Home » , » Detik-detik Menjelang Ajal dan Sesudahnya

Detik-detik Menjelang Ajal dan Sesudahnya

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, August 6, 2014

Kajian Online WA Hamba الله SWT (HA 06 Ummi)

Hari / Tanggal : Rabu, 06 Agustus 2014
Materi : Detik-detik Menjelang Ajal dan Sesudahnya
Narasumber : Ustadz Rudi
Notulen : Retno

بسم الله الر حمن الر حيم

Kita bahas yang tidak terlalu berat saja, namun yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Saya akan ketik sedikit pengantar, lalu kita diskusi dan tanya jawab.

Detik-Detik Menjelang Ajal dan Sesudahnya

Assalamu'alaykum warahmatullah.
Para Ummi yg dicintai Oleh Allah. Tujuan akhir dari kehidupan kita adalah kematian. Kita hidup untuk Mati, kita bekerja, berusaha, beramal, dll untuk mempersiapkan diri menuju saat kematian kelak.

Ada banyak sekali rahasia tentang kematian yg membuat manusia bingung, hingga cenderung membuat mereka melenceng dari Syari'at Allah. Bahkan banyak sekali tontonan yang mendangkalkan aqidah kita lihat di TV. Misalkan digambarkan orang meninggal masih bisa berkeliaran, atau meninggal ruhnya terbang dengan damai, atau meninggal tapi mampu menakut-nakuti orang. Ini adalah pendangkalan aqidah yang jelas-jelas bertentangan dengan sunnah Rasulullah. Lalu bagaimanakan proses kematian yg sebenarnya menurut Hadits. Berikut akan sedikit saya jelaskan.

Sesungguhnya seorang mukmin apabila terlah terputus dari dunia menuju akhirat, maka akan turun malaikan berwajah cerah dari syurga membawa kain kafan dan minyak wangi dari syurga. Mereka duduk di dekat mukmin tersebut, lalu datanglah malaikat pencabut nyawa. "Wahai jiwa yang muthmainah, keluarlah menuju ampunan dan keridhaan Allah." Maka nyawanya mengalir keluar bagai air yang keluar dari kendi, lalu para maikat menyambutnya dengan memberi sholawat antara langit dan bumi. Para malaikan di langit membuka pintu2nya, lalu memohon kpd Allah agar menaikkan ruhnya dr sisi mereka. Lalu dibawalah ruhnya ke langit, setiap bertemu malaikat mrka berkata: Siapakah Hamba Allah yang mulia ini?" Mereka menyebut dengan nama yang mulia. Lalu diantarlah nyawa si mukmin sampai langit ke 7. Lalu amalannya ditulis di kitab bernama 'illiyin.

Setelah itu Ruh nya dikembalikan lagi ke bumi menuju jasadnya. Saat ruhnya sampai ke jasad, dia mendengar suara langkah kaki-kaki saudara-saudara, sahabat-sahabat dari teman-temanya meninggalkannya di Kubur. Lalu turunlah malaikan munkar dan nangkir memberikan pertanyaan. Jika dia Mukmin maka Allah meneguhkan ucapannya menjawab pertanyaan malaikat. Lalu datanglah seorang yg rupawan dan berpakaian amat bagus. Di berkata "Akulah amalan baik mu di dunia, setiap hari enggaku mengenakanku di dunia"

Lalu di bukakan 2 pintu di hadapannya. Pintu syurga dan neraka. Malaikat berkata, jika engkau beramalan buruk maka neraka ini tempatmu, kelak engkau akan tinggal di syurga. Orang mukmin lalu berdo'a. "Ya Allah percepatlah datangnya hari kiamat"

Hal yang berbeda terjadi jika yang mati kaum kafir, nyawanya dicabut dengan paksa, para malaikat melaknatnya, ditemani orang amalannya yang jelek dan menyeramkan, lalu di bukakan pintu neraka dihadapannya. Ada banyak sekali rahasia yang tersembunyi di Alam kubur. Namun yang paling penting adalah bagaimana kita mengakhiri petualangan kita di dunia. Apakah dengan Husnul Khotimah atau Su'ul Khotimah.
Ada banyak penyebab su'ul khatimah, namun yang paling besar adalah karena aqidah yang tidak murni. Karna Aqidah yg rusaklah maka keimanan dan amal perbuatan juga rusak. Sedangkan Husnul khatimah terutama dieperolah melalui aqidah yg benar. Sehingga benar pula keimanan dan amal perbuatannya. Setidaknya ada 20 jenis kematian yg dilategorikan husnul khatimah, diantaranya mengucap syahadat saat sakaratul maut, jidah fisabilillah, krna mencari nafkah, membela diri, keluarga dan negara.
Demikian sedikit pengantar singkat dari saya. Jika ada pertanyaan atau yg mau di diskusikan, dipersilahkan..

DISKUSI
Tanya : 
Sebenernya siapa yang suka d sebut setan bergentayangan itu.. Itu benar/tidak adanya. Karena dulu saya pernah lihat Pocong dan perempuan rambut panjang dengan muka ditutupi rambut. Dan sering denger suara yang katanya kuntilanak???
Jawab : 
Pertama yang harus kita bedakan adalah antara Jin, Setan dan Iblis
  1. Jin adalah makluk Allah yang memiliki sifat berbeda dengan manusia. Dia memiliki akal dan nafsu, seperti manusia. Juga memiliki beban menjalankan syariat seperti manusia 
  2. Setan, setan itu adalah Sifat. Dalam bahasa arab disematkan untuk makhluk yg menentang atau membangkang 
  3. Iblis adalah dedengkotnya Jin yang membangkang, dia juga punya keturunan layaknya Jin umumnya. Setiap keturunannya sdh pasti memiliki sifat setan.
Jadi yg dilihat manusia itu adalah Jin yg memiliki sifat setan. Sedang ruh manusia itu sdh ada di alam kubur mempertanggungjawabkan amalannya.. Wallahukalam..

Tanya :
  • Khusnul khatimah karena mencari nafkah maksudnya gimana ustadz? 
  • Kalo meninggal karena kecelakaan katanya khusnul khatimah juga ya?
Jawab :
  • Jika seorang ayah keluar rumah, dengan niat mencari nafkah untuk keluarganya karena Allah kemudian dia meninggal, misalnya karena kecelakaan kerja maka beliau husnul khatimah 
  • Iya betul, husnul khatimah, namun perbuatan dan tujuannya tidak boleh maksiat atau karena melanggar perintah Allah..
Tanya : 
Selain para syuhada.. siapa lagi yang bisa mendapatkan derajat syahid ustadz?
Jawab : 
syahid dan syuhada itu sama. Syahid : tunggal, jamaknya syuhada. Jadi yg syuhada itu pasti orang yg syahid 
 
Tanya : 
Afwan maksudnya selain yang jihad qital, jihad karena perang. Siapa lagi yang bisa dapat pahala syahid ustadz?
Jawab :
menurut Hadits Rasulullah :
"Siapa yang terbunuh di jalan Allah maka dia syahid. Siapa yg mati karena wabah penyakit tha'un dia syahid, siapa yg mati karena sakit perut, dia syahid, siapa yg mati karena tenggelam, dia syahid" (HR. Muslim 1951)

Dalam hal diatas para ulama menyepakati beberapa sebab lain juga dikategorikan syahid, seperti karena melahirkan, membela keluarga, membela harta, membela diri, karena hamil, beramal shaleh, dan tugas dakwah. 
Tanya : 
Tentang hadits yang diatas pak "siapa yang mati karena sakit perut dia syahid". Itu sakit perut yang kayak gimana?
Jawab : 
Sakit perut yang (dimaksud) adalah mencret (diare) yang parah karena (salah) pencernaan atau campuran rusak (makanan dan enzim perncernaan) karena adanya sisa-sisa (bahan yang tidak dibutuhkan pencernaan) yang mempengaruhi lambung berupa campuran. Campuran ini bisa mengganggu kestabilan makanan di dalam perut. Lambung itu stabil (tidak bergerak cepat) kita serupakan sebuah serbet (yang stabil). Apabila campuran mengganggunya maka akan merusak juga makanan yang sampai ke lambung.
Yang dimaksud di sini adalah baginya pahala mati syahid. Akan tetapi mayatnya tidak diurus sebagaimana orang mati syahid (orang yang mati syahid tidak perlu dimandikan dan dikafani, pent).  Maka jasadnya tetap dimandikan, dikafani dan dishalatkan berbeda dengan syahid di medan peperangan maka ia dikubur dengan pakaian syahidnya di dunia, tidak dimandikan, tidak dishalatkan sebagaimana pendapat yang masyhur di kalangan ulama.

Tanya : 
Afwan pak pernah denger katanya kalo anak kecil meninggal nanti bisa bantu orang tuanya di akhirat, itu gimana pak?
Jawab : 
Ya betul, jika seorang anak kecil (belum baligh) meninggal, lalu orang tuanya bersabar karena Allah. Maka mereka akan menjadi penolong orang tuanya. Dalam satu hadist disebut menjadi dinding orang tuanya dari api neraka, di hadits lain dia akan menarik baju orang tuanya sampai ia masuk syurga. 
Tanya : 
Ustad apa betul wujud malaikat yang menjemput kita ketika sakratul maut tergantung amal ibadah dikala hidup? #semakin banyak amalan nya yang menjemput semakin harum dan tidak menyeramkan?
Jawab : 
Betul, berdasarkan hadits Rasulullah yang di sahihkan imam ahli hadits, bisa dilihat di kitab Ahkamul-Janaiz halaman 202, tafsir ibnu katsir juz 2, hal 131, atau Fathur Bari juz 3, hal 234-240.

Namun perlu dipahami, yang disebutkan itu adalah malaikan pendamping, bukan 'Izrail. Ibaratnya kalau orang mau nikah kan ada yg mengantar. Kelak kita juga akan dihantar menuju malam pertama kita di Alam Kubur. Kalau malam pertama di dunia itu umumnya indah, malam pertama di alam kubur bisa jadi awal datangnya siksaan..
Tanya : 
Tadz, mau nanya.. Apakah benar setiap hambanNya pasti akan merasakan neraka dahulu sebagai pembalasan atas dosanya baru setelah itu akan dimasukkan ke surga?
Jawab : 
Rasulullah dan orang-orang dijamin Rasulullah masuk syurga, serta orang yang meninggal tanpa dosa akan masuk syurga tanpa melalui neraka. Sedangkan mereka yang Beriman dan Besyahadat yang memiliki dosa (Bukan dosa syirik, kafir). Maka akan melalu neraka terlebih dahulu untuk membersihkannya dari dosa-dosanya. 
Tanya :
  • Siapa aja pak yang dijamin Rasulallah masuk syurga? 
  • Kalo mimpi di datengi sama orang meninggal itu gimana pak? 
  • Do'a seseorang untuk orang yang sudah meninggal itu apakah bisa bukan dari anaknya atau keluarganya? Contoh kasus seperti ini ini pak : saya dulu di rawat atau di besarkan oleh seseorang, saya manggilnya ibu, bisa di bilang seperti khadimat pak tapi saya lebih banyak aktifitas di rumah ibu asuh, makan juga kadang disana.. Yaaa singkat cerita udah kayak ibu sendiri, sekarang sudah meninggal. Yang saya tanyakan nyampe ga do'a saya ke ibu itu, kalo saya do'akan? Udah berapa kali mimpi tentang ibu, kata mama karena ga pernah do'a
Jawab : 
  • Rasulullah pernah menjamin 10 sahabat masuk syurga, abu bakar, umar, usman, ali, thalhah, az subair, sa'ad, abdurahman bin auf, sa'I'd bin zaid. Selebih dari itu hanya Allah yang bisa menjaminnya. 
  • Jika memimpikan orang yg sdh meninggal. Bisa terjadi? Bisa saja. Karna ruh orang meninggal dengan ruh yang keluar dair jasad ketika tidur bisa bertemu (dengan izin Allah). Namun ruh yang keluar saat tidur bisa kembali. Yang meninggal tidak. Bisa dilihat tafsir Az Zumar :42. Namun bisa juga itu bukan ruh dari keluarga yang meninggal, tapi jin pendampingnya semasa hidup atau bisa jadi jin (setan) yang datang mengganggu. 
  • In syaa Allah do'anya sampai. Bahkan do'a ummat muslim yang tidak beliau kenal pun sampai. Dalam sholat kita sering mendo'akan ummat muslim secara keseluruhan.
Tanya : 
Saya sudah beberapa kali mimpikan si ibu. Salah satunya si ibu hanya datang saja ga ngomong apa-apa kata mama kalo mimpi orang yang sudah meninggal tapi cuman datang aja ga ngomong itu beneran di cari, itu gimana pak? Jadi ngeri
Jawab : sebelum tidur berlindunglah pada Allah, Berwudhu. Baca ayat Kursi, surah Al Ikhlas, Al falaq dan An Nas. Mudah-mudahan Allah melindungi dr gangguan jin sampai pagi.

Tanya : 
Jin pendamping semasa hidup itu apa ya ustadz?
Jawab : 
Setiap manusia yang lahir akan didampingi jin yang bernama Jin Qorin. Hadits Rasulullah "Setiap orang diantara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan Jin" (HR. Muslim), atau baca tafsir Qaf : 27). Tugasnya adalah menggoda manusia. Namun jika si Manusia memiliki iman dan ibadah yang kuat jin ini juga bisa masuk Islam. Rasulullah juga punya Jin Qorin. Setelah manusia meninggal jin ini belum meninggal, karena umur jin bisa mencapai ribuan tahun.. 
Tanya : 
Ada cerita di keluarga kalo dulu kakak saya bisa lihat makhluk halus. Saya sendiri ga percaya pak karena makhluk ghaib ga bisa di lihat. Tapi ada beberapa keluarga yang cerita dulu waktu kakak saya kecil sering ngobrol sendiri, ketika ditanya ngobrol sama siapa katanya sama temennya. Akhirnya keluarga nyari cara biar kakak ga bisa lihat temennya yang ga kelihatan itu
Menurut bapak gimana, apakah itu hanya imajinasi seorang anak kecil saja, atau memang ada orang yg dikasi kelebihan bisa lihat makhluk ghaib?
Jawab : 
Fenomena Indigo ini memang banyak ditanyakan. Namun yang kita harus yakini yang benar-benar kita lihat, jangan percaya isu. Karena perkara Gaib hanya Allah yang tahu. Dari segi kedokteran (mungkin para dokter bisa menjelaskan kalo salah). Anak indigo ini disebut Mengidap ADHD. Semacam gangguang perkembangan aktivitas motorik. Namun apakah jin bisa dilihat, bisa, tetapi jin harus merubah bentuk ke bentuk lain. Kondisi bisa melihat jin jelas tidak Normal, dan perlu diobati.. 
Tanya : 
Tanya lagi tadz... Apakah benar nanti ketika kiamat yang tersisa hanya orang-orang kafir saja yang tidak beriman? Katanya semakin mendekati hari kiamat orang beriman semakin habis
Jawab : 
Maksudnya ummat muslim akan dimatikan Allah saat sebelum kiamat terjadi. Sehingga mereka tidak merasakan guncangan saat kiamat berlangsung. Wallahu'alam.. 
Tanya : 
Ada orang yang bisa ketemu ruhnya wali Allah dan berbicara dengannya. Apa itu bisa terjadi?
Jawab : 
Sejauh ini ana belum ada ketemu nash yang mengatakan itu bisa terjadi. (Mungkin asatidz lain ada, silahkan dijawab). Yang ada dalilnya bertemu dalam mimpi. Namun biasanya mereka jumpai itu adalah jin pendamping mereka. Karena jin pendamping itu dari kecil sampai meninggal bersama si manusia, dia bisa meniru tingkah, wajah dan suaranya.
Tanya : 
Bagaimana dengan orang yang mengatakan tentang Asmaul Husna yang kita dianjurkan untuk membacanya setiap dalam dzikir kita, yang dihitung dari Jumlah tanggal bulan tahun kelahiran plus nama lengkap kita? Adakah dalil nya dlm Al Qur'an /Hadist? Misal: saya kelahiran tanggal bulan tahun sekian plus nama lengkap saya, maka Asmaul Husna yg harus saya baca dalam dzikir adalah Ya Fattah Ya Aliim sekian kali. Bagaimana?
Jawab : 
Kita harus berhati-hati dalam hal ini. Karena banyak sekali bid'ah yang ada di masyarakat. Sebaiknya kerjakan saja dzikir yang jelas ada dalilnya. Dzikir diatas tidak ada dicontohkan Rasulullah. Apalagi bulan, tahun dan tanggal dipakai adalah tanggal masehi. Tanggal masehi bukan produk islam..
Tanya : 
Ustadz, masih boleh tanya ga? apa betul orang yang suka ngamalin bacaan-bacaan seperti orang jaman dulu meninggalnya susah, seperti yang punya jimat atau yang lain. Bukannya kematian orang sudah ditentukan waktunya? Syukron
Jawab : 
Jodoh, rezeki, maut itu di tangan Allah, siapapun tidak bisa mengganggu gugat. Jad tidak benar kalau karena amalan atau jimat umurnya bisa panjang. Malah hal ini jelas musyrik. Jika Allah menetapkan maka pasti akan terjadi tanpa berubah waktunya 1/1000 detik sekalipun..
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT