Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Apakah kita sudah merasa jadi orang? dan Tadabur Qur'an

Kajian Online WA Hamba الله SWT (HA 09 Ummi)

Hari / Tanggal : Senin, 14 Agustus 2014
Narasumber : Ustadz Dody & Ustadz Ahmadi
Admin: Nurza
Materi: Apakah kita sudah merasa jadi orang...?


Bismillahirrohmanirrohiim

(...edited Ust. Jazuli...)

Bunda...!!!!
Orang tua kita sering berkata kepada disaat kita kecil,"kamu belajar yang rajin yg nak, supaya kamu nanti jadi orang" maksudnya jadi orang sukses.

Ada hal yang harus menjadi keprihatinan kita, bahwa kita kerap memiliki selera & pola pikir yang berbeda dgn keinginan  اللّهُ  yang telah meciptakan kita. Manusia selalu mengukur keberhasilan dengan Dunia.. Padahal hal itu sangat keliru

Perhatikan firman  اللّهُ ,"Ternyata mereka (manusia) sama hinanya dengan binatang bahkan lebih hina darinya." QS Al-An'am:6

Dalam ayat ini,  اللّهُ  menyatakan manusia tidak mulia karena kejeniusannya, tidak hebat karean jabatannya yang tinggi, tidak juga menjadi luar biasa oleh sebab hartanya yang berlimpah serta tidak ditinggikan harkat martabatnya karena kemuliaan nasab & segala kekuatan yg ada pada dirinya..

Yahudi lebih jenius..
Fir'aun lebih tinggi jabatannya..
Qorun lebih kaya..
Abu lahab lebuh mulia nasabnya..
Gajah lebuh besar fisik & kekuatannya..

Bila dipikirkan dengan baik, ternyata fakta & dalil menyatakan bahwa semua itu tidak cukup untuk membuat manusia lebih mulia daripada binatang. Tahukah anda apa yang membuat anda menjadi lebih mulia daripada binatang?
Hanya satu...
Yaitu mengenal  اللّهُ , mengetahui apa yang dicintai & dibenci oleh-Nya lalu mengamalkannya.

Dimana  اللّهُ  berfirman," اللّهُ  akan mengangkat derajat orang beriman diantara kalian & yang memiliki ilmu.." QS Al-Mujadalah:11

Abdullah ibnul Mubarok pernah ditanya, "kapankah manusia layak disebut manusia (makhluk yg mulia...?). Beliau menjawab, "disaat ia mengenal  اللّهُ  & membuktikan hal tersebut sepanjang hidupnya."

Ya  اللّهُ , tambahkan ilmu bagi kami, berilah kami pemahaman agama & muliakanlah kami dengan amal.

DISKUSI DAN TANYA JAWAB

1. Ustad gimana kalau udah berusaha ingin lebih dekat dengan Allah tapi ada orang yang gak menginginkan kita dekat dengan Sang Pencipta..supaya jadi manusia yang tak bertobat
Jawab 
Apakah dia akan menemani kita pada saat kita disidang nanti. Ingatlah...!!! Bahwa kita akan SENDIRI disidang dihadapan  اللّهُ.  Jadi, bicarakan saja baik baik yaaa dan kita tetap istiqomah

2. Ustadz... Hablum minaAlloh & hamblum minan nas harus nya seimbang bukan?
Salah satu indikasi sesorang yang baik ibadahnya adala orang yang baik pula hubungannya dengan sesama manusia. Tapi kenapa ya...kebanyakan orang yang mengatakan dirinya dekat dengan Alloh & telah banyak beribadah dengan tekun masih juga suka menyakiti orang lain??
Jawab 
Ini oknum Bunda

3. Ustadz,,bagaimana caranya menyadarkan seseorang agar mengenal Allah ,atau supaya taubat menjadi manusia yang baik ,,makasih atas jawabannya 
Jawab
Kasih tau semampu kita  tentang agama, belikan artikel atau buku yang menarik, ajak kajian yang menyenangkan sekali sekali. In sha  اللّهُ akan dibukakan hatinya sama  اللّهُ , sambil kita memohon kepada Nya.

4. Ustadz... Berarti kesimpulan di atas adalah,orang yang mulia adala yang berilmu & dekat dengan Alloh. Bagaimana jika kita adalah salah satunya nya, misal berilmu saja / dekat dengan Alloh saja. Apakah tergolong orang yang mulia?
Jawab
Harus 2-2 nya. Banyaknya orang yang berilmu tapi tidak mengamalkan. Ada banyak orang yang hafidz Quran hanya sebatas banyaknya hapalan, tapi tingkah laku tidak mencerminkan.

5. Assalamualaikum Ustadz Dody,  sebagai hamba Allah yang ingin taat kepada perintahn-Nya. Kadang iman kita naik turun. Istilahnya mood berubah ubah. Bagaimana cara kita supaya bisa selalu taat? Adakah kiatnya?
Jawab
Sangat wajar dan manusiawi... Seperti hati yang sering dibilang QOLBU, dimana kata dasarnya adalah QOLB = Terombang ambing. Makanya kadar keimanan kita naik turun. Cara yang paling mudah adalah... Lakukan dulu "me time" hal hal yang menyenangkan hati dan baru kita kembali ke Ibadah, in sha  اللّهُ lebih baik.

6. Orang yang tekun beribadah dan sholat rajin.. agama dipandangan masyarakat baik tapi dibelakang suka nonton yang dilarang oleh mata, memandang aurot yang bukan muhrimnya.. malah menyebar luaskan film" / foto" yang tidak patut dilihat dan brani bersumpah untuk menutupi keburukannya.. Apakah orang kayak gitu udah baik imannya?
Jawab  
Nahhh... Ini tidak sinkron antara Ibadah dengan perbuatannya, berarti belum terjiwai. Bukankah sholat mencegah perbuatan keji dan mungkar....?

7. Cara menghilangkan fikiran-fikiran negatif itu gimana ya pak ustadz?? Pengen cepet nikah supaya fkiran negatif itu hilang, tapi kok kayanya niat menikah itu selalu ada aja rintangannya..
Jawab 
Nikah kan Ibadah, pasti banyak juga rintangan yang akan dihadapinya.
Kiat menghilangkan fikiran negatif adalah dengan berkumpul kepada orang orang yang positif, sibukkan diri dengan kegiatan yang bermanfaat dan lawan dengan sugesti-sugesti  positif dari hal yang keluar melalui fikiran kita.

8. Ustadz mau tanya disebutkan di atas bahwa yahudi itu jenius & saya pernah baca di status fans page fb, bahwa israel / yahudi bisa dikalahkan hanya dengan ilmu (muslim yang berilmu)  . Yang dimaksud ilmu apakah ustadz? ilmu agama ataukah IPTEK?
Jawab  →  Memang diberikan kepintaran oleh  اللّهُ Ta'ala keturunan bani Israil ini. Sehingga saking pintarnya bisa mengelabui dan mencurangi banyak orang. Dengan ilmu Agama Tauhid dan Ilmu lainnya, in sha  اللّهُ kita sebagai umat Muslim tidak mudah dibohongi

9. Ustadz, apabila ada seseorang yang dulunya dia brutal,nakal,suka mabuk2-an,nge-drug dll. Terus kemudian dia sama orang tuanya di masukan pesantren selama beberapa tahun. Sepulangnya dr pesantren, dia kembali berperilaku seperti dulu. Kemudian dia baik kembali. Dan setelah menikah 2th dia bisa menghindari hal-hal buruknya yang dulu. Pada akhirnya setelah 4th menikah dia kembali ke hal-hal buruk bahkan lebih liar. Padahal secara ilmu agama dia tau ajaran-ajaran islam, tapi tidak diamalkannya. Pertanyaannya Gimana cara menghadapi seorang yang seperti itu, agar dia benar-benar tobat secara sungguh2?
Jawab
Ingatkan saja secara perlahan lahan yaaa, dan hadirkan orang yang disegani, sehingga rasa brutalnya bisa ditekan. Bahwa berulangnya perbuatan tersebut menandakan  اللّهُ masih memberikan kesempatan untuk bertaubat dan bahasa bahasa halus lainnya.

Tanggapan
Penanya : Kemudian ustadz, orang tersebut mengetahui betul bahwa minum miras,nge-drug, sering ke tmpt2 karoke yang remang2 itu adalah haram hukumnya. Tapi masih saja dilakukan. Bagaimana itu ustadz?
Jawab 
Masalahnya dia melakukan itu sebagai PILIHAN. Ketidak sinkronan antara ilmu dan amalan tsb, 

Apakah ada indikasi org tsb punya kelainan jiwa? Soalnya seperti punya kepribadian ganda,ustadz. Jadi dia bs taat beribadah, bisa juga terus meninggalkan ibadahnya bahkan melakukan hal-hal yang berdosa.
Jawab 
Masalahnya Dia mengijinkan dirinya untuk melakukan hal tersebut.

Caranya menahan perbuatan kayak gitu gimana ustadz?
Jawab 
Ya harus dilawan... Begitu mau berbuat, coba fikirkan lagi dan lagi dan lagiiii. Naah... Semua berawal dari diri sendiri jika memang itu adalah keluarga terdekat. Jika jauh... Maka tugas kita hanya memberitahu saja dan mengingatkan


10. Gimana ngajarin orang yang sudah dewasa untuk blajar mengaji. IQRO Belum bisa.. gimana supaya mengajari orang yang sudah dewasa cepet bisa nyantol

Jawab 
Menggunakan AUDIO saja ya Teh.

SHARING TENTANG JODOH
11. Bolehkah kita menikah dengan orang yang jelas-jelas kurang ilmunya dan aqidahnya??
Sedangkan kita sendiri masih berasa lemah aqidah dan ilmu.. Kita mnikah dengan orang yang lebih kurang lagi.. Apakah ini merupakan janji Allah bahwa "laki-laki baik hanya untuk perempuan baik, begitu pula sbaliknya..
Jawab
Kalau kita yakin kita tidak terbawa arus, dipersilahkan. Cuma kata Nabi صلى الله عليه وسلم carilah yang bagus agamanya

12. Karena orang menyakiti kita & keluarga sangat dalam.. Bagaimana ya ustadz agar bisa memaafkan orang tersebut?
Jawab
Kalau Bunda bisa memaafkan, maka kita mendapatkan 2 pahala, 1. Rasa sakit kita sewaktu disakiti akan berbuah pahala dan 2. Jika kita memaafkan juga akan berbuah pahala bagi kita. Jadi mendingan dapet 1 atau 2....?

13. Bagaimana kita menyikapi ini.. Berusaha mencari yang baik.. Tapi yang datang banyak yang mndahulukan duniawi,, kalo pasrah siapa saja yang datang langsung kejenjang serius, karena takut terjerat zina bagaimana??
Jawab 
Pilihlah yang paling sedikit mudharatnya Bunda.

14. Apa mungkin kita bener-bener kurang baik jadi dapat jodoh sebaliknya
Jawab
Makanya... Kita disuruh memeperbaik diri sendiri dulu, seperti cerita Ummi diatas


15. Kalo menurut kita dah baik tapi jodohnya gak baik pula. Gimana?

Jawab
Itu menjadi pilihan dan keputusan dalam menjalankan kedepannya. Baik itu bukan saja diawal looohh... Bisa ditengah dan bisa diakhir

16. Gimana kalo kita sudah sekuat tenaga berbenah, memperbaiki akhlak, memperbanyak ilmu, mengamalkan, brinteraksi dgn al-qur'an bahkan menghafal.. Tapi jodoh yang diharapkan ga dateng-datang ustadz, jadi mikirnya seperti sia-sia.. Itu gimana ustadz??
Jawab
Ada rencana  اللّهُ yang lebih indah yang tidak kita ketahui. Yakini saja ya Bunda

MATERI DARI USTADZ AHMADI USMAN
TADABBUR QUR'AN

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Alhamdulillah wa syukru lillah amma ba'du:
Semoga pagi ini kita mendapatkan rahmah hidayah serta inayah dari Allah Swt. Amien.

Berbicara tentang alquran, maka kita berbicara tentang hal yang sangat penting. Banyak manusia yang gagal dalam hidupnya dikarenakan tidak adanya atau kurangnya berkomunikasi dan berinteraksi dengan al quran, alquran yang memiliki banyak nama dan sifat, nama dan sifat tersebut memiliki fungsi yang sangat kuat dan pengaruh besar jikalah kita memahami dan mendalaminya begitu juga dgn sifat sifat alquran.

Pernahkah kita gelisah dan bingung dalam hidup ini?
Pernahkah kita kehilangan motivasi dan orientasi hidup?
Pernahkah kita mersakan hampa dalam hati?
Pernahkah kita kehilangan asa?
Pernahkah...pernahkah....

Jika kita menelaah hati kita banyak kita temukan misteri didalamnya, banyak dari kita tidak mengenal identitas diri kita sendiri, jika itu terasa jawabanya karena al quran tidak pernah dikaji, di selami apalagi dijadikan pedoman hidup

Mari kita cari jawaban dalam al quran dalam surat  Muhammad : ayat 24

(أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا) 

Dalam ayat diatas kita di perintah untuk tadabbur, jika tidak mentadabburi maka bisa menjadi kerugian bagi dirinya, dalam hal ini terkait tertutup hati dari cahaya alquran.

Ada empat hal yang menjadikan hati manusia tertutup dari pemahaman alquran :

  1. Banyak berbuat kemaksiatan, baik maksiat mata telinga hati dan raga.
  2. Dikuasainya jiwa dengan hawa nafsu yang selalu bergelora
  3. Cinta dunia yang berlebihan
  4. Melakukan permainan yang berlebihan, menyita banyak waktu,tidak bermanfaat dan melalaikan ini.
Inilah empat faktor penghalang hati manusia dr alquran...

Dalam hadist ada yang mengatakan: "alquran akan datang pada hari kiamat memberikan syafaat kepada sahabat al quran ."

Maka ulama hadist membuat penjelasan rinci tentang siapakah sahabat al quran, mereka itu yang selalu:

  1. Tilawah dengan perlahan dan tartil
  2. Tadabbur dengan pemahaman yang bersih
  3. Menghafalkan dengan penuh keikhlasan
  4. Mengerjakan ajarannya dengan penuh kesadaran
Kiat tadabbur al quran ada lima :

  1. Bukalah lembaran dalam hati untuk kita isi berbarengan ketika membuka mushhaf, artinya lapangkan hati agar alquran bisa menasehati kita, jangan ada kata ragu terhadapnya.
  2. Upayakan ketika mentadabburi ada guru yang menjelaskan atau ada kitab tafsir yang diakui yang kita baca.
  3. Sebelum memahami perayat upayakan pahami, fadilah, maksud dan karakteristik dari setiap surat yang akan kita baca.
  4. Baca perlahan dengan tartil dan jangan tergesa gesa
  5. Setiap mentadabburi cek pada diri kita adakah pengaruh dari ayat yang baru kita tadabburi, bila belum terasa ulangi

TANYA JAWAB
1. Tadabbur itu riilnya bagaimana ustadz?? Bukannya tidak semua arti itu dapat dimaknai secara telanjang??
Jawab
Al quran mampu mendeteksi jiwa yang sehat, sakit bahkan mati, sehingga keberadaanya merupakan kebutuhan setiap insan. Maka kesuksesan hidup yang bernilai kebaikan baik di dunia dan akhirat, semua kembali bersumber dari al quran. Masalah hidup kita yang mana yang tidak bisa kita jawab?

TANGGAPAN
Memang benar ustadz...
Alqur'an sebagai pedoman hidup bagi manusia di dunia & akhirat
Disebutkan Alqur'an diturunkan dalam bahasa arab agar manusia dapat dengan mudah memahaminya, tetapi bagaimana pun juga Alqur'an adalah kata ilahiyah yang manusia hanya bisa menafsirkan, kadang karena kebodohan & keterbatasan manusia pun hanya dapat menafsirkan/meraba maksud-maksud dalam Alqur'an. Pertanyaannya, bagaimana agar kita tidak salah dalam mentadaburi Alqur'an, karena Alqur'an adalah petunjuk yang haq dari Alloh

Majelis : - Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                              
​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