Home » , , » Serial Kebebasan Wanita dalam Islam - Bebas Ekstrim

Serial Kebebasan Wanita dalam Islam - Bebas Ekstrim

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, August 13, 2014

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT (HA 02 Ummi)


Hari / Tanggal : Rabu, 9 Juli 2014
Nara Sumber : Ustadz Doli
Materi : Serial Kebebasan Wanita dalam Islam - Bebas Ekstrim

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum, alhamdulillah, bunda yang dirahmati Allah SWT. Tak terasa shaum sudah hari ke 10. Semoga kita bisa termasuk yang sukses dalam menjalani ramadhan ini. Sebelum masuk ke materi, kami coba share beberapa hujjah dalam memilih pimpinan..
  1. Bahwa Allah swt merubah dengan kekuasaan apa yang Dia tidak merubah dengan Al-Qur’an. Sehingga SK penguasa yang didukung senjata lebih efektif dari ceramah seorang da’i dalam melakukan perubahan.
  2. Pentingnya kekuasaan dan pengaruhnya tergambarkan dalam penyebutan raja Nabi Dawud, as, Raja Nabi Sulaiman as, serta Dzul Qornaini, dan penyebutan Fir’aun dan Namrud sebagai pelajaran pentingnya penguasa shaleh dan bahayanya penguasa dhalim.
  3. Pengaruh besar para pendukung atau pembisik terhadap kebijakan seorang presiden, yang baik maupun yang buruk, sebagaimana dalam hadits shahih riwayat Bukhori :


" مَا اسْتُخْلِفَ خَلِيفَةٌ إِلَّا لَهُ بِطَانَتَانِ: بِطَانَةٌ تَأْمُرُهُ بِالخَيْرِ وَتَحُضُّهُ عَلَيْهِ، وَبِطَانَةٌ تَأْمُرُهُ بِالشَّرِّ وَتَحُضُّهُ عَلَيْهِ، وَالمَعْصُومُ مَنْ عَصَمَ اللَّهُ "


Tiada ada seorang dinobatkan sebagai kholifah, kecuali baginya dua bithonah (pembisik, penasehat, orang dekat) bithonah yang memerintahkan kebaikan dan memotivasinya untuk melakukan kebaikan, bithonah memerintahkan keburukan dan memotivasinya untuk melakukannya, yang terjaga adalah orang yang dijaga oleh Allah. HR Bukhori : 6611.

4. Ancaman neraka bagi yang memilih pemimpin karena : pertemanan, suka dan tidak suka, dan dunia. Rasulullah bersabda :

«مَنْ وَلِيَ مِنْ أَمْرِ الْمُسْلِمِينَ شَيْئًا فَأَمَّرَ عَلَيْهِمْ أَحَدًا مُحَابَاةً فَعَلَيْهِ لَعْنَةُ اللَّهِ، لَا يَقْبَلُ اللَّهُ مِنْهُ صَرْفًا وَلا عَدْلًا حَتَّى يُدْخِلَهُ جَهَنَّمَ »
siapa yang mengurusi urusan kaum muslimin, kemudian menngangkat pemimpin atas mereka karena kekeluargaan, atau pertemanan, kepentingan atasnya laknat Allah, tidak diterima darinya taubat dan tebusan sampai memasukkannya ke neraka. (HR Ahmad No. 21)

Mudah mudahan Al quran dan sunnah selalu menjadi pegangan kita. Doa sesudah shalat dhuha hari ini, dicontohkan oleh Abu Hurairah ;
"Allahumma innaa na'uudzubika min imaarotish shibyaani was sufahaa'"
“Ya Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.”
[HR. Al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad, dari Sa’id bin Sam’an]

#Selamat‬ menentukan salah SATU pilihan
Bahkan ada hadits khusus yang berkaitan dengan kualitas pemimpin...
-----
Baik kita masuk materi kedua dalam serial kemuliaan dan kebebasan wanita dalam islam...

Serial Kebebasan Wanita dalam Islam - Bebas Ekstrim

Contoh Apa yang terjadi ketika salah satu aturan pokok aturan islam ditinggalkan - Kali ini kita akan coba membahas dari sisi yang nampak, yang mungkin tak terbayangkan oleh manusia. Sebagai muslim tentu kita meyakini bahwa setiap aturan syariat Allah SwT pasti mengandung hikmah mengandung manfaat, baik jangka pendek, jangka menengah ataupun jangka panjang. Pada kesempatan ini kita coba bahas sedikit saja tentang aurat, pergaulan wanita lelaki yang dinegara barat (Jerman) yang begitu bebas bisa di bilang tanpa aturan. contoh contoh hasilnya:
  1. Telanjang bulat tak bisa dilarang bahkan di tempat umum sampai seorang nudis yang hanya mengenakan sepatu, tas dan kalung saat bekerja di kantornya
  2. Kampanye walikota berlin, "saya adalah gay dan saya bangga menjadi gay! ! hasilnya, dia menang pilkada dan menjadi walikota Berlin....
  3. Acara TV sering membahas perseteruan suami isteri dalam membuktikan apakah benar anak mereka adalah hasil hubungan mereka berdua dengan tes DNA.
  4. Acara LOVE PARADE, karnaval terbesar kaum LGBT setahun sekali dan penganut kebebasan mutlak di kota Berlin.. tanpa batas, seperti binatang dilakukan dimana saja mereka mau di kota berlin dll
Tentu hal di atas tidak terjadi begitu saja, namun sedikit demi sedikit sampai hasilnya nampak dan bisa mencengangkan bahkan bagi orang orang jerman yg konservatif. Apa yang kemudian terjadi ketika kebebasan menjadi ekstrim seperti itu?

Sedikit demi sedikit tak terasa fithrah sebagai manusia akan terus tergerus dalam masyarakat, hubungan antar manusia menjadi tanpa nilai hambar kecuali sedikit saja. Seperti hewan mereka biasa mencari teman sesaat dengan mengunjungi bar bar, tempat pertemuan, bioskop dll tanpa ikatan.

Maka dalam jangka panjang akhirnya mereka tidak lagi percaya lembaga pernikahan, mereka tak mau punya keluarga, apalagi memiliki anak. Sampai menjadi biasa ungkapan ungkapan," daripada punya anak lebih baik pelihara anjing, tdk banyak biaya dan tidak merepotkan..."

Pertamakali kami ke kantor di sana, saat rehat salah seorang teman, tanpa sungkan langsung memberi masukan, "kalau disini sekarang kamu harus selalu bawa ini..." sambil menunjukan alat kontrasepsi pria di dompetnya..,"kita tak pernah tahu yang mana yang sudah kena penyakit..."....

Ternyata Ada beberapa akibat jangka panjang yang sangat mengerikan jika pergaulan bebas dibiarkan merasuk dan menjadi kebudayaan.
  1. Indeks pertumbuhan menjadi negatif (kepunahan bangsa)
  2. Terjadi bangun piramida terbalik dalam usia yg menyebabkan salah satunya kebangkrutan ekonomi yg sulit dicegah
Pemerintah Jerman sudah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mulai mengatasi hal ini, namun sampai saat ini belum berhasil.

(ظَهَرَ الْفَسَادُ فِ الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِ النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِ عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ) 

[Surat Ar-Room : 41]
:Kita tentu sudah paham sekali dosa dan adzab apa yang menanti bagi mereka yaitu
  Pelaku langsung dosa dosa tersebut
. Pemimpin dan para pendukungnya yg membiarkan kemaksiatan menjadi demikian sistematis dan merasuk
. Orang orang yang berdiam diri, tanpa ghirah membiarkan kondisi sampai sampai separah itu

NOTE, Penjelasan Tambahan :
Penjelasan Indeks Pertumbuhan negatif dan segitiga terbalik :
  1. Jumlah kelahiran baru lebih sedikit dibandingkan kematian, sehingga kalau dibiarkan tentu dalam waktu yang tidak lama mungkin satu sampai dua generasi akan nampak bahwa bangsa jerman semakin sedikit.
  2. Kita tahu bahwa usia hidup mereka orang Jerman cukup tinggi, dikarenakan salah satunya pola hidup, dan jaminan kesehatan yang sangat baik, dengan sedikitnya kelahiran akhirnya usia produktif pekerja semakin sedikit, inilah salah satu sebab mereka saat terjadi booming IT membutuhkan banyak SDM dari negara asia, tidak tersedia di negara mereka sendiri.
  3. Dengan alasan yang sama maka pembayar pajak semakin sedikit, pemasukan negara terus berkurang, sementara jumlah tanggungan yaitu pensiunan dll butuh biaya sangat besar, ini yang menyebabkan kebangkrutan yang sulit ditangani.
  4. Pemerintah Jerman sudah coba merangsang warganya untuk memiliki anak, dari mulai memotong pajak, memberi tunjangan hamil sampai tunjangan anak balita yang jumlahnya cukup besar. Namun tetap dengan alasan alasan seperti materi kita hari ini, sulit merubah budaya yang sudah kadung merasuk dan dinikmati.
Sebaliknya yang memanfaatkan adalah saudara saudara kita dari negeri muslim yang banyak tinggal disana terutama orang turki berpasport jerman, mereka biasa memiliki banyak anak seperti layaknya keluarga muslim. Sehingga sudah muncul anekdot, " Suatu waktu nanti org jerman mati yang menguburkan orang turki..
Wallahu 'alam

Pertanyaan dan Jawaban :
Tanya:
Kerusakan moral yang terjadi di Jerman itu semoga dijauhkan dari negeri ini. Apa yang harus kita lakukan untuk mengantisipasi itu semua ustadz?
Jawab:


bunda fitry, pertempuran antara haq dan bathil akan selalu terjadi hingga akhir zaman.. Kenapa saya tampilkan jerman, karena kita lihat dan alami sendiri hampir seluruh negara eropa seperti itu bahkan italy pun pertumbuhan nya pun minus manusia jika tidak memiliki iman dan tidak ada kekuasaan yang menegakkan agama, akan seperti itu, di indonesia saja, sudah ada yg berani terang terangan membela kaum gay.

Tanya:
Bagaimana peran saya sebagai ibu untuk menghadapi semua ini ustadz ...yang nyata dan seram ini?
Bagaimna sIkap kita sebagai muslimah dan ibu menghadapi zaman seperti ini ustdz? ...era informasi yg tanpa batas kadang tidak bisa mengawasi anak secara kaffah
Jawab:
Yang pertama tentu kita harus tahu tujuan kita mendidik anak anak itu ke arah mana....
Keluarga 'Imran ('Āli `Imrān):114 - Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar dan bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh.
Nah bunda sekalian, dalam ayat ini sangatlah jelas ke arah mana anak anak kita dididik...
1. salimul aqidah - aqidah yang selamat
2. aktif bersama sama mereka yang berdakwah di jalan Allah
3. Bersama mereka selalu menjadi pelopor dalam kebaikan kebaikan

Kalau anak anak kita sukses kita didik dan sifat sifat ini melekat pada mereka, nah barulah mereka bisa tergabung dalam definisi orang orang saleh, sholih wa sholihat....
Nah anak, mantu, cucu yang seperti inilah yang doanya akan bermanfaat baginkita di kubur kelak, itu janji Allah...

Kemudian yang kedua, masih menjawab pertanyaan bagaimana anak anak kita? di zaman yang seperti ini?
Nah di dalam surat al kahfi ayat 82, ada yg bisa share terjemahnya saja?

"Dan adalah dinding rumah itu adalah milik dua anak yatim di kota itu.. yang di bawah nya tersimpan harta bagi mereka berdua dan ayah nya seorang yang shaleh.. maka Allah menghendaki agar keduanya sampai dewasa dan keduanya mengeluarkan simpanan nya itu sebagai rahmat dari Tuhan mu."

Jelas bunda, kita saat ini tak mungkin melototin anak anak kita 24 jam sehari. Dan jelas disebutkan bahwa ayahnya sudah meninggal, karenanya disebut 2 anak yatim. Nah, dalam ayat yang menceritakan tentang seorang sholih dan nabi musa as ini kita baca bahwa 2 anak manusia itu, dijaga oleh Allah SWT dengan cara yg tak terduga, disebabkan AYAHNYA adalah orang saleh... !!! Namun rupanya dalam ayat ini ada jaminan Allah, bahwa kalau kita tergolong hambanya yg sholih, kita berusaha. Insya Allah Allah akan menjaga anak anak kita

Tinggal kita intropeksi, sudah sejauh mana kita bercermin pada ayat 114 ali imran..
Paralel bunda, berazzam perbaiki diri...juga suami dan anak anak..tapi arahnya sudah jelas. Kita coba bahas sedikit tentang salimul aqidah atau aqidah yg selamat Tidak terlibat sama sekali dengan perdukunan, ramalan, sihir...
Beribadah mahdhoh hanya dengan mengikuti nabi saw
Berwala hanya pada allah, rasul dan mukminin...
Nah itu contohnya...masing-masing ada pembahasan sendiri sendiri

Tanya:
Ustadz....untuk berwudhu apa harus sebanyak 3x berkumur dll ?
Jawab:
mandhub ya bu, anjuran, sunat... 3x... 

TAMBAHAN PERTANYAAN DARI HA 04 BUNDA
Notulen Bunda Rina
Senin, 14 Juli 2014



Tanya:
Kalo program KB dalam pandangan islam gimana ustadz? Atau steril untuk wanita?
Jawab:
Apa hukumnya steril bagi seorang isteri gitu ya?
  1. Kalau steril, pencegahan kehamilan secara permanen ini karena ada bahaya bagi si wanita untuk hamil lagi, dan sudah merupakan nasihat dari dokter muslim yang terpercaya...ini boleh
  2. Jika dilakukan semata mata kuatir ada anak lagi dan merasa kuatir dengan rezekinya, susu mahal, sekolah mahal dll... ini kita kuatir masuk dalam larangan dalam surat al israa 31
  3. Niat dan hal lain harus di kaji kasus per kasus..
1. Niat yg jelas haram adalah
    a. Karena kuatir rizki, kehidupan sempit
    b. Karena malas mendidik dan mengurus anak, repot dlsbnya
Yang dibolehkan :
1. Mengatur jarak kelahiran sementara, setelah 2 tahun lepas lagi
2. Karena nasihat dokter muslim terpercaya
3. Kondisi ibu yang belum pulih benar akibat melahirkan atau sakit lainnya
Kalau cara cara, ini banyak dibahas oleh para ulama...yg jelas boleh
1. mencegah sperma ketemu ovum (kondom, azl)
2. Dengan kalender, mengatur waktu berhubungan
Tanya:
Ustadz, bagaimana hukumnya menunda kehamilan ya? Sahabat saya sudsh 5th menikah belum diamanahkan anak ternyata mereka͵ sahabat saya dan suaminya͵ memiliki paham ingin meniti karir dan mencapai apa yg mereka cita2kn dahulu baru berpikir memiliki anak. Jadi mereka KB tuh?
Jawab:
Untuk mencegah kehamilan, karena baik istri dan suaminya mengejar karir, padahal sudah sangat cukup secara ekonomi? Kalau yang melakukannya mahasiswa yang menikah dangan mahasiswi, demi menjaga dari zina, walaupun hitungan ekonomi masih berat.. kemudian dia mencegahnya dengan azl dan kalender... ini bagi kami masihlah boleh, namun tidak disukai kalau ternyata secara ekonomi dan usia sdh matang karena hukum dasarnya, umat muslim dianjurkan memiliki anak banyak. Nabi saw sangat senang jika ummatnya banyak makanya kita lihat para masyaikh, mereka ahli qiyamul lail, rata rata anaknya banyak

Tanya:
Pak ustadz, boleh kah bertanya selain KB
Saya mau tanya tema diatas, tentang kebebasan wanita. Menurut Islam itu seperti apa?

Tanya:
Bagaimana hukumnya jika kita bertukar posisi dengan suami karena keadaan, jadi istri bekerja suami mengurus rumah tangga ?

Tanya
Pertanyaan apakah wanita boleh bekerja atau berkarir di luar rumah?
Jawab
Sebenarnya ke depan kita akan bahas dan jawab juga dalam materi materi ke depan, kami akan coba jawab global disertai hadits bagaimana wanita bekerja di zaman terbaik

1. Fardhu kifayah adalah kadar kecukupan dalam suatu masyarakat islam, yg bila kecukupan itu tak terpenuhi maka menjadi kewajiban kita utk memenuhinya. Kami akan coba ambil contoh yg lekat dengan kehidupan sehari hari wanita, aurat wanita selain wajah dan tangan tak boleh dilihat oleh laki laki asing dan perempuan non muslim, maka kecukupan dokter, bidan, perawat, pengusaha salon muslimah harus terpenuhi tidak trpenuhinya kecukupan tenaga tenaga tersebut akan membuat aurat aurat muslimah terbuka

2. kami akan tampilkan satu hadits shahih yg menjelaskan bahwa pada zaman sahabat ra, ada wanita muslimah yg berprofesi sebgai pertanian

Jabir bin Abdullah berkata," bibiku bercerai dan dia bermaksud hendak mengambil buah korma pada masa iddahnya, seorang laki laki menghardiknya agar jangan keluar rumah, lalu bibiku menemui Rasulullah SAW, Nabi SAW bersabda, " tidak mengapa, potonglah buah kurmamu, barangkali dengan begitu kamu bisa bersedekah atau melakukan suatu kebajikan.." (HR Muslim)
demikian jawaban umum tentang wanita bekerja, mdh2an pada saatnya nanti bisa lebih jelas dan rinci....wallahu'alam
Tanya:
Saya mau tanya ya ustadz. Kalo wanita hamil melahirkannya di rumah sakit orang nasrani boleh apa tidak ?? Hermina itu punya orang nasrani yang aktif
Jawab:
Sebenarnya tidak terlarang bermuamalah dengan non muslim, jual beli dst apalagi kalau kita belum mampu membuat alternatifnya. Itu PR ummat, namun di bidang pendidikan kita sudah mulai bersaingkan bunda

Cahaya (An-Nūr):31 - Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.
ada perbedaan pendapat dikalangan ulama, namun kami sendiri mantap yg tdk boleh...

Tanya:n
Pak ustadz ada titipan pertanyaan neh ..
Saya punya temen yang gaulnya agak bebas sama laki-laki, sudah diingatkan tapi agak susah karena katanya dah nganggap kk/sodara/bp ato katanya biarin ah da ga pake perasaan ini kalo toal toel/salam pk sun tangan. Cara menasihatinya bagaimana ya ??
Jawab:
Bisa disampaikan saja, orang-orang yang termasuk mahram bisa juga disampaikan bahayanya berduaan sama ipar dst.


TAMBAHAN PERTANYAAN DARI HA 108, 109 NANDA
12 JULI 2014


Tanya
Wanita diciptakan Allah  dikaruniakan perasaan halus,sifat santun dan rasa kasih sayank yang lebih dekat dengan fitrah naluri keagamaan dibanding laki-laki. Pertanyaan saya kenapa wanita banyak yang msuk neraka dibanding laki-laki?

Tanya
Assalaamualaikum, mau tanya, perempuan memiliki karakter yang beda. Ada yang lembut, ada yang agak sedikit macho, ada juga yang agak tomboy, feminin dll.. Jika permpuan femnin, kadang ada banyak pendapat bahwa sekarag sedang dilanda Virus Feminisme yang membuat wanita banyak menggunakan jilbab macam menara eifel dll. Jika perempuan tomboy, terkadang watak kerasnnya tidak dapat ditutupi sehingga agak terkesan arogan. Saya ingin tanya yaa Ustad, bagaimana cara menyikapi diri yang beda-beda karakter itu agar jadi Muslimah sahlihah yang kaffah?
Jawaban
Karakter mah bebas saja...batasannya adalah tidak melanggar syariat Allah, misalnya menjada aurat, tidak berkhalwat, tidak pakai wangi wangi yg mencolok menjaga aurat
  1. Tutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, sebagian ulama boleh juga pergelangan kaki
  2. Tidak tembus pandang
  3. Tidak ketat
  4. Tidak kalai dilihat bisa siwer, cewek cowok nih.. gak sulit kan
Tanya
Kalau pakai bros itu apa masuk tabarruj tadz?
Jawaab
Bros gak mengapa

materi materi ini ke depan akan kita sampaikan sedikit demi sedikit... semua tentang wanita terutama kehidupan sosialnya... bercermin pada kehidupan masa nabi saw yg ternyata bebas bebas saja....

Tanya
Gimana kalo kita naksir sama ikhwan tu orangnya baik terus sholeh lagi?apa itu salah ya?
Jawab
Nanda eka kalau memang sholih dan naksir, yang pertama istikhoroh dulu, kalau memang semakin mantap, minta saja dilamar sama ikhwannyam bisa lewat kakak atau siapa saja yang dipercaya..

Tanggapan
Iya ustadz,syukron ya. Tapi tu ga apa-apa ya ustadz kalo kita minta dilamar,kan malu?
Jawab
Malu itu kalau bermaksiat pada Allah apa yang menghalangi?? jangan malu dengan amal sholih, menawarkan diri pada lelaki sholih ganteng untuk dinikahi adalah amalan terpuji syaratnya dulu ya...berikut urutan urutannya

Ada lho tipsnya biar cepat dapat pasangan... bisa share terjemah surat nuh 9-11?
"Kemudian aku menyeru mereka secara terbuka dan dengan diam-diam maka aku berkata (kepada mereka) "mohonlah ampunan kepada Tuhanmu. sungguh Dia Maha Pengampun
niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu

trus ayat berikutnya ayat 12 nya

"Dan dia memperbanyak harta dan anak-anakmu . Dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai2 untukmu"

Nah dalam ayat itu juga jelas kan. Nanda kalau mau dipercepat mendapat pasangan hidup, harus muhasabah, bertaubat dari dosa - dosa besar dengan sungguh sungguh.... banyak-banyak istighfar.. Menutup aurat belum sempurna.. Insya Allah deh, janji Allah pasti benar
itu tips dari Allah langsung agar segera mendapat pasangan hidup :-D
Apa sih dosa besar yg masih kita lakukan? atau suka ketus sama ortu, atau ghibah, atau khalwat,dst. Nah bertaubatlah pada Allah, banyak istighfar...menyesal, azzam tak akan mengulangi, istiqomah, diganti dengan amalan baik....


Tanya 
Pak  ustad mau tanya, Apabila seorang suami menyuruh istrinya..pulang kerumah orangtua nya...pa itu termasuk talak??
Jawab

Kalau belum ada kalimat talak, maka talak tidak jatuh. Kalau cuma ungkapan kiasan saja...tidak jelas, mis. Kamu pulang saja ke rumah org tuamu...itu dilihat niatnya ketika itu...jika niatnya talak, maka jatuhlah talak, jika tidak, misalnya cuma sebagai peringatan saja, maka tidak jatuh talak, jadi kalau tidak jelas, berupa kiasan seperti itu...dilihat niatnya..kalau niatnya memang menceraikan, maka jatuh talak 1 kalau baru pertama kali

Tanya
Apakah seorang wanita yang sedang keputihan dapat membatalkan puasa?
Jawab:
Keputihan tidak membatalkan puasa, yang batal adalah haid dan nifas batal puasanya karena haid biasa, atau hamil? menyusui? menyusui kalau gak kuat atau kuatir susunya kurang boleh membatalkan puasa.

Tanya 
Assalamu'alaikum
Mau tanya,,, jika hutang puasa tahun lalu belum selesai dibayarkan sampai datangnya bulan romadhon, itu bagaimna??
Jawab
Kalau belum bayar puasa, harus bertaubat pada Allah SWT, niatkan membayar segera setelah ied...

Tanggapan
Apa harus ditambah dengan sedekah??
Jawab:
Karena haid tidak bayar fidyah, cukup bayar puasa cuma nanti buat yang hamil atau menyusui, ada bahasan fiqh tersendiri, apakah cukup qodho, fidyah atau keduanya

Tanggapan
makasi pak ustad,, oiyaa sama mau tanya lagi... Lebh didahulukan puasa syawal atau mengganti puasa??
Jawab
Ada yang mewajibkan harus bayar dulu...tapi kan ada juga yg membolehkan syawal dulu... :-D
Kalau idealnya bayar puasa dulu baru syawal, silakan saja, asal jangan cuma nanya tapi ajak semua satu grup syawal bareng 6 hari 

Tanya
Kalo waktu bayi belum aqiqah itu bagaimana? Apa tidak apa kalo aqiqah ketka sudah mampu?
Jawab
Boleh, sebagian ulama membolehkan aqiqah kalau sudah dewasa, kalau memang saat kecil belum dilaksanakan..

Tanya
Pak ustad saya mau nanya ni , kalo kita mendengar atau membaca ayat sajadah , laku kita di suruh sujud syahwi . Pertanyaan saya baca'an sujud syahwi itu apa?
Jawab
Kalau ayat sajdah bukan sujud sahwi tapi ya sujud saja boleh baca seperti saat sujud shalat sujud sajjdah disebut juga sujud tilawah.. ad 15 ayat yang begitu ya

Tanggapan
Sunnah yaa pak hukumnya??
Jawab
ya, sunnah muakad, sunnah yang sangat dianjurkan

Tanya
Afwan ustadz anekdot itu apa ya?
Jawab 
Anekdot itu becandaan...

Tanya
Pertanyaan apakah wanita boleh bekerja atau berkarir di luar rumah?
Jawab
Sebenarnya ke depan kita akan bahas dan jawab juga dalam materi materi ke depan kami akan coba jawab global disertai hadits bagaimana wanita  bekerja di zaman terbaik
1. Fardhu kifayah adalah kadar kecukupan dalam suatu masyarakat islam, yg bila kecukupan itu tak terpenuhi maka menjadi kewajiban kita utk memenuhinya. Kami akan coba ambil contoh yang lekat dengan kehidupan sehari hari wanita, aurat wanita selain wajah dan tangan tak boleh dilihat oleh laki laki asing dan perempuan non muslim maka kecukupan dokter, bidan, perawat, pengusaha salon muslimah harus terpenuhi tidak terpenuhinya kecukupan tenaga tenaga tersebut akan membuat aurat aurat muslimah terbuka....

2. kami akan tampilkan satu hadits shahih yg menjelaskan bahwa pada zaman sahabat ra, ada wanita muslimah yg berprofesi sebgai pertanian
Jabir bin Abdullah berkata," bibiku bercerai dan dia bermaksud hendak mengambil buah korma pada masa iddahnya, seorang laki laki menghardiknya agar jangan keluar rumah, lalu bibiku menemui Rasulullah SAW, Nabi SAW bersabda, " tidak mengapa, potonglah buah kurmamu, barangkali dengan begitu kamu bisa bersedekah atau melakukan suatu kebajikan.." (HR Muslim)
Demikian jawaban umum tentang wanita bekerja, mudah-mudahan pada saatnya nanti bisa lebih jelas dan rinci....wallahu'alam

Tanya
Afwan ustadz mau tanya tadi ustadz bilang khalwat itu berduaan yang kegiatannya tidak mau ketahuan orangtua, ustadz, kakak dll nahh bagaimna dengan pasangan yang berkhalwat di tempat orang ramai
Jawab
Iya itu coba lihat, biar di tempat ramai kalau isi pembicaraan, tingkah laku tidak mau diketahui ayah, ibu, ustadz... ya itulah khalwat, khalwat bukan hanya berduaan secara fisik.. khalwat adalah pintu masuk ke zina sedangkan kita dilarang untuk mndkati zina.. nah zina itu sendiri banyak lagi bagiannya zina hati, zina fikiran, zina prbuatan.. Berkhalwat pasti ada tujuannya bukan?  coba de lihat lagi kita chattingn buat apa? syaitan itu akan mencari segala cara untuk menjerumuskan kita untuk berbuat dosa. Nah terkait dosa ialah hal yang mmbuat hati kita tidak tentram dan tidak ingin orang lain tahu..ex: ga pengen orang lain lihat chat kita dll
walahu 'alam..

Tanya
Pak ustadz kalo chat dengan lawan jenis hanya sekedar curhat ato bermaksud tanya kabar dan silaturrohmi itu gimana pak?
Jawab
Kenapa kita curhatnya ke lawan jenis?  apakah yang sesama akhwat sudah tidak ada lagi?  nah.. kembali ke yang tadi..  syaitan itu akan mencari segala cara untuk menjatuhkan kita kepada perbuatan yang dilarang Allah.. awalnya mungkin memang curhat tapi siapa yang tahu selanjutnya.. urusan hati yang tau hanya Allah.. mungkin kita biasa aja ke orang tersebut..eh mana tau orang tersebut merasa punya rasa yang lain terhadap kita karena kita suka curhat sama dia membuat dia gelisah aja itu udah dosa

Tanya
Dia pinter, kaya, agama bagus udah umur lebih dari 35 belum nikah, jodohnya kemana bapak?
Jawab
Jika sifat-sifat itu menempel pada seseorang, maka Allah menjelaskan dia itulah termasuk orang-orang yang sholih. Nah Allah menjanjikan bahwa orang sholih buat yang sholihat.. orang sholihat buat oang yang sholih. Kalau kita mau dapat pasangan hidup yang sholih maka kita harus berusaha juga menjadi sholihat...dan aktif bersama mereka. Artinya begini, gak mungkin pemuda ganteng yang sholih, bakal mau sama wanita yang demen ke dukun misalnya.. atau masih suka ramalan... maka kunci pertama adalah kita pun harus memiliki aqidah yang selamat

Tanya: 
Apa sih dosa besar yang masih kita lakukan?
Jawab
Menutup aurat belum sempurna atau suka riba atau ghibah atau khalwat dst bertaubatlah pada Allah, banyak istighfar...menyesal, azzam tak akan mengulangi, istiqomah, diganti dengan amalan baik....

Tanya: 
Contoh zina hati itu apa aja pa ustadz?
Jawab
Zina hati: 1. Berhasrat. 2. Berharap. 3. membayangi sesuatu yang bukan halal

Tanya 
Pak masih ada pertanyaan...
JODOH ITU TERMASUK PILIHAN ATO TAKDIR???
Jawab
Pilihan dulu baru takdir namun yang harus kita ingat adalah kita diperintah oleh Allah untuk mengacu pada quran dan sunnah gak ada takdir menikah sama orang kafir.. yang ada kita menentang perintah Allah yaitu dilarang menikah dengan orang non muslim...

TAMBAHAN PERTANYAAN DARI HA 113 NANDA 11 Agustus 2014
Admin : Wikhe
Ketua : Uswatun

sekretaris : Nina


Pertanyaan
1. Pa ustadz, fitrah perempuan itu di rumah, jadi istri,ibu, guru dann temen buat anak-anaknya n ngurus managemen rumah, yang saya mau tanyakan akhir-akhir ini kebanyakan ikhwan lebih seneng dengan istri yang berpenghasilan...bagaimana menurut ustadz? Jazakallah
Jawab
Kalau kebanyakan atau semua ikhwan senang punya isteri berpenghasilan besar... Mungkin ini BETUL nanda.. Namun Kalau ditanya apakah senang isteri bekerja di luar rumah atau senang di rumah saja mengurus RT atau bisnis di rumah.... nah saya yakin akan lebih banyak yang kedua. Kalau ditanya apakah beul fithrah perempuan dirumah saja? saya rasa perlu di ralat, fithrah perempuan lebih banyak di rumah saja... karena kita menemukan mayoritas atau bahkan semua, kalau cuma di rumah ya tidak bahagia juga... dia perlu juga bersosialisasi, komunikasi, menuntut ilmu... berdakwah, membangun umat, bekerja memenuhi pos pos kosong dimana fardhu kifayah harus terpenuhi..dll


2. Saya juga mau tanya ni maaf telat bunda dan ukhti2 semua, saya pernah denger dari temen, apa benar seorang wanita itu dilarang keluar rumah sama sekali tanpa ditemani mahromnya,,,sekalipun itu ke masjid ??karena saat mereka berargumen mereka menyertakan dalilnya juga?
Jawab
Dalam materi materi ke depan kita akan bahas cukup detil, rinci tentang bagaimana kehidupan sosial para shohabiyah ra di zaman terbaik, ketika nabi SAW masih bersama mereka.... tidak benar wanita dilarang ke masjid !! Justru yang benar adalah seorang SUAMI dilarang untuk mencegah Isterinya pergi ke masjid !! sehingga kita temukan bahwa kaum wanita biasa shalat berjamaah di masjid sejak zaman Nabi SAW

3. Ustadz bagaimana pandangan islam terhadap wanita yang bekerja di luar rumah apakah diperbolehkan ? Dan adakah emansipasi wanita di dalam islam? Jazakallah
Jawab
Apa hukumnya wanita bekerja di luar rumah? kita akan bahas ini lebih rinci pada materi materi mendatang ya nanda.... sementara ini jawaban dari kami

Sebenarnya ke depan kita akan bahas dan jawab juga dalam materi materi ke depan... kami akan coba jawab global disertai hadits bagaimana wanita  bekerja di zaman terbaik

Fardhu kifayah adalah kadar kecukupan dalam suatu masyarakat islam, yang bila kecukupan itu tak terpenuhi maka menjadi kewajiban kita utk memenuhinya
kami akan coba ambil contoh yg lekat dengan kehidupan sehari hari wanita, aurat wanita selain wajah dan tangan tak boleh dilihat oleh laki laki asing dan perempuan non muslim.....
maka kecukupan dokter, bidan, perawat, pengusaha salon muslimah harus terpenuhi
tidak terpenuhinya kecukupan tenaga tenaga tersebut akan membuat aurat aurat muslimah terbuka....


4. Ustadz,Bagaimana hukumnya wanita yang sudah berjiab lalu menikah, dan kemudian bercerai, lalu dia. membuka hijabnya, karna tuntutan ekonomi, karna pekerjaan yang di bisa lakukannya mengaharuskan dia membuka hijabnya! Karna dia harus membiayai kehidupan anak-anaknya dan orang tuanya, karena suaminya tidak memberikan nafkah lagi setelah bercerai.
Jawab
Menutup aurat adalah kewajiban asasi bagi muslim baik laki laki maupun wanita, sehingga kalaulah dia mampu utk bertahan sambil mencari pekerjaan lain. itu akan sangat baik... kalau tidak mampu bertahan untuk biaya hidup dan sekolah anak anaknya, maka kita sebagai kenalan, saudara wajib membantunya, disanalah fungsi zakat bisa dimanfaatkan. tentu ada lembaga zakat yg bisa membantu, sampai ada yg menanggung entah nikah lagi ataukah dia dapat pekerjaan yg tdk melarang hal tersebut

5. Begini ustadz,,,saat kita meminta maaf pada orang, tapi orang itu tidak mau memberi maafnya untuk kita,,malah orang itu berkata yang tidak baik kepada kita. Nah, yang ingin saya tanyakan apakah masih berdosa orang itu karena tidak mendapat maaf dari orang yang disalahi?
Jawab
Kalaulah sudah minta maaf dengan tulus, menggantikan hak nya...bertaubat pada Allah, mendoakan, coba menyambung silaturahim.. sudah dilaksanakan, maka kita serahkan urusan itu pada Allah SWT, dan berharap agar Allah menerima taubat kita...sudah cukup :-D

6. Ustadz mau nanya lg boleh ya bagaimana sih ciri-ciri wanita sholihah itu menurut Al-quran & hadist ? Jazakallah ustad..
Jawab
Dalam Al Quran ada satu ayat yg menjelaskan sifat dan ciri orang sholih, silakan share disini ali imran 114..
disana dijelaskan sifat sifatnya
1. salimul aqidah, aqidah yang selamat
2. aktif dan bersama mereka yang berdakwah
3. aktif dan bersama mereka selalu jadi pelopor kebajikan-kebaikan

7. Aku juga mau nanya. Apa benar, muslimah itu tidak boleh menampakkan aurot nya di depan wanita non muslim?
Jawab
Kalau seluruh aurat ( telanjang bulat) maka hanya suami yg boleh melihat, namun kalau aurat terbatas buka kerudung, baju selengan dan sebagianbetis, boleh dilihat oleh mahram seperti dalam an nuur 31. Wanita non muslim oleh sebagain ulama tidak boleh melihat aurat wanita muslim, ada perbedaan pendapat disana. Kami sendiri cenderung tidak boleh, karena lebih menjaga kehormatan.

8. Gimana hukumnya kalo berwudhu tapi salah satu jarinya ga basah karena alasan sakit dan ga boleh kena air ?
Jawab
Kalau tidak boleh kena air sebagian, ya gak apa. termasuk uzur yang dimaafkan. misalnya luka bakar yang tak boleh kena air sama sekali.

9. Adek saya nanya kenapa makan daging unta bisa membatalkan wudu??
Jawab
Batal karena demikian penjelasan dari nabi saw, kalau tidak ada keterangan dari nabi saw ya tidak boleh mengatur atau mengada ada yg seperti ini
wallahualam

10. ustad gimana ya kalo keimanan lagi turun banget
Jawab
RexKalau iman lagi turun
Seorang muslim sebaiknya memiliki ibadah harian yg ajeg, misal 
1. shalat 5 waktu + 10 rakaat rawatibnya
2. tilawah 3 halaman perhari
3. dhuha 2 rakaat
4. witir 3 rakaat
5. sedekah rp 2000 perhari
jadi kalau pas males minimal 5 itu terlaksana
kemudian, banyak baca kisah ulama salaf
kemudian coba bergaul sama orang saleh
dzikrul maut

11. Ustad mau tanya nih,,,ada gak sih sbenernya mengqodho' sholat...apa hukumnya...? Syukron ustad
Jawab
Kalau seorang terlupa shalat atau lalai shalat pada waktunya, maka dia harus shalat pada saat ingat.

12. Ustadz, saya mau tanya. Macam-macam zina itu apa aja ustadz?? Apakah pacaran termaksud zIna? Makasih ustadz
Jawab
Zina itu terjadi adalah ketika terjadi seperti jarum masuk menusuk dalam kain, sementara proses menuju kesana adalah jalan menuju zina, termasuk mendekati zina yang juga haram hukumnya, wallahualam

13. Afwan ustadz doli saya mau nanya, mana yang lebih diutamakan membayar utang puasa  terlebih dahulu / puasa syawal a ... ? syukron ustadz
Jawab
Karena yang ditanyakan mana yang lebih utama, maka yg utama adalah selesaikan bayar dulu di awal syawal, kemudian dilanjut puasa syawal. Namun boleh kok nanda puasa syawal dulu, baru kemudian bayarnya di akhir syawal atau bulan bulan sesudahnya. Kita baca di beberapa riwayat, bahkan isteri nabi saw, biasa membayar puasa ramadhan di bulan syaban yang penting puasa syawalnya terlaksana sebaiknya janjian dan ajak teman teman saudara sebanyak banyaknya melaksanakannya... bikin bukber biar pada puasa syawal

TAMBAHAN DARI HA 115 NANDA
TANGGAL 12 AGUSTUS 2014

Tanya :
Ustadz, bagaimana dengan muslimah yang memakai hijab dengan modis sekarang? kan sekarang banyak sekali perempuan menggunakan hijab dengan trend baru tapi tidak sampai menutup bawah dada. Bagaimana sikap kita jika ada teman yang bilang kalo model hijab kamu kaya gitu itu kuno lihat dong trend sekarang
Jawab :
Syarat pakaian syari ada 4
1. Menutup aurat
2. Tidak ketat
3. Tidak tembus pandang
4. Tidak seperti laki laki
masalah model, warna dlsb.. bebas saja..

Tanya :
Ustadz, kenapa wanita muslimah tidak boleh pakai sendal hak tinggi/high heel ? Sedangkan jaman sekarang saya lihat banyak sekali muslimah yang memakainya...
Jawab :
Ga tau, memangnya kata siapa gak boleh pakai high heels ya? alasannya apa?

Tanya :
Ustad afwan, kalau nikah dalam kondisi hamil hukum nya gimana? Sah/tidak?
Hheeee karena banyak contoh ni yang seperti itu
Jawab :
Tergantung nih apakah dia cerai dalam keadaan hamil? atau Hamil oleh calon suaminya? atau buka oleh calon suaminya.  Atau suami meninggal dalam keadaan dia hamil?
yang mana?

Tanya :
Ustadz... bagaimana seharusnya wanita bersikap jika ada laki-laki yang berbicara kepadanya?
Jawab :
Biasa saja, yang penting jangan centil dan digenit genitin suaranya dan tentu saja tidak dalam rangka berkhalwat

Tanya :
Ustad mau tanya kalo seorang istri melawan suaminya karna membela diri dari KDRT hukumnya apa? soalnya pernah dengar ada yang kaya gitu
Jawab :
adalah hak wanita untuk bahagia dalam pernikahannya, tidak boleh ada kedzaliman tentu saja kalau mengancam nyawa, isteri boleh melawan. Kalau ada masalah dan tidak bisa diselesaikan berdua, maka boleh memanggil orang ke 3 yang dihormati, agar bisa menengahi. Kalau memang tidak bisa dirubah dan isteri merasa sudah tidak bisa lagi bersama, dia berhak mengajukan khulu, alias gugat cerai. inilah salah satu hikmah mengapa islam menganjurkan untuk memilih pasangan yang seiman, dan sholih...

Tanya :
Ustad mau tanya lagi kalo wanita berhijab memakai daleman yang kaya punuk unta. Maksudnya daleman kerudung yg seolah-olah punya rambut panjang gitu katanya gak boleh pake kaya gitu
Jawab :
Terkait punuk unta ini saya belum menemukan jawaban yang pas, masih harus bertanya dan diskusi dengan para ustadz yang benar terpercaya ilmunya, karena di satu sisi wanita di anjurkan memiliki rambut panjang yang kalau di ikat akan menonjol di jilbabnya...
minta waktu ya nanda...

Do'a Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT