Home » , , » Mengenali dan deteksi dini kanker payudara

Mengenali dan deteksi dini kanker payudara

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, July 16, 2014

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT 
Rabu, 16 juli 2014
Nara sumber : Dr.Nugrahani Arya
tema : mengenali dan deteksi dini kanker payudara
Grup: 107, 108 NANDA

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Megenali kanker payudara

Kanker Payudara adalah keganasan yang bermula dari sel-sel dipayudara. Hal ini menyerang wanita, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada pria.


Penyebab
Kanker payudara terjadi karenan adanya perubahan/mutasi tertentu pada DNA sel payudara.

Faktor Resiko
1. Tidak memiliki anak atau hamil diusia tua
2. Menggunakan pil KB
3. Menggunakan terapi hormon pasca menopause
4.Tidak menyusui anak
5.alkohol
6.Obesitas atau kelebihan berat badan
7.kurangnya aktivitas fisik

Tanda-Tanda :
1. Bengkak pada seluruh atau sebagian payudara
2. Kulit iritasi
3. Payudara terasa nyeri
4. Puting susu melesak kedalam
5. Kulit pada payudara atau puting susu berwarna kemerahan, kulit bersisik atau menebal
6. Keluarnya cairan/darah dari puting susu (selain ASI)

Jenis pengobatan :
1. Pembedahan
2. Kemoterapi



TANYA JAWAB

Pertanyaaan
1. mau tanya dokter jikalau ad benjolan di payudara tpi benjolan tersebut tidak sakit dan tidak ad tanda tanda seperti Diatas.. it dinamakan penyakit ap ya dok..?
Jawab : fibroadenomammae
Tumor jinak payudara
Terjadi pada dewasa muda
Nanda ad gejala diatas? Sebaiknya segera di operasi.. karena makin lama makin besar
Sifaknya tumor jinak.. krn proliferasi berlebihan jaringan fibrous dan glandular

2. Mmm, saya dari dulu puting masuk kdalam ummi, kalo itu bgaimana??
Jawab : inverted nipple
Varian dari bentuk puting
Nanti bila kelak menyusui ad teknik2 tertentu apy puting keluar bisa jg menggunakan alat nipple puller

3. Ummi, kanker itu apa, dan secara umum terjd kanker knp??
Jawab : spt pembahasan diatas.. kanker terjadi karena mutasi genetik
85% penyebabnya idiopatik (tidak diketahui)
Namun ad bbrp faktor resiko yg menyebabkan kanker spt tsb diatas

4 Dokter, apakah seseorang yg sudah terkena kanker payudara dia sudah dikatakan sembuh apabila sudah melakukan pengangkatan payudara?
Jawab : tergantung stadium saat ditemukan semakin dini didiagnosa dan semakin cepat ditangani maka prognosa (harapan kesembuhan) makin tinggi

5 Pertanyaan yg ke 2 dari ana dok.. Apakah masih ada harapan untuk sembuh jika seseorang yg sudah terkena kanker payudara stadium 4 dan kanker nya sudah menjalar ke rahim misalnya dok???
Jawab : bila sdh stadium lanjut.. maka prognosanya makin buruk.. yg diberikan hanya obat simptomatik (pengurang gejala ) dan chemoterapi spy tumornya tidak makin luas
Tapi manusia harus mengoptimalkan ikhtiar dan tawakal
Hanya Allah yg memberikan kesembuhan

6. Dok, sy mw nanya ketika kita mau dtang bulan sering kali payudara terasa kencang dan kdang tersa sakit, itu knp dok??
Jawab : krn pengaruh hormonal reproduksi pada saat pms.. terjadi mekanisme retensi (penahanan cairan) maka payudara terasa kencang dan nyeri

7.Ibu saya kena kanker payudara & sudah dioperasi (diangkat payudara nya 1) stlh itu kondisi bdn nya gmpg drop pertnyaaan saya
a.Apkh ibu saya bisa sehat lg ...& kanker itu bisa tmbh lg gak ??
Jawab : Rutin kontrol.. kemungkinan residif berulang masih ad

8.begitu jg kakak perempuan saya
Mempunyai konflik yg sama kyk ibu saya tp dy gk sampai dioperasi hanya kemo di rumah sakit jojga...
Jawab : knp hanya chemo? Bila stad awal dan bisa dioperasi.. lebih baik dioperasi nanda
Rutin kontrol jg

9.kiat-kiat apa agar ibu & kakak saya sehat kyk dulu dok...
Jawab : optimalkan ikhtiar kita, tawakal kepada Allah sang maha penyayang
Semangat hidup
Lakukan hal2 positif bermanfaat bagi diri kita maupun org2 disekitar kita
Tidaklah kita diberi sakit melainkan sbg pengugur dosa kita

10.apakah kanker payudara menular/bisa trn temurun ke keturunan dokter...
Jawab :  keturunannya lebih beresiko terkena kanker krn ad faktor genetik

11.Klo tumor jinak gmn dok?? Apa bs jd kangker??
Cek yg bagus buat payudara apa dok? Mamografi kah?
Jawab : spt kasus no.1 benjolan dipayudara, padat, kenyal tidak nyeri, mudah digerakkan, terjadi pada dewasa muda
Namanya FAM
Fibroadenomamammae

12. Kalau sering ngerasain kaya sakit kaya disayat2 gitu itu pertanda kah dok? Tapi ga jelas gitu letak sakitnya di sebelah mana....
Jawab : sakitnya disebelah mana ya?

13. Dianita Nursiami: Assalamu'alaikum..
Afwan..ummiii apa ada efek dr pmkaian bh berkawat? Lbih baik mnggunakan yg mn..yg biasa atau berkawat??? Kmdian..klu kita tdur..bagusnya mmkai bh atau tdk??? Hheeee jzk.
Jawab :  pakailah yg sesuai yg tidak kebesaran dan kekecilan.. lebih baik tidak berkawat
Saat tidur.tidak usah pakai bra

Pertanyaan:
klo payudara qt itu tdk sma..yg 1 lebih kecil tu dkarenakn pa umi?apakah itu brbahaya
umumny zamn sekrang ibu2 gak mau menyusui ankny ktany biar tetep sip bodinya,emang bener y umi klo qt tdk menyusui tetep cntik bgtu?
 da ibu yg wkt melhirkn bayi tdk bsa menyusui krena air susuny tdk kluar,tu dsebabkn krena pa y mi?dan jika air susuny dsedot pakai alat penyedot air asi tu pa beresiko tdk baik pda payudara?
knpa 1minggu seblum haid payudara jdi keras dan skit y mi?
remaja sekrang tuh bnyak yg bangga punya payudara besar y mi,sampek2 yg kecil dkasih cream n kadang minum obat pembesar payudra,pa tu bsa brpengruh buruk dengn payudra?
 disekitar payudara tepatnya disebelah puting ada keloid umi,terkadang rasanya perih&gatal sepertinya juga membesar ummi,takutnya nnti mnutup puting karna puting saya juga kecil,,bagaimana untuk mengatasinya ummi??
Apakah berbahaya selain mnutup puting mi???
Bagaimana cara menjaga pydr spya ttp sehat dan terhindar dr kanker itu ya mi. Mungkin ada vitamin atau pantangan apa gtuh
jujur um putingq klo gak dsentuh gak kluar pa tu brbhya y um?putingny gak da 
bentuk payudara juga berbeda2 y ummi,,soalnya payudara q putingnya dibawah ummi,jadi kayak huruf V,berbahaya tdk ummi???
🔟klo payudara kecil biar besar tnpa obat alias normal gmn y um?tkut klo punya baby tdk bsa kluar asinyz
Itu kan ada praktek yg tekan putingnya. Emangnya walau yg belum punya anak /blm nikah itu bisa keluar cairan ya bunda?
Ummi.. Mohon penjelasannya knp pd pengguna PIL KB mnjd faktor resiko trjd knker payudr.. klw yg suntik KB sm Implant ga pengaruh ya Umm ??
payudara yg bagus itu seperti apa? Apakah yg besar/sedang/kecil? Cara memelihara payudara supaya sehat itu gimana ummi?
Kalau payudara kita kecil . Dan kalau sdh nikah ttp aja kecil knp tu mi?. Apa penyakit juga atau gmn?

*temen sd. Dr sd sampai skrng gg besar perubahan pd payudaranya. Bahkan bila tdk memakai bh pun masih bisadan digantikan dgn adiknya bh itu apa namanya yah lupa
Katanya BH itu dapat memicu kanker y dok? Trus, sebaikny kpan kita pakai dan kpan kita g pakai? Trus klo g pake apa efeknya? Syukron.
Dokter, bibi sya mngalami tumor payudara, pertama dsebalah knan lalu d'operasi stelah d'operasi yg sbelah kiri'a jga kena tumor smpai akhir'a bibi sya meninggal krna tumor'a smakin prah dh melebar dan payudara'a pun dua2'a d'angkat,, apkh smpai bahaya skali ya dok, lalu gmn dngan ank'a beliau saat skit tumor punya ank kcil yg msh mnyusui prtma msh bsa mmbri asi krna blm tau ada tumor, tpi stelah tau ada tumor asi'a deberhntikan apakh tumor itu bsa menurun k'anak'a / tdk dok ?

Iyh umi, sepupu sya pun prnah mngalmi tumor jinak d'payudara , tpi ga lama d'operasi, lalu apa kmungkinan tumor itu bsa mncul lgi umi, awal'a tnda2 tumor pda payudra blum bgtu dsadri, tpi lama klamaan payudara'a mnjdi skit, sepupu sya blm mnikah umi, apkah nnti beresiko untk ank'a, dan apakh tumor yg sdh d'operasi akn bsa hlng total ?

Jawaban:
 karena kedua payudara kita memang tidak sama... jd normal

 saat menyusui
Ukuran payudara jd naik 2 ukuran krn saluran dan kantung susu terisi asi..
Dgn menyusui akan membakar kalori jd tubuh kita cepat balik ke ukuran semula

 asi adalah demamd ans supply.. bila payudara sering disusukan dan dikosongkan maka otak akan memerintahkan payudara utk produksi asi...begitu seterusnya

Pada fase awal memang asi blum keluar.. tp asi yg pertama itu mengandung colostrum yg berisi antibodi.. sangat baik utk kekebalan si bayi

Walau produksi sedikit tp bila diisapkan terus ke bayi min tiap 2 jam.. isapan bayi akan merangsang produksi asi

Bayi baru lahir lambungnya sebesar kelereng, jd kebutuhannya msh sedikit.. jd dgn memompa asi kita akan mengosongkan payudara.. dan siklus asi berlanjut

Pompa asi tidak berpengaruh thdp payudara.. asal penggunaan nya sesuai petunjuk
 pada pms karena pengaruh hormonal.. maka payudara akan terasa nyeri. Disana terjadi mekanisme retensi (penahanan) cairan.. ini yg menyebabkan payudara terasa kencang dan nyeri
 😅 saran saya syukuri ap yg ada
Diotak atik nanti malah jd penyakit😅
 keloid karena luka? Keloid itu penyembuhan luka yg tidak sempurna
Bila sangat menganggu.. operasi saja keloidnya nanda.. tentu konsultasi ke dr.ahli ya
 pola dan gaya hidup sehat.. makanan yg alami seht bergizi.. olahraga.. minum cukup.. istirahat cukup.. libatkan diri dalam kegiatan2 positif

Bila ad keluhan sakit segera berobat sblm sakitnya menjadi kronis
Bila ad kelainan segera konsultasi jgn malu..
Bersyukur dgn ap yg ada.. selalu berpikir positif
 varian puting : ad yg besar, kecil, datar, kedalam (inverted)..
Tidak apa2.. nanti pada saat hamil konsultasikan diklinik laktasi sehingga nanda bisa mengatasi penyulit saat menyusui kelak..
 kemampuan menyusui tidak ad hub dgn ukuran payudara
Bekali nanda dgn byk baca buku, berpikir positif aku bisa.. klo kita ud nyerah duluan nanti gak bs beneran loooh
 ya betul nanda.. ad gerakan2 pijatan utk mengeluarkan puting
Bisa cairan bening saja sedikit
 menurut penelitian pil kb yg berisi hormonal mempengaruhi siklus hormonal reproduksi yg ad ditubuh

Utk jenis kb lain.. saya harus cari lebih lanjut
*pr ya utk saya
 Allah adalah sebaik2 pencipta... syukuri ap yg ada

Kemampuan menyusu tidak ad hubungannya dgn ukuran payudara ya
 selama tidak menganggu.. tidak ap.. sebesar ap yg diharapkan hehehe.. boleh konsultasi ke dr.obgyn bila perlu
 bra yg sesuai.. yg tidak ketat jg tidak longgar.. ad baiknya yg tanpa kawat
Saat malam tidak usah pake bra.. biar dy istirahat jg 

Tp klo tidurnya dirmh sendiri dan dikamar sendiri ya..
 turut berduka ya utk bibinya
Berarti stadiumnya sdh lanjut... bila kanker ditemukan distadium awal... dan ditangani segera maka kesembuhannya makin besar

Bila ad keluarga yg punya riwayat kanker.. maka faktor resiko terkena kanker lebih besar... krn ad faktor mutasi genetik disana

Walau sang anak tidak selalu jd kanker jg.. tp dy lebih beresiko

Stlh dieksisi maka benjolan tersebut akan diperiksa histopatogi di lab patologi anatomi.. bila hasilnya fam maka prognosanya baik

Saya belum menemukan atau membaca literatur yg menyebutkan angkaj residif fam

Tapi bila pemeriksaan histopatologi ke arah keganasan maka akan difollow up lebih lanjut.
-@-

Alhamdulillah..semoga ilmu yg kita dpt menambah keberkahan dlm hidup pun mjd bekal kelak. Mari kita tutup kajiannya dengan baca hamdalan, istigfar dan doa penutup majlis ya nanda

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum wr. wb.
              


kita tutup kajiannya dengan baca hamdalan, istigfar dan doa penutup majlis y سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT