Dispepsia

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Sunday, July 6, 2014


Kajian Online WA Hamba اللَّهِ  SWT (HA 9 Bunda)

Hari / Tanggal : Sabtu, 05 Juli 2014
Narasumber : Ustadzah Meita
Materi : Dispepsia


Assalamualaikum bunda-bunda dan mbak-mbak...

Kajian hari ini mengenai penyakit maag atau yg dalam bahasa kedokterannya disebut dispepsia. Dispepsia ini merupakan suatu gejala akibat peningkatan asam lambung atau gangguan pergerakan lambung yang menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati atau rasa kembung pada perut. 

Dispepsia ini bisa berdiri sendiri tanpa adanya gangguan struktur lambung namun juga bisa merupakan gejala dari gangguan lambung. Dispepsia fungsional merupakan dispepsia tanpa gangguan struktur lambung. Dispepsia jenis ini banyak terjadi di masyarakat.

Tipe dispepsia ada 4 yaitu:

  1. Tipe ulkus: ditandai dengan rasa nyeri di ulu hati. Diakibatkan oleh peningkatan asam lambung berlebihan. Dapat ditangani dengan obat2an yang beredar di pasaran seperti antasida.
  2. Tipe dismotilitas: ditandai dengan rasa kembung dan penuh pada perut. Pasien cenderung cepat merasa kenyang dan mudah bersendawa. Pengobatan tidak lagi menggunakan antasida tetapi menggunakan domperidon (seperti vometa).
  3. Tipe campuran. Merupakan gabungan 2 tipe di atas.
  4. Tipe non spesifik. Biasanya ditangani sebagai tipe ulkus.
Yang harus dihindari jika memiliki penyakit ini:

1.    Makan makanan yang terlalu pedas atau asa
2.     Pola makan yang tidak teratur
3.    Makan makanan yang banyak mengandung gas seperti kol, mentimun, dan durian
4.     Stres berlebihan

Perlu diperhatikan jika gejala dispepsia disertai dengan penurunan berat badan signifikan, anemia, BAB hitam dan lengket, dan muntah darah. Jika terdapat gejala tersebut segera hubungi doktrr untuk penanganan lebih lanjut.


TANYA JAWAB :

Tanya:
adik saya punya cirri-ciri yang no 2. Kalo pas dia lapaaar banget,diisi nasi beberapa sendok aja perut dah berasa penuh,tapi kok dia ga merasakan nyeri seperti yang no 1 ya??? Apakah bisa disebut sakit maag juga???
Jawab:
Iya bunda.. itu termasuk jenis maag yg nomor 2. Memang tidak nyeri tapi kembung

Tanya:
Kalo bawaannya mau muntah terus gimana dok?? Lagi sensitif dengan bau-bau aneh selama puasa.. Apa boleh minum vometa?? Berapa lama batas waktu obat itu boleh diminum lagi setelah tidak terpakai beberapa lama??
Jawab:
Boleh minum vometa. Sebenernya ngga masalah diminum selama masih belum expired hehe. Vometa itu obat muntah. Nama generiknya domperidon. Di pasaran ada berbagai merk hehe

Tanggapan:
Ada dokter yang bilang vometa hanya boleh diminum jika dalam sehari muntah lebih dari sekali.. Jika belum terjadi muntah, atau hanya mual ga boleh dok.. Menurut dokter gimana??
Jawab:
Kalo mual tanpa kembung jangan diminum dulu. Tapi kalo sudah kembung meskipun tanpa muntah sebaiknya tetap diminum

Tanya:
Kalau diminumin kopi atau teh susu pasti mual dan muntah dan di kasih makan kuah laksa yang udah.. langsung mual dikarenakan apa bu dokter?

Jawab:
Karna teh, susu, dan kopi memang bisa memicu kenaikan asam lambung. Karna sifat teh dan susu itu asam sedangkan kopi memiliki kafein yg bisa merangsang asam lambung. Sebaiknya minum air putih hangat saja. Untuk makanan, mi dan roti juga mengandung gas jadi sebaiknya dihindari saat sedang terjadi serangan

Tanggapan:
Kalau saya tahan lapar... kalo nyoba 1 teguk kopi atau teh langsung mual
Jawab:
Iya.. makanya teh atau kopi sebaiknya dihindari

Tanya:
Kalo anak-anak biasanya umur berapa ya bisa terjadi penyakit maag?
Jawab:
Anak-anak paling banyak usia remaja. Tapi sebelum remajapun juga bisa kena

Tanya:
Beberapa waktu lalu saya pernah mengalami sakit perut di sebelah kiri, perih kayak ditusuk-tusuk, lalu kepala saya pusing, mual dan muntah. Sakitnya masih berlanjut sampe maghrib dari pagi. Keesokan harinya dah ga terlalu sakit, cuma sakitnya berpindah ke bagian tengah. Sampai hari ketiga masih sedikit sakit, berpindah lagi ke bagian kanan. Termasuk dispepsia bukan dok?
Jawab:
Iya bunda delfi.. itu arahnya memang ke dyspepsia. Yang tipe 1.

Tanggapan:
Kalau terjadi lagi seperti itu, berarti saya minum antasida aja ya dok? Makasih dok atas jawabannya. Oh ya, dosisnya berapa ya dok? Apakah selama berasa sakit saya terus minum antasidanya sampai hilang rasa sakitnya?
Jawab:
3x sehari setengah jam sebelum makan.. diminum terus sampai rasa sakit hilang

Tanya:
Saya kalau lagi sakit panas udah gak suka makan karena tiap hari muntah-muntah terus. Terkdang 3 sampai 4 hari, walaupun udah gak demam tetap mual ada yang bilang lambung saya bermasalah
Jawab:
Bisa jadi itu ke arah sana mbak nurza tapi bisa juga bukan.. coba diperiksakan ke dokter saja. Biasanya panas berapa hari?

Tanggapan;
Panasnya 8 hari an terus dingin lemah..masih ada mual
Jawab:
Itu bisa jadi gejala tipes kalo panas lebih dari 7 hari dengan mual muntah

Tanya:
Buk, saya penderita maag obat maag yang aman apa y? Promag, dll itu ga mempan lagi. Saya cuma mempan dengan acitral. Tapi katanya itu obat lebih keras daripada progmag. Dan jika saya lagi maag jangan harap nasi bisa masukk... Apa solusinya buk?
Jawab:
Acitral sama saja dengan promag. Sebelum makan minum obat dulu setengah jam sebelumnya. Tunggu sampai nyeri menghilang setelah itu baru makan. Kalo dengan antasida kurang enak obat bisa diganti dengan ranitidin. Cukup diminum 2x sehari. Saat pagi dan malam sebelum tidur

Tanggapan:
Apa beda obatnya bukk....
Jawab:
Cara kerjanya yg beda. Ranitidin kerjanya lebih kuat dibanding antasida. Sama aja sih mbak.. antasida, ranitidin itu nama umum. Di seluruh dunia sama karena itu nama generik.. bukan merk

Diskusi:

Penanya        : Apa obatnya tidak lebih kerass?
Ustadzah       : Keras di sini konteksnya apa ya?
Penanya        : Ketergantungan lambang biru d obt itu lo bukk...
Ustadzah      : Ngga sih mbak.. ngga ada ketergantungan untuk itu. Ngga ada ketergantungan terhadap obat maag selama penyakit maag tersebut tidak disebabkan oleh kelainan tubuh yang memang menghasilkan asam lambung berlebihan dan sindrom itu sangat sedikit di populasi. Saya sendiri belum pernah menemui. Kebanyakan yang menyebabkan maag adalah pola makan yang tidak baik ataupun stres yang berlebihan. Selama 2 hal ini bisa diatasi maka penyakit maag bisa tidak kambuh. Obat maag di sini hanya membantu untuk mengurangi produksi asam lambung. Dalam kondisi tubuh normal, tanpa obat-obatan ini in sya Allah produksi asam lambung akan tetap normal

Okey.. kalo ngga ada yang nanya lagi saya tutup saja ya. Lagipula sudah mau siap-siap buka puasa. Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf kalo banyak kekurangan.

Assalamualaikum wr wb

waalaikumus salam ustadzah maaf yaaa

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT