Tiga Tingkatan Amal

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, August 20, 2014

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT ( HA 15 UMMI)

Hari / Tanggal : Selasa, 19 Agustus 2014
Narasumber : Ustadzah Rochma Yulika
Tema : Kajian Muslimah - Tiga Tingkatan Amal
Notulen: Farabella
Editor : Ana Trienta

Assalamu'alaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim...
Salam kenal dari saya, nama Rochma Yulika saya share materi dulu ya ukhty fillah

3 TAHAPAN / TINGKATAN AMAL

Ada Tahapan / Tingkatan dalam kita berAMAL dan tidak smua amal itu disembunyikan, juga tidak smua amalan itu diperlihatkan. RASULULLAH juga tidak menyembunyikan semua amalnya. Makanya, semua amalannya RASULULLAH dapat kita ketahui. Jadi, apa yang keliru, yang biasanya keliru ialah penempatan NIAT kita. Nah, maka nya disebut di atas tadi ada namanya TAHAPAN/TINGKATAN AMAL.

🌴 Ada yang beramal, baru pada Niat, namun belum bisa Istiqomah. Pada tingkatan ini, seseorang baru sampai pada perkara niat untuk melakukan dan belum bisa istiqomah, artinya dia belum bisa menjadi TELADAN dalam amalnya, karena baru melatih diri dalam beramal.

🌴 Ada yang beramal dengan istiqomah, dan Niat nya sudah benar, tapi dia juga belum bisa menjadi TELADAN buat orang lain. karena ia beramal untuk diri sendiri tapi belum mampu mengajak yang lain untuk mengikuti seperti yang dia lakukan. Pada tingkatan ini, seseorang bisa saja suatu waktu mencapai puncak keimanannya, namun di waktu yang lain ia pun tidak menutup kemungkinan bisa jatuh imannya, apa sebab, karena tidak ada yang membantu menyemangati dirinya. syaithon pun tidak luput untuk menggoda, apalagi dalam keadaan sendiri, sangat mudah godaan syaithon untuk menjatuhkan iman kita.

🌴 Yang ke tiga ialah, mereka yang beramal secara bersama-sama, mereka saling memotivasi dalam beramal, saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, di antara mereka saling mendo'akan untuk kebaikan, mereka bersama-sama berkumpul menjalin satu kekuatan besar, menjalin UKHUWAH dalam beramal, kekuatan inilah yang nantinya akan meluruskan NIAT-NIAT mereka, yang akan melatih KEISTIQOMAHAN dalam amal-amal mereka. Mereka saling memberikan TELADAN antara satu dengan yang lain, dan mereka inilah nantinya yang akan MENGGETARKAN syaithon dan musuh-musuh Islam.

Kekuatan UKHUWAH dalam beramal inilah yang dahulu RASULULLAH kerjakan, sehingga lahirlah banyak para pejuang Islam. TETAPLAH SEMANGAT wahai saudaraku, hidupkanlah UKHUWAH dalam AMAL dan hadirkanlah cahaya AMAL dalam UKHUWAH, karena itulah saat ini kita semua berada di sini, ALLAHU AKBAR !!!.

🌿 Catatan hari ini:
Intinya, dalam kita beramal, yang akan selalu kita latih adalah bagaimana agar kita bisa menempatkan NIAT kita dengan benar. Adapun amal itu, baik dilakukan sendiri-sendiri ataupun bersama-sama, dengan menaknisme yang diterapkan di dalamnya, tetap saja syaithon mencari cara untuk menggoda kita.
Mari kita Niatkan semua ini utk Allah.!
Maka, apakah kita masih ragu untuk menjalankan ini semua?

🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃🍃

Perjalanan manusia ibarat bunga dari kuncup kemudian mekar, layu dan akhirnya tiada
Terkadang banyak rahasia yang tersembunyi di antara jeda-jeda langkah perjalanan kita
Menerawang jiwa kala sadari diri ini sudah di ujung usia

Terbayang kehidupan tak berbatas tanpa tau bekal apa yang bisa dibawa
Tak terasa basah di ujung mata mengkhawatirkan diri kala menghadap Nya

Hanya khauf dan raja' yang ada dirasa kala ingat khilaf dan dosa
Menjadikan diri lebih baik di sisa-sisa usia dan berharap maghfirah dari yangkuasa

Selamat berjuang sahabat Surgaku...
@rochma_yulika#untukmuslimahyangtakpernahlelahberdakwah@Proumedia

Bila kita baik hati, bisa saja orang lain menuduh kita punya pamrih...
Tapi, bagaimanapun juga,  berbaik hatilah....

Bila kita  jujur dan terbuka, mungkin saja orang lain akan menipu kita
Tapi, bagaimanapun juga, jujur dan terbukalah....

Bila kita mendapat ketenangan dan kebahagiaan, bisa saja orang lain jadi iri...
Tapi, bagaimanapun juga, berbahagialah.....

Bila kitasukses, kita akan mendapat beberapa teman palsu dan berapa sahabat sejati...
Tapi, bagaimanapun juga, sukses lah....

Apa yang kita bangun selama bertahun- tahun, mungkin saja dihancurkan orang lain hanya dalam semalam ...
Tapi, bagaimanapun juga, bangunlah...

Kebaikan yang kitalakukan hari  ini, mungkin saja besok sudah dilupakan orang lain .....
Tapi,  bagaimanapun juga, berbuat baiklah...

Berikanlah yang terbaik dari diri kita
Pada akhirnya, kitatahu bahwa ini adalah urusan antara kita dan Allah....
Ini bukan urusan antara kita dan mereka...
Semoga kita menjadi hamba-hamba yang ikhlas
Sahabat Surga ku.....
Sahabat yang sesungguhnya, ialah mereka yang selalu mengingatkan kita akan اَللّهُ dan mereka yang akan menggiring kita ke syurga.

Diriwayatkan, bahwa apabila penghuni syurga telah masuk kedalam syurga, lalu mereka tidak menemukan sahabat-sahabat mereka yang selalu bersama mereka dahulu didunia.
Mereka bertanya tentang sahabat-sahabat mereka kepada اَللّهُ :
"Yaa Rabb, kami tidak melihat saudara-saudara kami yang sewaktu di dunia shalat bersama kami, puasa bersama kami,...."

Maka اَللّهُ  berfirman: "pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabat-sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar zarrah"
(Riwayat Ibnul Mubarak dalam kitab "az-Zuhd").

Al-Hasan Al-Bashri berkata: "perbanyaklah sahabat-sahabat mu'minmu, karena mereka memiliki syafa'at pada hari kiamat".

Ibnul Jauzi pernah berpesan kepada sahabat-sahabatnya sambil menangis: "Jika kalian tidak menemukan aku nanti di syurga bersama kalian, maka tolonglah bertanya kepada اَللّهُ  tentang aku: "Wahai Rabb kami, hambamu fulan, sewaktu di dunia selalu mengingatkan kami tentang Engkau, maka masukkanlah dia bersama kami di syurga"

Barangsiapa memperbaiki hubungannya dengan Allah, niscaya Allah baikkan hubungannya dengan sesama.
Barangsiapa disibukkan oleh urusan agamanya, maka Allah yang kan mencukupinya dalam perkara dunia.

-Umar ibn ‘Abdil ‘Aziz-
OASE DAKWAH~Penyejuk Hati Pemggugah Jiwa
Senin, 21 Juli 2014

Yaa Ayuhal Nafsul Muthmainah....

Kelembutan hati yang ada pada diri seorang muslim adalah hati yang terisi akan kecintaannya yang luar biasa pada sang Maha Pencipta

Kelembutan hati yang dimiliki seorang hamba  kepada Allah Azza wa Jalla yakni bila pemilik hati itu ialah seorang yang bersegara mengejar segala bentuk kebajikan

Tiada kelembutan hati kita dapati pada pemiliknya melainkan mereka yang senantiasa jauh dari perilaku menunda-nunda amal kebaikan untuk Allah sang Maha Bijaksana

Tiada kelembutan dan ketundukan hati seseorang kepada Allah swt melainkan kita akan mendapati bahwa pemiliknya adalah orang yang paling menaruh perhatian penuh terhadap segala bentuk ketaatan kepada Allah.

Tidaklah kelembutan itu masuk ke dalam hati seorang hamba  melainkan akan kita dapati pemiliknya senantiasa berada dalam keadaan tenang dengan ber-dzikrullah, lidahnya senantiasa basah dengan ucapan syukur dan pujian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Tiada hati yang lembut karena Allah swt melainkan kita akan menemukan pemiliknya sebagai orang yang sangat jauh perilakunya dari segala bentuk kedurhakaan kepada Allah Azza wa Jalla.

Maka hati yang lembut bukanlah penyeru kesesatan melainkan hati yang bergetar lantaran ketakutan kepada Allah yang Maha Kuasa

Maka hati yang lembut merupakan hati yang senantiasa merasa hina di hadapan keagungan dan keperkasaan Allah swt, hati yang tunduk penuh kekhusyu'an dengan berharap maghfirah dari yang Maha Pengampun segala dosa

~Rochma Yulika~

Biro Tausiyah Rutin ODOJ
Tradera/TR/09/21/07/2014

TANYA JAWAB

Tanya : 
Ustadjah amal apa yang paling di sukai Alloh dan rosulnya??? Dan setiap manusia ada turun naik iman nya ,sangat sulit untk selalu tetap istiqomah adakah doa dan kiat agar selalu istiqomah dalam menjalankan setiap amal ibadah?
Jawab : 
Semua amal kebaikan itu disukai oleh Allah dan Rasul Nya selama kita melakukannya dengan ikhlas

Tanya : 
Ustadzah kalo untuk anak-anak kita sering memotivasi ibadah dengan hadiah / rewards. Itu salah gak ya? Khawatirnya anak-anak itu niatnya menjadi supaya mendapatkan hadiah dari orang tuanya?
Jawab : 
Memang iman itu naik turun maka dari itu kita mewajibkan diri untuk mencari bi'ah keshalihan atau lingkungan yang baik. yang di dalamnya terdapat teman-teman yang selalu mengingatkan meski tidak secara lisan tapi dengan keteladanan. sebenarnya jika kita sering mengingat mati niscaya kita akan mudah tergerak melakukan kebaikan. anak-anak gpp diberi reward itu untuk melatih mereka. membangun motivasi diri untuk kehidupan yang pasti adalah kewajiban semua manusia. amal kebaikan butuh pembiasaan jika sudah terbiasa maka akan menjadi ringan adanya karena perlu disadari bahwa dunia itu sangat sebentar sehingga apa yang kita usahakan  harus ada misi keakhiratan sehingga sekecil apa pun yang kita lakukan bernilai di hadapan Allah

Tanya : 
Ustazah bagaimana cara kita menilai lingkungan yang baik itu, begitu banyaknya sekarang keluarga kajian Islam, awalnya terlihat baik tetap setelah beberapa waktu ternyata aliran sesat atau menyimpang?

Jawab : 
Untuk yang dalam kehidupan nyata banyak yang baik dan benar yang penting kita cek dulu sesuai tidak dengan quran dan hadits. Memang butuh hati-hati. kita ikut dari orang yang kita kenali misal ust yusuf mansur di beberapa kota kan ada forum juga. Contoh satu lingkungan yang baik misal ikut ha ikut odoj yang di dalamnya ada kebiasaan saling mengingatkan juga memotivasi

Tanya :
Ustadzah assalamualaikum, kadang kita sudah ikhlas dengan ibadah yang kita lakukan ,tetapi begitu kita tertumbur satu kegiatan yang membuat kita harus membuka ibadah yang kita lakukan ,kok kita tega membicarakannya ,jadi antara ikhlas dan riya beda tipis ya ustadzah ,aduh bagaimana ya ustadzah untuk menahan lisan ini agar bisa ngerem dan jauh dari riya ? Terima Kasih ustadzah

Jawab : 
Semua kembali kepada niat. terkadang kita butuh cerita tentang apa yang kita lakukan jika itu bertujuan untuk memotivasi in sya Allah boleh. Semoga Allah menjaga kita dari riya'

Saya kira itu dulu sudah hampir jam 10 saya harus ngajar. Kita akhiri dengan doa penutup majlis. Alhamdulillah, mohon maaf bila belum optimal. Semoga lain waktu ada kesempatan. Jazakillah khoir, ijin undur diri. wassalam wr wb

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT