Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Keutamaan Mandi

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT (HA 107 Nanda)

Hari / Tanggal : Kamis, 22 Agustus 2014
Nara Sumber :Dokter Ryni Tilawati
Tema : KEUTAMAAN MANDI
Editor : Ana Trienta


Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa kabar, Bunda? Semoga doa-doanya diijabah oleh Allah, Aamiin. In sya Allah saya akan sedikit berbagi hari ini. Dan mohon maaf jika sharingnya baru bisa saya mulai bada isya nanti. Materi insya Allah saya share sekarang ya nanda. Ups, afwan yang tadi maksudnya bukan bunda ya, tapi calon bunda juga kan ya, in sya Allah



Bismillaahirrahmaanirrahiim

Mandi, Rutinitas Yang Menyehatkan

Mandi ternyata tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stres, tapi juga memiliki peranan penting meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit (misalnya eksem), bahkan mampu menyembuhkan masalah medis serius. Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa penderita diabetes yang menghabiskan hanya setengah jam berndam dalam bak air hangat mampu menurunkan tingkat gula darah sekitar 13%.

Penelitian terpisah di Jepang menunjukkan bahwa 10 menit berendam dalam air hangat mampu memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka menjalani tes olahraga lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Demikian pula kebiasaan mengguyur sekujur tubuh dengan air dingin, membuat seseorang siap mengawali hari dengan semangat menggebu.

Tak heran, di musim dingin sekalipun, justru masyarakat Jepang memanfaatkan air yang nyaris beku untuk mandi. Caranya? Dengan menceburkan diri. Data penelitian di atas serta tingginya angka harapan hidup pada masyarakat Jepang jelas memberi kesan tersendiri.
Jadi, seperti apa efek mandi pada tubuh sehingga bermanfaat?

Ada pilihan suhu yang bisa digunakan: dingin hingga hangat. Jika stres menerpa, mandi air dingin akan menjadi jawaban yang tepat. Temperatur yang dianjurkan sekitar 12-18°C. Mandi air dingin sangat baik meredakan ketegangan dan dapat meningkatkan gula darah. Energi yang diperlukan seharian, serta kesegaran dan pemulihan diri untuk siap menempuh ketegangan hari itu, menjadi jawabannya. Alasan serupa menjadi jawaban kenapa mandi sebelum subuh (atau dalam rentang berhawa dingin) menyegarkan, menjadi rahasia menakjubkan. Karena, tanpa stres, hidup akan jauh lebih bermakna.

Sebaliknya, mandi air hangat sekitar 32-35°C membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Mandi seperti ini dipilih setelah selesai beraktifitas pada sore hari, mengingat banyaknya zat racun yang telah terserap seharian.

Efek mana yang diperlukan tubuh, itu yang menjadi dasar mandi dengan air dingin atau air hangat. Yang jelas, jangan sampai tidak mandi sama sekali. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. Bersabda, “Haq atas setiap Muslim adalah mandi (paling sedikit) dalam tujuh hari dan membersihkan kepala dan badannya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

TANYA JAWAB

1. Bu dokter mau tanya, pernah dengar ada teman yang bilang kalau mau mandi malam baiknya mandi di atas jam 10 malam, karena mandi pada jam setelah magrib hingga jam 10 malam dapat menimbulkan penyakit paru-paru basah atau rematik misal.. Benarkah mitos demikian? Jika kita memang terpaksa mandi malam, sebaiknya mandi air hangat ya? Syukron jawabannya
Jawab :  
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Mandi malam tidak menyebabkan rematik ataupun paru-paru basah. Hanya saja rasa nyeri pada rematik bisa bertambah jika mandi dengan air dingin karena mengkerutnya kapsul sendi, sedangkan paru-paru basah disebabkan karena infeksi


2. Dok. mau tanya. Tata cara mandi wajib setelah haid bagaimana ya Ukh?? apa sama seperti mandi biasanya? Syukron. .

Jawab : 
Tatacara mandi wajib setelah haid bisa ukhti lihat di link ini


3. Dokter, aku mau sumbang pertanyaan: ada juga yang bilang kalau mandi pakai air hangat terus itu tidak baik untuk kesuburan wanita, benarkah ? mohon pencerahannya
Jawab :  
Produksi sel telur pada wanita tidak dipengaruhi suhu. Jadi sering mandi air hangat tidak mempengaruhi kesuburan pada wanita. Tetapi pada laki-laki bisa mempengaruhi kesuburan jk sering berendam di air hangat. Karena sperma sangat rentan rusak jika terkena suhu yang terlalu panas

4. Ibu ana juga mw tanya. Gimana cara menyembuhkan penyakit sinusitis pulpitis ya bu?
Jawab :  
Karena sinusitis merupakan peradangan pada sinus, maka pengobatan yang diberikan adalah obat anti radang dan obat-obatan untuk mengurangi keluhan (obat anti alergi, obat untuk mengurangi rasa mampet) dan jika ada infeksi diberi antibiotik juga. Sedangkan u pulpitis selain obat-obatan untuk mengurangi keluhan, sebaiknya konsultasi juga dengan dokter gigi karena barangkali perlu dilakukan tindakan.


5. Apa kegunaan minyak zaitun dok. Teman saya tiap malam sebelum tidur minum minyak zaitun, apakah wajib bagi umat Islam Dok. Syukron jwbn ny

Jawab : 
Boleh meminum minyak zaitun setiap hari, saya tidak pernah menemukan hukumnya apa tentang meminumnya, hanya saja buah zaitun merupakan salah satu makanan yang direkomendasikn oleh Rasul. Beberapa kegunaan : menurunkan kadar lemak jahat (LDL), mencegah kanker, mengurangi radang lambung, mencegah penyumbatan pembuluh darah.

6.Apakah hukum imunisasi dalam agama islam, Dok?

Jawab : 
Tentang imunisasi, saya pernah membaca artikel dari pimprim, spA. Ukhti bisa baca disini:


Menurut MUI imunisasi adalah baik dan halal.


7. Begitu juga apa hukum KB dalam agama islam? Afwan.

Jawab :
Hukum KB, Islam sangat melarang, pembatasan keturunan melalui proses pemandulan tanpa ada alasan yang bisa dibenarkan secara hukum syara’, yaitu dg vasektomi dn tubektomi) kec atas indikasi medis. Hukum kb adalah boleh (mubah) bertujuan untuk menciptakan generasi yg berkualitas dg merencanakan keturunan.


8. Saya juga mau tanya dok, kalo untuk mengurangi slindris saya gimana dok? Pusiing banget matanya apalagi kalo ga pake kacamata..
Jawab : 
Untuk mengurangi keluhan mata silindris dilakukan dengan memakai kacama atau melakukan operasi 'lasix'.

Mohon maaf atas segala kekurangan dan keterbatasan ilmu saya dalam menjawab pertanyaan. Yang benar datangnya dari Allah dan yang salah datangnya sepenuhnya dari saya. Wassalamu'alaikum wr.wb.