berikut.
1. Talaqqi artinya belajar membaca alqur'an secara langsung di bimbing oleh seorang guru alqur'an ,di bimbing dan di arahkan dgn benar setiap kali salah membaca. 
2. Mempelajari ilmu tajwid yaitu mengkaji kaidah kaidah membaca al qur'an yg sesuai dgn bacaan rosulullah,sebagaimana telah di riwayatkan oleh ulama Qiro'at.

Perlu di ketahui bahwasanya talaqqi tetap merupakan kunci utama untuk mendapatkan bacaan yang benar dan fasih oleh karenanya ulama menetapkan bahwa hukum mempelajari ilmu tajwid secara teori adalah fardu kifayah sedangkan hukum membaca Al Qur'an dengan benar adalah fardhu 'ain.

SIFAT HURUF:

Sifat sifat huruf yaitu muta dholah dan ghoir mutadholah.

Sifat mutadholah artinya sifat-sifat mempunyai lawan...artinya setiap sifat mempunyai satu sifat yang menjadi lawannya... jumlahnya ada 10 sifat.

1. HAMS 

Menurut istilah yaitu keluarnya atau berhembusnya nafas ketika mengucap huruf karena lemahnya tekanan terhadap makhraj huruf tersebut. Jumlah hurufnya ada 10 yaitu: fa, ha, tsa, HA(o), sya, kho, shod, sa, kaf, ta. Cara membunyikan hams adalah seperti menghembuskan atau mengeluarkan nafas....baik saat huruf hams dalam keadaan berharakat maupun bersukun kecuali huruf kaf dan ta, keduanya hanya terlihat hams ketika bersukun. Atau saat di baca waqof.

2. SIFAT JAHR

Menurut istilah JAHR yaitu tertahannya aliran atau hembusan nafas ketika mengucapkan huruf karena kuatnya tekanan terhadap makhroj huruf tersebut. Sifat JAHR merupakan lawan dari sifat HAMS jumlah huruf JAHR ada 19 yaitu ghoin, dzo, mim, wau, zay, nun, qof, alif, ro, hamzah, dzal, ya, 'ain, dhod, jim, dal, tho, lam, ba. Cara membacanya: nafas tidak berhembus kerena membaca makrajnya dalam keadaan agak tertutup.

3. SIFAT SYIDDAH. 

Adalah tertahannya suara. Ketika mengucapkan huruf, karena makhraj huruf tersebut di tekan dengan sempurna atau sangat kuat. Hurufnya ada 8 yaitu hamzah, jim, dal, qof, tho, ba, kaf, ta.

Naaah itu materi minggu lalu dan hari ini kita gabungkan yaah...

Saya contohkan berikut ini..

HURUF A

Aa ii uu ba' uu an ani a' na minal mu'ni ma i- an ani aaa....

HURUF BA

Baa (mad tobi'i) bii (mad tobi'i) buu (mad tobi'I) bab (qolqolah) 
buu (mad tobi'i) bam (iqlab) bani babna 

Untuk materi hari ini tahsin pengucapan huruf BA
Silahkan nanda posting suaranya yaah boleh japri boleh di grup juga...tafadholy...
Saya akan koreksi pengucapannya...

Doa Kafaratul Majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga Bermanfaat
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه