Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

ADAB-ADAB PUASA

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT

Narasumber: Ustadz Gunawan
Notulen: Fauziah, Nita Kartini
Editor: Nofita, Linda


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Adab-adab puasa
Dalam berpuasa di sunnahkan melakukan hal-hal sebagai berikut:

Makan Sahur

Ulama sepakat akan sunnahnya makan sahur. Tidak ada dosa meninggalkannya. Dari Anas ra nabi saw bersabda: "Makan sahurlah karena pada makan sahur tersebut terdapat keberkahan" (HR bukhari).

Masuk dalam kategori sahur: dengan makan banyak atau sedikit sekalipun dengan seteguk air. Dari Abi Saiid, Nabi Muhammad bersabda: "Sahur itu barokah maka janganlah kalian tinggalkan. Sekalipun dengan seteguk air. Karena allah beserta malaikat berdoa bagi orang yang makan sahur" (HR ahmad).

Waktu makan sahur:
Waktu sahur di mulai dari tengah malam sampai terbit fajar. Yang paling sunnah di akhirkan mnjelang imsak. dari Zaed bin tsabit ra. berkata: "kami sahur bersama nabi saw kemudian solat subuh(azan). aku bertanya: berapa jarak antara sahur dengan azan? nabi menjawab: 50 ayat" (HR Bukhari Muslim).

Kalau ragu apakah terbit fajar atau belum.
Jika ragu apakah sudah terbit fajar atau belum, maka selama masih ragu di bolehkan untuk makan sahur sampi betul-betul yakin waktu fajar sudah tiba. wallohualam bissowaf.

TANYA DAN JAWAB:

 Maksud dari 50 adalah ayat yang dimaksud itu bagaimana? dan surat apa?

Jawab : 

Jarak waktu imsak dan subuh itu ukuran membaca Al Quran 50 ayat. Tidak di jelaskan ayat apa. Umum. Hadits Bukhari - 1837. Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah mengabarkan kepada kami Waki' dari Hisyam dari Qatadah dari Anas dari Zaid bin Tsabit radliallahu 'anhu, ia berkata; "Kami makan sahur bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, dan sesudah itu kami beranjak untuk menunaikan shalat." saya bertanya, "Kira-kira berapa lama jarak antara makan sahur dan shalat." Ia menjawab, "Kira-kira selama pembacaan lima puluh ayat." Dan telah menceritakan kepada kami Amru An Naqid telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun telah mengabarkan kepada kami Hammam -dalam jalur lain- Telah menceritakan kepada kami Ibnul Mutsanna telah menceritakan kepada kami Salim bin Nuh telah menceritakan kepada kami Umar bin Amir keduanya dari Qatadah dengan isnad ini. 

 Pernah aku niat sahur jam 11 malem, karena gak mau bangun pas sahur jadi bangun pas adzan subuh, kalo kayak gitu berarti bukan sahur ya namanya? kalau tidak sahur dosa tidak pak ustadz , dikarenakan malas bangun?
Jawab : 
Kalau sahur jam 11 malam tidak apa-apa, bahkan sahur itu sejak awal malam menurut sebagian ulama' tidak ada dosa bagi yang tidak sahur. Ya kalau masih ragu lanjutkan sahur. 

Kalau bangun sudah waktu subuh tidak boleh sahur. Kalau makan sahur waktu subuh tidak sah puasanya.

 Afwan nanya sebelum lupa. Jika jadwal imsak sama seperti biasanya speaker mushola teriak imsaaaak, sementara adzan subuh belum berkumandang, makanan dan minuman belum habis. Berarti masih boleh dilanjutkan?
 Sebutkan macam2 fajar dan jelaskan?
Jawab : Macam-macam fajar ada 2. Fajar kazib dan shadiq. Kazib adalah warnanya masih putih dan ini tidak menandakan waktu sahur berakhir.

Mohon maaf bila ada salah dan kurangnya dan bila ada lebihnya itu semata-mata dariNYA


Kita tutup dengan do'a kafaratul majelis...


Doa Kafaratul Majelis

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga bermanfaat.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه