Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Tajwid - Shifaatul Huruufi

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT


Hari / Tanggal : Senin, 7 Juli 2014
Narasumber : Ustadz Ojhie
Materi : Tajwid 2 ~ Shifaatul Huruufi

Assalamu'alaikum wr wb
Karena kemaren disini sudah belajar tajwid yang pertama, jadi sekarang kita lanjutkan ..
Materi kita hari ini tentang shifatul huruf

Shifaatul Huruufi (sifat-sifat huruf)
Al-Jahr (lawan dari) Al-Hams

1. Al-Hams
Menurut bahasa berarti samar atau tidak terang. Maksudnya ialah huruf apabila diucapkan/dimatikan berdesis (nafas terlepas). Hurufnya ada 10:
Fa - Cha - Tsa - Ha - Syin - Kho - Shod - Sin - Kaf - Ta

2. Al-Jahr
Menurut bahasa berarti tampak atau terang. Maksudnya ialah huruf apabila diucapkan / dimatikan tidak mengeluarkan desis (nafas tertahan). Hurufnya adalah semua huruf kecuali huruf hams
Asy-Syiddah - Ar-Rikhwah - At-tawassuth

3. Asy-Syiddah
Menurut bahasa berarti kuat. Maksudnya ialah huruf apabila diucapkan / dimatikan suaranya tertahan atau berhenti. Hurufnya ada 8:
Hamzah - Jim - Dal - Qof - Tho - Ba - Kaf - Ta

4. At-Tawassuth 
Menurut bahasa berarti tengah-tengah. Maksudnya ialah huruf apabila diucapkan / dimatikan suaranya antara tertahan dan terlepas. Yakni antara syiddah dan rikhwah. Hurufnya ada 5:
Lam - Nun - 'Ain - Mim - Ra'

5. Ar-Rikhwah:
Menurut bahasa berarti lunak atau kendor. Maksudnya ialah huruf apabila diucapkan/dimatikan suaranya terlepas atau masih berjalan beserta huruf itu Hurufnya ialah semua huruf selain huruf" syiddah dan tawassuth.

TANYA JAWAB DAN DISKUSI

Tanya:
Mau tanya ustadz..misal kita baca al-quran tidak bersuara (dalam hati) itu boleh?? tapi tetap harus memperhatikan cara bacanya kan?
Jawab:
Iyaa boleh, tapi tetep juga di perhatikan bacaannya, tapi alangkah baiknya di lantunkan dengan suara, karena beda pahala orang yang membaca di hati dengan bacaan yang di lantunkan dengan suara.
Diskusi:
  • Owh beda..baru tau saya.
  • Beda, karena jika membaca dengan suara bisa di dengarkan oleh orang banyak. Apalagi yang bacaannya bagus dapat membuat orang lain jadi tenang. Akhirnya yang baca juga dapet pahala.
  • Tapi harus lihat kondisi dan situasi gak??misal ya ustadz, saat kita tilawah di bus.
  • Lhaa ..tergantung itu jugaa. Bahkan ketika ada orang yang tidur, terus kita baca Quran sampe dia terbangun. Maka kita yang dosa
  • Owh gt..kok dosa si tadz??
  • Iyaa dosa, krn dy yg tidur sdang istrahat. Apalagi jika tidur dg niat agar dy bisa bngun malam, ibadahnya tambah kuat
  • Tapi itu juga tergantung situasi dan kondisi
  • Kalo dia belum sholat tapi malah tidur terus, jangankan dengan bacaan Quran. Disiram pun juga tidak apa-apa. Memang baik membaca Quran, tapi jika kita sampe menganggu orang laen jadi tidak baik. Ketika ada orang tidur dan kita baca Quran dengan keras sampai orang yang tidur merasa terganggu, biasanyakan ada orang seperti itu. Jadi yang seperti itu yang di anggap berdosa, karena menggangu orang yang sedang istirahat
Tanya:
Saya bingung mbedakan ض dan ظ
Jawab:
antara ض dan ظ Dari segi makhroj saja sudah beda. Mungkin bisa anti liat di materi yang kemaren. ظ, lebih ringan jika mmbacanya drpd ض

Tanya:
Contoh kalimat ar-rikhwah seperti apa tadz?
Jawab
Sifat ar-rikhwah itu masuk pada huruf bukan pada kalimat. Jadi masuk pada huruf-huruf selain
 syiddah dan tawassuth

Untuk kajian hari ini bisa kita cukupkan sampai disini, semoga apa yang kita dapatkan hari ini bisa bermanfaat bagi kita dan orang di sekitar kita.
'afwu minkunna jika ada salah&kurang.
kita cukupkan sampai disini dulu

:سبحانك اللهم و بحمدك أشهد أن لا إله إلّا أنتَ أستغفرك و أتوب إليك
و السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
جزاكن الله خيرا
TAMBAHAN KAJIAN HA 109 NANDA  TANGGAL 14 JULI 2014