Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

TAJWID dan TAFSIR


Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT HA-17
Senin , 30 juni 2014
Nara sumber :  Ustazah Rina Setiawani 
Tema :  Tajwid & Tafsir

Assalamualaikum ukhti2 soleha.
Berkata Rasulullah Saw: "Ya Rabbku, ssungguhnya kaumku menjadikan alquran ini diabaikan" ( alfurqon: 30)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mgatakan: "barangsiapa tidak membaca alquran, sungguh ia telah meninggalkan alquran. Barangsiapa mambacanya namun tdk mentadabburinya, ia pun tergolong orang yang meninggalkannya. Dan barangsiapa membacanya serta mentadabburinya namun tidak mengamalkannya, ia telah meninggalkannya pula'
Bagaimana upaya kita agar kita tdk tmasuk orang yang meninggalkan alquran.. Apakah kita termasuk orang yang meninggalkan alquran?
Demikian materi pagi ini sholihah...

- Sesi tanya jawab-

T : Pertanyaan dari saya.
Bagaimana cara kita mencintai al-quran??
Jawab → mncintai beda ya dengan asmara .
kalau mau cinta alquran ya deketin al qur an. Baca, pelajari, tadabur dan hafalkan jika sudah menguasai bacaannya dengan baik. Mencintai itu lillahi ta alla jadilah sahabat al qur an, alquran akan menjadi sahabat dunia akhirat lhoo

T : Ustadzah kalau kita tiap hri baca al qur an tapi gak mengamalkanya. Apakah kita salah..soalnya kita gak hafal al qur an.
Jawab → alquran adalah mukjizat. baca alquran paham atau tidak paham artinya tetap mendapat pahala. Beda dengan membaca hadits, tidak dihitung pahala huruf dan membacanya. Alquran dikatakan mukjizat juga karena bisa membuat hati menangis, bahkan gunung pun hancur.
mustahil umar luluh hatinya jika alquran yang dibacakan adiknya hanya bacaan biasa tanpa kekuatan.
Kekuatan umat islam adalah alquran, senjata kita alquran, perkara mengamalkan dapat pahala lagi
biasanya orang yang mau dekat dengan alquran, nikmatnya akan semakin ditambah bersama alquran
‪dari tidak bisa menjadi bisa, dari terbata2 menjadi tartil, dari tartil bisa menghafal terus sampai alquran posisinya sama dengan kita, dan syurga pun sesuai tingkat hafalan dan kedekatan kita bersama alqura.

T : Bagaimana cara, agar tetap semangat tilawah, sdangkan seringkali. Manusia itu imannya sering naik turun, nahh ketika iman berada dibawah apa yg mesti dilakukan, terimakasih
Jawab →  jika iman turun, jangan putus bersama jamaah, artinya hadiri ltq, hadiri talim kadang harus dipaksa diawal tapi nanti terbiasa. Bukankah domba yang sendirian mudah diterkam serigala? tapi jika dia berjamaah, serigala gak berani nerkam.
Orang futur ditambah sendiri menyepi mojok haduuh tambah2 pula tuh pasukan setan makin bikin males.. bangkit ya ukhti.. songsonglah syurga. ini kata2 penyemangat yang saya ucapkan dalam hati jika datang malas. jangan lupa berdoa dihindari rasa malas.

T : Kalo nafasnya pendek, gimana caranya supaya tilawahnya gak tersengal2?
Jawab → nafas pendek bisa berenang. kalau gak bisa berenang pake teknik pernafasan ambil nafas tahan buang. Awal tahan 5 menit. terus nambah 10 menit. tambah lagi dengan nahan 15 menit dilatih kontinu tiap pagi atau lari2 kecil, jalan cepat, nanti bisa memperkuat nafa.

T : Gimana pandangan ustadzah tentang program ODOJ? Dan bagaimana caranya supaya niat tilawah dari grup odoj tidak hanya merampungkan target satu hari satu juz, tapi murni karena Allah?
Jawab → Odoj bagus. Niatnya bisa istiqomah, bisa berjamaah, bisa berukhuwah. jangan dibalik riya, cepet cepetan, semua kan kmbali ke niat ya.

T : Ustadzah, bagaimana cara mudah menghafal al-quran???
Jawab →  menghafal alquran mudah, asal mau mengulang minimal 20x per stay.  Kita bisa naik mobil motor dengan mahir, udah hapal gigi rem setir karena kita berulang2 melakukannya terekam ke alam bawah sadar kita. Demikian juga ayat2 al qur an alfatihah deh continent meskipun mikirin kunci ilang tetap saja hafal baca ketika sholat kan.
 
T : Ustadzah, bagaimana cara kita bisa hidup di bawah tata cara al-quran??
     Ustadzah bgaimana cara kita untuk mengamalkan alquran dalam kehidupan sehari-hari kita   dengan baik? terus bagaimana cara kita supaya kita bisa lebih sabar lagi dalam menghadapi segala masalah, soalnya aku termsuk orang yang gak  sabaran??
Jawab →
1.Ikuti aturan Allah dalm alquran
2.Hindari yg di haramkan Allah.
3.Sabar dalam menjalani ketaatn kepada Allah sabar awalnya dipaksa nanti lama2 terbiasa insya Allah.

T : Baca al-quran saat tidur boleh gak bun?
Jawab → Baca quran tidur boleh. Namun sebaiknya jika bisa lebih khusyuk dengan kondisi wudhu, menghadap kiblat, dll. tapi tidak dilarang jika tiduran sambil baca quran asal jangan ketiduran.

Mohon maaf ya kalau ada kesalahan
Lain waktu berjumpa lagi
Semoga menambah ilmu, bermanfaat kajian kita hari ini
Aamiin wasalamualaikum