Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Bahasa Arab - Taaruf Oleh Ustadzah Fatin

Kajian Online WA Hamba الله SWT (HA 107, 108 Nanda)

Hari / Tanggal : Jum'at, 1 Agustus 2014
Narasumber: Ustadzah Fatin
Tema : Bahasa Arab (perkenalan diri)

الحمد لله الذي أنزل الوحي لرسوله الأمين، و يهدم الكفر بإيمانه اليقين، و يهدي الناس بآيات القرآن المتين.
و الصلاة و السلام على رسوله الأمين، المبعوث لدعوة الإسلام المبين، و المرسل إلى كافة أمته الأجمعين، و على آله و أصحابه إلى يوم الدين أما بعد.

Alhamdulillah, pada pagi hari ini kita masih diberi berbagai nikmat dariNya, sehingga kita dapat mengkuti kajian ini, semoga kita termasuk HambaNya yang bersyukur. . Amiin

Baiklah nanda-nanda sholeha, sekarang kita akan belajar perkenalan, atau dalam bahasa Arab disebut dengan At Ta'aruf (التعارف)
Berikut beberapa ungkapan sapaan 

السلام عليكم
Jawabnya
وعليكم السلام

Shabaahul khoir
Artinya: selamat pagi
Jawabnya
Shabaahun nuur

Untuk sapaan di waktu sore:

Masaaul khoir
Artinya: selamat sore!
Jawabnya:
Masaaun nuur

Ahlan wa sahlan
Artinya: selamat datang
Jawabnya:
Ahlan bika

Ilal liqo'
Artinya: sampai berjumpa lagi!
Jawabnya:
Ma'as salamah
Artinya: keselamatan bersamamu

Jazakillah
Artinya: semga Allah membalasmu
Jawabnya:
Wa iyyaaki
Artinya: sama-sama

Okay, nanda-nanda sholeha,  sekarang perkenalan ya biar sekalian juga kita kenal satu persatu . Kalau mau perkenalan dalam bhasa Arab:

Masmuki?
Artinya: siapa namamu?

Ismiy fatin
Artinya: nama saya fatin

Aina baituki?
Artinya: dimana rumahmu?

Baitiy fii solo
Artinya: rumah saya di solo

Kam roqmu jawwaliki?
Artinya: berapa nomer hp mu?

Aina tadrusiina?
Artinya: dimana sekolahmu?

adrusu fii jami'ati Malang
(saya kuliah di univ. Malang)

BELAJAR PERKENALAN 
Nanda : Ismiy isra
Baiti fi asyih gharbiyah
Raqmu jawwaliy 082273212503
Ana adrusu fi jami'ah Ar-Raniry Aceh

Nanda: Ismiy Dita
Baiti fii Jakarta
Raqmu Jawwali 087875594513
Adrusu fii jami'ati SMK YPR Jakarta

Nanda: Ismiy Riski ika wati
Baitiy fii Jakarta
roqmu jawwaliki 081291326452
Adrusu fii jami'ati STKIP Kusuma Negara Jakarta

Nanda: Ismiy Fia Latiefa
Baitiy fii Garut
Roqmu jawwaliy 089615241623
Ana adrusu fii jami'ati STAIDA Muhammadiyah Garut

Nanda: Ismiy Muflikha
Baiti fi asyih gharbiyah
Raqmu jawwaliy +85255940147
Ana adrusu fi Banyuwangi

Nanda : Ismiy Ria
Baiti fii Purwokerto
Raqmu jawwaliy +(852) 54931048
Ana adrusu fii jami'ati SMK swagaya 1 Purwokerto

Ustadzah : Tadi sebagian nanda-nanda sudah pada mencoba ya?

TANYA JAWAB 

Tanya: 
Bahasa arab "datang bulan itu ap ya ustadzah?
Jawab :
Bahasa arabnya haid adalah حيض (darah haidnya)
Kalo orang yg haid (حائض ) Itu bahasa 'amiyah nanda
Kalau yang fusha maa ana bi shihhatin

Tanya : 
Ustadzah biasa kalau di odoj itu kita kalau lagi datang bulan, pasti bilang nya undzur.. Itu benar gak ?
Jawab : 
Berhalangan: udzur
Itu yang benar ukhti susi

Tanya : 
Kalau ke kanan Ke kiri, Lurus/jalan lurus. Apa bahasa arabnya ustadzah?
Jawab :
Kanan: yamin
Kiri: syimal
Jalan lurus: masyu

Tanya : 
hehee kalau keringatan itu gimana ustadzah soalya saya lagi keringatan
Jawab :
Hehe kuntu 'arqon, atau a'riqu

Tanya : 
Aku lagi nyuci sayur sama nyuci ikan
Jawab : 
ukhty ria hehee,  agsilu khadrawat was samak

Tanya :Saya sedang makan
Jawab :
"Ana akulu" itu saya sedang makan

Tanya : 
Ustadzah bedanya pengucapan syukron sama jazakillah itu pada saat apa?
Jawab : 
Bedanya syukran dengan jazakillah
Syukran = terimakasih
Jazakillah = semoga Allah membalasmu
Bedanya yang satu tanda ucapan dan yang satunya doa

Tanya : 
Ustadzah kalo saya sedang makan cukup "akulu" aja kan?? G pake "ana" lagi, kan "akulu" udah mewakili dhomir ana... bener g?
Jawab :
Yupz benar nanda elin

Tanya :
Oya, tadz....nahwu shorof itu sbaiknya dipelajari di awal apa akhir? Sebab kalo di gontor sendiri itu dipelajari di akhir.
Jawab:
Nahwu shorof merupakan ilmu alat dalam bahasa arab yang didalamnya terdapat peraturan-peraturan berbahasa. Kalau dalam bahasa inggris disebut grammar dan tenses. Untuk mempelajarinya bukan berarti baiknya di akhir, tetapi suatu pondok pasti punya orientasi sendri bahwa santrinya mau diarahkan kemana, kalau orientasinya paham bahasa agama dengan memahami kitab-kitab arab maka perlu diajarkan nahwu shorof dengan porsi lebih d awal, tapi jika orientasinya agar santri dapat mahir bercakap-cakap, inilah yang baiknya nahwu shorof diakhirkan dan yang nantinya akan mengimbangi sendiri ketika bercakap-cakap. Walau ilmu nahwu dan shorof itu dilihat membingungkan, tapi perlahan kita pelajari pun akhrnya lama2 bisa.

Tanya:
Belajar bahasa arab hukumnya apa ustadz? Di yaumil akhir nanti kita akan ditanya pake bahasa arab ya ustadz?
Jawab:
Belajar bahasa arab hukumnya fardhu kifayah, karena dengan bahasa inilah sebagai alat dan jembatan memahami ilmu agama. Dan di hari akhir  nanti iya  ditanyainya pakai bahasa arab

Tanya:
Ustadzah mau tanya, katanya dalam bahasa arab jawaban salam yang benar itu "wa'alaikumussalam" bener ga ustadzah? Penjelasannya gimana? Kalo dtulis indo /  hanya عليكم اسلام gimana?
Jawab:
Menjawab salam:
Tulisan dalam bahasa arab:
وعليكم السلام Maka huruf mim dapat di kata 'alaikum dapat dibaca sukun ('alaikum) yang lalu alif lam di kata as salaam tidak dibaca  ('alaikum salam). Boleh juga alif lam di kata salaam dibaca ('alaikumussalaam). Jadinya 'alaikumussalaam, atau 'alaikum salam. .

Alhamdulillah..
Semoga ilmu dan pengetahuan yang baru saja kita dapat menambah keberkahan dalam hidup kita.
Baiklah, Kita cukupkan disini dulu ya. Mari kita tutup dengan hamdalah dan doa kafarotul majlis

Hayya nakhtatim bil hamdalah
Afwan nanda-nanda kalau ada kata yang salah
Assalamu'alaikum warahmah wa bbrakatuh