Home » , , , » Kajian islam - Minat dan bakat

Kajian islam - Minat dan bakat

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, August 21, 2014


Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT (HA 03 Ikhwan)

Hari / Tanggal : Kamis, 21 Agustus 2014 / 24 Syawal 1435 H
Naraumber : Ustadz Cipto
Materi : Kajian islam - Minat dan bakat
Notulen : Ryanda S.H.
Editor : Ana Trienta


بسم الله الر حمن الر حيم
ﻗُﻞْ ﻛُﻞٌّ ﻳَﻌْﻤَﻞُ ﻋَﻠَﻰٰ ﺷَﺎﻛِﻠَﺘِﻪِ ﻓَﺮَﺑُّﻜُﻢْ ﺃَﻋْﻠَﻢُ ﺑَِﻦْ ﻫُﻮَ ﺃَﻫْﺪَﻯٰ ﺳَﺒِﻴﻼً

Katakanlah: Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing. Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. QS Al Isra : 84

Ikhwatal iman rahimakumullah, insya Allah pagi yang cerah dan semoga dilingkupi keberkahan ini ana ingin sharing dan berbagi sedikit pengetahuan ana tentang minat dan bakat. Sebagaimana ayat pada muqadimah diatas ada kata :

ﺷَﺎﻛِﻠَﺘِﻪِ 
Sering diterjemahkan sesuai kemampuan atau skill. Dalam tata bahasa arab ternyata makna kata tersebut adalah konfigurasi atau susunan atau rangkaian...#CMIIW

Nah kami kebetulan berinterksi dengan beberapa praktisi pemetaan bakat dan minat termasuk didalamnya para psikolog HR management dan lainnya. Meneliti dan menelusuri konfigurasi apakah kemudian dalam kaitannya ayat 84 surat al isra tersebut. Kesimpulan sementara bahwa konfigurasi tersbut adalah konfigurasi tema bakat yang bisa dikatakan ini merupakan blue print manusia yang diciptakan Allah sebagai khalifah fill ard...

Setiap kita manusia memiliki peran yang penting dalam hidupnya dan untuk menunjang pelaksanaan peran tersebut. Allah telah memberikan fasilitas atau kalau kita analogikan smartphone ada fitur yang spesifik sesuai fungsinya.

Kebanyakan kita manusia tidak memahami apa peran dan fungsinya di dunia ini...yaa karena sebagian kita tidak tahu apa peran kita. Tentunya jika kita ingin tahu maksud dari pencipta menciptkan kita adalah dengan melihat hasil ciptaannya. Kita tahu hidung dikaruniakan Allah untuk membaui atau. Mencium bau...telingga untuk mendengar dsb. Panca indera kita adalah fitur standar kita yang sangat...sangat patut kita syukuri. Berikutnya masing-masing kita punya fitur lain yang telah Allah sematkan pada kita yakni bakat. 

Demikian sedikit share dr ana tafadol jika ada yg perlu di diskusikan...
Wallahualam bishawab

    
TANYA JAWAB

Pertanyaan :
  1. Saya belum tau bakat saya apa, Gimana cara nyari tau.nya ya?
  2. Apakah metode sidik jari benar bisa mendeteksi bakat atau minat?
  3. Apakah berdagang juga butuh bakat...? karena ana niat usaha sendiri
  4. Apakah keturunan bisa menularkan bakat..?
  5. Waduh...tentang kajian bakat ini luas banget nih ustadz. mungkin bisa dibatasi atau ini baru muqoddimah aja ustadz?
  6. Tentang bakat ini ana punya anak umur 4 thn & 2 thn. Untuk menstimulus bakat anak, apa aja yang harus saya lakukan?
  7. Aktivitas saya dari jam 05.15 sudah jalan, kerja terus pulang 21.00. intensitas dengan anak memang kurang. Apa yg bisa Kami (saya & istri) siasati (berkaitan dengan tugas & tanggung jawab oran tua) supaya perkembangan kedua anak saya normal & bakatnya bisa tersalurkan
Jawaban

Wah pertanyaannya seru....
  1. Banyak cara dan jalan kok....satu referensi tak berbayar ada temubakat.com
  2. Metode sidik jari ini masih banyak kontroversi ada yang dasarnya fengshui, ada yang pake weton banyak ke tidak jelasan kalo para psikolog umumnya tools psikometri kayak MMPI dll
  3. Tergantung yang di jual bisa menyesuaikan kok bahkan bisa melejit dagangannya kalo sesuai bakat....
  4. Ada pepatah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya namun konfigurasi tiap orang itu unik in sya Allah pekan depan coba ana sharingkan lagi rinciannya ya
  5. Betul banget masih sangat luas, betul in sya Allah ini baru awalan...
  6. Untuk anak anak, kaidah umum yang harus kita perhatikan bimbing akhlaq dan fasilitasi bakat kalo rasul ngajarin kita ajari anakmu memanah, berenang dan berkuda itu standar tapi dahsyat deh impactnya kalo ada keluangan rizky tafadol kasih anak-anak dengan 3 pendidikan tadi. Atau untuk yang paling sederhana berikan anak-anak dengan aktivitas yang beragam.
  7. Memilih institusi pendidikan yang tepat dan intensifkan kerjasama dengan pihak guru kalo ada pertanyaan sebenernya kita kerja keras buat apa dan siapa y??? Institusi pendidikan yang baik adalah yang bisa memahami anak dan memfasilitasinya..

Keyword penting:
"BIMBING AKHLAQ, FASILITASI BAKAT"


Semoga ilmu yang kita dapat hari ini bermanfaat & barokah.. Aamiin Yaa Rabb

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT