Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Imunisasi, Vaksin dan Kajian Umum Tentang Syiah dan Zakat

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT (Ummi 11)
Hari / Tanggal : Sabtu, 12 Juli 2014 / 14 Ramadhan 1435 H
Materi : Imunisasi dan vaksin
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
Notulen : Bunda Novy

               
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ

Hai Bunda... Apa kabarnya...?

Mau materi atau diskusikah untuk hari ini...?
Yang sime dan sederhana
Setelah itu kita diskusi
Disini semua Bunda yang sudah menikah dan mempunyai putra putri kan...?

Ini juga masalah kontroversial dan kebingunan para Bunda semuanya.

بسم الله الرحمن الرحيم

Katanya Imunisasi masukin virus, sementara tubuh kita tidak boleh masuk barang-barang yang tidak baik, gimana ya sudut pandang Islam dalam hal ini...?

Imunisasi dan vaksin  → MUBAH (setelah puanjjjaanng membaca bagi yang Pro dan Kontra), silahkan jika ingin melakukan imunisasi jika sesuai dengan keyakinan. 

Silahkan juga jika menolak imunisasi sesuai dengan keyakinan dan hal ini tidak berdosa secara syari’at. 

Silahkan sesuai keyakinan masing-masing. Yang terpenting kita jangan berpecah-belah hanya karena permasalahan ini dan saling menyalahkan.

Berikut fatwa tentang bolehnya imunisasi dan vaksin serta menunjukkan bahwa semacam imunisasi sudah ada dalam syari’at. Atau yang dikenal sekarang dengan imunisasi syari’at.

Ketika Syaikh  Abdul Aziz bin Baz rahimahullah ditanya tentang hal ini,

ما هو الحكم في التداوي قبل وقوع الداء كالتطعيم؟

“Apakah hukum berobat dengan imunisasi sebelum tertimpa penyakit seperti imunisasi?”
Beliau menjawab,

لا بأس بالتداوي إذا خشي وقوع الداء لوجود وباء أو أسباب أخرى يخشى من وقوع الداء بسببها فلا بأس بتعاطي الدواء لدفع البلاء الذي يخشى منه لقول النبي صلى الله عليه وسلم في الحديث الصحيح: «من تصبح بسبع تمرات من تمر المدينة لم يضره سحر ولا سم (1) » وهذا من باب دفع البلاء قبل وقوعه فهكذا إذا خشي من مرض وطعم ضد الوباء الواقع في البلد أو في أي مكان لا بأس بذلك من باب الدفاع، كما يعالج المرض النازل، يعالج بالدواء المرض الذي يخشى منه.

“La ba’sa (tidak masalah) berobat dengan cara seperti itu jika dikhawatirkan tertimpa penyakit karena adanya wabah atau sebab-sebab lainnya. Dan tidak masalah menggunakan obat untuk menolak atau menghindari wabah yang dikhawatirkan. Hal ini berdasarkan sabda Nabi صلى الله عليه وسلم  dalam hadits shahih (yang artinya), “Barangsiapa makan tujuh butir kurma Madinah pada pagi hari, ia tidak akan terkena pengaruh buruk sihir atau racun”
Ini termasuk tindakan menghindari penyakit sebelum terjadi. 

Demikian juga jika dikhawatirkan timbulnya suatu penyakit dan dilakukan immunisasi untuk melawan penyakit yang muncul di suatu tempat atau di mana saja, maka hal itu tidak masalah, karena hal itu termasuk tindakan pencegahan. 

Sebagaimana penyakit yang datang diobati, demikian juga penyakit yang dikhawatirkan kemunculannya.
Disamping itu sudah menjadi aqidah ahlus sunnah wal jamaah bahwa kita wajib mentaati pemerintah. 

Berikut dalil-dalil yang ringkas saja.
Dimana  اللّهُ  Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ

“Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah  اللّهُ  dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.” [An Nisa’: 59]

Kita wajib taat kepada pemerintah baik dalam hal yang sesuai dengan syari’at maupun yang mubah, misalnya taat terhadap lampu lalu lintas dan aturan di jalan raya. Jika tidak, maka kita berdosa. 

Demikian juga imunisasi, kita bisa taat (mengikuti atau menjalankan imunisasi) begitu kita mampu   

والله أعلم بالصواب

DISKUSI DAN TANYA JAWAB
1. Tanya: Bunda yasmin
Vaccin yang dimasukkan adalah vaccin yang sdh dilemahkan ya uztad kemudian tubuh memberi perlawanan dan menimbulkan imun  boleh kan uztad
Jawab :
Iyaa. In sha  اللّهُ Ta'ala diperbolehkan dengan melalui pertimbangan yang panjang  →  Ini pendapat yang rajih
Dan dengan imunisasi kan terbukti terhindar dari penyakit tsb
Betul Bunda

2. Tanya:  Bunda dewi
Tapi saya baca di majalah tribun nabawi vaksin itu sebenarnya malah masukn virus yang akan melawan virus yang lain.. Belum lagi vaksin katanya nih terindikasi  dari b2..gimana dunk pak dody??
#edisi nimrung. gpp kn..
3.  Tanya: Bunda novi
Apa benar pak dodi imunisasi ada kandungan B2 nya ??
Jawab :
Dulu bisa jadi ada unsur gelatin didalam obat tersebut dan teknologi belum tersebar secara merata ke seluruh dunia akan hal ini.
Jadi pertimbangannya ada 2 sudut untuk masalah Negara :
1. Negara yang berpenduduk muslim mayoritas 
2. Negara yang berpenduduk muslim minoritas

Maksudnya
Indonesia adalah negara yang berpenduduk mayoritas muslim. Dimana kepala negaranya masih muslim dan kebijakan negaranya diputuskan bersama sama dengan menteri menteri yang berkaitan dimana rata rata muslim. Jadi pastilah mereka memberikan keputusan untuk melindungi warga negaranya yang muslim. Dan untuk unsur B2 didalam imunisasi sudah diganti dengan unsur gelatin lainnya yang masuk kategori halal. Itu dari sisi negara yaaa

4. Tanya :   Bunda yasmin
Saya bingung juga vaccin itu sudah berpuluh tahun dilakukan sekarang dikeluarkan keyakinan itu yang membuat segolongan orang tua menolak vaccin untuk anaknya
5. Tanya : Bd. Donna
Saya punya ponakan pak ustad..kebetulan saya belum menikah..jd saya certa ponaan saya aja yaa hehehe..ponaan saya itu ibu nya hoby imunisasi..ada anti virus lah..vaksin buat otak lah..ada buat minihitis lah dll, ada juga sekrng istilah vaksin kombo..sekali suntik buat dua fungsi..saya jadi bingung..semakin banyak penyakit vaksin imunisasi juga semakin bertambah..apa kah vaksin itu ada halal dan haramnya..karna ada yg bilang imunisasi egk boleh..
Jawab:
Kalau dari sisi pribadi maka ada pilihan dalam hal ini :
1. Jika mampu iminusasi dipersilahkan, dikarenakan pasti lebih mahal dan keluar uang lebih besar. Masalah kehalalannya nda usah takut... Kan sudah diputuskan oleh ulil amri. Seandainya benar ada unsur haramnya, dialah yang bertanggung jawab. 
2. Jika tidak mau imunisasi juga dipersilahkan, asalkan diganti dan telaten dengan unsur unsur herbal yang bisa membantu melindungi anak anak kita kelak yaaaa
Jadinya kita sebagai warga negara Indonesia... Alhamdulillah mempunyai kebebaaasasssaaaann untuk hal diatas, mau pilih 1 dan 2 tak masalah
Sharing dari Bunda Rina fitri
Maaf,bunda-bunda sekedar info saja, vaksin yang ada di Indonesia seperti BCG, DPT, Polio dll, adalah buatan indofarma yang pabriknya ada di bandung, setau saya malah negara-negara Islam lainnya menggunakan vaksin dari Indonesia. Pernah dibahas di koran pabrik cara pembuatanya dll di koran pikiran rakyat bandung.
Sharing dari Bunda Nunie
Anak saya hanya imunisasi sampe BCG aja .. karena dapat info kalo imunisasi itu ada kandungan dari B2. Tapi alhamdulillah anak saya sehat. Imunisasi dilakukan pada waktu dari bayi kepentingannya sampai dewasa
Monggo yaaa kalau ada pertanyaan lagi. Bisa sesuai materi diatas atau bebas. Selama belum ditutup kajiannya, maka dibebaskan bertanya jam berapa saja


6. Tanya: bunda Alia
Karerna alasan penyakitnya, dokter nyuruh lepas jilbab + baju panjang, itu gmn? Karena penyakitnya di daerah kulit
Jawab:
Seberapa parahkah Bunda...? Kudu tau detailnya

Lupus tapi yang nyerang ke kulit 
Jawab:
Kalau lupus... Kan berarti juga tidak bisa pergi kemana mana.  Karena yang diserang itu juga kekebalan tubuh dan harus berbaring ditempat tidur.  Selama tidak menggunakan hijab dirumah dan kamar sendiri dipersilahkan ya Bunda

7. Tanya : Bunda yani
Ust,nih saya kadang risih kalo berobat ke dokter pria, tapi karena spesialis tertentu dokter nya ga ada yang perempuan,gimana nih?!
Jawab:
Selama memang belum ada Dr. Wanitanya, maka dipersilahkan untuk ke Dr. Pria. Tapi jangan pilih yang ganteng yaa... Pilih yang paling ganteeeenng. Diusahakan jangan berdua saja dengan Dokter, usahakan bawa mahrom kita atau kaalau kebiasan ada suster di ruangan Dokter itu sudah cukup.

8. Tanya: Bunda yani
Tanya Ust,kalo ga ada pendamping nya gimana,dokternya ga ada asisten, Kebetulan lagi berobat sendirian, masa dah datang ke tempat prakteknya,balik deui?!
Jawab :
Bunda Yani... Kalau mah darurat dipersilahkan saja
9. Tanya
Ust, bener ga sih kalo steril itu haram?! Kalo haram,gimana yang dah terlanjur disetril?!


Karena sifatnya kan mendekati permanen, maksudnya ga seperti iud/pil yang kalo udah ga treatment lagi kita biasanya bisa normal hamil lagi


Jawab:
Jangan yaaa. Lebih baik KB alami saja. Buang luar... Jangan buang dalam. Buang luar ya Bunda. Peace

Ya sudahlah Bunda... Kan baru tau ilmunya sekarang

10. Tanya :bunda novi
Ya koq pak dodi nyuruh pinalti di luar yah ?
Apa kah suami mau ??
Jawab:
hehehehhehe. Yang harusnya complain itu adalah wanita. Karena wanita berkurangnya kenikmatan jika tidak terkena semburan spermanya suami.

11. Tanya:
Secara ilmu seksiologi... Wanita yang merasakan nikmat. Apakah suaminya tidak...? 
Jawab;
Suaminya sih pasti dapet daahh. Wong kategorinya pokoknya "keluar" dan selesai kok. Hantam seperti minum obat antibiotik, sehari 3x 😅
Sebenarnya Islam itu MUDAH, asalkan jangan di Mudah2kan yaaa
Nanti kalau masuk kajian ke sini lagi, saya akan bahas 

Tanya :
"Hmmmm... Bercinta dikamar mandi, gimana yaa...?"
Kalau mgga salah baru 06 aja yang pernah

Tanya : Bunda yani 
Ust,dah asar, nanti jawab lagi ya,mo nanya phone sex,gimana hukumnya?!
Pertanyaanku dulu dijawab ya :
1. Sama siapa...? Suami atau bukan...?
2. Jika sama Suami, "penyelesaiannya" bagaimana....?
Kudu dijawab ntuh

Mohon Maaf... Apakah phone sex tersebut sampai akhirnya masing masing pihak orgasme...?

Sambil menunggu jawaban RESMI dari Bunda Yani... Tak jawab dulu point 1

1. Jika sama suami istri diperbolehkan oleh  اللّهُ Ta'ala untuk mendatangi istri dari sisi manapun, kecuali dari sisi dubur yang tidak diperbolehkan. Jadi phones sex, kangen kangenan sesama suami istri dipersilahkan, apalagi yang jaraknya jauuuhhh. Cuma pastikan itu dirumah dan dikamar sendiri tanpa ada yang mendengar yaa. Jatuhnya jadi HARAM... Jika Bunda melakukannya di Wartel or Warnet

2. Sangat sulit untuk kita berfikir... Jika Orgasme tersebut hanya bisa dilakukan hanya dalam bentuk suara saja dan tidak ada "bantuan" dari yang lain
Mendukung statement Bunda Dian... Adakah alat bantu yang digunakan...?
  • Jika memang hanya dari suara saja bisa menghasilkan orgasme maka ini sudah dibahas tadi dan clear masalahnya. 
  • Jika menggunakan alat bantu seperti tangan atau dildo atau sejenisnya, maka ini masuk kategori MASTURBASI dan atau ONANI. Ada dua pendapat ulama dalam hal ini : a) Tidak boleh dilakukan dan dikerjakan. b) Boleh dilakukan dengan berbagai alasan, termasuk hubungan jarak jauh dan TIDAK BOLEH MEMBAYANGKAN muka Dokter yang Super Ganteng ceunaaa... Kudu muka suami kita yaaaa. 
والله أعلم بالصوب

12. Tanya ; bunda novi
Kalo suami minta untuk berhubungan, si istri merasa lelah dan menolak, itu dosa besar. Nah bagaimana kalo giliran si istri yang minta lalu suami juga dalam keadaan segitu lelah sekali dan tidak menginginkan itu ?? Apa kah berdosa juga si suami??
Jawab:
Bunda Bd. Novi, memang terkesan tidak adil jika memang tidak mendapatkan dosa yang sama ya Bunda, jika laki laki menolak hubungan badan dari istrinya.  Sebelum dijawab... Coba lihat organ alat vital suami dan organ alat vital wanita. Laki-laki diluar dan ada energi yang dikeluarkan jika ingin melakukannya... Sementara wanita kan didalam, dan tidak perlu beban besar (maksudnya tenaga) dalam melakukannya... Pokoknya diem aja dan kaki melebar - BERES -  Karena laki laki mempunyai beban dan tanggung jawab yang besar dan penuh tekanan tekanan dalam mencari nafkah diluar sana, dan ini sedikit banyak akan mempengaruhi stamina nya. Otomatis  اللّهُ Ta'ala sebagai penciptanya, tahu kelebihan dan kekurangan dari apa yang diciptakan-Nya.
Tanggapan:
Owh gitu pak dodi..? Ya sih..kadang malah si istri lebih banyak pengertiannya deh ketimbang suami kalo dalam hal itu.

Jangan diiyakan terus maunya suami... Nanti jadinya kebiasaan dan bukan sesuatu yang luar biasa bagi suami. Main tarik ulur aja yaaa. Buat dia terkesan dan berikan sedikit sedikit... Jangan diobral biar dia penasaran yaaa


13. Tanya: Bunda dayu
Ehh iya dok ulangin lagi donk boleh ga Kb dengan alasan takut punya anak,nanti anaknya ga keurus dengan baik,dan suami minta didalam?
Jawab:
kalau mau jawaban ideal, adalah tidak dianjurkan menggunakan KB hanya untuk membatasi kehadiran anak Bunda. Masalah mau buang didalam... Lakukan saja dengan system kalender, dijamin ngga bakalan jadi deh, asalkan tau periodenya kapan. Kan serunya lagi ini jadi menu pembeda diantara menu menu minggu sebelumya.
Minggu I  →  diluar
Minggu II  →  diluar
Minggu III  →  diluar
Minggu IV  →  didalam
Jadinya ada yang seruuu kan,,, tidak makan sayur asem mulu tiap minggu, sekali kali sayur lodeh gitu Bun.

Hal diatas juga berlaku dengan pertanyaan masalah penggunaan kondom yaaa, jadi diatur aja perminggu seperti diatas tanpa kondom. Sudah diciptakan sama  اللّهُ Ta'ala bahwa kulit ketemu kulit jauh lebih nikmat bagi keduanya dibandingkan kulit ketemu karet yaaa

14. Tanya: Bunda novi
Pak dodi bukannya kalo istri hendak pakai KB hrs seizin suami ??
Jawab:
ya harus izin suami

15. Tanya: Yunda helmiyanti
Ustadz mau nanya, kalu kb karena takut keadaan ibunya yang lemah gimana ustdz..ngelahirinnya repot,bikin khawatir.
Jawab:
kalau memang ada uzur dari sisi medis dan bisa membuat semakin parah rasa ketakutannya. Dipersilahkan ya Bunda

16. Tanya: Bunda yani
Haram ga sih vasektomi, ust?!
Jawab:
Tidak masuk kelompok dan golongan Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang akan berbangga bangga dengan banyaknya umat Beliau.

17. Tanya:
Kategori banyak umat( dalam hal ini anak) zaman sekarang tuh, apa lebih dari 2 ya, ustadz?!
Jawab:
Tidak ada patokan jumlahnya Bunda. Lebih banyak lebih baik

18. Tanya; Bunda eni
Pak ustadz tapi kita ga bisa nolak dong kalo ada yang minta suntik kb atau beli pil kb..gmana dong..mks
Jawab:
Kalau masih dalam kategori tidak permanen (sewaktu waktu) hanya untuk mengatur jarak agar bisa per 3 tahun selisih anaknya dlsbnya
19. Tanya: Bunda dian
Ust, klo jarak kelahiran anak dekat dan akhirnya dianjurkan menggunakan kb oleh pihak medis agar kelahiran selanjutnya tidak terlalu dekat gimana ustadz ? Pengalaman pribadi nih ust
Jawab: Boleh Bunda. Ini kan tidak permanen

20. Tanya: Bunda vina
Ust. Kalo pengalaman saya kemarin hamil 2 anak dengan kondisi aps. Caesar keduanya. Proses lahiran kedua dokter menawarkan steril karena ternyata rahim (mungkin bekas caesar) sudh tipis. Kalopun mau hamil lagi tidak boleh melahirkan diatas minggu 36. Saat itu saya tidak mau steril tapi juga sekarang saya menjga supaya tidak hamil. Karena riwayat diatas tadi... jadinya kb kd deh.. Panjang.. skalian curcol
Jawab:
Boleh Bunda... Kan sudah ketauan alasan medis yang dapat dipertanggungjawabkan
Singkatnya saja : 
1. Permanen  →  Haram
2. Sementara  →  Masih diperbolehkan. 
3. Membunuh Embrio  →  Haram
Patokan sederhananya yaa
21. Tanya : Bunda yani
Pa dodi, baru muncul,lngsung dsodori pertanyaan, . Haram ga kalo pake kawat gigi??
Jawab:
Kalau untuk kesehatan BOLEH, kalau untuk kecantikan tak boleehhh.  Kasian juga suaminya atuh Bunda

22. Tanya: Bunda vina
Pak ustad, suami istri muhrim bkn? nanya lugu
Jawaban Lugu
Bukan Muhrim, tak bolee hal ini  →  HARAM. Masa pake pakaian ihram dipake berdua. Yang benar Mahrom

23. Tanya : Bunda helmiyanti
Kalo abortus karena alasan medis gimana ust.?
Jawab:
Diperbolehkan in sha allah  
24. Tanya: Bunda novi '
Pak dodi..kok sekarang banyak yah yang saya liat, para istri berani main serong lagi?
Jawab:
Karena memang tidak mendapatkan apa yang diinginkan sang istri. Akhirnya mencari source yang lainnya.
Bagaimana supaya tidak seperti itu. Maka BERSYUKURLAH Bunda
Adapun dalil tentang terlarangnya poliandri, diantaranya firman  اللّهُ  Ta’ala:

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ وَبَنَاتُكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ وَعَمَّاتُكُمْ وَخَالَاتُكُمْ وَبَنَاتُ الْأَخِ وَبَنَاتُ الْأُخْتِ وَأُمَّهَاتُكُمُ اللَّاتِي أَرْضَعْنَكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ مِنَ الرَّضَاعَةِ وَأُمَّهَاتُ نِسَائِكُمْ وَرَبَائِبُكُمُ اللَّاتِي فِي حُجُورِكُمْ مِنْ نِسَائِكُمُ ا
 وَرَبَائِبُكُمُ اللَّاتِي فِي حُجُورِكُمْ مِنْ نِسَائِكُمُ اللَّاتِي دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَإِنْ لَمْ تَكُونُوا دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ وَحَلَائِلُ أَبْنَائِكُمُ الَّذِينَ مِنْ أَصْلَابِكُمْ وَأَنْ تَجْمَعُوا بَيْنَ الْأُخْتَيْنِ إِلَّا مَا قَدْ سَلَفَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ غَفُورًا رَحِيمًا * وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ النِّسَاء إِلاَّ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ كِتَابَ اللّهِ عَلَيْكُمْ

“Diharamkan atas kamu (mengawini) ibu-ibumu; anak-anakmu yang perempuan; saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara bapakmu yang perempuan; saudara-saudara ibumu yang perempuan; anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki; anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan; ibu-ibumu yang menyusui kamu; saudara perempuan sepersusuan; ibu-ibu istrimu (mertua); anak-anak istrimu yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu mengawininya; (dan diharamkan bagimu) istri-istri anak kandungmu (menantu); dan menghimpunkan (dalam perkawinan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, Dan (diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami, kecuali budak-budak yang kamu miliki ( اللّهُ  telah menetapkan hukum itu) sebagai ketetapan-Nya atas kamu” (QS. An Nisaa: 23-24)

Dalam Tafsir Ibni Katsir dijelaskan makna وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ النِّسَاء maksudnya: ‘Diharamkan bagimu menikahi para wanita ajnabiyah yang muhshanat yaitu yang sudah menikah’. Ibnu Katsir juga membawakan riwayat yang menjelaskan sebab turunnya ayat ini:

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ: أَصَبْنَا نِسَاءً مِنْ سَبْيِ أَوْطَاسَ، وَلَهُنَّ أَزْوَاجٌ، فَكَرِهْنَا أَنْ نَقَعَ عَلَيْهِنَّ وَلَهُنَّ أَزْوَاجٌ، فَسَأَلْنَا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ، فَنَزَلَتْ هذه الآية: {وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ النِّسَاءِ إِلا مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ} [قَالَ] فَاسْتَحْلَلْنَا فُرُوجَهُنَّ

Dari Abu Sa’id Al Khudri, ia berkata: “Kami mendapat wanita dari suku Authas yang ditawan, para wanita itu memiliki suami lebih dari satu. Kami enggan bersetubuh dengan mereka karena mereka memiliki suami. Kamipun bertanya kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم , lalu turunlah ayat (yang artinya) ‘Dan (diharamkan juga kamu mengawini) wanita yang bersuami, kecuali budak-budak yang kamu miliki‘. Dengan itu kami pun mengganggap mereka halal dicampuri” (Tafsir Ibni Katsir, 2/256)

Tolak sekuat tenaga ya Bunda....

Ibnul Qayyim berkata, “Jika ada yang berkata ‘Mengapa hanya memperhatikan dan mengangkat sisi kaum lelaki saja, serta hanya memenuhi kebutuhan syahwat lelaki saja sehingga mereka bisa berganti dari istri yang satu kepada istri yang lain sesuai kebutuhan syahwatnya? Padahal wanita juga memiliki panggilan syahwat‘. Kita jawab, wanita itu sebagaimana kebiasaan mereka wajahnya terlindungi oleh cadar dan berada di rumah-rumah mereka, gejolak mereka pun lebih dingin dibanding laki-laki, pergerakan lahir dan batin mereka lebih sedikit dibanding laki-laki, oleh karena itulah lelaki yang diberi kekuatan dan gejolak panas yang merupakan kunci penguasaan syahwat. Itu diberikan kepada laki-laki dalam jumlah yang lebih besar. Bahkan kaum laki-laki pun mendapat cobaan karena hal itu, sedangkan wanita tidak. Sehingga dimutlakkan bagi laki-laki berupa banyaknya jumlah pernikahan yang bolehkan (dalam satu waktu) sedangkan wanita tidak. Ini adalah hal yang dikhususkan dan dilebihkan oleh Allah untuk kaum laki-laki. Sebagaimana juga Allah utamakan mereka dalam hal pengembanan risalah, kenabian, khilafah, kerajaan, kepemimpinan hukum, jihad dan hal lainnya.


KAJIAN TAMBAHAN : DISKUSI TENTANG SYIAH DAN ZAKAT

25. Tanya : bunda novi
Pak..ada yang tanya nih..kawin mut'ah itu seperti apa??
Jawab :
Ini kerjaan orang Syiah niiihhh. Jangan di ikuti yah. Sama saja pelacuran yang diselubungi dengan agama. Bisa dipake 1 jam. 10 jam atau 1 bulan dst. Semakin mahal mahar semakin lama periodenya. Dan jika Bunda masuk ke golongan syiah... Siap siap Bunda juga bisa di mut'ah sama syiah lainnya atau pemimpin syiah nya. Termasuk anak anak kita, Lebih parah dari kawin kontrak. Jadi istilah sekarang swinger  →  Boleh bertukar tukar pasangan kapan saja dan bahkan diatur harinya dalam kelompok besar. Jauhi keluarga kita dari syiah yaaa
Biasanya laki laki yang terpancing dengan iming iming ini

26. Tanya : bunda novi
Beda syiah dengan suni apa pak?
Jawab:
suni kita, Ahlus sunnah. Syiah itu musuh besar dengan Sunni.  Bahkan dia menghalalkan darah orang2 Sunni
Contohnya Suriah  →  Pemerintah Syiah, rakyatnya Sunni : Berperang
Iraq juga
Lebanon 99% syiah, Iran 99% syiah
Makanya kalau saya ke eropa dan transit ditimur tengah saya selalu hati hati jika sholat dimasjid dan musholla. Lebih khawatir saya sholat ditimur tengah dibandingkan di eropa

27. Tanya : bd donna
apakan di indonesia ada juga pak ustad
Jawab :
Di Indonesia sudah ada, pentolannya namanya Jalaludin Rahmat dibandung dan menyusup ke PDIP. Sudah mulai menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. Yang kasat mata sulit dibedakan, karena dia diperbolehkan TAQIYAH (berbohong). Hadad Alwi juga syiah

28. Tanya : Bunda novi
Pak dodi MUI kan sudah memproklamirkan kalo syiah sesat. Tapi masih banyak aja orang-orang yang tidak percaya
Jawab :
iyaa
Syiah berafiliasi dengan kebanyakan NU dan JIL yang merasa kebakaran jenggot sengan munculnya dakwah yang berlandaskan Al Quran dan sunnah. Kalau puasa sekarang... Mereka bukanya hampir jam 7 malam

bunda novi: Pak dodi aku punya teman suaminya syiah. Pas aku share soal syiah dia merasa takut

29. Tanya : bunda yani
Kalo orang-orang syiah ada jenggotnya,ya,pa dodi?!
Jawab :
Rata-rata mereka jarang yang pake jenggot

30. Tanya : bunda helmiyanti
Setau saya yang pake jenggot org salaf.mengikuti sunnah.
Jawab:
Bukan perbedaan masalah khilafiyah Furu’iyah, seperti perbedaan antara NU dengan Muhammadiyah, antara Madzhab Safi’i dengan Madzhab Maliki. Perbedaan mendasar antara ISLAM dengan Syiah, Bukti bahwa SYIAH BUKAN BAGIAN DARI ISLAM. 
Berikut ini adalah perbedaan yang sangat menonjol antara agama Islam dengan agama syi’ah, yang dengannya mudah-mudahan kaum muslimin dapat mengetahui hakekat sebenarnya ajaran agama syi’ah:

A. Pembawa Agama Islam adalah Muhammad Rasulullah صلى الله عليه وسلم 
A. Pembawa Agama Syi’ah adalah seorang Yahudi bernama Abdullah bin Saba’ Al Himyari. [Majmu'Fatawa, 4/435]

B. Rukun Islam menurut agama Islam:
1. Dua Syahadat
2. Sholat
3. Puasa
4. Zakat
5. Haji
[HR Muslim no. 1 dari Ibnu Umar]

B. Rukun Islam ala agama Syi’ah:
1. Sholat
2. Puasa
3. Zakat
4. Haji
5. Wilayah/Kekuasaan
[Lihat Al Kafi Fil Ushul 2/18]

C. Rukun Iman menurut agama Islam ada 6 perkara , yaitu:
1. Iman Kepada Allah
2. Iman Kepada Malaikat
3. Iman Kepada Kitab-Kitab
4. Iman Kepada Para Rasul
5. Iman Kepada hari qiamat
6. Iman Kepada Qadha Qadar.

C. Rukun Iman ala Agama Syi’ah ada 5 Perkara, yaitu:
1. Tauhid
2. Kenabian
3. Imamah
4. Keadilan
5. Qiamat

D. Kitab suci umat Islam Al Qur’an yang berjumlah 6666 ayat (menurut pendapat yang masyhur).

D. Kitab suci kaum Syi’ah Mushaf Fathimah yang berjumlah 17.000 ayat (lebih banyak tiga kali lipat dari Al Qur’an milik kaum Muslimin).[Lihat kitab mereka Ushulul Kafi karya Al Kulaini 2/634]

E. Adzan menurut Agama Islam:
(Allōhu akbar) 4 kali
(Asyhadu allā ilāha illallōh) 2 kali
(Asyhadu anna Muhammadan rōsulullōh) 2 kali
(Hayya ‘alash Sholāh) 2 kali
(Hayya ‘alal falāh) 2 kali
(Allōhu akbar) 2 kali
(Lā ilāha illallōh) 1 kali
Lihat Video Adzan Agama Islam

E. Adzan Ala Agama Syi’ah:
(Allōhu akbar) 4 kali
(Asyhadu allā ilāha illallōh) 2 kali
(Asyhadu anna Muhammadan
rōsulullōh) 2 kali
(Asyhadu anna ‘Aliyyan waliyullōh)2 kali
(Hayya ‘alash Sholāh) 2 kali
(Hayya ‘alal falāh) 2 kali
(Hayya ‘alā khoiril ‘amal) 2 kali
(Allōhu akbar) 2 kali
(Lā ilāha illallōh) 2 kali
Lihat Video Adzan Agama Syiah

F. Islam meyakini bahwa sholat diwajibkan pada 5 waktu.
F. Agama Syi’ah meyakini bahwa sholat diwajibkan hanya pada 3 waktu saja.

G. Islam meyakini bahwa sholat jum’at hukumnya wajib. [QS Al Jumu'ah:9]
G. Agama Syi’ah meyakini bahwa sholat jum’at hukumnya tidak wajib.

H. Islam menghormati seluruh sahabat Rasulullah dan meyakini mereka orang-orang terbaik yang digelari Radhiallohu ‘Anhum oleh  اللّهُ 
[QS At Taubah:100]
H. Agama Syi’ah meyakini bahwa seluruh sahabat Rasulullah telah kafir (Murtad) kecuali Ahlul Bait (versi mereka), salman Al Farisi, Al Miqdad bin Al Aswad, Abu Dzar Al Ghifari. 
[Ar Raudhoh Minal Kafi Karya Al Kulaini 8/245-246]

I. Islam meyakini bahwa Abu Bakar adalah orang terbaik dari umat ini setelah Rasulullah , kemudian setelahnya Umar bin Al Khatthab, lalu Utsman bin ‘Affan, lalu ‘Ali bin Abi Thalib.
I. Agama Syi’ah meyakini bahwa orang terbaik setelah Rasulullah adalah Ali bin Abi Thalib, adapun Abu Bakar dan Umar bin Al Khatthab adalah dua berhala quraisy yang terlaknat. 
[Ajma'ul Fadha'ih karya AlMulla Kazhim hal. 157].

J. Islam meyakini bahwa Abu bakar adalah orang yang paling berhak menjadi khalifah sepeninggal Rasulullah.
J. Agama Syi’ah meyakini bahwa orang yang paling berhak menjadi khalifah sepeninggal Rasulullah adalah Ali bin Abi Thalib.

K. Islam meyakini bahwa Abu Bakar adalah khalifah pertama yang sah.
K. Agama Syi’ah memposisikan Abu Bakar sebagai perampas kekhalifahan dari ‘Ali bin Abi Thalib 

L. Islam meyakini bahwa Mu’awiyah bin Abi Sufyan, ‘Amr binAl ‘Ash, Abu Sufyan termasuk sahabat Rasulullah
L. Agama Syi’ah meyakini bahwa mereka pengkhianat dan telah kafir (Murtad) dari Islam.

M. Islam melarang nikah mut'ah
M. Agama Syiah memperbolehkan, bahkan jika para wanita sudah 4x nikah mut'ah derajatnya sama dengan Nabi Muhammad. 
→  coba ajak anak-anak Perempuan Ulama-ulama Syiah untuk diajak Nikah mut'ah, pasti tidak akan diberikan, anehkan....? Padahal Derajatnya katanya hampir sama loh dengan Nabi.
→  kebanyakan anak muda pria yang akan terjebak dengan iming-iming mut'ah ini. Harap Bunda dan Nanda berhati-hati terhadap anak-anak dan saudara-saudara kita. 
→  hati-hati juga terhadap ajakan untuk ke kajian, jika Para Bunda dan Nanda mempunyai anak atau saudar kandung, karena mereka akan mengincar untuk di mut'ah kan.

N. Islam Dilarang Berbohong
N. Agama Syiah, memperbolehkam TAQIYAH  bagian dari syariat

O. Islam kiblatnya Mekkah
O. Agama Syi'ah kiblatnya Karbala

P. Islam tidak ada perayaan assyuro (Menyiksa Badan)
P. Agama Syi'ah merayakan assyuro dengan menyiksa, memukul, bahkan melukai tubuh dengan benda tajam. 
→  Coba perhatikan... Assyuro ini dipimpin oleh seorang Iman, tetapi justru yang memimpinnya tidak ikut-ikutan melakukan ritual penyiksaan badan, padahal itu pahalanya mengalahi semua pahala didunia. Aneh lagikan.....? Apa yang bersangkutan sudah yakin tidak membutuhkan Pahala lagi....?
Semua ini bersumberkan dari kitab-kitab yang mereka jadikan rujukan dan sebagiannya dari situs resmi mereka. Apakah mereka masih Islam....?

31. Tanya: bunda novi 
Temen aku bbm aku pak. Dan dia berbohong , dia ngaku-ngaku kalo dia bukan syiah
Jawab :
Itu dia sedang TAQIYAH bunda Novi
Siapa yang membaca kajian diatas dan tidak bilang bahwa syiah itu sesat....?

32. Tanya ; bunda yani
Ustadz, hampir sama ama ahmadiyah ga,sih?! Syiah itu ? 
Jawab : Beda... Lebih kejam Syiah

33. Tanya: Bunda alia
Asal muasal syiah gimana ustadz?
Jawab :
Asal muasalnya: Adalah senangnya pihak Yahudi memasukkan orang-orang nya ke agama samawi. 
Kristen  →  Paulus
Islam  →  Abdullah Bin Saba

34. Tanya:  bunda novi
Pak dodi...kalo salawat mrk bc nya sprti apa??
Ada husein huseinnya kan??
Jawab :
Benarrrr. Mengagung-agungkan Ali berlebihan dan Hasan Husein
35. Tanya: Bunda alia
Usadzt tanya dongs, suami kan kepala rumah tangga + imam, dan surga istri ada di suami / dari keridhoan suami dll (kira-kira gitu ya ustadz), nah kalo istri pendapatan + posisi lebih tinggi dari suami sehingga kadang terlihat istri yang 'menguasai' suami, itu gimana?
Jawab :
Kalau cuma terkadang tak mengapaaaa....  
Jika kenyataannya, ingat fitrah Istri yaaa. Dia patuh dan taat kepada suami
Taggapan bunda alia
Terus suaminya kalo udah kalah suara gimana ustadz? Maksudnya nasihat/ajaran suami udah dicuekin
Jawab → inilah yang tidak boleh terjadi, sebagus apapun istri beribadah tetapi jika suami tidak ridho, kemungkinan besar masuk neraka istrinya

35. Tanya: Bunda yani
Pa ustadz, saya tinggalnya dekat basecamp ahmadiyah, syahadatnya kan sama ama syiah ga?!
Jawab  →  beda Bunda
36. Tanya: bunda novi
Ketika mereka umroh dan haji juga gitu pas baca allahhumma labaikk..laasyarikalaka labaik..itu ada kata huseinnya ya pak?
Jawab :
Mereka hajinya ke karbala. Kadang-kadang iseng ke Makkah

37. Tanya: Bunda alia
Karbala dimana sih ustadz?
Jawab: Iraq
Suriah itu pemerintahnya Syiah Rafidhoh

38. Tanya: Bunda novi
Pak dodi temen aku sering bolak balik ke suriah karena memang suaminya itu kawan deket jalaludin
Jawab : 
Hmmmm. Istrinya suruh cek kebersihan vaginanya ya Bunda. Jaga jaga aja
Tanggapan:
Maksudnya ust?
Jawab:
Syiah pasti Mutah

39. Tanya: bunda novi
Terus pak dodi siapakah jose rizal itu? Untuk penggalangan dana palestine dengan memakai logo MER C?
Jawab :
Organisasinya adalah Mer C, dahulu orang ini baik selalu membantu Sunni-sunni yang dijajah seperti di Palestine, ambon, poso dl. Dr. Jose adalah pendirinya. Semenjak dia sering ke Iran... Makanya kemungkinan besar dia Menjadi Syiah. Saya sendiri mencari tahu sampai ke seminar seminarnya. Di kampus Muhammadiyah tahun 2012. Kami tekan Dr. Jose berikan statement, apakah dia Sunni atau Syiah....? Dia tetap tidak mau mengatakan apa apa. Sambil kami mengucapkan TAKBIR dan dibalas oleh kelompok syiah disebelah kami dengan Takbir juga. Dibarisan itu ada Hadad Alwi jugaaa. Hampir terjadi keributan antara Sunni dan Syiah dikampus tersebut

40. Tanya: bunda donna
Berarti pengikut jowi kebanyakan syiah yaa pak ustad..wajar juga jokowow di pertanyakan agamanya
Jawab :
Betuuuullll

41. Tanya: Bunda helmiyanti
Istrinya jokowi anggota rotari club punya yahudi.
Jawab:
Makanya dari pihak Sunni... Merasa khawatir jika dia terpilih
42. Tanggapan: Bunda novi
Ya sekarang dengan adanya kajian kita sangat berterimakasih. Jadi kita tau islam yang benar dan yang tidak benar
Jawab :
Islam itu terbagi atas 73 golongan yang selamat hanya 1 golongan saja
Siapakah dia...? Yang mengikuti Al Quran dan Sunnah

43. Tanya: Bunda alia
Ustadz tanya lagi dongs, kalo ngitung zakat, misalnya dari thr nih kan ada yang udah dibagiin. itu ngitungnya dari nominal sebelum dipotong pajak atau sesudah ya? Zakat pendapatan, itu masuk ke zakat harta/maal kah?
Jawab:
Zakat pendapatan berdiri sendiri. Kalau zakat mal, harta yang sudah disimpan selama setahun dan sudah masuk dalam perhitungannya

44. Tanya: bunda yani
Ustadz, kiat khusus agar akidah kita tidak terkontaminasi syiah ato ajaran-ajaran sesat lainnya, gimana?!
Jawab:
Banyak banyaklah mengikuti kajian ya Bunda, termasuk di kajian HA ini
45. Tanya: Bunda yani
Ustadz, semakin banyak mengikuti kajian semakin banyak referensi yang didapat, semakin bingung berpijak,help me pa ust.
Jawab:
Ini normal Bunda, lama lama akan tahu sendiri celahnya dimana. Usahakan apapun yang disuruh oleh kajian tersebut harus berlandaskan dalil yaa. 
Bukan berlandaskan Ustadz
Bukan berlandaskan Habib
Bukan berlandaskan organisasi atau apapun

46. Tanya: Bunda novi
Terus pak dodi soal alquran syiah. Ciri-cirinya seperti apa?
Jawab:
Mereka Qurannya lebih tebal 3x lipat dibandingkan Quran kita

47. Tanya: Bunda novi
Kenapa syiah memperbolehkan homo dan lesbi?
Jawab:
mencari simpatisan
48. Tanya : bunda alia
Dorce bukannya udah ganti kelamin, nah kalo ganti kelamin gimana tuh ustadz? Terus orang-orang yg katanya dari kecil jiwanya bertolak belakang dengan fisik kelaminnya.
Jawab :
Menyalahi kodrat ,
Dosa besar kan ya pak dodi ?
Iyaaa, Tak Boleeeee

49. Tanya : bunda alia
Ust, yg hitung zakat dongs, after/before tax, masalah ga?
Jawab : Zakat setelah pajak no problemo Bunda

50. Tanya : bunda yani
Itu,upin ipin bener ga salah satu propaganda yahudi, ust?!
Jawab: 
Bisa jadi Bunda Yani... Yahudi memegang semua media massa disetiap negara islam. Dan perang pemikiran ini kadang kala disusupkan ke cerita-cerita karton anak-anak. Saya pernah baca masalah itu, tapi saya nda tahu validnya seperti apa
51. Tanya : bunda novi
Trus soal penggalangan agar tidak salah dan tidak jatuh ke tangan mer c :
Jawab :
Jangan lewat Mer-C yaaa. Lewat yang lainnya aja  →  ACT, Bumi Syam dan banyak lagi lainnya. Iya Bunda... Mohon disebarkan yaaa

52. Tanya ; bunda novi
Pak dodi. Alquran syiah apakah di jual bebas ??
Jawab:
Bebassss, Bahkan di Iran dijual Poster Nabi صلى الله عليه وسلم jelas sekali mukanya 3x lebih tebal
53. Tanya:
Aku pernah ke iran pak...sekali tahun 2000. Sempet ke pemakamannya khomaini yah. Tapi aku belum tau soal syiah
Jawab:
Di Iran... Tepatnya Teheran, tidak ada 1 masjid sunni pun disana. Iya aku sholatnya di hotel. Bahkan orang-orang sunni yang sedikit itu kalau mau sholat jumat menumpang di kedubes RI disana

54. Tanggapan bunda via
Rumit yaa urusan kita beragama.... takut jadinya
Jawab:
Makanya kudu belajar ya Bunda Vina

55. Tanya : bunda yani
Ustadz punten, tolong dong,kasih tau tokoh2 syiah di Indonesia, biar kita-kita waspada nih
Jawab : 
Jalaludin Rahmat, Dyna Y Sulaeman, Hadad Alwi, Shihab Family (pendukung), Ust. Yang gendut putih (lupa namanya, sering di tv), Ust. Yang kurus di rcti kayak arab2 dlsbnya. Ya Qurais shihab juga

56. Tanya: bunda vina
Merc positif syiah ya ustad? Dengan bukti tadi pentolannya itu?
Jawab:
Yang saya yakini Dr. Josenya... Crew Mer C lainnya saya nda tau

57. Tanya : Bunda Echa
bagaimana cara mendeteksi dengan cepat yang bersangkutan syiah atau bukan?
Jawab :
Biasanya dia melebih lebihkan Ali, Khoimeni atau Iran atau Hizbullah

58. Kalo orang-orang syiah ada lambangnya ya pak ?? Lambang husein ...(Tulisan husein dalam bahasa arab)
Jawab:
Lambang lambang Iran dan tulisan-tulisan seperti itu

59. Tanya: Bunda alia
Ust, penassaaarraan sama kaya bunda vina, kenapa ustadz-ustadz itu beralih ke syiah, padahal mereka kan pengetahuan ilmu agamanya pasti udah oke bener
Jawab:
Makanya kita minta kepada  اللّهُ untuk selalu berada dijalan lurus yang diridhoi oleh Nya.  Sesuai bacaan Al Fatihah kan. Banyak iming2 yang dijanjikan, uang, kedudukan, wanita, pengikut dan lain sebagainya

60. Tanya: bunda novi
Pak dodi lum di jawab soal khasanah yg dulu ramai di perdebatkan
Jawab:
Khasanah Baguuussss dan diprotes sama orang Syiah dan akhirnya mereka minta Jalaludin Rahmat tampil disana. Karena terikat UU Penyiaran harus memberitakan hal seimbang, maka terpasak khasanah menampilkan dia, Khasanah itu Bagus. Sesuai Al Quran dan Sunnah. Menjalankan Ibadah sesuai Dalil

61. Tanya: bunda novi
Trans di bayar mahal kalee ya pak??
Jawab:
Bukan Transnya... Daripada Khasanah dibredel, terpaksa ada segmen Jalal. Karena kena UU Penyiaran

62. Tanya: Bunda novi
Pak dodi bagaimana pendapat pak dodi sekiranya jalal itu jadi menteri agama?
Jawab:
Jika memang jadi menteri agama. In sha  اللّهُ Sunni yang terpecah pecah di Indonesia akan semakin solid Bunda. Nda Usah takuutttt... Kita pasti akan bersama Bunda

Kita cukupkan sampai disini yaaa

Doa Kafaratul Majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
 Semoga bermanfat