Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Kajian Islam - Obat Hati

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT (HA 107 Nanda)

Hari / Tanggal  : Selasa,  5 Agustus 2014
Nara Sumber : Ustadz Muhammad Chakra
Tema : Doa
Editor : Ana Trienta
                 
===Mukaddimah===

Percaya bahwa Allah itu bisa mewujudkan impian, keinginan hajat termasuk mengimani Allah. Percaya bahwa Allah bisa mengatasi masalah kita, bisa mengubah kesulitan menjadi mudah, bisa membuat yang berat menjadi ringan, bisa membuat yang masih single menjadi double, termasuk juga hal mengimani Allah...

Sekedar contoh, jika ingin menguatkan stamina rohani: menu dan ramuannya : Puasa, ditambah harapan terhadap rahmat dan fadholnya, diaduk dengan istighfar, lalu dimasukkan dalam gelas kerelaan dan kepasrahan. Di juz dengan alat yang digerakkan oleh dzikrullah. Minumlah dengan bibir rindu dan rasa cinta...

Jika kita semua jenuh dan muak, lalu anda dipenuhi kekecewaan: bikinlah ramuan yang menunya terdiri dari biji-biji Taubat, dicampur dengan garam kesadaran, lalu beberapa sendok air mata penyesalan, lalu jemur dulu dengan matahari makrifat, dengan sinar hikmah dan pengetahuan, lalu dipanggang diatas semangat dan kesabaran, in sya Allah Joss

Bila hati kita mules, bikinlah ramuan dengan menu : Air Puasa untuk mencuci dan membersihkan kotoran nafsu, setelah itu dicampur garam keridhoan, dan biji-biji yang tumbuh dari pohon makrifat dicampur dengan, bunga-bunga harapan pada rahmat-Nya. Aduklah dengan kesabaran dan tafakkur. Minumlah dengan gelas keikhlasan... MAU COBA?

Majelis Nanda yang dirahmati oleh Allah lakukan dengan Pray berdoa dan Action ke Allah kita percaya pada Allah untuk urusan jodoh kita, yang masih single untuk double nantinya, in sya Allah

"Start! Doa! Mulailah berdoa kepada Allah Swt, barangkali itu yang dilupakan sama kita semua, yang saat ini belum berjodoh. Allah yang punya keajaiban membuktikan keajaiban jodoh buat yang belum berjodoh. Ketika seseorang udah mulai umur 20-an, dia mulai merencanakan begini, "I'm going married, nanti saya mau nikah umur 30". Nah, itu namanya impian yang terencana. Tapi ada juga orang-orang yang ngalir aja gitu, in sya Allah sih kalau udah memang ketetapan Allah kan siapa juga yang bisa kemudian menolak, tapi lebih hebat bilamana kita punya sesuatu keinginan gitu, yang direncanakan

TANYA JAWAB

1. Ustadz mau nanya nih, bagaimana cara mengatasi kalau sedang lagi jatuh cinta?
Jawab:  
Konsultasi ke Allah dulu, Allah lagi, Allah seterusnya biar cinta dan kasih sayangnya yang lurus, sama-sama berjuang untuk Allah

2. Bagaimna kalau tidak ditargetkan? Boleh juga kan? 
Jawab: 
Iya target impian kita, jadi kejar impian dengan balutan doa diimplementasiin, diterapin lewat aksi usaha kita, lakukan riyadhoh. Buat Allah dulu, Allah lagi dan Allah seterusnya. Cinta Allah adalah jadiin DIA menjadi pemenuh kebutuhan kita, maka ia akan memberi keridhaan untuk hal apapun itu, rasakan, raih kekayaan hati dan percaya. Aamiin ya Allah ya Hayyu ya Qayyum

"Aduh, saya sudah umur 40 akhi, ga mungkin dech dapat yg 30"
Jangan berkurang keyakinan. Dan Allah adalah pemasang pasangan yang adil seadil-adilnya. In sya Allah, saudara akan dipertemukan ya. Pertama YAKIN dulu dong.

3. Ustadz mau tanya, sebagai wanita ikhtiar yang bisa kita lakukan kan hanya doa dan memperbaiki diri, tapi kalo hanya seperti itu darimana jalanya di pertemukan dengan jodoh? Apakah ada ikhtiar lain yang bisa seorang wanita lakukan untuk mendapatkan jodoh?
Jawab : 
Setiap doa dikabulkan oleh Allah, QS, Al-baqarah ayat 186 . QS. Al Ghafir ayat 60, Shalat, sedekah, dhuha, tahajjud, qabliyah, ba'diyah, puasa, baca Qur'an, Dzikir, sholawata 100x tiap abis shalat pol-polan 40 hari sampai 100 hari   perkara : 1) cantik/gagah ; 2) kaya 3) Nasab keturunan ; 4) Agama dan diantaranya agama yang paling diprioritaskan jadi pilih karena agama, ridho dari orang tua itu sangatlah berperan dimana disanalah muara daripada kebaikan dimana ridho mereka adalah ridho Allah Swt pula, jadi kalau ada 2 calon, tolong istikharah dulu, terus kalo memang orang tua milih calon yang kaya, berikan pemahaman kepada  keduanya secara arif bijaksana serta santun bahwa Rasulullah Saw adalah sebaik-baik suri tauladan yang harus diikuti secara sami'na wa ata'na, didengar dan ditaati saya rasa mereka akan paham dengan keinginan para anak-anaknya sejauh itu baik dan obyektif ketika dikomunikasikan.

4. Ustad suatu ke inginan untuk menikah itu ada dan sangat amat berkeinginan tapi apa daya nafsu dunia untuk menggapai cita cita mengalahkan dan akhirya nikah pun tertunda. Salahkah?
Jawab : 
Tidak salah kan sudah beramal shalih, tawakal

5. Ustadz mau tanya. Misal kita dijodohIn ama orang tua tapi calon nya itu maaf miskin agama tapi kaya harta apa yang kita lakukan menerima karena ingin berbakti kepada orang tua?? Sedangkan dipihak lain ada calon yang lebih istimewa yang kaya agama tapi miskin harta. Mohon jawabanya ustadz.
Jawab :
Agama dan diantaraya Agama yang paling berprioritas jadi pilihlah yang beragama, ridho orang tua sangatlah berperan. Disinalah muara daripada kebaikan,sholat istiqaroh dulu, terus kalau orang tua milih calon yang kaya, berikan pemahaman kepada keduanya secara arif dan bijaksana

7. Ustadz, . Jika kita di jadikan istri kedua apa itu termasuk jodoh? Kan kita tau nich manusia itu tercipta untuk sepasang..
Jawab :
Termasuk jodoh kan pasangan ada lelaki dan ada wanita jadi 2, bukan dilihat notasi jumlah dan bilnganya

8. Ustadz kenapa lelaki diperbolehkan nikah beberapa kali ?
Jawab:
Coba lihat An-nisa, disana dijelaskan, karena lelaki mempunyai hormon sel yang walaupun diusia tuanya masih tetap bisa bereproduksi, sedang wanita itu punya keterbatasan dalam sel reproduksinya, secara psikis lelaki itu identik dengan sifat kuat, keperkasaan/tegas/adil, sedang wanita dengan perasaan lemah lembutnya dan berlawanan dengan sifat lelaki secara kodrati, nikah adalah ibadah untuk menghasilkan keturunan jadi jelas yang terbatas itu tidak dapat melakukan aktivitas untuk menikah lagi (wanita), sedangkan lelaki tidak punya keterbatasan dalam sel reproduksi untuk menghasilkan keturunan, sehingga lelaki dapat menikah lagi.                                   

9. Ada ganjaranya gak buat istri yang rela dipoligami /madu  ustadz?
Jawab
Alhamdulillah ada ganjarannya bagi istri yang rela dan ikhlas dipoligami yakni Jannah / syurga kelas VIP kelas 1, lihat hadis shahih bukhari/muslim

10. Ustad, saya mau tanya. Kalau ada yang ingin niat serius tapi dari jawaban istikharah kita selalu bermimpi jelek tentang dia tapi kedua orang tua merestui kita. Jawaban apa yang kita harus berikan?
Jawab :
Kembalikan ke Allah dan jelaskan secara terperinci kepada kedua orang tua mengenai isyarat Rasulullah Saw mengenai jodoh, karena ridho orang tua adalah ridho Allah

11. Tentang sholat fardhu 5 waktu uztad. Sholat saya kadang terlambat bahkan sering terlewat karena sikon kerja ana. Yang bisa dilakukan secara rutin yaitu dhuhur dan isha' kalo misal kita menggabungkan sholat pada saat dhuhur dan ashar pada waktu dhuhur atau ashar it gimana hukumnya ustadz?! dan jika boleh bagaimana niatnya. Dan kalau maghrib digabung sama isha' boleh gak uztad?!
Jawab: 
Boleh, tapi sebaiknya kalo dekat lokasinya jangan dijamak atau diqashar, penjelasan hal tersebut coba cari di buku risalah shalat, kalo diawal itu taqdim kalo diakhir waktu itu taqhir niatnya jamak, qashar itu meringkas/memperpendek shalat. Kecuali waktu-waktu yang mendesak dan jarak yang jauh, coba tambah referensi dengan beli buku risalah shalat, karya abu hanifah terbitan thoha, sekalian sedekah ma anak-anak yang jual itu buku, biasanya anak yatim (pengalaman saya)

12. Nanya ya  ustad. Aku pernah liat temenku belum nikah, mereka masih pacaran tapi sholat jamaahn berdua itu hukumnya gimana? Boleh ga? Kan berduaan tuh. Mohon d jawab ya ustadz
Jawab: 
Alhamdulillah bagus, artinya mereka masing-masing tahu batasan-batasan terus mereka juga bawa dream mereka untuk sampai ke jenjang pernikahan, dengan saling mengajak untuk beribadah mereka pray berdoa dan action mereka menjaga diri masing-masing karena bukan mahram, pacarannya yang dilarang sekalian sama berduanya konteks ibadah ga apa-apa, yang dilarang ketika aktivitasnya mendekati zina

13. "Rabbana hablana milladunka zaujan thayyiban wayakuna shahiban lii fiddini waddunya wal akhirah' baiknya dibaca saat kapan ustad?
Jawab: 
Baca sehabis shalat apapun entah wajib ataupun sunat tambahin the art of doa (seni berdoa) strukturnya terdiri pujian keMaha besarannya sekaligus asmaul husna kalo dihafal 99 nya lebih bagus + shalawat 10x + istighfar+alfatihah + masuk doa rabbana hablana + sebut namanya targetnya lebih detail kalo ada binnya juga + doakan juga yang lain seluruhnya yang belom punya jodoh + tutup pake shalawat  + alfatihah lagi: Aamiin , in sya Allah cakepi

14. Ustadz, sebelum menikah boleh ga si kita bikin perjanjian satu sama lain?
Jawab:
Perjanjian macam agar istiqamah membantu agama Allah, dan menciptakan generasi Penghafal Qur'an pada keturunannya, dan mendirikan ponpes untuk anak yatim dan umum dan sarana serta prasarana peribadatan serta bisnis yang mengarah pada sistem yang diajarin Rasulullah Saw yang membuat orangg yakin pada RabbNya, saya rasa cakep banget, luar biasa subhanallah...gitu yach buat janjiannya...
15. Assalam.mualaikum Ustad. Terus hukum sebenarnya poto prewed itu gimana si ustad? Syukron
Jawab: 
Wa'alaikum salam warohmatullahi ta'ala wabarokatuh, prawed berarti belom nikah yach, boleh tapi jangan sentuh-sentuan dulu yach, soalnya belom ada garansi, nanti jadi zina, kecuali udah ijab Qabul ga masalah sich, mau model apapun bebas...heheh

16. Boleh ustad prewed walau ga sentuhan? Bukankah itu artinya memperlihatkan ketidakhalalan?
Jawab: 
Makanya saya bilang mending prawednya ganti untilwedding yach

Kita tutup kajian in yach wasalamualaikum

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إلي

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Billaahi taufiq wal hidayah
wassalamu'alaikum warohmatullah wabarokaatuh.