Tafsir - Alhamdulillah

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, August 14, 2014

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT (HA 09, 10 Ummi)

Hari / Tanggal : Rabu, 16 Juli 2014
Narasumber : Ustadz Novri
Materi : Tafsir - Alhamdulillah
Notulen : Nurza, Liya

 بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
الحمد لله و كفى و الصلاة و السلام على محمد المصطفى وعلى اله و صحبه و من اتبع الهدى

Tafsir:  الحمد لله رب العالمين

Apa kabar bunda-bunda yang super semua? Semoga kita semua selalu berada dalam naungan taufiq dan hidayah-Nya, amieen..

Langsung saja ke materi ya..

Kalimat alhamdulillah termasuk kalimat yang paling sering diucapkan oleh seorang muslim, dlam sholat saja minimal 17 kali dibaca sehari semalam, itu yg fardhu saja, jadi dalam setahun saja 17x365= 6205x.. yg sudah sholat rutin selama 10 tahun berarti minimal sdh membaca alhamdulillah sebanyak 62.050x, ini belum termasuk dzikir alhamdulillah setelah sholat maupun bacaan alhamdulillah dlm sholat-sholat sunnah yang kita lakukan..

Oleh karena itu akan sangat rugi sekali jika bacaan yang sudah ratusan ribu bahkan jutaan kali kita ucapkan ini tidak kita dalami dan fahami maknanya dengan baik...
  • Alhamd berarti pujian sedangkan lillah berarti milik Allah, jadi segala pujian hanyalah milik Allah swt, hal ini karena tidak satupun nikmat yang telah dan sedang kita nikmati saat ini kecuali ia berasal dari Allah, maka tak ada yg layak dipuji selain Dia.
  • Robb berarti pemilik, pengelola, pendidik,pemelihara, pengatur, dan sering juga diartikan sebagai TUHAN,..
  • Al 'alamiin merupakan jama' dari kata 'alam, yang berarti seluruh alam, baik itu alam manusia,tumbuhan, binatang, planet-planet, jin, dll..
Jadi kalimat الحمد لله رب العالمين berarti segala puji hanyalah milik Allah swt Tuhan seluruh alam.. Hal ini pulalah yg membuat banyak para ilmuwan yang mendalami dan mempelajari tentang tentang alam, baik alam tumbuh-tumbuhan, binatang, proses kelahiran manusia, perjalanan planet dan bintang-bintang, menemukan TUHAN...

Segala puji hanyalah milik Allah swt, oleh karena itu tak ada makhluk yg layak mendapatkan pujian ini, sehingga jika ada yang memuji kecantikan anda, kesholehan anak-anak kita, baiknya prestasi dalam pekerjaan kita, hendaklah kita kembalikan segala pujian itu kepada Allah swt dengan mengucapkan alhamdulillahirobbil'alamiin..
Melalui kalimat alhamdulillah yang selalu kita baca berulang ulang ini juga Rosulullah shollahu 'alaihi wasaallam mengajarkan kepada kita untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan, baik senang maupun susah, nikmat ataupun musibah...

Jika ada yang bertanya kepada anda, apa kabar, maka jawaban yg diajarkan oleh Rosulullah shollallah 'alaihi wa sallam kepada kita adalah 'alhamdulillahirobbil'alamin' jika kita dalam keadaan baik, dan 'alhamdulillah 'ala kulli haal' jika kita dalam keadaan kurang baik...

Yakinlah bahwa setiap kejadian yang menimpa kita adalah baik dan akan mendatangkan kebaikan bagi kita, karena nikmat yang Allah berikan harus melahirkan syukur, dan ujian yang Allah timpakan sepantasnya menumbuhkan sabar, dan keduanya adalah baik yang harus kita syukuri dengan mengucap hamdalah..

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam at Tirmdzi Rosulullah shollalhu 'alaihi wasallam bersabda; Apabila meninggal seorang anak dari seorang hamba maka Allah subhanahu wata'ala berfirman kepada malikat-Nya : apakah kalian telah mencabut nyawa dari anak hamba-Ku? Malaikat berkata : ya, Allah berfirman : apakah kalian telah mencabut nyawa orang yg paling ia sayangi? Malaikat menjawab : ya. Allah berfirman : lalu apa yang hambaku ucapkan ? Malaikat menjawab: ia memujimu dengan ( alhamdulillah) dan mengucapan innaa lillah wa inna ilaihi rojiun.. Maka Allah berfirman kepada malaikat : buatkan untuk hamba-Ku ini rumah disurga, dan namakan rumah itu dengan bait alhamd ( rumah pujian)..

Maaf andai terlalu singkat, mudah-mudahan bermanfaat..

Wallahu a'lam bish showab..

TANYA JAWAB:
Tanya Bunda Dewi Kusumawati
Jadi dalam kondisi apapun kita boleh mengucapkan Alhamdulillahirobbil'alamiin ya Ustad? Sebagai tanda syukur atas segala yang menimpa kita. #mulai merenungi kedalaman artinya#
Jawab:
Memang sepertinya sulit mempraktekkan hadits diatas, tapi bisa koq, selama kita menjalankan apa yang Allah perintahkan jangan takut dengan omongan orang. Dan ucapan alhamdulillah diucapkan oleh ahli mushibag, doleh juga dalam hati untuk menghindari fitnah. Bukan untuk yang ga ditimpa musibah, apalagi ngucapinnya ddpan orang yang ditimpa mushibah, itu mah ngajak ribut namanya

Tanya Bunda Siti Rochani
Ustadz... jadi kalo ada orang terdekat / keluarga kita meninggal kalimat yang pertama di ucapkan Alhamdulillaah??? Afwan ustadz, saya baru dengar kali ini. Jadi rasanya kok kita bersyukur dengan kematian orang yang kita sayangi ya?? Mohon penjelasannya ustadz.. saya masih bingung. Syukron.
Jawab:
Ya betul, apapun mushibah yang kita hadapi sebaiknya dihadapi dengan sabar dan syukur, karena yakinlah bahwa melalui perantara mushibah itulah Allah hendak mengangkat derajat kita, dan menggugurkan dosa-dosa kita, jadi sudah sepantasnya kita bersyukur
Tanya Nurza Runa
Maaf ustadz kalo tersandung lalu jatuh kita harus bilang alhamdulilah bukan innalilahi.. atau tertimpa apapun masalah harus berucap alhamdulilah kah ustadz? Orang kalo kena musibah mengucap astaufirllah ... lalu yang lebih baik berucap yang alhamdulilah
Jawab:
Kalo kita tersandung, jangan ngomel-ngomel ya, karena dalam setiap rasa sakit yang kita rasakan ada pengguguran dosa disana, maka ketika Allah ingin menggugurkan dosa kita melalui kesulitan yang kita hadapi sudah sepantasnyalah kita beresyukur.. Boleh aduh dulu kalo kesandung, kemudian istighfar, dan hamdalah, bersyukur karena dengan sakit itu Allah gugurkan dosa kita..

Tanya Nurza Runa
Dalam hadits lain Ibnu 'Asakir meriwayatkan dari Anas Rodhiyallohu 'Anhu bahwa Nabi Shollallohu 'Alaihi Wasallam bersabda:''Andai seluruh dunia ini berada dalam genggaman tangan seorang lelaki dari umatku, kemudian ia mengucapkan ''ALHAMDULILLAH'' Niscaya ucapan ''ALHAMDULILLAH'' itu lebih utama dari seluruh dunia (yg di genggamnya)'.Semoga bermanfaat..!!
Yang dimaksut dalam hadist diatas gimana ustadz?
Jawab:
Yang dimaksud hadits diatas bahwa kalimat alhamdulillah kalo kita praktekkan makna yang terkandung didalamnya dalam kehidupan sehari-hari, maka itu lebih baik daripada dunia beserta isinya..
Tanya:
Kalo lagi bersin kita berucap alhamdulilah 3x apakah benar akan digugurkan dosa kita?

Tanya Bunda Enok
Kalo yang suka baca qur'an, shalatnya taat, tapi masih suka bermaksiat apakah masih mendapat pahala ato tidak?

Tanya Nurza Runa
Kalo menguap dengan rasa kantuk harus ucap astagfirullah ya ustad.. katanya rasa kantuk itu ajakan setan?
Jawab:
Ya kalo ngantuk pada waktunya ya alhamdulillah, coba kalo ga ngantuk-ngantuk streess juga kan.. kecuali kalo ngantuknya saat melaksanakan ibadah, banyak beristighfar

Tanggapan
Oh ya terkait pertanyaan mba nurza soal menguap, saya taunya baca ta'awuz  yang benar yang mana ustaad:
Jawab:
Ta'awudz lebih baik lagi biar setannya pada kabur, kalo bisa wudhu lagi biar sege

Tanggapan
Pernah ada yang menguap .. Mengatakan " yarkhamukallah
Ustadz
Yarhamukallah ada dalilnya sebagai jawaban dari alhamdulillah untuk orang bersin, kalo untuk yang menguapa saya belum pernah ketemu tuh yarhamukalah.

Tanggapan oofie HA
Ini kata bunda saya, kalau nguap, tandanya jin di tarik ke dalam mulut. Makanya baca istigfar....Bener gak??
Ustadz
Hehe.. Jin? Enggak lah, tapi memang dalam ibadah menguap asalnya dari godaan syetan maka baiknya kita ta'awudz istighfar dan membaca kalimat-kalimat toyyibah lainnya

Tanya nita ha 2:
Kalo telinga berdenging tu pertanda pa ya pak? ingin tau

Jawab:
Kalo percaya ramalan ga boleh dan termasuk syrik, kalo mimpi saya ga bisa meramal mimpi.. Dan setahu saya ga ada puasa wajib satu bulan selain ramadhan..  Iya bu, hadits tentang telinga berdenging itu lemah dan bohong, jadi jangan dihiraukan, cuekin aja.  Karena dalam periwayatnya terdapat orang-orang yg tdk bisa dipercaya..

Tanya Bunda fia:
Saya pernah dengar dari beberapa kajian jk kita mengalami kesulitan atau hal-hal yang tidak menyenangkan bacanya "alhamdulillah 'ala kulli hal" ... bagaimana menurut ustadz? Mana yang lebih didahulukan saat dapat hal yang tidak menyenangkan .. baca innalillahi dst dulu atau alhamdulillah 'ala kulli hal dulu ya
Jawab:
Boleh yang mana aja duluan..

Tanya Bunda lisa
Saya pernah denger orang arab mengucap alhamdulillah berkali-kali saat melihat orang yang cacat. maksudnya apa ya pak?
Jawab:
Dia bersyukur diberi anggota tubuh yang sempurna

Tanya Bunda lisa:
Dalam kehidupan kita sehari-hari kan kita sering ketemu hal hal yg kadang menjengkelkan seperti kejebak macet dalam kondisi emergency, jengkel sama suami yang Shalatnya ditunda-tunda dll seperti itu kita baiknya juga ucap alhamdulillah ya pak Ustad?

Alhamdulillahnya sambil ngelus Dada..
Jawab:
Alhamdulillah kita ucapkan karena kita menyadari dibelakangnya terdapat kebaikan yg jauh lebih besar dibandingkan kesulitan yang nampak dihadapan kita.. Ada sabar dalm menghadapi kemacetan, ada kebaikan dalam rutinitas mengajak suami dalam kebaikan, semuanya kesempatan yang Allah kasih ke kita agar kita selalu berbuat baik, maka wajarlah kita bersyukur..

Tanya Bunda Lisa
Kalo memaknai kata alhamdulillah terhadap kondisi saudara kita sesama Muslim di palestina gimana pak baik nya?
Jawab:
Alhamdulillah untuk kita yang hidup dalam damai, tidak seperti saudara kita dipalestin yang serba kekurangan, kemudian bersyukur dengan nikmat yang ada pada kita dengan berbagi sebagian harta untuk mereka disana sekaligus mendoakan kebaikan untuk mereka
 
Tanya Bunda Fera Alfrida
Ustadz... saya mau tanya tentang arti shalawat badar,dan beberarapa shalawat seperti ya rabbi bil mustofa balighmakhosidanna dan seterusnya, yang tidak boleh kita ucapkan karena termasuk perbuatan melebih-lebihkan
Jawab:
Sholawat badar ada yang tidak dibolehkan karena didalamnya ada tawassul dengan para syuhada badar..

