Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Mencari Pasangan Hidup Dalam Islam

NANDA 112
Sabtu, 16 Agustus 2014
Narasumber: Ustad. Rudy
Materi: Pasangan Hidup Dalam Islam
بسم الله الرحمن الرحيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Menikah merupakan salah satu syariat yang Allah ‘Azza wa Jalla turunkan kepada manusia. Banyak nash syar’i yang menerangkan tentang permasalahan terkait. Di antaranya firman Allah ‘Azza wa Jalla dalam al-Quran surat an-Nur ayat 32:
وَأَنكِحُوا اْلأَيَامَى مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ اللهُ مِن فَضْلِهِ وَاللهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
Artinya: “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kalian, dan orang-orang yang layak (nikah) dari hamba-hamba sahaya kalian yang lelaki dan hamba-hamba sahaya kalian yang perempuan, jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui”. (Qs. 24: 32)
Karena menikah adalah awal dari membangun peradaban. Maka menikahlah dengan yang memiliki kriteria terbaik menurut Islam..
Masa depan islam ada di tangan para Wanita, karena merekalah yang menciptakan dan mendidik generasi..
Maka proses pembangunan peradaban ini dimulai dari bagaimana memilih pasangan hidup..
Berikut ini adalah kriteria calon suami dan Istri ideal menurut Islam:
Muslim
Ini adalah kriteria yang sangat penting bagi seorang Muslimah dalam memilih calon suami sebab dengan Islam-lah satu-satunya jalan yang menjadikan kita selamat di dunia dan di akhirat. Sebagaimana Firman Allah ‘Azza wa Jalla:
“...dan janganlah kalian menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita Mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang Mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hati kalian. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran”. (Qs.al-Baqarah: 221)
Baik akhlaknya.
Rasulullah bersabda :
"Jika datang kepadamu orang yang engkau sukai agama dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia. Jika tidak, akan muncul banyak bahaya dan kerusakan" (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Agama membuat suami tidak akan berbuat dzalim, dia berpegang teguh pada firman Allah "Pergaulilah mereka dengan cara yang baik" (an nisaa' : 19)
Dan sabda rasulullah "Orang yang terbaik diantara kamu adalah orang yang terbaik terhadap keluarganya. Aku adalah orang terbaik diantara kamu terhadap keluargaku" (hr. Ath tabrani dan ibnu majah)
Alasan untuk tidak menolak pemuda sholeh melamarmu adalah :
🔸 Dia akan memperlakukanmu sesuai ajaran Allah
🔸 Dia akan memegang teguh ajaran Allah, dan tidak menjerumuskanmu dalam dosa
🔸 Dia akan memperlakukanmu dengan Rasa takut pada Allah
🔸 Dia mengetahui bahwa tutur kata yang lembut dan baik akan dibalas pahala oleh Allah
🔸 Dia akan meneladani Rasulullah dan mempergaulimu
Sebagai wanita, para nanda juga harus menyiapkan diri untuk menjadi pilihan terbaik bagi para ikhwan..
Untuk menjadi wanita terbaik. Berikut juga sudah saya rangkum kriteria wanita ideal pilihan lelaki soleh..
KRITERIA ISTRI IDEAL :
Shalehah
Rasulullah bersabda :
"Setelah ketaqwaan, tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi seorang lelaki daripada istri shalehah, jika ia melihat istrinya, istrinya itu menyenangkannya; jika ia menyuruhnya, ia mematuhinya; jika ia memberi, ia beterimakasih; dan jika ia pergi, istrinya menjaga diri dan hartanya" (HR. Ibnu Majah)
Sifat terpenting yg dicari lelaki pada wanita adalah mulia, menjaga diri dan beragama.
