Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Ihsan

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT (HA 08 Ummi)
Hari / Tanggal : Selasa, 12 Agustus 2014
Narasumber : Ust.Ainur Rozanah
Admin : Bd.Sumeera
Ketua   : Bd.Dian
Materi  : Ihsan
Editor: Ana Trienta

Assalamualaikum wr wb 
Selamat pagi ummi semuanya
Semoga sehat selalu
Semoga bermanfaat ilmu yang ana sampai kan
Perkenankan ana sampai kan materi mengenai

 IHSAN 
Ihsan merupakan inti pokok dari sendi agama islam, merupakan pusat yang dilihat oleh Allah dari jiwa dan menentukan diterima tidaknya ibadah manusia, karena ihsan adalah salah satu rukun dari Agama, yaitu Islam, Iman dan Ihsan


 

Dalam hadist H.R Bukhari Muslim disebutkan
"Sesungguhnya Jibril pernah datang kepada Nabi dalam bentuk seorang arab badui, lalu bertanya kepada nya tentunya Islam, maka Nabi menjawab " Islam itu ialah hendaknya engkau bersaksi sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah dan sesungguhnya Muhammad itu utusan Allah, engkau mendirikan sholat, engkau keluarkan zakat, engkau berpuasa bulan Ramadhan dan engkau pergi haji ke Baitullah jika engkau mampu pergi kesana"Lalu jibril bertanya :"Apakah iman itu?".Nabi menjawab "Yaitu hendaknya engkau beriman kepada Allah, kepada malaikat Nya, kepada kitab kitab Nya, kepada para utusan Nya, dibangkitkan dari kubur sesudah mati dan hendaknya engkau beriman kepada takdir baik dan buruk".Jibril bertanya lg " Apakah ihsan itu?"Nabi menjawab:" Yaitu hendaklah engkau menyembah Allah yang seolah olah engkau melihat Allah, sekalipun engkau tidak bisa melihat Nya tetapi ia bisa melihat engkau"
Kemudian dalam akhir hadist itu dikatakan Rasulullah bersabda kepada para sahabat nya: " Dia itu Jibril, ia datang kepadamu untuk mengajarkan tentang agamamu"


Ihsan merupakan nilai moral keagamaan yang kita lakukan, sebagai kontrol arah jiwa yang menyeleweng atau lurus kepada Allah.Meskipun syariat yang kita lakukan telah benar secara hukum akan tetapi belum tentu bisa diterima dari sisi nilai ruhiyah, sebab syariat dan nilai ihsan tidak bisa dipisah.

" Maka kecelakaan lah bagi orang yang sholat,(yaitu) orang yang lalai dari sholat nya, orang orang yang berbuat riya "  Q.S Al Maa'uun ayat 4 - 6


Betapa penting nya rasa ihsan didalam beribadah kepada Allah, baik dalam sholat maupun dalam kehidupan sehari hari. Secara fisik mereka hijrah akan tetapi batin dan pikiran nya tertuju pada urusan dunia. Sikap seperti ini bukan disebut ihsan. Ibadah yang tidak dibarengi dengan ihsan kepada Allah tidak akan merasa Iman yang menyentuh kecuali rasa capek dan lelah saja.

Ihsan merupakan perwujudan dari Iman yang telah menyentuh rohani dan terasa getaran yang menghasilkan ketaqwaan.Yaitu rasa yang disusupkan Allah kedalam hati setiap mukmin.sehingga mencapai tahapan taqwa sebagaimana firman Allah dalam Q.S Al Baqarah ayat 21
"Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan mu dan orang orang sebelum mu agar kamu bertaqwa"

TANYA JAWAB
1. Saya mau nanya duluan dech, begini ustadzah kadang iman kita naik turun nich...gimana cara untuk mengatasinya biar selalu stabil?

Jawab
Supaya selalu stabil iman kita, tentu setiap kali beribadah kualitas nya berusaha untuk dijaga seperti lebih tepat waktu, lebih menikmati pertemuan dengan Allah.rasakan seandainya sholat kita, puasa , tilawah atau apapun seakan Allah selalu hadir didepan kita.melihat kita.. In shaa Allah ibadah kita lebih terasa syahdu dan tanpa terasa meneteskan air mata. Sebenarnya Allah memang selalu ada tapi kita sering melupakannya walaupun sekedar berzikir pun kadang kita lupa. Selektif dalam memilih teman dalam komunitas kita juga sangatlah berpengaruh. Semoga pergaulan kita terjaga dengan memiliki teman dan saudara yang selalu mengingatkan kita untuk lebih dekat kepada Allah

2. Apa bedanya ihsan dengan ikhlas?
Jawab
> Ihsan
Merupakan usaha untuk selalu melakukan yang lebih baik, lebih afdol dan bernilai lebih sehingga seseorang tidak hanya berorientasi untuk menggugurkan kewajiban dalam beribadah melainkan justru berusaha bagaimana amal ibadahnya diterima dengan sebaik baiknyaoleh Allah.Karena dia akan merasa diawasi oleh Allah.Maka akan terus timbul didalam hatinya tuntutan untuk selalu meng-upgrade amal perbuatan nya dari yang kurang baik menjadi lebih baik

> Ikhlas
Artinya memurnikan tujuan ber taqarrub kepada Allah dari hal hal yang mengotori nya.
Arti yang lain : Menjadi kan Allah sebagai satu satunya tujuan dalam segala bentuk ketaatan, dengan mengabaikan pandangan mahluk dengan selalu berkonsentrasi kepada Allah

3. Ustadzah mau nanya, yang mana kita dahulukan dalam berdakwah.. antara keluarga dan masyarakat.. Terkadang kita sudah lelah berdakwah keluar sehingga  keluarga kadang terabaikan..(Jadi  Merasa mendzolimi keluarga ). Afwan kalo keluar dari tema.. Jazakillah khoir ustzdh sebelumnya..
Jawab
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ketiga
Kelelahan yang disukai oleh Allah termasuk lelah dalam berjuang dijalan Allah Semoga Allah selalu merahmati orang yang senantiasa setia dan selalu istiqomah. Berbahagia lah jiwa yang selalu siap berbagi ilmu yang bermanfaat kepada umat. Namun sangatlah manusiawi apabila kelelahan dan kejenuhan menghinggapi, sebaiknya saran saya jangan dipaksakan sementara waktu diistirahatkan pikiran dan jiwanya.mungkin karena aktivitas yang terlalu padat sehingga menimbulkan tekanan tanpa disadari menumpuk sampai menyebabkan kelelahan yang amat sangat.

Untuk sementara waktu niatkan untuk menyegarkan (refresh) jiwa dan pikiran kita.Sesekali menikmati waktu untuk bersantai atau silaturahmi dengan orangtua.setelah segala sesuatu sudah siap kembali bisa dikerjakan lagi aktivitas seperti biasanya. Sebelum berniat untuk istirahat sementara karena berkaitan dengan jadwal dan melibatkan banyak orang lebih baik ijin untuk libur sementara sehingga bisa disiapkan pengganti sementara

Tanggapan
Maaf buat saya kurang jelas penjelasannya. Jadi yang harus di dahulukan yang mana ustadz keluarga apa dakwah?
Jawab
Jawaban untuk pertanyaan terakhir yaitu lebih baik mendahulukan waktu untuk keluarga karena berkaitan dengan komunikasi terutama suami.supaya berjalan lebih baik bisa diskusi dengan suami

4. Ustadzah boleh minta tips ga gimana caranya biar emak-emak ga larut dalam kefuturan dan kejenuhan dengan aktifitas/rutinitas rumah tangga?
Jawab
Tips supaya tidak larut dalam kejenuhan rutinitas rumah tangga diantaranya
💖 Refresing
Sesekali luangkan waktu untuk rehat tanpa mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti biasanya.tidak perlu ketempat yang mahal atau ke mal.bisa juga ke taman atau silaturahmi 

💖Tilawah
Dengan membaca Al Quran kita mendapat ketenangan jiwa seperti dituntun pada saat membaca terjemahannya ada untain kalimat syahdu yang menyentuh jiwa kita yang lama kosong.

💖Beribadah seolah olah ibadah kita yang terakhir
Pasti ada kerinduan kita saat berdua dengan Allah, curahkan segala kerinduan, harapan, doa, syukur nikmat dan mohon ampun

💖Muhasabah
Terkadang kita lupa ada yang lupa karena dosa dan kesalahan masa lalu kita, mungkin terhadap orangtua atau orang lain

💖Sedekah
Dengan berbagi kebahagiaan kita akan mendapat kebahagiaan juga di dunia ini. Semoga Allah memberikan rahmat kepada kita atas kebaikan yang kita berikan kepada orang lain.

💖Saling terbuka kepada pasangan
Dalam menjalin pernikahan tentu ada suka dukanya, dengan menjalin komunikasi dengan suami membuka diri untuk saling jujur dan mengungkapkan apa yang di benak kita. Dengan saling mendengar tanpa emosi, ikatan hati akan semakin kuat.supaya tidak ada kecurigaan atau prasangka

5. Mbak aku tanya, Lebih utama sholat awal waktu tapi sendiri, apa akhir waktu tapi jamaah karena nuggu suami?
Jawab
Tetap utama berjamaah, tapi diharapkan tidak pada akhir waktu.

TAMBAHAN PERTANYAAN DARI HA 13 UMMI
TANGGAL 13 AGUSTUS 2014

1. Bagaimana cara menimbulkan rasa seolah-seolah kita melihatlah? Terimakasih sebelumnya. Melihat Allah maksudnya
Jawab:
Usahakan mengerjakan sholat di awal waktu. Niat kan, pada saat memulai sholat atau ibadah apapun. Pasti ada masa kita merindukan Allah di hadapan kita. Rasakan bahwa Allah melihat kita terutama pada saat sholat dan anggap seperti itu sholat kita yang terakhir. Seandainya belum bisa, usahakan untuk terus menerus dilatih, seperti pada saat kita banyak masalah dan mengadu pada Allah


Tanggapan
Ooh begitu ya ustadzh jadi kalo ihsanya mau bagus tergantung pada orang nya yah. Tapi kalo iman bagaimana ustadzh? terutama iman pada allah, itu manusia sudah diberi bekal belum sama Allah ketika kita pertama kali diciptakan untuk kita beriman kepadaNya.          
Jawab: Iya betul. ihsan tergantung dari kemauan dan niat hamba Allah tersebut, sama dengan iman.Iman pun bisa pudar kalau sedikit demi sedikit kita meninggalkan sholat, tidak pernah tilawah, tidak pernah puasa.dan bisa menjerumuskan kita menjadi orang yang murtad tanpa disadari Allah meninggalkan kita. Kalau ihsan kemauan untuk meningkatkan 

2. Ustadzah sebenarnya Allah itu memberi sifat Insan pada setiap manusia atau hanya pada orang mukmin saja? 
Jawab: 
Sifat ihsan itu ada karena niat dan usaha kita untuk menjaga kualitas ibadah kita.dan ini ditujukan hanya untuk orang mukmin yang mau berusaha lebih baik


3. السلام عليكم وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُهُ saya mau bertanya bagaimana menurut ustadz orang-orang yang mengaji di kuburan seperti membaca yasiin dll kadang-kadang saya liat sengaja menyetel ipad mungkin karena tidak bisa mengaji
Jawab:
Sebaiknya adab masuk di area kuburan harus memperhatikan caranya, semoga kita tidak meniru apalagi menggunakan ipad atau merekam apapun. Sebaiknya kita masuk di area tersebut hanya berdoa dan tidak dikeraskan bacaan nya. Apalagi kita mau mendoakan menggunakan media seperti ipad. itulah banyak terjadi kekeliruan di jaman sekarang ini semampu kita bisa berdoa apalagi surat yasin yang mudah dibaca. 


Tanggapan
Syukron ustadz pasti ustadz banyak yang baca yasin rame2 sampai suara. terdengar padahal baca di rumah juga bisa ya ustadz? Maaf bangat salah ustadzah maaf, Maksud saya ustadzah juga melihat banyak yang baca yasin besar-besar suaranya salah ketik melulu maaf.   
Jawab: Iya betul karena tidak ada tuntunan Rasulullah untuk membaca keras-keras  

4. Oya ni kan membahas tentang islam saya membahas tentang bab sholatnya. Apa bener orang yang meninggalkan 1 sholatnya maka amalnya tertolak 40 hari namun apa bila meninggalkn sholat 3 kali katanya ada yang bilang kafir? Apakah benar itu semua.. terus jika ada yang banyak sekali minggalkan sholat, kira-kira sholatnya bisa dibayar dengan sholat lagi atau apa gitu untuk membayar sholat wajib yang ditinggalkan sama seperti puasa. Maksudnya bisa ga kalo di qiaskan kalo puasa ga puasa dibulan ramadan bisa digantikan di bulan yang lain  ini diskusi lama waktu saya sekolah tapi sempet terpending. 
Jawab:
Karena sholat adalah tiang agama, serta bisa mencegah nahi mungkar. Dengan cara bertaubat supaya tidak mengulangi nya lagi. Kalau lupa segera menjama sholat tadi. Ingat langsung dikerjakan...tapi ini harus diperhatikan supaya tidak diulangi lagi 

Tanggapan
Saya suka sering liat orang sholat banyak yang tidak memperhatikan timaninah padahal itu salah satu syarat bukan ustadjah. Tumaknina maksudnya, Sama banyak yang sujud kaya menyembah maksudnya sikunya ikut kena sajadah kalau gitu boleh nggak sih kita dekatin terus memberitahu pelan-pelan ustadjah .             
Jawab: Tuma'ninah adalah artinya sama dengan menjaga kekhusyukan saat sholat. Gerakan nya pelan dan tidak tergesa 2, syaratnya memang seperti itu.
Boleh bu diingatkan tapi pelan pelan.karena tidak semua orang siap menerima kebaikan.

TAMBAHAN PERTANYAAN HA 115 NANDA

Tanya :
Ustadzah maaf mau tanya bagaimana cara kita menyikapi godaan-godaan yang datang ketika ibadah? misalnya ketika datang waktu shalat, dzikir, baca alquran pasti datang hawa mengantuk. Gimana sikap kita menyikapi itu?
Jawab :
Untuk mengatasi godaan yang datang seperti ngantuk dan lain sebagainya bisa diawali dengan membaca taawudz."Audzubillahiminassyaitonirrojim". Kalau boleh saya tahu apa karena kelelahan setelah aktivitas seharian nanda?

Tanya :
Ustadzah mau tanya, bagaimana agar setiap insan itu khusyu' dalam beribadah? terkadang dalam shalat itu memikirkan tentang sesuatu.. Gimana ya ustadzah?

Mau tanya lagi ustadzah. Bagaimana caranya mengajari anak SMP dan SMA tentang pentingnya shalat? terkadang mereka itu susah sekali shalat dan sering ditinggalin... tolong penjelasanny ustadzah. Oh ya ustadzah, Kalo buat orang yang sudah dewasa menjelskannya bagaimna ustzdzah? Lebih sulit lagi dengan orang dewasa ustadzah,, karena sudah dari dulu mereka tidak shalat, mohon penjelasannya ustadzah..
Jawab :
Supaya khusyu dalam beribadah
Baca taawudz, niatkan untuk bertemu Allah
Sekarang banyak media yang bisa menarik perhatian mereka dengan cara lewat acara keagamaan menggunakan media seperti LCD yang mengambil dari youtube mengenai hikmah sholat.atau orang orang yang tersentuh hidayah nya dan menjadi mualaf.

Betul sekali mb ini sebenarnya pekerjaan rumah buat masyarakat untuk memperhatikan dan memperbaiki

Kalau untuk orang dewasa memang harus lebih bersabar karena ini masalah ibadah.biasanya mereka mau mendengar ketika situasi nya sangatlah tidak enak misalkan diberi kesempitan dan kemiskinan. Seandainya belum memungkinkan untuk menyadarkan bisa mendoakan dulu supaya hidayah bisa masuk kedalam hati mereka. Semangat lah mb, Allah tahu usaha dan niat kita.Semampu kita mengingatkan

Tanya :
Ustadzah bagaimana cara menjaga agar iman kita tidak naik turun? Terkadang diri getol sekali kepada ibadah melulu tetapi terkadang tiba-tiba malas sekali ustadzah. Mohon tipsnya ustadzah
Jawab :
Supaya iman kita tidak turun. Cara mengatasi nya yaitu:
  • Usahakan selalu mendekati Allah karena kita yang membutuhkan Allah dengan cara apapun.
  • Niatkan sampai ke tahap ihsan
  • Dimana pun berada senantiasa lidah dan hati kita selalu ingat Allah berzikir dimana saja.
  • Sempatkan untuk menjalankan ibadah sunah
  • Sempatkan untuk tilawah dan mengerti kandungan artinya
  • Selektif dalam bergaul sangatlah saya sarankan, mendekat lah pada orang 2 yang selalu mengingatkan kita kepada Allah, karena kita sangat rentan untuk lalai
Tanya :
Ya ustadzah.setelah magrib atau isya mata ngantuk banget terus tengah malam selalu bangun tapi gak seperti biasanya kalo sekarang ini mata lebih ngantuk banget gak bisa sampe satu jam dzikir biasanya ketiduran
Jawab :
Sudah menjadi hal yang wajar apabila fisik terlalu lelah seharian bekerja. setidaknya tetap berusaha untuk beribadah dan terus menjadi lebih baik


Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga Bermanfaat