Tanya Bunda Lisa
Ustad mau nanya diluar topik boleh? Apa penyebab kita sering merasa melakukan segala sesuatu serasa "tidak sepenuh hati"? Ngantuk yang penting tidur, makan yang penting Kenyang, sholat yg penting udah Shalat, berkendara yang penting nyampe, kerja yang penting hadir, baca Al-qur'an yang penting khatam, memasak, urusan RT semua yang penting beres dab sebagainya...kenapa yaa pak Ustadz?
Jawab:
Biasanya karena kita belum punya tujuan hidup yang jelas, makanya seringnya tidak sepenuh hati, makanya sebisa mungkin kita melakukan sesuatu dengan menghadirkan Allah, dan selalu berharap ridho-Nya sehingga ada rasa takut amal yang kita lakukan setengah hati itu tidak diterima olehnya, sebagaimana kita yang ga mau menerima sesuatu yang setengah hati dari orang lain, sehingga ketika kita berbuat bisa sepenuh hati karena hanya dengan itu kita bisa menggapai bahagia dunia dan akherat..

Tanya:
Ustadz bagaimana kita menyikapi teman kita yang non.. mereka mengucapkan hamdalah.. insyaallah.. dll
Jawab:
Kalo ada yang non muslim ngucapin hamdalah dan insyaallah ya ga apa-apa, doakan saja semoga itu menjadi awal dia mendapat hidayah...

Tanya:
Ustadz, bagaimana kalo yang non Muslim memberi salam dengan assalamualaikum..apa jawaban dari kita? Mohon disertai dalilnya,afwan!
Jawab:
Jawab saja dengan wassalamu 'ala manittaba'al huda..

Tanggapan
Arti dari itu apa ustadz??? wassalamu 'ala manittaba'al huda..????
Jawab:
Assalamu ala manittaba'al huda = keselamatanlah bagi yang mengikuti petunjuk hidayah..

Tanya:
Ustadz afwan pertanyaan agak keluar dari materi. Kalo anak non muslim yang belum baligh meninggal,itu kelak masuk neraka atau masuk syurga?
Jawab:
Yang belum baligh, berarti belum mukallaf atau belum ada kewjiban atau larangan atasnya, karena salah satu syarat untuk jadi mukallaf adalah baligh... Jadi insyaallah bukan dineraka..

Tanya:
Pa ustadz Afwan mau nanya tentang kapan kita harusnya mengucap masya اَللّهُ .. Dan kapan kita mengucap سُبْحَانَ اللّهُ .. ???
Jawab:
Ucapan subhanallah untuk menyatakan kekaguman yang pasti kebaikannya, sedangkan masyaallah untuk hal yang tidak terduga...

Tanya:
Pak jika dapat musibah harus ngucap Alhamdulilah atau innalilahi ya pak?
Jawab:
Kalo kita yang tertimpa musibah ucapkan keduanya, alhamdulillahnya boleh dalam hati kalo takut fitnah, kalo orang lain yang ditimpa musibah cukup inna lillah.. Boleh alhamdulillah saja walaupun lebih lengkap lebih baik..

Tanya:
Ustadz.. semisal kita seringkali spontan katakan Alhamdulillah saja tidak lengkap, dalam segala kondisi, baik pada saat bahagia ataupun dtimpa sedih bagaimana ya... tentu dengan hati yang beda rasa... sesuai kondisi yang dihadapi...
Jawab:
Boleh alhamdulillah saja walaupun lebih lengkap lebih baik..

Tanya:
Pa ustadz bagaimana kalo misalnya kita di kamar kecil terus karena sesuatu kita terkaget dan mengucap "masya Allah" atau "astagfirullah" apa tidak apa-apa?
Tidak apa kalo ucapan refleks. Dan memang toilet bukanlah tempat yang tepat untuk menyebut asma Allah..

Tanya:
Tapi gimana kalo di rumah yang  wcnya hanya satu dan semua ada disitu gimana cara berwudhunya?
Jawab:
Ya berwudlu aja, tanpa mengucapkan apa-apa, berdonya setelah keluar dari tempat wudhu..

Tanggapan:
Sahkan wudhunya ustad karena saya pernah menyimak pengajian kalo  berwudhu dikamar mandi yang bergabung dengan wc itu wudhunya gak sah
Jawab:
Sah.. Ga ada dalil yang bilang ga sah..
Yang penting bersih dan suci... Kan kotorannya adanya di dalam klosetnya, ga disemua ruangan kamar mandinya?


Dan ada gak pak ustad dalil yang mengatakan kalo  wudhu itu tidak boleh berbicara?
Jawab:
Ya, dalam ibadah janganlah disertakan dengan perbuatan-perbuatan lsin yang dapat mengurangi kesempurnaan wudlu itu sendiri, karena Rosulullah memerintahkan kita untuk melakukan wudhu sesempurna mungkin, yang dengan kesempurnaan wudhu itu Allah akan mengampuni dosa-dosa kita, serta mengangkat derajat kita disisi-Nya..

Tanya:
Apakah niat wudhu itu dibaca setelah keluar kamar mandi?? bersamaan dengan doa setelah wudhu? lalu misalnya mandi besar menghilangkan hadast besar niatnya juga tidak boleh saat dikmar mandi???
Jawab:
Niat wudlu cukup dlm hati, ga perlu di lafalkan..
Begitu juga dengan mandi besar..


Tanya:
Pak ustadz mau nanya lg nih..  kalo mandi junub itu ada yang pernah saya baca kalo sebelum junub berwudhu dulu terus menyiram air ke kepala 3x tapi ada juga yang setelah mandi baru kemudian berwudhu itu bagaimana ustadz?
Jawab:
Sunnahnya dimulai dengan anggota wudlu terlebih dahulu untuk mandi junub, kalo mau diakhiri dengan wudhu lagi ga apa-apa..
Kalo dalam hati ga apa-apa untuk wudhu..

TAMBAHAN PERTANYAAN HA 106 NANDA
RABU. 13 AGUSTUS 2014

1. Masih kurang paham dengan hadist terakhir tentang ucapan Alhamdulillah ketika ada yang meninggal tadz.. Jadi ketika ada yang meninggal selain mengucapkan innalillahi kita juga mengucapkan Alhamdulillah dan Allah akan membuatkan rumah pujian untuk kita di surga jika mengucapkan 2 kalimat tersebut tadz?
Jawab
Hadits terakhir untuk yang ditimpa mushibah, bukan untuk orang yang ngeliat orang lain ditimpa musibah..

2. Ustadz untuk membuktikan rasa syukur kadang ada beberapa yang mengadakan larung sesaji atau gunungan sebagai ungkapan rasa syukurnya karena panen melimpah apakah itu diperbolehkan dalam islam?
Jawab
Larung sesaji dll, bukan dari ajaran islam, dan bertentangan dengan ajaran islam, karena islam memerintahkan kita bersyukur satu paket dengan caranya bersyukur. Sedangkan larung sesaji atau gunungan, selain mubadzir juga banyak unsur-unsur syiriknya..

3. Berarti walaupun ,ada ketimpa musibah, misal meninggal ucapanya alhamdullah ya tadz?
Jawab
Orang yang sedang diuji selain harus sabar, harus juga bersyukur, karena dengan ujian itulah Allah hendak mengangkat derajat kita dan menggugurkan dosa-dosa kita..

4. Ustadz, kalau bacaan talqin untuk memandu orang ketika sakratul maut apa aja ustadz?
Jawab
Paling baik kalimat tahlil, laa ilaaha illallah..

Karena sepertinya sudah tidak ada pertanyaan lagi, kajian hari ini kita cukupkan sampai disini saja ya, kalo masih ada pertanyaan boleh japri langsung ke saya.. Kita tutup dengan kaffarotul majlis,

سبحانك اللهم و بحمدك اشهد الا اله الا انت استغفرك و اتوب اليك
Terima kasih untuk semua sharingnya ya para bunda yang sholihah, maaf andai ada yg kirang berkenan, dan semoga bermanfaat, amien..
و السلام عليكم و رحمة الله و بركاته..

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT