Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Bukti adanya Alloh

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT (HA 06 UMMI)

Hari / Tanggal : Senin, 25 Agustus 2014
Materi: Bukti adanya Alloh
Narasumber: Ustadz Kaspinur
Notulen : Fartianty
Editor : Retno & Ana Trienta

Ada 4 dalil / bukti yang menunjukkan adanya Allah:

🎊 Fitrah Manusia
Setiap makhluk telah diciptakan dalam keadaan beriman kepada Allah swt secara fitrahnya begitu, kecuali ada pengaruh dari luar. Sabda Rosul saw: "Tidak lahir seorang anak kecuali atas fitrah maka bapak ibunya lah yang membuat ia Nasrani atau Yahudi atau Majusi"

🎊 Dalil Akal
Sesungguhnya akal yang sehat akan mengatakan bahwa semesta ini ada Penciptanya dan mustahil terjadi sendiri atau secara kebetulan (52:35)

🎊 Dalil Syar'i
Seluruh kitab suci langit yang diturunkan mengajarkan adanya pencipta yang wajib disembah

🎊 Dalil Panca Indra
Bisa dilihat pada dua segi:
1. Pengabulan Doa (6:63-64)
2. Mukjizat (3:49)

  • Mukjizat Nabi Musa (2:60)
  • Mukjizat Nabi Isa (5:110)
  • Mukjizat Nabi Muhammad (54:123
DISKUSI

Tanya : 
Sebenarnya agama samawi atau agama langit memiliki Tuhan yang sama atau berbeda?Ataukah hanya sama dari sifatnya yang Esa?
Jawab : 
Sama yaitu Alloh swt

Tanya : 
Semua manusia telah diciptakan dalam keadaan beriman. Lalu ada muslim yang berpindah ke lain agama setelah dewasa bisa karena pernikahan misalnya. Itu gimana ustadz?
Jawab : 
Itulah yang disebut pengaruh luar..dia murtad

Tanya : 
Apakah setiap orang yang di luar islam pasti mendapatkan kegelisahan dengan agama yang dianutnyakah? Bagaimana dengan yang atheis?
Jawab : 
Ya, jiwa mereka gelisah termasuk yang atheis

Tanya : 
Kalo kasusnya kayak gini ustadz? Muslim tapi jauh dari aktifitas sebagai muslim, shalat ga pernah?
Jawab : 
Muslim tapi fasik

Tanya : 
Seorang muslim ingin keluar dari pekerjaan yang berhubungan dengan riba. Mana yang lebih baik, tetap bekerja di tempat yang sama sambil terus berusaha mencari pekerjaan lain atau langsung keluar  dengan tanggung jawab si muslim ini sebagai kepala keluarga
Jawab : 
Ini memang butuh keyakinan yang kuat dan usaha yang mantap. Rezeki Allah Yang Maha Mengatur. Kalau kita meninggalkan yang haram karena Allah, maka in sya Allah Allah ganti dengan yang lebih baik sesuai doa dan usaha kita apalagi sebagai kepala keluarga...Yakin kan dulu diri, istri dan anak juga minta restu kepada ibu bapak. Rezeki itu yang penting berkah dan banyak banyak tapi ga berkah kasihan anak istri yang memakannya darah daging nya tumbuh dari sesuatu yang haram, ini bisa jadi bencana suatu hari. maaf.

Tanya : 
Hukum memotong rambut dan kuku ketika haid karena pernah dengar tidak diperbolehkan, tapi dalilnya kurang jelas...
Jawab : 
Boleh..tiada hadits yang melarang

Tanya : 
Ustadz apa sudah pernah membaca tafsir al misbah? Apa betul di kitab tersebut ditafsirkan bahwa seorang muslim tidak wajib berhijab, hanya untuk yang sudah memakai, kerudung dipanjangkan hingga menutup dada. #saya sendiri belum pernah membaca..
Jawab : 
Ia..saya juga belum baca. Hijab atau jilbab hukumnya wajib. Jika ada penafsiran lain itu adalah minoritas sementara mayoritas ulama mewajibkannya. Ketika perintah berjilbab turun dikisahkan para umahat sahabiyah langsung mengambil kain apa saja yang bisa mereka pakaikan untuk jilbab ada yang pake taplak meja, hordeng dsb nya.

Tanya : 
Dosa seperti apa yang mengakibatkan hati menjadi keras bahkan lebih keras dari batu seperti yang diceritakan Alloh dalam surat Al-baqarah..apakah bisa menimpa muslim juga?
Jawab : 
Dosa menolak hidayah Islam. Seorang muslim jika terus menerus berbuat dosa dengan tidak melakukan kewajiban dan malah maksiat maka bisa hatinya membatu.

Tanya : 
Contoh kasus neh ustadz ketika seseorang sakit terus dia pergi ke orang/dukun minta obat biar sembuh. Katanya seh cuman dikasi air putih. Apakah itu masuk ke syirik? Gini juga ustadz ketika orang pulang haji/umrah ada uang yang sengaja dibawa ketika ibadah, setelah pulang dibuat jadi penglaris
Jawab : 
Iya ga boleh datang ke dukun karena dukun musyrik walau aIr putih. Uang buat penglaris juga musyrik meskipun dari tanah suci

Tanya : 
Jika Umat Islam sudah bersyahadat, mengakui bahwa Tiada Tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad SAW adalah utusan Allah, bagaimana pandangan Islam dalam kasus sbb: 
  1. Seorang muslim yang menyuap/menyogok kepada pihak lain agar dimudahkan urusannya/ diterima bekerja / anaknya diterima di sekolah tertentu, apakah ini bisa dikategorikan syirik dan menduakan Allah? 
  2. Bagaimana pula pandangan Islam dalam hal tabur bunga dan siram air di kuburan, baca Qur'an dll ketika berziarah kubur? Jika itu semua masih dilakukan sementara pelaku mengaku hanya menyembah Allah SWT saja, berdosakah? 
  3. Mana yang lebih besar dosanya, kafir atau fasik? Jazakallah khair
Jawab : 
  1. Nyogok hukum nya haram
  2. Tabur bunga dan siram air juga baca quran ada yang membolehkan ada yang mengharamkan namun ziarah kubur hukumnya boleh jika untuk mengingat mati dan mendoakan mayit. Bukan minta minta kekubur.
  3. Dosa itu urusan Allah besar kecilnya yang jelas kita dilarang fasik atau kafir
Tanya : 
Ustadzah, maaf ada seorang pejabat yang ikut ritual di pantai, padahal beliau berasal dari partai yang islami.. Itu bagaimana ya? Apakah dimaklumi karena dia pejabat? Syukron.
Jawab : 
Memang jadi pejabat tidak semudah yang kita fikir tapi memang sebisa mungkin meminimalisir kemusyrikan seperti larung kepala kerbau dilaut. Kemarin Sabtu saya ikut seminar dengan pembicara Gubernur Ahmad Heryawan beliau katakan bahwa acara sedekah laut itu kepala kerbau di ganti dengan pelepasan penyu ke laut. Memang harus ada alternatif yang bisa diterima semua pihak tanpa syirik.

Iya itu bu kemaren sabtu saya ketemu beliau beliau berkata seperti itu, inilah perjuangan seorang pemimpin, beraaattt banget banyak pihak-pihak yang tidak suka dan mengekspos yang "kurang" menurut mereka sementara 155 penghargaan yang beliau raih tidak terkemuka. Media jadi rujukan untuk mengangkat dan menjatuhkan. Saya bersyukur bisa bertemu beliau dan dapat pertanyaan seperti itu dari bu lucky, semua bukan kebetulan.

Doa Kafaratul Majelis

سبحا نك اللهم و بحمدك اشهد ان لا اله الا انت استغفر ك و اتو ب اليك

Subhanakallahumma wa bihamdika asyhaduanla ila hailla anta astaghfiruka wa atu bu ilaika
Mahasuci engkau ya allah, dan segala puji bagimu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku mohon ampun dan bertobat padaMu