Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Hadist - Bulan Syawal & Kajian Umum

Kajian Online WA Hamba الله SWT (HA 101, 105, 106 Nanda)
 
Hari / Tanggal : Jumat, 1 Agustus 2014
Narasumber : Ustd. Dodi Kristono
Materi : Hadist - Bulan Syawal & Kajian Umum
Notulen: Ana Trienta
 
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 
Apa kabarnya para Nanda cantik nan solehah? Semoga bertambah kesehatan dan keimanannya yaa
آمِــــــــــيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِــــــــــيْنَ

 Karena ini perdana dan temanya adalah tentang HADIS Maka disni hanya dibawakan tentang hadist shohih, dhaif dan palsu terhadap bulan syawal yaa

 بسم الله الرحمن الرحيم
Kumpulan Hadis Shahih, Dhaif dan Palsu tentang Bulan Syawal

A. HADITS SHAHIH

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ رواه مسلم وأبو داود والترمذي والنسائي وابن ماجه

Dari Abu Ayyub al Anshari Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda  “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan, lalu diiringi dengan puasa enam hari pada bulan Syawal, maka dia seperti puasa sepanjang tahun”. Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud, at Tirmidzi, an Nasaa-i dan Ibnu Majah

عَنْ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا رواه ابن ماجه والنسائي ولفظه :

     Dari Tsauban maula (pembantu) Rasulullah SAW, dari Rasulullah SAW  bersabda : “Barangsiapa yang melakukan puasa enam hari setelah hari raya ‘Idul Fithri, maka, itu menjadi penyempurna puasa satu tahun. Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya – QS al An’am/6 ayat 160

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Imam Nasaa-i dengan lafazh :

جَعَلَ اللهُ الْحَسَنَةَ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا فَشَهْرٌ بِعَشْرَةِ أَشْهُرٍ وَصِيَامُ سِتَّةِ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ تَمَامُ السَّنَةَ

Allah menjadikan (ganjaran) kebaikan itu sepuluh kali lipat, satu bulan sama dengan sepuluh bulan; dan puasa enam hari setelah hari raya ‘Idul Fithri merupakan penyempurna satu tahun

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Khuzaimah dalam Shahih-nya dengan lafazh :

صِيَامُ شَهْرِ رَمَضَانَ بِعَشَرَةِ أَشْهُرٍ وَصِيَامُ سِتَّةِ أَيَّامٍ بِشَهْرَيْنِ فَذَلِكَ صِيَامُ السَّنَةِ

Puasa bulan Ramadhan, (ganjarannya) sepuluh bulan dan puasa enam hari (sama dengan) dua bulan. Itulah puasa satu tahun

Diriwayatkan pula oleh Ibnu Hibban dalam Shahih-nya dengan lafazh :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ وَسِتًّا مِنْ شَوَّالٍ فَقَدْ صَامَ السَّنَةَ

Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dan enam hari pada bulan Syawal, berarti sudah melaksanakan puasa satu tahun

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ وَأَتْبَعَه بِسِتٍّ مِنْ شَوَّالٍ فَكَأَنَّمَا صَامَ الدَّهْرَ رواه البزار وأحد طرقه عنده صحيح

Bersabda  صلى الله عليه وسلم Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, dari Nabi
Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengiringinya dengan enam hari dari bulan Syawal, maka seakan dia sudah berpuasa satu tahun”. Diriwayatkan oleh al Bazzar, dan salah satu jalur beliau adalah shahih

Semua hadits di atas dinyatakan shahih oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani, sebagaimana terdapat pada kitab Shahihut Targhibi wat Tarhib, no. 1006, 1007 dan 1008.

B. HADITS DHA’IF
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ وَشَوَّالاً وَالأَرْبِعَاءَ وَالْخَمِيْسَ وَالْجُمْعَةَ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, Syawal, hari Rabu, Kamis dan Jum’at, maka dia akan masuk surga

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad, 3/416, dari Hilal bin Khabbab dari Ikrimah bin Khalid, dia mengatakan : Aku diberitahu oleh salah satu dari orang pandai Quraisy, aku diberitahu oleh bapakku bahwasanya dia mendengar dari belahan bibir Rasulullah صلى الله عليه وسلم  … lalu dia membawakan hadits di atas.

Syaikh al Albani mengatakan :
Ini merupakan sanad yang lemah, karena orang pandai dari kalangan Quraisy ini tidak diketahui jati dirinya. Dan Hilal, orangnya shaduq (jujur dan terpercaya), tetapi dia berubah pada masa tuanya, sebagaimana dijelaskan dalam kitab at Taqriib.

C. HADITS MAUDHU’ (PALSU)
 
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ وَأَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ خَرَجَ مِنْ ذُنُوْبِهِ كَيَوْمٍ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

Barangsiapa berpuasa Ramadhan, lalu diiringi dengan puasa enam hari dari bulan Syawal, maka dia keluar dari dosa-dosanya sebagaimana saat dilahirkan dari perut ibunya

Syaikh al Albani mengatakan :
Maudhu’ (palsu). Diriwayatkan oleh Imam ath Thabrani dalam kitab al Ausath melalui jalur Imran bin Harun, kami diberitahu oleh Maslamah bin Ali, kami diberitahu oleh Abu Abdillah al Hamsh dari Nafi’ dari Ibnu ‘Umar secara marfu’, dan beliau rahimahullah (Ath Thabrani) mengatakan : Hadits ini tidak diriwayatkan, kecuali oleh Abu Abdillah, dan Maslamah menyendiri dalam membawakan riwayat ini.
والله أعلم بالصواب

TANYA JAWAB
1. Pak gimana puasa syawal Rosulullah? 6 hari berturut-turut atau berselang?
Jawab 
Selama bulan syawal, tidak harus berurutan. Karena tidak adanya hadis yang memerintahkan di tanggal 2-7 Syawal. Ini landasan dalilnya.

2. Kalo nia mah terbiasa bayar qodho dulu baru puasa syawal... cuma jadi penasaran,apa bedanya hadist palsu sama hadist dhoif... itu berdasarkan apa ya?
Jawab
Berdasarkan periwayatan hadist tersebut... Bener nggak kalau diurut keatas, akan sampai ke Rasulullah... Kalau tidak sampai bisa masuk kategori dhoif dan palsu.

3. Nah kalo kaya kita ndak paham pak.bagaimana cara tau hadits dhoif atau ndak?apa ada buku patokannya
Jawab
Kudu belajar khusus. Jika belum ada waktu, tanyakan ke guru kita masing masing yaaa

Tanggapan
Dan yang palsu dan dhoif itu pasti ga boleh dipake ya pa?
Jawab
Iyaaaaa

4. Berarti kalo yang puasa cuma 3 hari bisa dapat setengah tahun ya..bisa gitu ya pak
Jawab
Nda usah dihitung hitung... Sudah ada malaikat yang menghitung kaaannn Ramadhan itukan  →  10 Bulan Puasa
Syawal itu  →  2 bulan puasa
Kalau digabung pas 12 bulan puasa.Jadinya setahun

5. Oia pak, ini serius banyak yang debat puasa apa dulu..yang paling shahih puasa utang apa syawal
Jawab 
A. Afdholnya Qodho dulu baru syawal.
B. Jika qodhonya beraaat, maka Qodho dikasih kesempatan yang panjang untuk melakukannya, sampai menjelang ramadhan berikutnya, maka boleh kerjakan syawal dulu.

6. Pak dody diluar tema
Ummi,,mau tanya nih. Apakah menghitamkan rambut atau nyemir rambut ituh haram hukumnya dalam islam. Dan mencukur alis apakah haram jg kah?
Jawab 
Mewarnai dengan HITAM ini yang dilarang, warna lain diperbolehkan, disukai orange kemerah merahan 
Mencukur alis juga DIHARAMKAN dalam Islam

7. Pak dodi, mohon penjelasan tentang puasa di hari jum'at, pengen puasa qadha mulainya dari hari ini, selama ini taunya kalo puasa hari jum'at itu diperbolehkan asal dilakukan sampai minggu cuma teman saya bilang puasa hari Jum'at itu makruh hukumnya. Terima kasih
Jawab 
Boleh... Lakukan saja yaaa

8. Pak Dodi kalau kita mengqodho dulu apa boleh kita mengharap puasa syawal juga?
Jawab 
Tak Boleeee

9. Saya udah mulai puasa syawal hari ini hari ke 3, setelah puasa syawal In syaa Allah baru mau lanjut qodho.. khawatir karena saya belum halangan bulan ini dan banyak acara ke depan takut saya ga bisa puasa dan kehabisan syawal.. Ga apa yah pak?
Jawab 
Tak apeeee. Masuk kelompok B

ANJING & NAJIS
10. Pak,kalo ada orang abis mainan anjing terus pegang kita apa perlu kita bersihkan pakai tanah?  makasih
Jawab 
Yang najis itu adalah air liurnya. Jika kita terkena air liurnya dari tangan teman kita dan masih basah, maka tangan perlu kita bersihkan jugaaa

11. Jadi kalo ngelus bulunya anjing boleh ya pak?
Jawab
Boleh boleh saja Teh Mae

AIR WUDHU
12. Pak mau tanya tentang air yang mensucikan / yang boleh buat wudhu? Ada yang bilang kalo yang kena cipratan saat mandi atau kegiatan lainnya ga boleh.. terus ada yang bilang pokoknya buat wudhu itu harus dipisahkan dengn air lainnya agar bisa buat wudhu..kadangkan kita ga bisa air selalu mengucur dari kran.. gimana pak?
Jawab
Bunda Aryani maksudnya didalam bak...?
Bunda Aryani... Semoga ini yang dimaksud.  Air bekas wudhu yang jatuh pada wadah wudhu disebut musta'mal tapi di-ma'fuw (dimaafkan) artinya air tetap boleh dipakai untuk wudhu asal air bekas wudhu yang masuk ke wadah TIDAK BANYAK. Hal ini berdasarkan keterangan dari kitab Al Mughni sebagai berikut:

وإن كان الواقع في الماء ماء مستعملا عفي عن يسيره قال إسحاق بن منصور‏:‏ قلت لأحمد الرجل يتوضأ فينتضح من وضوئه في إنائه‏؟‏ قال‏:‏ لا بأس به... وهذا ظاهر حال النبي -صلى الله عليه وسلم- وأصحابه لأنهم كانوا يتوضئون من الأقداح والأتوار ويغتسلون من الجفان‏,‏ وقد روي ‏(‏أن النبي -صلى الله عليه وسلم- كان يغتسل هو وميمونة من جفنة فيها أثر العجين‏)‏ ‏(‏واغتسل هو وعائشة من إناء واحد تختلف أيديهما فيه كل واحد منهما يقول لصاحبه‏:‏ أبق لي‏)‏

Artinya: apabila dalam air terdapat (kecampuran) air mustakmal, maka dimaafkan asal sedikit. Ishak bin Mansur berkata, aku pernah bertanya pada Ahmad, 'Ada seorang laki-laki yang berwudhu, kemudian sebagian air bekas wudhu'nya jatuh ke wadah wudhu bagaimana hukumnya? Ahmad berkata, 'Tidak apa-apa.' ... Itulah yang dilakukan Nabi dan para Sahabat. Mereka berwudhu dan mandi (junub) dari wadah. Diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW  beliau dan (istrinya) Maimunah pernah mandi dari tempat sama yang ada bekas adonan. Beliau juga pernah mandi bersama (istrinya) Aisyah dari satu wadah yang sama
والله أعلم بالصواب

Tanggapan
Kalo di bak mandi yang biasa buat mandi, dan aktifitas lainnya gimana pak? Masih boleh dipakai? misal kalo cuma ada 1 wadah buat apa aja, baik cuci piring, mandi, dll
Jawab
Boleh... Ada beberapa pendapat dalam hal ini. Selama memang itu diciduk bukan ditampung. Dan besarnya volume air ini disebutkan 2 qullu. 2 qullu ini kalau di konversi kedalam ukuran 
kita sekarang kurang lebih 270 Liter

Tanggapan
Apa kita sebaiknya mengkhususkan wadah tersendiri untuk wudhu dan ditutup? Kadang dirumah mati lampu, kran jd g nyala dan wadah terbatas.Kl kejatuhan air sabun yg kena mainan sama anak gmn pak?
Jawab
Tidak mengapa Bunda... Asalkan tidak banyak dan tidak merubah sifat air yang ada diwadah.
والله أعلم بالصوا
Penanya
Karena khawatir saya buang waktu itu..ooo boleh ya..jazakallah pak

ZAKAT  PENGHASILAN
13. Ustad tentang zakat penghasilan itu dberikan kepada siapa yang paling utama dan urutannya?
Jawab
Keluarga dan lingkungan sekitar kita baru melebar ke lingkungan lainnya.

Tanggapan
Kalau ke ibu dan bapak apa itu termasuk zakat kita pak?
Jawab
Boleh Teh... Dipersilahkan, jika perlu lebih dari zakat. Namanya orang tua kan

Tanggapan
Masa zakat sama orang tua pak??
Jawab
Makanya... Tadi nanya orang tua kan...? Saya jawab boleh dan berikan saja lebih dari kewajiban yang ditemntukan

14. Misal seorang bekerja sebagai PNS tiap bulan gaji 2 juta tiap bulan. Zakat penghasilannya bagaimana ustadz? Kalau kita punya kendaran pribadi apa perlu d zakati juga?
Jawab
Sebenarnya tidak ada kewajiban untuk mengeluarkan zakat penghasilan perbulan.  Dikarenakan ini masuk dalam perhitungan zakat mal yang sudah haul dan sesuai jumlah nasabnya

Tanggapan
Wajibny kapan ustad? Kapan dan berapa ya ustad?
Jawab
Dari dana yang disisihkan (ditabungkan, yang sudah dipakai dana operasional) maka tunggu haul (setahun) dan dari itu maka zakat mal dikeluarkan. Senilai 85 gram emas... Maka wajib zakatnya dikeluarkan. Kalau untuk kendaraan... Jika hanya kendaraan, maka tidak wajib dikeluarkan zakatnya

Tanggapan
Jadi gak harus 1 bulan di ambil 2,5% nya ya ustad?
Jawab
Nda usah Bunda Farah

Tanggapan
Kalau tiap bulan yang kita tabung berbeda jumlanya ga apa-apa ustad? Terus sampai 1 tahun kita total dan 2,5% kita keluarkan untuk zakat? Dalam al-quran surat berapa dan hadisnya juga ustad?
Jawab
Apakah nilainya sudah melebehi 85 gram emas...? Jika belum maka kita tidak diharuskan mengeluarkan zakat tersebut Bunda

KONFLIK PALESTINE -ISRAEL & KONSPIRASI YAHUDI
15. Pak afwan, ana mau tanya diluar tema, tentang palestin, saya masih awam masalah intinya. Kenapa negara tetangga palestina yang kaya raya tidak bisa menghentikan serangan israel? Dan kenapa amerika malah bersedia membantu israel apa keuntungan buat amerika?
Jawab
Karena secara perekeonomian dunia, Israel memengang peranan penting. Dan banyak pejabat pejabat yang korup juga didalam setiap negara. Kenapa Amerika? Semua orang kaya dan terkenal hingga politikus adalah keturunan Yahudi, makanya Amerika tidak berkutik apa yang menjadi maunya Israel, karena sebenarnya Yahudi lah yang memegang negara Amerika disana.

16. Berarti yahudi itu pusatnya d israel ya pak?? Terus pak, sebenernya yahudi itu menyembah apa si pa?? Kalo iluminati, freemansory, zionis itu termasuk yahudi tah pak??
Jawab
Yahudi dahulu memegang kitab Taurat dan dirubah menjadi kitab Talmud. Inilah yang menjadi biang keroknya. Memang terkenal bangsa Yahudi dari dahulu suka membunuh Nabi yang diutus oleh  اللّهُ Ta'ala.

17. Pak dodi, benar ga kalo di palestine itu,, bukan cuman umat muslim aja tapi ada juga kaum yahudi bahkan katanya mayoritas yahudi.. dapat BC dari teman yang nasrani tentang artikel itu pak..?
Jawab
Di sekitar Aqsa itulah yang merupakan sejarah dari 3 agama, Islam, kristen dan yahudi. Jadi semuanya mengclaim bahwa sekitar Aqsa adalah hak mereka

18. Buat apa ada PBB? Sebenernya mihak siapa yah PBB ? Apa gak ada cara lagi untuk damai? Allah..
Jawab
PBB hanya Boneka yang memang diciptakan untuk melakukan Konspirasi Global yang dikemudikan oleh Yahudi.Jangan percaya dengan organisasi organisasi dunia yang diciptakan. Tujuan Yahudi adalah membuat  →  New World Order (Tatanan Dunia Baru) yang hanya dihuni oleh 500 juta manusia saja. Makanya mereka membiarkan pembunuhan terjadi dimana mana, ini melalui perang. Melalui makanan ada juga, seperti aspartam di gula diet, fluoride di pasta gigi... Inilah zat zat yang berbahaya yang akan membentuk penyakit pada tubuh manusia jika dikonsumsi secara rutin dlsbnya. Coba cek di gula diet apapun, pasti ada zat ASPARTAM. Zat inilah yang membunuh aktifis Munir yang meninggal hanya 2 jam didalam pesawat yang menuju Belanda. Masih ingat Munir....? Aspartam dikasih dalam jumlah yang banyak (melalui suntikan). Kalau yang di gula diet kan dosisnya kecil
Kalau membahas Konspirasi Global tidak cukup 1 malam pembahasan. Dan memang  اللّهُ Ta'ala sudah memberikan OTAK yang CERDAS dan PINTAR PINTAR kepada kaum Yahudi

ISIS DAN GOLONGAN LAINNYA
19. Saya kasih tau sahabat saya yang pindah isis karena ikut suami. Dia jawab ini.Kata siapa ciptaan amerika mae? Sudah banyak ko orang indo yg hijrah ke syam dan bergabung dengan ISIS, mereka melihat pakai mata kepala mereka sendiri, bukan dari media sekuler buatan orang-orang kafir. ISIS menegakkan syari'at islam, melaksanakan hukum hudud, qisos, tidak seperti parti atau ormas yang mengaku islam dan malah duduk-duduk diparlemen, yang mengaku ingin menegakkan syariat islam, tapi nol besar buktinya. Karena syariat islam akan tegak hanya dengan jihad fii sabilillaah.. :)
Jawab
Respon kita Terhadap ISIS:
Jangan Ikuti Mereka!  ‎​Imam Ali bin Abi Thalib  ,murid setia Rasulullah  صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, yang  tentangnya Rasulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  telah sabdakan bahwa :
Ana Madinatul ilmi wa 'Aliyyun Babuha (Aku Kota ilmu dan Ali adalah Pintunya). 1.400 tahun yang silam, Imam Ali telah mengingatkan akan datangnya Gerombolan Bengis ISIS, Al Nusro, dll yang akan mengibarkan Panji-Panji Hitam yang menyerupai Panji-Panji Hitam Imam Mahdi.
Ucapan beliau terekam dalam literatur Hadits Ahlus Sunnah wal Jama'ah, yakni dalam kitab Kanzul Ummal yang dihimpun oleh Ulama Besar Ahlus Sunnah yang bernama Al Muttaqi Al Hindi pada riwayat nomer 31.530, Imam Ali berkata :

"Jika kalian melihat bendera-bendera Hitam, tetaplah kalian ditempat kalian berada, jangan beranjak dan jangan menggerakkan tangan dan kaki kalian (artinya tetap tenang, jangan menyambut seruan mereka, jangan larut dalam euforia mendukung pasukan itu), kemudian akan muncul kaum lemah (lemah akal sehat dan imannya), tiada yang peduli pada mereka, hati mereka seperti besi (hati keras membatu jauh dari cahaya Hidayah), mereka akan mengaku sebagai Ashabul Daulah (pemilik Negara,saat ini ISIS telah mengumumkan berdirinya Daulah Islam di Iraq dan Syam), mereka tidak pernah menepati janji,mereka berdakwah pada Al Haq (kebenaran) tapi mereka bukan Ahlul Haq (pemegang kebenaran),namanya dari sebuah julukan,marganya dari nama daerah, rambut mereka tak pernah dicukur,panjang seperti rambut perempuan,jangan bertindak apapun sampai nanti terjadi perselisihan diantara mereka sendiri, kemudian  اللّهُ  mendatangkan kebenaran kepada siapa yang dikehendaki-Nya."

Namanya adalah julukan = Nama yang diawali dengan kata "Abu" Marganya dari nama daerah = Al-Baghdadi merujuk kepada ibu kota Iraq saat ini yakni Baghdad. Abu Bakar Al-Baghdadi : pemimpin ISIS yang telah mengumumkan dirinya sebagai Khalifah / Amirul Mu'minin. ISIS : Khawarij Yang sudah diperingati oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم

Kejadian ISIS yang terjadi di Bumi Syam (Iraq, Suriah, Palestine).
1. Mereka berperang melawan muslim Sunni Syria dan memaksa mereka dibaiat.
2. Orang2 kristen Iraq dipaksa masuk Islam, jika tidak mau dibunuh.
3. Kuburan Nabi Yunus dihancurkan dan di Bom.
4. Dlsbnya
Kebanyakan dari mereka adalah mengartikan Al Quran dengan hawa nafsu mereka sendiri sajaaa

20. Ciri-ciri penampilan pengikut isis itu kya apa ustadz?
Jawab
Sama seperti kita, Berjenggot, Memakai baju koko, Celana jingkrang, Bacaaannya bagussss

21. Kalo mau cari tahu lebih lengkap soal kesesatan mereka dimana pa?
Jawab
Dari Abu Sa’id Radhiyallahu anhu bahwasanya ketika beliau ditanya tentang al-Haruriyyah, beliau menjawab, “Aku tidak tahu apa al-Haruriyyah itu? Aku mendengar Nabi صلى الله عليه وسلم  bersabda:

يَخْرُجُ فِـي هَذِهِ اْلأمَّةِ -وَلَمْ يَقُلْ مِنْهَا- قَوْمٌ تَحْقِرُونَ صَلاَتَكُمْ مَعَ صَلاَتِهِمْ، يَقْرَءُونَ الْقُرْآنَ لاَ يُجَـاوِزُ حُلُوقَهُمْ أَوْحَنَاجِرَهُمْ، يَمْرُقُونَ مِنَ الدِّينِ مُرُوقَ السَّهْمِ مِنَ الرَّمِيَّةِ.

Akan keluar di dalam umat ini -beliau tidak mengatakan di antaranya- suatu kaum yang kalian menganggap remeh shalat kalian dibandingkan shalat mereka, mereka membaca al-Qur-an namun tidak melewati kerongkongan mereka, mereka keluar dari agama bagaikan anak panah yang keluar dari busurnya.”
[HR. Al-Bukhari]
Rasulullah صلى الله عليه وسلم Sudah memberikan ciricirinya bahwa akan muncul golongan ini di akhir zaman

22. Akhwatnya secara penampilan seperti apa ustadz?
Jawab
Akhwatnya sama seperti kitaaa

23. Terus kalo mereka berbicara, tau nya mereka isis atau bukan gimana ustadz?
Jawab
Tak bisa diketahui... Mereka totally mirip dengan ahlus sunnah

24. Isis itu beda dengan syiah ya ustad? Terus gimana caranya biar kita bisa ga terajak oleh mereka ustadz?
Jawab
Beda. Untuk amannya. Kita perbanyak saja menuntut ilmu dan mengerjakan amalan amalan secara berkesinambungan. Yakinlah pasti  اللّهُ Ta'ala akan menjaga kita

25. Pak kalau LDII bagaimana ?
Jawab
Singkat saja LDII  →  Saya mengangap mereka SESAT juga, kita dianggap najis dan kotor jika bersentuhan dengan mereka.Jika kita sholat dimasjid mereka, maka bekas telapak dan jidat kita dilantai akan dilap dan di pel kembali
Nanti kita kupas sendiri ya mengenai golongan golongan di Indonesia. Saya akhiri yaaa

TAMBAHAN PERTANYAAN DARI HA 105 NANDA
1. Boleh saya bertanya? Untuk perempuan mengqhodo dulu? perempuan kan puasanya tidak full karena halangan. Baiknya puasa syawal 6 hari dulu baru qhodo, atau qhodo baru puasa syawal?
Jawab
Afdholnya Qodho dulu baru syawal. Jika qodhonya beraaat, maka Qodho dikasih kesempatan yang panjang untuk melakukannya, sampai menjelang ramadhan berikutnya, maka boleh kerjakan syawal dulu.

2. Afwan ustadz, ingin bertanya.. dulu sekali, saya pernah mendengar, ada asatidz yang mengungkapkan, kita boleh menggunakan hadits dhoif untuk pembelajaran, namun jangan terlalu sering.. kaifa ya ustadz? dan bagaimana qt tau itu hadits dhoif/maudhu?
Jawab
Kalau ada yang lebih tinggi diatasnya (shahih), kenapa kita harus memakai yang dhaif...? Kecuali single dan berdiri sendiri.
Cara mengetahui....? Ada ilmu periwayatan yang harus dipahami dan dipelajari. Dan ini cukup dalam. Jika belum bisa, maka tanyakanlah ke guru guru kita langsung
3. Berarti puasa 6 hari di bulan syawal itu gak harus selesai ramadhan langsung yaa..?
Jawab
Iyaaa
 
4. Ustd. Puasanya harus 6hr berturut turut atau boleh nggak berurutan?
Jawab
Boleh berantakan harinya
Tanggapan
Senin kamis, atau puasa daud boleh?
Nanya  →  Maksudnya Boleh...?
Jawab
Puasa aja senin kamis dengan niat mengqodho puasa ramadhan
Kalau ada lanjutan dan sebelumnya juga ada puasa nda usah dikhawatirkan. Yang dilarang itu puasa tunggal khusus dihari sabtu
5. Berarti boleh ya ustad kalo syawal dulu baru qodho puasa ramadhan. Mengingat qodho saya sampe 13hari, khawatir syawalnya ga dapet.. Kan sayang
Jawab
In sha  اللّهُ Ta'ala boleh Teh
 
6. Ustd.kalau kita tidak boleh puasa di hari sabtu, & kenapa dibilang biar menyelisihi kebiaasaan yahudi tad Puasa syawalkan bisa di mulai kapan saja....takutnya gak taunya pas hari sabtu.
Jawab
Karena Yahudi membiasakan berpuasa di hari Sabtu dan kita dilarang mencontoh kebiasaan kebiasaan yahudi.
7. Ustd, kan puasanya 6 hari kalo mau berurutan dr senen-sabtu.
Jawab
boleh
8. Terus yang boleh double niat contohnya yang gimana ustadz?
Jawab
Qodho dengan senin kamis. Kalau yang terikat sama sama dengan waktu. Maka tidak boleh contoh: Qodho Ramadhan dengan Syawal →  Tidak Boleh
9. Terus yang boleh double niat contohnya yang gimana,ustad???
Jawab
Qodho dengan Senin Kamis
10. Afwan jadi gimana ustadz, untuk niat shaum qadha dengan shaum senin kamis bisa digabungkan kah?
jawab
Boleh... Asalkan diluar dari Puasa Syawal yang 6 hari.
Berikut penjelasan detailnya :
Boleh menggabungkan niat puasa sunah dan puasa wajib, selama puasa sunah itu tidak memiliki kaitan dengan puasa wajib. Imam Ibnu Utsaimin mengatakan,
 
من صام يوم عرفة ، أو يوم عاشوراء وعليه قضاء من رمضان فصيامه صحيح ، لكن لو نوى أن يصوم هذا اليوم عن قضاء رمضان حصل له الأجران : dأجر يوم عرفة ، وأجر يوم عاشوراء مع أجر القضاء ، هذا بالنسبة لصوم التطوع المطلق الذي لا يرتبط برمضان

Orang yang melakukan puasa hari arafah, atau puasa hari asyura, dan dia punya tanggungan qadha ramadhan, maka puasanya sah. Dan jika dia meniatkan puasa pada hari itu sekaligus qadha ramadhan, maka dia mendapatkan dua pahala. Pahala puasa arafah atau pahala puasa Asyura, dan pahala puasa qadho. Ini untukata puasa sunah mutlak yang tidak ada hubungannya dengan ramadhan (Fatawa as-syiam, 438) y
 
Dalam Fatwa Nur ’ala ad-Darbi, ketika membahas puasa qadha dan kaitannya dengan puasa sunah, Imam Ibnu Utsaimin juga menjelaskan ,

وأما إذا أراد أن يصوم هذا الواجب حين يشرع صومه من الأيام كصيام عشرة ذي الحجة وصيام عرفة وصوم عاشوراء أداء للواجب فإننا نرجو أن يثبت له أجر الواجب والنفل لعموم قول الرسول عليه الصلاة والسلام لما سئل عن صوم يوم عرفة قال (احتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والسنة التي بعده) فأرجو أن يحقق الله له الأجرين أجر الواجب وأجر التطوع وإن كان الأفضل أن يجعل للواجب يوماً وللتطوع يوم آخر

Ketika ada orang yang hendak puasa wajib (qadha), bertepatan dengan puasa sunah, seperti puasa 10 hari pertama dzulhijjah, atau puasa arafah, atau puasa asyura, sekaligus puasa wajib, kami berharap dia mendapatkan pahala puasa wajib dan puasa sunah. Berdasarkan makna umum dari sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم  ketika beliau ditanya tentang puasa arafah, ’Saya berharap kepada  اللّهُ , agar puasa ini menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.
والله أعلم بالصواب
11. Tadi abis nyekar jadi keringatan, disana banyak tanah yang udah di pesan sama calon. Nah itu sebenernya gimana hukumnya?
Jawab
Boleh. In sha  اللّهُ Ta'ala. Apalagi sekarang, lahan kubur semakin sedikit dan selalu bayar jika memang harus dikuburkan. Jika niatnya agar tidak merepotkan keluarga yang ditinggalkan, maka ini adalah niat yang baik dan diperbolehkan
Tanggapan
Apakah ada hadisnya ustadz?
Jawab
Balik lagi ke statement berikut :
Pada dasarnya seluruh IBADAH itu HARAM sampai ada yang memerintahkannya. Nah hal diatas adalah tidak masuk dalam kategori Ibadah. Selama niat yang keluar bukan untuk ujub atau pamer maka diperbolehkan. Yang harus dipersoalkan adalah bukan memesan makamnya... Tetapi bagaimana mengisi makam tersebut dengan amalan amalan yang membuat penghuninya tidak disiksa kubur yaaa.


TAMBAHAN PERTANYAAN DARI HA 106

1. Maksud dari tidak diriwayatkan itu apa pak?
Jawab
Maksudnya  →  Tidak diriwayatkan oleh para sahabat sahabat Nabi صلى الله عليه وسلم.  Cuma dia pinter-pinteran aja bikin hadis palsu

2. Oh ya saya pernah baca kalo Imam Malik mengatakan puasa 6 hari di bulan syawal itu makruh. Itu gimana ustadz?
Jawab
Benar, Imam Malik memakruhkan puasa syawal ini. Beliau takut bahwa ini dijadikan kewajiban nantinya.

3. Ustadz, jika kita punya hutang puasa di bulan ramadhan lalu kita puasa di bulan syawal boleh gak?? apa d bayar dulu hutang puasa ramadhan?
Jawab
A. Afdholnya Qodho dulu baru syawal.
B. Jika qodhonya beraaat, maka Qodho dikasih kesempatan yang panjang untuk melakukannya, sampai menjelang ramadhan berikutnya, maka boleh kerjakan syawal dulu.

4. Ustadz mau tanya, apakah boleh kita menqodo' dan puasa Syawal harinya berurutan?
Jawab
Boleh boleh saja kok Nanda

5. Ada temen yang puasa dengan niat dobel qodho dan syawal..benarkah hal itu?
Jawab
Tak Boleeeee

6.  Assalamu’alikum pak dodi, mau tanya. Kalo puasa di seling gimana pak boleh gak? Misal bayar utang sehari terus puasa syawal sehari, Gitu
Jawab
Boleh boleh saja, masuk kategori B diatas Teh Eka

7. Pak kalo puasa syawal misal cuman dapat 2 gimana pak?
Jawab
Naaah... Nda apa apa. Makanya Imam Malik pernah memakruhkan puasa syawal ini, dianggap sebagai suatu kewajiban. Padahal puasa 6 hari syawal adalah  Sunnat

8. Yang dimaksud puasa syawal 6 hari seperti puasa setahun itu pada 2-7 syawal ato pokoknya di bulan syawal? adakah hadits yang mendasarinya?
Jawab
Selama bulan syawal, tidak harus berurutan. Karena tidak adanya hadis yang memerintahkan di tanggal 2-7 Syawal. Ini landasan dalilnya.

9. Doa niat puasa syawal bagaimana pak?
Jawab
Tidak usah dilafazkan, cukup didalam hati saja ya Teh Desi

10. Yang dimaksud puasa syawal 6 hari seperti puasa setahun itu pada 2-7 syawal ato pokoknya di bulan syawal? Adakah hadits yang mendasarinya?
Jawab
Selama bulan syawal, tidak harus berurutan. Karena tidak adanya hadis yang memerintahkan di tanggal 2-7 Syawal. Ini landasan dalilnya.
Ini dalilnya :


عَنْ أَبِي أَيُّوبَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ رواه مسلم وأبو 
داود والترمذي والنسائي وابن ماجه

 :bersabda  صلى الله عليه وسلم Dari Abu Ayyub al Anshari Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah
Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan, lalu diiringi dengan puasa enam hari pada bulan Syawal, maka dia seperti puasa sepanjang tahun. Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud, at Tirmidzi, an Nasaa-i dan Ibnu Majah

Jelas kalimat diatas, pada bulan syawal dan tidak diatur tanggal tanggalnya.

11. Ust. Puasa syawal katanya pahalanya sama dengan 1 tahun, benar kah? Banyak orang-orang awam yang berfikiran 1 tahun termasuk bulan ramadhan dan berfikiran ga puasa ramadhan.
Jawab
Betul... Tapi salah kalau dia tidak mengerjakan Puasa Ramadhan. Yang wajib kan puasa Ramadhan bukan syawal.
Ramadhan  →  10 Bulan
Syawal  →  2 Bulan
Kalau ditotal : 12 Bulan.

12. Baca al-qur'an yang surat al-ikhlas 3x terus pahalanya seperti khatam al-qur'an itu gimana yah ust. Kemudian berfikiran ngapain baca al-qu'an sampai khatam mending baca surat al-ikhlas ajja 3x? Mohon pencerahan ust
Jawab
 اللّهُ memberikan kemudahan bukan untuk dipakai seterusnya dan memudahkan. Jadi jika ada orang tua yang sudah sangat terbatas panca inderanya dan mau mendapatkan pahala khatam Quran bisa dilakukan diatas. Yang sehat dan bugar mah kudu semua juz dilahap yaaa

13. Maaf Ustadz..keluar dari topik puasa syawal. Bolehkah puasa saat ujian? Ingin Taqarrub ila Allah..
Jawab
Boleh Boleh saja. Dengan puasa malah FOCUS untuk belajar

14. Ustd. Tadi diatas kan udah ngebahas hadis yang bulan syawal. Nah kalau untuk penjelasan macam-macaam hadis gimana yaa ustadz? Karena di masyarakat banyak sekali hadis dhaif yang beredar. Ana pengen tau cara membedakan hadis yang shahih dengan hadis yang dhaif maupun maudhu'. Mohon penjelasannya ustadz.
Jawab
Kudu belajar khusus dan meluangkan waktu yang penuh. Jika belum mampu, maka tanyakan saja ke guru yaaa

15. Ustadz dulu pas sekolah sebelum ujian saya biasanya selesai puasa sekam sama ortu diadakan syukuran katanya biar gampang ngerjain soal ujian, bolehkah ngadain syukuran setelah puasa?
Jawab
Jika ada hajat... Maka lebih baik adalah memohon ampunan kepada  اللّهُ Ta'ala dan melakukan doa masalah saja.
Jika kita sudah dimaafkan, maka in sha  اللّهُ segala keinginan kita akan diijabah oleh  اللّهُ ﷻ.
 
Tanggapan
Doa masalah itu apa?
Jawab
Doa Masalah itu doa yang menggunakan bahasa kita sehari hari. Seperti kita curhat dengan teman kita. Dipersilahkan dan diperbolehkan. Jika Doa Ibadah adalah sesuai dengan tuntunan Nabi صلى الله عليه وسلم dengan menggunakan Bahasa Arab
 
16. Ustadz saya punya sodara dulu kehidupannya masih biasa sekarang sudah lumayan tapi perubahan kehidupannya juga merubah pribadinya sekarang lebih peduli orang lain daripada keluarganya sampai jadi bahan omongan. yang mau saya tanyakan gimana cara mengingatkan orang-orang yang membicarakan sodara saya tersebutb dan gimana cara mengingatkan sodara saya tersebut karena hubungan juga jadi renggang.
Jawab
Dinasehatkan saja jika mampu. Atau menggunakan orang yang dihormati atau dengan membelikan buku buku kajian agama yang menarik dan jangan lupa untuk mendoakannya
 
17. Pak ustadz. Kalo kita haid pas malam sebelum shalat id terus kita memilih tinggal dirumah dibanding pergi ke lapangan/masjid itu kena dosa ngga ya pak?
Jawab
tak apeee. Sunnah
 
18. Ustadz kan kalo shalat ied itu biasanya shafnya rada gak beraturan, karena membludaknya jemaah, kadang bisa nyampur antara laki-laki dan perempuan, kadang juga perempuan di depan laki-laki shafnya.
Itu gimana ustadz?
Jawab
Karena kan terbentur oleh keadaan, maka masuk dalam kondisi darurat. Akibat terbatasnya lapangan terbuka yang cukup lebar dan luassss

19. Ust.kalo sebelum shalat id dimulai kan ada shalawat nabi gitu..disini ada mushola yang kalo shalat id khusus perempuan semua..itu gimana kalo perempuan bershalawat pake pengeras suara? kan suara wanita itu aurat ya..?
Jawab
Sewaktu masuk sholat Ied Fitri hanya takbir saja yang dicontohkan oleh Rasulullah dan Para Sahabatnya. Tidak ada yang lain lain yang diucapkan. Jadi bisa ambil kesimpulannya yaaa
 
Doa Kafaratul Majelis

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga bermanfaat.
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه