Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Ma'rifatul Quran

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ  SWT
(HA 9, HA 10 Bunda)

Hari / Tanggal : Senin, 07 Juli 2014
Narasumber : Ustadz Yamin
Materi : Ma'rifatul Qur'an

Assalamualaikum wr. Wb.
Apa kabar bunda-bunda yg dirahmati Allah?
Materi kajian kali ini adalah "Ma'rifatul Quran"

Sapi Betina (Al-Baqarah): 2
 " Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa"
Ma'na Alquran
Alquran adalah Kalamullah (Firman Allah)


Bintang (An-Najm):4 
"Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)."
Alquran juga mu'jizat terbesar Nabi saw

Al-Ĥijr:9 
"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya."
Alquran adalah firman Allah yg disampaikam ke dlm hati Muhammad saw.
Alquran sampai kepada kita secara mutawatir.
Membaca Alquran adalah ibadah

Pencipta (Fāţir):29 
"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi"

Pencipta (Fāţir):30
"Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri."

Demikian definisi Alquran.
Sekarang apa konsekuensi iman kepada Alquran? 
1. Selalu berinteraksi dengan Al quran, yaitu :
    ° Belajar dam mengajarkan Alquran.
    ° Tilawah, senantiasa membaca Alquran.

Sapi Betina (Al-Baqarah):121 
"Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi."
Berupaya memahami Alquran

Wanita (An-Nisā'):82
"Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? Kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya."
° Mengamalkan Alquran.
° Menghafal Alquran

2. Menjadikan Alquran sebagai pendidikan jiwa.
Perhatikan ayat ayat berikut:

Rombongan-rombongan (Az-Zumar):71
"Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?" Mereka menjawab: "Benar (telah datang)". Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir."

Rombongan-rombongan (Az-Zumar):72
"Dikatakan (kepada mereka): "Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya. Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri."

Rombongan-rombongan (Az-Zumar):73
"Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya".

Rombongan-rombongan (Az-Zumar):74
"Dan mereka mengucapkan: "Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja yang kami kehendaki; maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal".

3. Tunduk dan taat pd aturan Alquran.
4. Berdakwah dengan Alquran
5. Menegakkan dan membumikan Alquran di muka bumi.
Wallahu a'lam

TANYA JAWAB

Tanya:
Mau tanya dong terkait penjelasan hadits di bawah ini 
Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: "Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan-perkataan yang buruk serta perbuatan/akhlak yang buruk selama berpuasa, maka Allah SWT tidak membutuhkan darinya untuk meninggalkan makan dan minumnya".
(H.R Bukhari bab Puasa Jilid 3)
Jawab:
Yang dimaksud perkataan yang buruk dalam hadits diatas meliputi, perkataan-perkataan yang menyimpang dari kebenaran. Termasuk didalamnya perkataan-perkataan yang diharamkan seperti berbohong, ghibah, adu domba, saksi palsu, mengejek, mengolok-olok, dsb.
Hal tersebut akan menimbulkan dosa yang semakin besar, jika dilakukan di Bulan Ramadhan. Begitu juga jika dilakukan di dua tempat suci, Makkah dan Madinah.

Tanya:
Bagaimana jika seseorang khilaf melakukan hal yang buruk tersebut saat ramadhan kemudian dia bertaubat & meperbaiki diri selama ramadhan... apakah tetap berlaku ketentuan dalam hadis tersebut?

Tanya:
Maaf ustad pertanyaan diluar kajian....kalau seumpama janin yang ninggal keguguran umur 4 bulan..itu perlu di Qurban atau Aqiqah.... karena ada yang bilang Aqiqah ada yang bilang Qurban..sedangkan kalau buat yang masih hidup aja kan Aqiqah...
Jawab:
Orang yang keguguran tidak diperintahkan qurban. Silahkan berqurban, tapi niatnya bukan karena keguguran tapi niatmya untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.

Tanya:
Jika membaca al quran tapi bacaannya masih salah dan tidak memahami isinya... apakah masih ada efek positifnya pada si pembaca?

Tanya: 
Ustadz, apa ya rahasia al-quran diturunkan dalam bahasa arab?

Tanya:
Ustad mau tanya... saya termasuk orang yang tidak disiplin dan susah mendisiplinkan diri. . Tidak terbiasa mengaji. Ada saran gak bagaimana supaya mencintai dan disiplin dalam mengaji alquran? Lalu, saya lebih menyukai baca terjemahan daripada arabnya. Karena bisa memahami isi.. baru-baru ini, menggunakan internet, saya mengaji dengan langsung buka tafsir dari google.. jadi baca langsung dengan tafsir. Websitenya irib.com.. baikkah mengaji dengan cara begini? Apa ada saran / pendapat mengenai panduan tafsir / websitenya? Terakhir.. tafsir mana yang direkomendasikan untuk dibaca ya? Saya sebetulnya suka dengan bahasa bpk.Quraish Shihab, tapi sekatang banyak rumor tentang beliau.. minta sarannya ustad..
Jawab
Tafsir yang dianjutkan dibaca adalah Tafsir ibnu Katsir dsn Tafsir Almuyasar . Tsfsit Qurtubi

Tanya:
Saya mau tanya ustad. Jika sedang haid wanita dilarang untuk memegang al Qur'an. Bolehkah jika kita membaca al Qur'an dg hp atau terjemahan pada saat haid? Apakah sama pahala membaca alquran dengan pahala membaca terjemahannya saja ustad?
Jawab:
Membaca terjemahan dan membaca quranya tentu tdk sama. Membaca quran tulisan arabnya, setiap huruf yang dibaca diberi pahala 10 kebaikan

Tanya:
Apakah orang non muslim akan masuk surga .. apa bila dia lelalu berbuat baik dan amal ..
Jawab:
Orang non muslim artinya orang kafir. Jadi mustahil masuk surga meskipun berbuat baik (67:6) dan (98:6) kecuali dia masuk islam, beriman kepada Allah dan RosulNya (98 : 7-8).

Tanya:
Assalamualaikum..pak ustad sebenernya wanita yang sedang haid itu boleh pegang dan baca quran atau tidak ya? karena kalau lagi bulan ramadhan seperti ini kan rugi banget kalo tidak boleh..mohon penjelasannya..makasih.
Jawab:
Menirut ibnu Taimiyah. Semua madzhab yang empat sepakat tidak boleh menyentuh quran kecuali dalam keadaan suci. Adapun wanita haid yang membaca quran tanpa menyentuhnya. Menjadi perselisihan ahli ilmu, kalau terpaksa untuk menjaga hafalan boleh dilakukan tanpa menyentuhnya.

Tanya:
Bagaimanakah tata cara membaca Qur'an dengan baik dan benar?
Jawab:
Baca quran yang benar itu makhrojnya harus betul dan mengikuti hukum tajwid. Orang yang baca quran dengan baik. Membaca quran yang benar ialah ucapan mahroj huruf harus benar dan mengikuti tajwidnya.

Tanya:
Beda antara tasmi dan tarjim apa?
Jawab:
Tasmi artinya mendengarkan. Tarjim artinya terjemahan

Tanya:
Mengapa quran berbahasa arab?
Jawab:
Karena quran ditururunkan kepda Muhammad saw yang berbahasa arab.

Tanya:
Pak kalo haid kan tidak boleh memegang al-qur'an, gimana kalo al-qur'annya ada tarjamah, apakah sama hukum memegangnya?
Jawab:
Nabi saw bersabda sebaik baik kalian adalah yang mempelajari quran dan yang mengajarkanya (h.r. Nasai)
Nabi saw bersabda : "Bacalah quran, karena ia akan datang pada hari qiamat untuk memberikan syafaat bagi pembacanya" (Bukhari). Untuk kehati-hatian sebaiknya tidak memegang quran yang berterjemah,karena terjadi perselisihan diantara ulama. Wallahu a'lam
 
Tanya:
Pak ustad kalau baca quran tidak berwudhu boleh tidak?
Jawab:
Baca quran tidak wudhu boleh. Tapi lebih afdol wudhu dulu.

Tanya:
Ustadz bagaimana meyakinkan seorang suami untuk mempelajari alquran? Bolehkah tau dalil ustadz?
Jawab:
Quran itu bisa menambah iman (8 : 2)

Tanya:
Kalau baca QURAN TAFSIR tanpa ada wudhu gimana pak?
Jawab:
Baca quran tafsir tanpa wudhu boleh. Tapi lebih afdol dengan wudlu.

Tanya:
Kalau haid baca Al Qur'an di HP bagaimana? and tolong dijelaskan sumber hukum larangan wanita haid untuk tilawah?
Jawab:
Syeh bin bas dan syeh Albami menyatakan semua imam mazhab sepakat wanita haid boleh membaca quran tapi tidak boleh menyentuh mushaf. Kalau quranya di dalam hp ada ustadz yang membolehkan. Silahkan bunda browsing di internet.

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”