Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

KESEHATAN - ASI EKSKLUSIF

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT (HA 107 Nanda)

Hari / Tanggal : Rabu 27 Agustus 2014
Narasumber : dr. Tengku Dayu
Tema : Kesehatan
Notulen : Susilowati
Editor : Ana Trienta

Assalamualaikum wr wb,
selamat pagi saudaraku yang bolehlah penghuni surga,hari ini alhamdulillah kita dipertemukan oleh Allah,,sharing kita hari ini ttg menyusui dan gizi pada anak balita. Saudariku bagi saya hukumnya wajib memberikan asi ekslusif selama 6 bulan. Yang dimaksud asi ekslusif adalah pemberian asi saja tanpa ada tambahan makanan lain termasuk air putih, pisang, madu. 6-9 bulan diberikan makanan lumayan seperti bubur susu, pisang, dari buah dll. Pada usia anak memasuki 6 bulan keatas sudah boleh dikenalkan makanan lumat kecuali nasi karena sudah ada bakteri baik didalamnya. Volume otak pada anak 8 bulan sudah mencapai 80% volume orang dewasa untuk itu diperlukan nutrisi yang optimal untuk mendukung pertumbuhan otaknya. 9-12 bulan berikan makanan yang agak sedikit kasar seperti nasi tim dll. 12 bulan keatas diberikan nasi. 

Pertumbuhan anak 0-24 bulan pertumbuhannya paling cepat, pada usia 2tahun tingginya hampir mencapai setengah tinggi orang dewasa. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keluarnya asi:  faktor pelekatan, posisi ibu menyusui dan nutrisi ibu. 



Nutrisi yang disarankan untuk ibu adalah nutrisi yang memiliki mikronutrient seperti asam folat zat besi,dll yang bisa ibu dapat dari bahan makanan sehari-hari. Diwajibkan untuk ibu menyusui konsumsi air 12-13 gelas/hari, perbanyak sayuran yang berwarna hijau, kurangi stress karena stress bisa mempengaruhi keluarnya asi. 

Perhatikan posisi pada saat menyusui hidung tidak boleh ketutup,aerola/bagian hitam payudara harus masuk semua kedalam mulut bayi supaya tidak lecet putingnya. Peletakan anak pada saat menyusui wajah bayi menghadap ke payudara ibu,tangan ibu tegak lurus sejajar antara kuping bayi dengan badannya(lbh enak pake gambar,menyusul yah). Usaha kan selama menyusui ibu fokus kepada anak, komunikasi dengan anak supaya terjadi ikatan emosional yang lebih kuat. 

Untuk anak dibawah 6bln jika terjadi diare tetap diberikan asi yang jumlahnya jauh lebih banyak, jika dia sudah belajar makan berikan makanan yang mengandung air banyak seperti sop, hindari makanan yg mengandung serat yang tinggi seperti sayuran yang berwarna hijau, jika anak sudah mengkonsumsi susu formula pilihlah yang rendah laktosa, buah yang disarankan adalah pisang, terutama pisang kepok karena mengandung zat yang bisa memberhentikan diare Kalau bisa berikan zink pada anak yang diare bisa dari bahan makanan seperti kacang2 dll. Lalu Jika anak Batupil makanan yang harus diperhatikan adalah tidak memberikan pepaya,semangka,melon,coklat dan gorengan

TANYA JAWAB

TANYA :
Dok saya mau tanya, Kenapa seorang ibu yang baru melahirkan pertama kali asi nya gak bisa keluar saat menyusui? Itu penyebabnya apa dok?
JAWAB :
Hal itu wajar terjadi pada ibu hamil yang melahirkan, kalo mau cepat keluar minta inisiasi menyusui dini biar cepat keluar karena bayi akan merangsang keluarnya asi, usahakan ibu lebih rileks tidak stress, bayi dapat bertahan selama 3 hari tanpa asi jadi jangan buru-buru diberikan sufor..

TANYA :
Maaf mau tanya, kalau untuk bayi 8 Bulan, contoh Makanan yang merangsang pertumbuhan otaknya apa Ya Dok? terus cara pengolahan yang benar seperti apa? Terimakasih Dokter
JAWAB : 
6-9 bulan bisa diberikan dalam bentuk bubur atau makanan yang sangat halus makanan yang bisa membantu pertumbuhan otak asam folat, dha, zinc, fe contoh bahan makanannya telur ikan daging.contoh menunya bubur ayam brokoli

TANYA :
Dokter jikalau seorang ibu Asinya tidak keluar, dan akhirya bayi tersebut diberi susu formula lainya. Apakah ada dampak negatif nya dok..
JAWAB :
dampak negatifnya kekebalannya sedikit berkurang,biasanya anak sulit lebih mudah sakit

TANYA :
Dokter saya mau tanya apakah benar jika ibu baru melahirkan asi yang keluar pertama kali yang berwarna kuning itu bagus untuk si bayi atau malah sebaliknya?
JAWAB :
Cairan kuning yg keluar pertama itu sangat bagus buat bayi, itu namax colostrum kalau saya tak salah.. Untuk kecerdasan dan sistem imun bayi. Kandungan kolostrum adalah vitamin dan mineral. Selain itu mengandung kadar sel darah putih utk bersifat menghancurkan bakteri dan virus penyebab penyakit. Colostrum juga mencegah terjadinya bayi kuning.

TANYA :
Maaf Dokter mau tanya lagi, apa benar kalau semasa hamil, Bayi sering di dengarkan music clasik, bisa merangsang otaknya dan membuat cerdas? Jika benar apa yang terkandung dalam musik Klasik? Terimakasih Dokter..
JAWAB :
Benar bisa merangsang sel saraf motoriknya sehingga daya ditangkapnya lebih cepat.musik klasik membuat sel saraf otak menjadi lebih rileks jdnya bisa mempengaruhi konsentrasinya. Yang ga dipunyai sufor adalah kolostrum dan vitamin dan mineralnya ga lengkap. Kolostrum pd sufor itu berasal dari sapi dan hanya cocok u/sapi

TANYA :
Hmmm dokk mau tanya...kapan sih asi keluar pertama kali?
Truss asi itu kelarnya apa saat menyusui saja???
JAWAB :
Tergantung ada yang matur yang bagus itu pas melahirkan asi keluar..Kl pada saat hamil8bln blm bagus digunakan

TANYA :
Terus kalo ibu yang baru melahirkan boleh ga pke gurita atau semacamnya?
JAWAB :
Kalau buat kecantikan gpp pake biar perutnya ga bleber kemana2 jd masih kencang gitu ky masih gadis

TANYA :
Tapi kalo cesar boleh ga pake angkin?
JAWAB ;
Coba dikonsultasikan dengan dr.obgynnya takutnya blm kering

TANYA :
Oiya bu dokter mau tanya,, gel yang d pasaran itu memang efektif ya buat menghilangkan strech mark/garis2 d perut?? Adakah cara alaminya? Gel yang d jual itu kan mahal juga harganya
JAWAB:
Product komersialnya kaya glai derm ada penelitian sebelum dipasarin sama bpom..tp tergantung cocok-cocokan juga yah

TANYA :
Dokter kenapa saat ibu hamil dilarang makan yang pedas pedas???
JAWAB :
Takut susah bab kalo susah bab ngedennya 2kx lipat takutnya kontraksi

TANYA :
Oiya afwan kalau agak melenceng bu dokter, mau tanya tentang pembalut herbal. Berdasarkan iklannya katanya bagus, karena kalau pembalut pasaran ada serbuk kayu dan kertas bekasnya tapi ada juga yang bilang ga bagus malah. Jadi mana yang benar?
JAWAB :
Tiap pembalut herbal mereknya berbeda, yang bagus itu kalo udah masuk ke bpom..Kl ada nomor registrasi productnya berati dia sudah lulus uji klinis. Kita liat kering ga ph kita

TANYA :
Dok saya mau tanya apa benar orang hamil itu gak boleh pake obat kecantikan gitu ya dok... liat temen gt soalnya. Emang apa efeknya?
JAWAB :
iya ga boleh takut ngandung merkuri, rata-rata sekarang pake itu. Apalagi feeling buat mutihin wajah ga boleh mercurinya nanti berpengaruh ke janinnya. merusak otak janin. kalau lagi hamil disarankan polos aja Lin, tanpa pake krim perawatan atau kosmetik2.

TANYA :
Minum air kelapa ijo bagus ga dokter buat kehamilan
JAWAB :
bagus tapi jangan kebanyakan juga yah

Saya pamit dulu ya, maaf bila ada kekurangannya. Kesempurnaan hanya milik ALLAH SWT 
Assalamualaikum wr wb