Home » » Ulumul Quran

Ulumul Quran

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Sunday, July 13, 2014

Kajian Online WA Hamba الله SWT (HA 01, 02 Ummi)
Hari / Tanggal :  Sabtu, 12 juli 2014
Tema : Ulumul Quran
Narasumber : Ustadz Faisal
قبل كل شيء هيا بنا نشكر الله عز وجل الذي قد أعطعنا نعماكثيرا حتى نستطيع أن نتعلم في هذا النهار ..
صلاة وسلاما دائمين ومتلازمين إلى رسوله صلعم الذي قد أخرجنا من زمن الجاهلية إلى زمن الإسلامية كما شعرنا الآن...
Baiklah para ustadzah-ustadzah sekalian sebelum kita memulai kajian ulumul quran pada kali ini saya ingin memberikan satu bait tentang menuntut ilmu yang bisa diaplikasikan dalam meningkatkan motivasi belajar kita, anak-anak kita saudara-saudara kita, dll. Berikut syairnya:
Afwan bait y...
تعلم فإن العلم زين لأهله # وفضل وعنوات لكل المحامد
"Belajarlah karena sesungguhnya ilmu itu akan menghiasi pemiliknya #keutamaan baginya serta tanda setiap hal yang terpuji"
Afwan ini sebelumnya sudah belajar bareng dengan saya kah tentang ilmu al quran ini?Kalau emang belum... ya saya mulau dari awal kalau gitu

Sebelum saya mulai saya mohon maaf apabila ada kelupaan kekeliruan atau bahkan kesalahan ... karena manusia tempatnya salah dan lupa
الإنسان مكان الخطأ والنسيان
Bismillahirrahmaanirrahim..kajian inu saya  mulai dengan pengetahuan tentang ilmu alquran terlebih dulu. Apa sih ulumul Qur'an itu ??  Nah mari kita jawab .... 
Ulumul Quran itu ialah sebuah upaya ataupun metode yang yang bersifat menyeluruh untuk membuka pintu pertama dalam memahami kandungan Al-Quran , karena itu , seluruh umat islam umumnya disemua kalangan, baik pelajar,  ibu rt,  remaja,  dewasa , laki-laki, perempuan dll,  yang merindukan interaksi mendalam dengan Al-Quran, akan secara otomatis di ajak dan dituntut untuk mwpelajari ulumul Qur'an...

PENGERTIAN ULUMUL QURAN
Kata u`lum jamak dari kata i`lmu. i`lmu berarti al-fahmu wal idraak (faham dan menguasai).
Jadi, yang dimaksud dengan u`luumul qu`ran ialah ilmu yang membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan Al-Quran dari segi asbaabu nuzuul."sebab-sebab turunnya al-qur`an" pengumpulan dan penertiban Qur`an, pengetahuan tentang surah-surah Mekah dan Madinah,An-Nasikh wal mansukh, Al-Muhkam wal Mutasyaabih dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Qur`an.

Pengertian Al-Quran meliputi dua hal, yaitu secara bahasa dan secara istilah, masing-masing sbb :

Pengertian Al-Quran secara bahasa

Lafadzh Qara`a mempunyai arti mengumpulkan dan menghimpun, dan qira`ah berarti menghimpun huruf-huruf dan kata-kata satu dengan yang lain dalam suatu ucapan yang tersusun rapih. Qur`an pada mulanya seperti qira`ah , yaitu masdar (infinitif) dari kata qara` qira`atan, qur`anan. Sebagaimana dalam firman Allah SWT :
إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآَنَهُ  فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآَنَهُ (القيامة 17-18)
 Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya dan membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu`. Al;-Qiyamah :17-18
Qur`anah berarti qiraatun bacaannya/cara membacanya
Pengertian Al-Quran secara Istilah
Para ulama menyebutkan definisi Quran yang mendekati maknanya dan membedakannya dari yang lain dengan menyebutkan bahwa:
القرآن هو كلام الله المنزل على محمد عليه السلام المتعبد بتلاوته
Quran adalah kalam atau firman Allah yang diturunkan kepada Muhamad saw. Yang pembacanya merupakan suatu ibadah`.
Penjelasan Arti Quran secara istilah, adalah sebagai berikut :
Definisi`kalam`(ucapan) merupakan kelompok jenis yang meliputi segala kalam. Dan dengan menghubungkannya dengan Allah ( kalamullah ) berarti tidak semua masuk dalam kalam manusia, jin dan malaikat.
Batasan dengan kata-kata (almunazzal)`yang diturunkan` maka tidak termasuk kalam Allah yang sudah khusus menjadi milik-Nya. Sebagaimana disebutkan dalam Firman Allah :`Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu `.(al-Kahfi: 109).

Batasan dengan definisi hanya `kepada Muhammad saw` Tidak termasuk yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya seperti taurat, injil dan yang lain. Sedangkan batasan (al-muta'abbad bi tilawatihi) `yang pembacanya merupakan suatu ibadah` mengecualikan hadis ahad dan hadis-hadis qudsi . 
Catatan : Perlu saya tambahkan definisi lain tentang Al-Quran yang lebih lengkap yaitu :
هو كلام الله  المعجز  المُنَزل على سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم، المكتوب بالمصاحف، المنقول بالتواتر ، المُُتعَّبد بتلاوته  .
Kalam Allah yang bersifat mukjizat, yang diturunkan kepada Muhammad SAW, tertulis di mushaf , diriwayatkan secara mutawattir, dan membacanya adalah ibadah
TANYA JAWAB
Tanya:
Ustadz apakah semua ayat dalam al-quran ada azbabun nuzulnya? Terus cara mentadaburi al-quran yang terbaik bagaimana ustadz?
Jawab:
Enggak semuanya ada bunda...
Cara mentabburi al quran terbaik itu ya dengan cinta terhadap al quran, membacanya,  memahami maknanya dengan mengkaitkan akan kehidupan sehari hari kita

Tanya:
Bagaimana cara kita bisa cinta pada Al Quran pak? Tolong dijelaskan!
Jawab:
Cara mencintainya? Ini pendapat saya dengan membacanya dan fahami maknanya tadi itu, baca terjemahannya fahami maknanya karena disitu kita tahu bahwa tujuan hidupkan sudah ada dan sangat  jelas disana karena hidup kita terletak pada akhir pada ayat al quran. Ketika kita sudah faham maknanya saya rasa cinta itu pasti akan timbul dalam diri kita .. karena من أحب شيئا كثر ذكره : "Barang Siapa yang mencintai sesuatu maka kita akan banyak mengingatnya/mengulang ulangnya"
Tanya:
Kalau sebagian tidak ada  asbabunuzulnya, diturunkannya karena apa ustadz?
Jawab:
Kalau diharuskan ada asbabun nuzul akan menyebabkan banyak sekali ayat Al-Qur`an tak dapat dipahami atau bahkan tidak fisible dan aplicable

Tanya:
Assalamu'alaikum, Ustadz beberapa waktu saya temukan artikel tetang adanya salahnya terjemahan  depag terhadap quran, dan katanya kesalahan itu cukup fatal jika dipahami secara awam, bagaimana pendapat ustadz tentang hal ini?
Jawab:
Kesalahan adalah merupakan suatu kewajaran, seteliti apapun, kesalahan itu bisa saja terjadi. Saya juga pernah menemukan kesalahan-kesalahan tulisan ayat al quran didalam suatu mushaf... nah bagi orang awam seperti saya dan kita semua , alangkah lebih baiknya ketika mempelajari sesuatu ada minimal seorang guru, sebagai tempat klarifikasi kebenaran..

Tanya:
Ustadz, kalau sudah tilawah tapi hati belum bisa tenang, apakah salah 1 tanda kita kurang mencintai alquran?
Jawab:
Saya tidak bisa menjawab seperti itu, karena saya pribadi ketika baca al quran, memang terasa nyaman dengan hal itu tapi ya terkadang biasa saja.. ya mungkin saja kurang cinta ,tapi kalau menurut saya itu tetap dinamakan cinta karena kita sudah membacanya pun itu termasuk cinta hanya saja tingakatan cinta kita belum tinggi. Tapi in sya Allah suatu saat jika dengan istiqomah membaca dan mmahami maknanya kita akan menemukan cinta sejati dalam diri kita terhadap al quran

Tanya:
Ustadz kalau saya agak malas baca artinya kalau baca arabnya rasanya tenang ruhnya makin kuat apa ada perbedaan pahala jika baca artinya sama arabbya kan kalau arabnya 1 huruf bernilai 10 apa artinya juga sama seperti itu?
Jawab:
Pahala yang disebutkan dalam hadits di dapatkan bagi orang yang membaca Al-Qur’an sebagaimana adanya dengan huruf arab. Tidak berlaku bagi orang yang membaca terjemah artinya dengan bahasa apapun. Akan tetapi kalau dia membaca terjemah makna Al-Qur’an karena ingin mentadaburi maknanya dan mengambil manfaat dari isi ayat-ayatnya, maka dia akan diberi pahala akan hal itu. Dan pahala berasal dari Allah. Karena seorang muslim akan diberi pahala atas bacaan tafsir, sedangkan terjemah termasuk tafsir. Namun, tidak ada petunjuk bahwa dia mendapatkan pahala sebagaimana yang disebutkan dalam hadits. Keutamaan Allah luas sekali.

Tanya:
Kalau gitu kita baca terjemah al-qur'an tidak harus selalu menggunakan rujukan tafsir ya pak ustadz? Karena kadang kalau kita baca ada yang bisa langsung kita pahami atau kadang ada yg perlu ditafsirkan lebih lanjut. Menurut ustadz bagaimana??
Jawab:
Iyaa, kalau muhkamat tidak melihat rujukan tafsir tidak mengapa tapi kalau ingin lebih luas lagi juga baik, kecuali mutasyabihat ketika ada yang tidak dimengerti bisa lihat tafsir yang menjelaskan kandungannya agar tidak salah pemahamannya
Tanya:
Bagaimanakah hukumnya kita mempelajari ulumul Quran ustadz?
Jawab:
Fardhu Kifayah...
Tanya:
Apa saja yang termasuk ruang lingkup pembelajaran Ulumul Quran ini ustadz?
Jawab:
Objek Pembahasan Ulumul Qur'an dibagi menjadi tiga bagian besar :
  • Sejarah & Perkembangan Ulumul Qur'an,meliputi : sejarah rintisan ulumul quran di masa Rasulullah SAW, Sahabat, Tabi'in, dan perkembangan selanjutnya lengkap dengan nama-nama ulama dan karangannya di bidang ulumul quran di setiap zaman dan tempat.
  • Pengetahuan tentang Al-Quran. Meliputi : Makna Quran, Karakteristik Al-Quran, Nama-nama al-Quran, Wahyu, Turunnya Al-Quran, Ayat Mekkah dan Madinah, Asbabun Nuzul, dst.
  • Metodologi Penafsiran Al-Quran. Meliputi : Pengertian Tafsir & Takwil, Syarat-syarat Mufassir dan Adab-adabnya, Sejarah & Perkembangan ilmu tafsir, Kaidah-kaidah dalam penafsiran Al-Quran, Muhkam & Mutasyabih, Aam & Khoos, Nasikh wa Mansukh, dst.
Tanya:
Bagaimana cara mudah untuk menghapal al-quran ustadz?
Jawab:
Wah wah luar biasa semangat bunda, kalau masalah cara saya rasa tergantung dari bunda, tapi kalau untuk mempecepat hafalan ya harus memperlakukan al quran secara baik terlebih dahulu.. entah itu dalam suci badan pakaian maupun tempat dan juga kalau saya pribadi itu punya seorang guru yang senior untuk setoran guna bacaan kita benar dan juga membuat kita segan dan malu kalau gak setoran dan itu menimbulkan semangat dalam menghapal
Tanya
Apa benar lebih sulit menjaga hafalan daripada menambah baru ustadz?
Jawab:
Sepengalaman saya sih iya, hehe
Tanya:
Iya ustadz ana pengen banget bisa menghapal alquran supaya kalo shalat surahnya tidak monoton al ikhlas terus apalagi sejak menonton hafidz cilik d TV. Sekarang lagi mulai mencoba menghapal mulai an naba, sampai hari ini baru sampai ayat 15 itu juga dengan penuh perjuangan, susaaaaaah banget rasanya... apa mungkin karena kebanyakan dosa ya ustadz?
Jawab:
Bukan karena banyak dosa bunda tapi emang begitu ketika mulai mulai menghafal itu
Afwan....Ayo Bunda-bunda yang cantik nan sholehah kita tutup kajian ini
Doa Kafaratul Majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT