Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Kesehatan - Sunat Perempuan

KAJIAN ONLINE HAMBA  اللَّهِ SWT (HA 107 Nanda)

Hari / Tanggal : Sabtu, 16 Agustus 2014
Narasumber : Dokter Ryni Tilawati
Materi : Kesehatan - Sunat Perempuan
Editor : Ana Trienta

Assalamu'alaikum wr wb
Salam kenal ukti fillah, Afwan baru bisa bergabung. Semangat pagiiii... 

In sya Allah saya share materinya dulu ya, sharing nya insya Allah mulai bada dzuhur.

Sunat Perempuan
sumber : dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA

Sunat perempuan perlu dipahami adalah bagian dari ajaran agama Islam. Bukan berasal dari indikasi medis seperti sunat laki-laki. Oleh karena merupakan ajaran agama, sunat perempuan banyak dilakukan di berbagai belahan dunia oleh umat Islam. Namun di beberapa negara seperti Afrika dan sekitarnya, terdapat tradisi untuk memotong klitoris dan dikenal dengan female genital mutilation.
Praktek sunat perempuan yang sesuai ajaran Islam berbeda dengan femalegenitalmutilation ini. Namun WHO maupun Amnesty International menyamakan femalegenitalmutilation dengan sunat perempuan yang dilakukan di Indonesia. Tidak aneh bila beberapa waktu lalu kita mendengar bahwa Amnesty International minta Indonesia menghentikan sunat perempuan karena kerancuan pemahaman.

Coba baca kembali Permenkes tahun 2010 tentang sunat perempuan yang ada di website IDAI. Buka http://t.co/skwkIBa8 , ya. Di situ sangat gamblang dijelaskan teknik sunat perempuan yang sesuai dengan medis dan syari’ah islam. Sama sekali bukan female genital mutilation. Justru Permenkes ini melindungi bayi perempuan dari tindakan sunat perempuan yang tidak benar secara medis maupun syariah Islam. Teknik sunat perempuan hanya menggores dengan jarum steril. Tidak boleh memotong klitoris sama sekali. Jadi bukan female genital mutilation, kan.

Mari kita jernihkan kembali kerancuan ini. Ingat, ya, bahwa sunat perempuan di Indonesia
bukan female genital mutilation. Silakan baca kembali panduan pada Permenkes itu buat sejawat yang akan melakukan sunat perempuan.

Beberapa tahun lalu petugas medis dilarang melakukan sunat perempuan karena kerancuan tadi. Akibatnya yang mengerjakan para dukun dan orang nonmedis. Karena bukan orang medis yang melakukan sunat perempuan maka tidak terjamin aspek sterilitas dan kebenaran tekniknya. Jadi, daripada melarang sunat perempuan maka pemerintah kini memberi panduan sunat perempuan yang benar.
    
TANYA JAWAB

1. Dokter saya mau tanya. Kenapa setiap kali datang bulan saya selalu merasakan sakit sekali dbagian perut dan pinggang. Dan pada waktu haid hari pertama rasa nyerinya itu sakit setengah mati. banyak gumpalan darah yang sepertinya susah untuk keluar kalo sudah begitu rasanya pengen selalu ke kamar mandi dan muntah-muntah. Bagaimana menurut dokter dengan gejala yang saya alami apakah ini normal dan bagaimna solusinya supaya penyakit ini bisa sembuh dokter? Sungguh saya merasa tersiksa dengan sakit ini setiap kali menstruasi. Syukron atas jawaban dokter
Jawab : 
Nyeri haid saat hari-hari pertama haid (1-3 hari pertama) masih dianggap normal. Tergantung treshold masing-masing individu untuk menahan rasa sakit. Ada yang kuat menahan ada juga yang tidak. Nah kenapa nyeri??? Rahim melakukan kontraksi untuk meluruhkan jaringan rahim yang mati. Mual dan muntah bisa disebabkan karena nyeri tersebut. Tetapi jika nyeri haid berlangsung terus dari hari pertama sampe hari terakhir haid, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Gumpalan darah pada hari-hari pertama haid juga masih normal. Itu jaringan mati yang meluruh tadi

2. a. Dokter saya kalo nyeri haid sampai tidak bisa bangun dari tempat tidur semua badan jadi dingin, bisa 2 hari, itu berbahaya tidak dokter? Saya pernah cek tidak ada kista atau miom. Endometriosis maaf kalo salah namanya yang saya alami. Mohon solusinya. b. Afwan dokter bagaimana caranya untuk bisa mencegah rasa nyeri itu dokter karena tersiksa banget nahan rasa sakit ini. Saya juga nyeri menjelang haid.  Punggung sakit banget.  Terus jerawat keluar semua
Jawab : 
a. Kalo memang sudah periksa dan hasilnya demikian, In sya Allah tidak apa-apa
b. Boleh minum obat tradisional seperti kiranti dan mensana asal jangan berlebihan. Ingat juga untuk memastikannya telah terdaftar di Badan POM (bisa dicek diwww.pom.go.id) juga. Bila masih nyeri, bisa minum obat antinyeri seperlunya. Untuk mengurangi rasa nyerinya, sudah pernah diatasi dengan obat antinyeri?

3.Dokter saya mau tanya. Kenapa orang tua di indo mempunyai penyakit kutu air? (kakinya) begitu juga lansia hongkong awal nya baik-baik saja sesuatu terjadi misal operasi, Strok melanda.. Efeknya kaki si A iritasi. Sela-sela jarinya basah (lembab) sampai mengelupas kulitnya. Apakah akibatnya Dok ?? Bilakah ada makanan yang perlu dihindari biar sembuh kakinya? Makasih jawabanya, Dok
Jawab :
Mengenai kutu air, terutama pada kaki, bisa disebabkan karena tidak terjaganya kebersihan kaki,  Misalnya karena udara lembab di sepatu, kondisi air yang tidak bersih, dsb. Walaupun namanya KUTU air, penyakit ini bukan disebabkan oleh kutu, melainkan oleh JAMUR yg disebut "Tinea". Tidak ada makanan/pantangan khusus untuk penderita kutu air. Yang paling penting menjaga kondisi kakinya agar selalu bersih dan kering..

4. Dok jarak waktu berapa minggu kah sirkulasi menstruasi yang normal misal 15-07-2014 Terus 9-08-2014 bagaimana pendapatnya normalkah sirkulasi waktu tersebut & termasuk subur / tidak kah  si pasien Dokter Ryni?
Jawab : 
Siklus haid normal lamanya 21-35 hari, dengan lama waktu haid 3-15 hari. Dan menstruasi adalah tanda-tanda seorang wanita subur. Karena mens merupakan proses keluarnya sel telur yang tidak dibuahi bersama dengan bagian dari rahim

5. dok, adakah obat untuk mata yg katarak?
Jawab : Terapi katarak bisa melalui operasi

Selain operasi gak bisa ya dok?
jawab :
Sampai saat ini belum bisa ukh, wallau'alam ke depan seperti apa. Mungkin saja menajdi bisa

6. Kalo haid ga normal gimana dok? Ga rutin tiap bulan 
Jawab :
Siklus haid berdasarkan waktunya:
1. Normal, lama siklus haid 21-35 hari
2. Polimenorrhea, siklus haid <21hari
3. Oligomenorrhea, siklus haid >35hari
4. Amenorrhea, tdk haid slm 3 bln berturut-turut

Haid yang tidak rutin tiap bulanny bisa di sebabkan karena gangguan hormon, stress, kurangnya asupan makanan atau adany penyakit kronis. Kasus ini bisa masuk ke oligomenorrhea. Hal ini dianggap normal bila terjadi pada saat 3-5 tahun dari pertama haid dan menjelang menopause. Bila berlangsung terus-menerus sebaiknya memeriksakan diri ke dokter (bila tidak haid selama 3 bulan). Miemang bisa berhubungan dengan kesuburan, maka sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jika ada pada kondisi di atas. 

Ukhti sayang, saya mohon izin menutup bahasan materi hari ini ya.
Mohon maaf atas segala kekurangan. Yang benar datangnya dari Allah dan yang salah datangnya dari sepenuhnya dari saya.
Semoga kita bisa terus belajar bersama 
Wassalamu'alaikum wr wb