"Wanita dinikahi karena 4 hal; harta, kecantikan, kehormatan, dan agamanya. Pilihlah wanita yang beragama maka engkau akan beruntung" (HR. Bukhari dan Muslim)
Istri shalehah adalah penenang dan penolong masalah agama dan dunia
Akhlah Mulia
Sabda Rasulullah ketika ditanya :
" Apakah hal yang terbaik yang Allah anugrahkan pada Manusia? Bliau menjawab "akhlak yang mulia" (HR. Ibnu Hibban)
Akhlak mulia tidak akan membuat istri takkan menyakiti suami, karena mereka tahu akhlak yang mulia pada suami adalah ibadah paling utama dihadapan Allah
Keturunan
Sabda Rasulullah:
"Cermatlah dalam memilih istri yang akan menerima nuthfah-mu sebab sifat orang tua sangat berpengaruh pada Anak" (HR. Ibnu Majah)
Bliau melarang kita terpikat pada wanita cantik berasal dari keluarga buruk. Bliau bersabda "jauhilah khadaraa' ad-diman", para sahabat bertanya "apa khadaraa' ad-diman? Bliau bersabda "Wanita cantik dari kelurga yang buruk" (HR. Ad-dailami dan ad-daruquthni)
Selain dari keluarga yang kurang baik, maka dihindari wanita yang dididik secara buruk.
Terkadang ada wanita shalehah dan berakhlak baik, padahal orang tuanya tidak terhormat. Apakah tidak boleh dipilih jadi istri?
Allah berfirman : "Seseorang yang berdosa tidak memikul dosa orang lain" (An-Najm : 38)
Perawan.
Rasulullah Bersabda:
"Carilah istri yang masih perawan, sebab rahim mereka lebih subur, mulut mereka lebih lembut, tipu daya lebih sedikit, dan lebih ridha pada penghasilan yang sedikit" (HR. Ibnu Majah dan At Thabarani"
Wanita (istri) ada 3 macam, ada yang menyenangkan, ada yang menyusahkan, ada juga yg tidak menyenangkan dan tidak menyusahkan.
Yang menyenangkan adalah perawan yang tidak punya pengalaman selain darimu, jika melihat kebaikanmu dia bersyukur pada Allah,
Yang tidak menyenangkan adalah janda yang punya anak dari suami terdahulu. Sebab dia akan menimpakan keinginan anaknya padamu, dan lebih mengikuti anaknya
Yang diantara kedua itu adalah janda yang belum memiliki anak, sebab melihat kebaikanmu ia akan berkata ini pantas untukku, jika ia melihat keburukanmu ia akan merindukan suaminya yang pertama
Cantik
Kecantikan itu relatif. Karena semua orang memiliki pandangan yang berbeda tentang kecantikan. Namun jangan sampai kecantikan menjadi prioritas utama dalam pernikahan. Karena pasti akan menemukan kegagalan.
Cerdas dan pandai mengurus rumah tangga.
Seorang istri harus cerdas dalam mengelola rumah tangga, menentukan masa depan anak, dan memanajemen rumah.
Imam Ahmad pernah berkata:
"Sifat kewanitaan ada pada setiap wanita, tetapi kecerdasan tidak ada pada setiap wanita"
Sepadan.
Mencari istri/suami sempurna itu tidak mungkin, carilah yang sepadan. Jangan ada jurang terlalu dalam mental dan akhlak. Carilah yang sepadan dalam pemikiran, pemahaman, selera, cita-cita dan pola berfikir
Setelah mengetahui kriteria-kriteria diatas, maka akan lebih sempurna jika kita mengetahui jenis wanita/pria yang tidak boleh dipilih ketika memilih pasangan hidup.
Jangan Pilih lelaki ini:
Berani meninggalkan sholat
Gemar melakukan dosa besar
Dayyuts (tidak memiliki rasa cemburu pada istri)
Anak Mama (manja)
Jauh lebih tua (beda umur 10 tahun lebih itu tidak baik)
Sombong dan senang membanggakan diri
Worakaholic (gila kerja)
Durhaka pada orang tua
Kebanci-bancian
Kikir.
Jangan Pilih wanita-wanita ini:
🔺 Kelelaki-lakian
🔺 Pembangkang
🔺 Pemarah
🔺 Tidak beragama
🔺 Memiliki hubungan asmara sebelum menikah
             
Tanya : bapak kan lbh enak punya suami yg gak ada rasa cemburu..lebih nyaman istri gak dicurigai terus
👆rasa cemburu dimaksud disini buka possesif. Jika suami tidak punya rasa cemburu maka cintanya dipertanyakan. Cb nanda sendiri, suaminya dideketi akhwat lain. Cemburu g'? Nah begitu juga pada suami. Cemburu itu tanda cinta..
Pak ustadz yg dimksud memiliki hubungan asmara sebelum menikah itu yg seperti apa?
👆Maksudnya disini adalah pacaran (zina dalam islam). Krna tidak ada istilah pacaran dlm Islam..
Lalu bagaimana kita tahu pasangan kita sholeh pak ustadz?ta'aruf?kn kita gag kenal lbh dekat..tanya kpda keluarganya??pasti dibagus2in infonya..gmna dong pak?
👆ini sering jd pertanyaan. Hehe..
Ingat ta'aruf itu tidak seperti yg kebanyakan nanda bayangkan. Ta'aruf itu butuh proses yg lumayan lama, sampai saling kenal. Ada tahapan2 yg dilalui. Kebetulan saya lg men ta'arufkan beberapa orang..
kl sering pcran terus tobat apkh msh gak lyak jd pasangan kita
👆Allah selalu mengampuni dosa asal kita bertaubat. Yang jelas Allah akan hadiahkan yg sekufu. Bagaimana kualitas kita. Begitu juga pasangan kita..
Prosesnya bgaimana pak ustadz?
👆nanti ada pertemuan 1, 2, 3, dan shalat istikharah.
Jika iingin menemui is akhwat boleh, asal didampingi oleh mahramnya. Jika ingin mengenal lebih dekat, boleh utus adik/saudara tidur dengannya agar tahu kepribadiannya.
jadi kl kita dl orangnya pejudi dpt psangan yg gak jauh sifatnya
👆tidak harus begitu. Ini Rahasia Allah. Cm Allah yg tahu yg mana sekufu dgn kita..
sholat istikhoroh untuk benar" mantap gmn..kdang hati ama si A Besok ke B
Berarti shalat istikharahnya blm benar..
🌱Tata cara shalat Istikharah:
Berwudhulah seperti biasa, sholat 2 rakaat pada malam sebelum tidur. Rakaat pertama baca al fatihah dan al kafirun, rakaat kedua baca al fatihah dan al ikhlash.
Pancangkan niat yg bulan dan mulia, mohon maaf pada Allah atas dosa2 yang lalu..
Lalu minta dgn sungguh2, kalau bisa sampai menangis..
Nanti Allah beri petunjuk dalam mimpi atau kebulatan tekad..
Kapan aja bisa istikharah. Asal jangan pada waktu dilarang sholat..
Pak ustadz..klo ada laki2 yg menunda menikah krna biaya bgaimana??
👆Menikah tidak harus mewah, kadang memang keinginan orang tua yg berlebihan. solusinya bisa dilakukan dengan akad saja terlebih dahulu Walimatul 'urusy dilakukan setelah ada uang..
yaaa ini juga masalah saya bpk...
pernikahan mau dimeriahkan semua ditanggung ortu tp sang anak hnya ingin cukup sederhana..ini yg bikin saya pening wlpn lum ktmu jodohnya.
👆beri ortu pemahaman begini:
1. Nikah tidak harus mewah yg penting diberkahi Allah dan sesuai syariat
2. Daripada uangnya untuk pesta, lebih baik untuk modal anak membangun rumah tangga
3. Berfoya-foya itu dilarang dalam islam.
Namun jika memang ortu orang berada, tidak masalah mrka membiayai, asal acaranya sesuai syariat Islam..
Tp nnti tetangga pd ngomongin pak ustadz..
Hehe,. tetangga yg baik tidak akan mencibir nanda. Takutlah pada Allah, jangan takut pada omongan tetangga.
Sebaiknya membicarakannya dgn orangtua didampingi oleh ustadzah. Atau mrka yg disegani orangtua..
Mau nanya Bpk'e kan Allah itu maha adil kan ya "wanita baik2 untuk laki2 yg baik2 pula" begitu pun sebaliknya... pertanyaannya
1. naaah gimana kalau ternyata laki2 yg buruk akhlaknya (pezina) mendapat istri yg baik akhlaknya.
2. Berlebihankah jika seorang wanita yg masa lalunya kelam lantas bertobat dan ingin mendapatkan pria sholeh..
Pertanyaan berdasarkan realita yg saya temui di kehidupan sehari2...
👆1. Ini sebenarnya kasus Langka. Krena Allah yang menjanjikan. Namun Allah punya banyak rahasia, mungkin hidayah akan hadir Pada lelaki melalui istrinya. Yg perlu dipertanyakan disini adalh proses pernikahannya. Kok bisa terjadi? Dan kok si wanita mau? Karna seorang wanita dilarang menikah dengan penzina sebelum dia bertaubat
2. Tidak salah nanda. Jika dia benar2 bertaubat, Allah pasti berikan yg terbaik untuknya..
makanya di Islam dilarang pacaran sebelum menikah. Biar enggak Kadung cinta sebelum halal..
Indahnya nikah tanpa pacaran itu pada rasa sungkannya. Keduanya masih malu2, justru menjadi hal lucu yg bisa dikenang sampai tua nanti..
Td di atas sy baca adanya bagian
Wanita yg gak baik dipilih salah satunya kelaki*an
Pertanyaanya begini ustad :
Sy orgnya tomboy bergaulnya sering sama laki* meskipun bnyk tmn pr jg
Masalahnya smp umur 40an belum dpt jodoh...apa sifat diatas mempengaruhi?
Bagaimana biar tomboynya berkurang...habis kalo ngobrol ma pr kebanyakan hobinya ngrumpi
yg pertama kita harus soroti adalah pergaulannya:
1. Begaul dengan kebanyakan lelaki itu jelas ikhtilath, Islam melarangnya.
2. Sikap yang menyerupai lelaki itu dilaknat oleh Rasulullah (Al Hadits)
Segeralah bertaubat dari 2 perilaku ini.
Masalah jodoh, itu rahasia Allah. Namun tindakan kita terkedang membuat jodoh menjauh. Seperti tomboy tersebut.
Cobalah berubah menjadi feminim yang syar'i, namun jagan juga tabbaruj. Setahu sy tidak semua wanita asal ngumpul kerjanya ngerumpi. Dan jikapun mrka ngerumpi, anty bisa mengalihkan pembicaraan.
Bagaimana agar tidak tomboy, secara khusus mungkin para ustadzah bisa menjelaskan. Sy hanya bisa bilang sikap dan pergaulan tomboy itu salah. Cobalah menyenangi apa2 yg disenangi wanita umumnya..
Tabarruj naon eta teh bpk?
👆Tabbaruj Allah sebutkan dalam Al Qur'an surah Al Ahzab : 33 .
Dimana arti tabbaruj adalah wanita menampakkan kecantikannya di depan lelaki yang bukan mahram. Seperti berlebihan dalam berdandan, kecantikannya diumbar..
Gmn cara cari imam yg soleh??
1. Pantaskan diri dulu menjadi sholeha
2. Cari mereka di tempat nongkrongnya. maksudnya bergaullah dengan orang2 seperti mereka (akhwat solehah)
3. Minta dan mohon pada Allah agar dijodohkan dengan lmam yang sholeh.
4. Perbanyak amalan2 sunnah agar dimudahkan jodohnya..
Pak ustadz... gmn cranya mengha
kalau dia ngajak Pacaran maka TOLAK dengan tegas. Mengajak pacaran sama dengan mengajak BERZINA. Kalau dia mengajak nikah, minta dia datangi Orang tua Anty, tidak ada pacaran dalam islam. Lelaki kayak gitu jangan dikasih peluang, nanti menjadi-jadi..
tetap dilarang, karena bliau ini melakukan ikhtilath. Yg dilarang dalam Islam
Tapi pak mungkin terlalu banyak setan yang meng-iyakan pacar. Syaitan tidak akan mampu menggoda mrka yang teguh imannya. Perbaikilah diri dan amalan.
1. Perbaiki amalan fardiyah.
2. Perbanyak tilawah Qur'an
3. Bargaullah dengan akhwat solehah
4. Perbanyak membaca kisah2 teladan para sahabat.
5. Teladani mereka yang menikah dengan ta'aruf
6. Yakinkan dini bahwa Pacaran itu dipenuhi dosa besar, diantaranya adalah ZINA.
Bocoran: biasanya ikhwan sholeh itu mensyaratkan calon istrinya itu belum pernah pacaran seumur hidupnya. Sy juga dulu mensyaratkan itu..
            
[Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dg lancar. Moga ilmu yg kita dpatkan berkah dan bermanfaat. Amiin....
Baiklah langsung sj kita tutup dg istighfar masing2 sebanyak-banyaknya dan do'a kafaratul majelis:
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Wassalamu'alaikum...

di postkan oleh : Ira Wahyudiyanti