Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

AQIDAH, TAUHID, dan IBADAH

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT ( HA UMMI 01-16)

Hari / Tanggal : Rabu 03 September 2014 / 07 Dzulkaidah 1435 H
Materi : Aqidah, Tauhid dan Ibadah
Narasumber : Ustadzah Endria
Notulen : PJ HA 2 & HA 3

Mari semua yang ada disini baca istighfar 3 x dan lanjut Al Fatihah ya say
Bismillahirrohmaanirohim
Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh...

Alhamdulillah wa syukurillah atas nikmat dan segala rahmat Allah yang tercurah kepada kita semua, hingga pagi hari yang cerah ini kita bisa kembali berkumpul ditaman syurga dalam rangka thalabul ilm....dalam rangka taqorrub kepada Allah subhanahu wa ta'alaa...

Tak lupa sholawat serta salam mari kita kirimkan kepada Nabi kita tercinta, Muhammad sholallahu 'alaihi wassalam, keluarga beliau, para sahabat dan seluruh ummatnya yang istiqomah mengikuti jalannya. Aamiinn...

Apa kabar ibunda semua ... ???
Sudah siap nih menuntut ilmu ?
Pagi ini kita in sya Allah masih akan lanjutkan meteri tentang Aqidah ya say ...
Betapa pentingnya materi Aqidah ini harus kita pelajari. Agar kita benar-benar memiliki aqidah yang lurus yang benar tanpa ternoda oleh kemusyrikan sedikitpun. Jika Aqidah kita sudah lurus maka kita wajib mewariskannya ilmu ini kepada anak-anak kita. Saudara-saudara kita yang masih banyak melakukan penyelewengan aqidah. Dan juga para sahabat dan handai taulan. Kan tentunya kita tidak ingin dong masuk syurga sendirian. Oleh karena itu hayo berdakwah...

Awali dulu dengan menuntut ilmunya. Kemudian jangan tunda-tunda untuk mengamalkannya. Daaan selalu siap mendakwahkannya kepada siapa saja ... Ok ?? Kita bisa mulai ya bundaaa Semoga materi minggu lalu masih pada banyak yang ingat yaaah .. Jadi biar nyambung dengan materi pagi ini.

Banyak yang bertanya, apakah bedanya istilah AQIDAH, TAUHID, dan IBADAH.
Pertama,
Seperti yang sudah kita pelajari minggu lalu, bahwa pengertian tentang Aqidah secara sederhana adalah suatu keyakinan yang mengikat kuat antara diri seseorang dengan suatu pilar-pilar penyangga keimanan seseorang sehingga dia otomatis akan menjadi penganut dari Aqidah tersebut.


AQIDAH Islamiyah, pilar-pilar penyangganya adalah yang biasa kita sebut sebagai Rukun Iman yang jumlahya ada 6, yakni :
1. iman kepada Allah,
2. iman kepada Malaikat
3. iman kepada Kitab2 Allah
4. iman kepada Rasul-rasul Allah
5. iman kepada Hari Kiamat
6. iman kepada Qadha dan Qadar.

Penjelasan masing-masing Rukun Iman :

1. IMAN KEPADA ALLAH
Iman kepada Allah artinya kita yakin dan percaya bahwa Allah itu ada. Allah yang menciptakan bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, laut, segala pepohonan, binatang dan lain sebagainya. Termasuk kita manusia ini. Dalam beraqidah islam yang lurus, kita semua harus menyakini adanya Allah, dan meyakini bahwa ALLA itu ESA adanya. Maksudnya Allah harus diyakini sebagai Tuhan yang maha Tunggal. Al AHAD, Dia adalah sesembahan yang mana semua manusia harus menyembahnya saja. Tidak dibenarkan ada sesembahan selain Dia, Allah. Sikap meng-Esa kan Allah inilah yag disebut dengan ajaran TAUHID. Jadi pengertian istilah Tauhid sudah jelas ya... bahwa TAUHID adalah suatu Aqidah atau keyakinan yang menuntut pengikutnya untuk berkeyakinan bahwa Allah itu adalah Tuhan yang Ahad, 1 jumlanya. Tidak ada tuhan lain yang berhaq untuk disembah seluruh makhluk kecual DiriNya.

Adapun sikap atau tindakan meng-Esa kan Allah ini merupakan suatu perbuatan IBADAH dan ibadah yang sangat Utama. Merupakan kunci kemurnian dan indikasi utama dari seorang Muslim atas Aqidahnya.

Adapun jika ada seorang Muslimah, masih memiliki setitik saja coreng atas keyakinan sebagaimana dijelaskan diatas, maka sudah bisa dipastikan dia memiliki Aqidah yang cacat. Dan bahkan sangat mungkin kondisi tersebut bisa mengeluarkan dirinya dari Islam, karena Aqidahnya telah cacat karena suatu sebab. Sebab-sebab utamanya yang membuat cacatnya Aqidah seorang Muslim adalah ketika dia sudah melakukan perbuatan-perbuatan Syirik, menyekutukan Allah. Pelaku syirik disebut dengan Musyrik.

Menyekutukan Allah maksudnya adalah mengambil seseorang atau sebuah makhluk ciptaan Allah menjadi sesembahannya selain Allah, seseorang ini memang masih tetap menyembah Allah dengan mengerjakan Sholat 5 waktu, bahkan semua Rukun Islam telah dia kerjakan bisa jadi. TETAPI dia melakukan suatu hal yang fatal, yakni menyembah pula selain dari Diri Allah subhanahu wa ta'alaa.

Pemahaman menyembah ini luas ya... jangan hanya diartikan sebatas menyembah itu sebagai suatu aktifitas ibadah seperti sholat saja. Akan tetapi pengertian Menyembah Thaghut adalah memperlakukan sesuatu ciptaan Allah, makhluk Allah sebagaimana dia memperlakukan Allah, yakni meminta pertolongan kepadanya atas hal-hal yang hanya menjadi otoritas Allah, seperti : meminta tolong untuk menanyakan tentang Nasibnya, Tentang prediksi suatu kejadian yang masuk wilayah Ghaib yang lain. Atau juga meminta agar urusannya diupayakan agar mencapai kesuksesan, misal dalam urusan bisnis, menang tender, dalam urusan dagang, minta semacam penglaris dll.

Hal-hal contoh yang disebutkan diatas adalah termasuk prilaku Syirik Qubro atau Syirik Besar, dan yang jelas perbuatan tersebut membatalkan Syahadatnya Tauhid nya yakni persaksiannya bahwa tiada tuhan yang Haq untuk disembah kecuali Allah, yang telah dia ucapkan dalam Syahadatnya ketika memasuki gerbang pintu keislamannya. Dan masih banyak contoh-contoh lain dari perbuatan Syirik. Syirik yang terkecil dan tersembunyi adalah Riya'.

Dari penjelasan diatas saya harap semua jama'ah HA yang dirahmati Allah sudah bisa mulai faham benar ya... bahwa batasan perbuatan Syirik ialah ketika seorang Muslimah meminta kepada makhluk Allah atas sesuatu apa saja yang menjadi kewenangan Allah saja untuk memberinya. Atau juga dia menisbatkan sesuatu kejadian kepada selain Allah ta'alaa... misal sederhana, adanya tanda-tanda alam seperti ada burung berputar-putar diatas rumah maka dia pastikan akan ada tamu yang bakal datang kerumah, seseorang yang kejatuhan cicak mati kemudian dinisbatkan akan adanya family yang meninggal dunia. Atau juga gunung meletus karena makhluk ghaib penghuni didalamnya sedang marah. Kemudian bagi penduduk pesisir pantai melakukan larung sesajian ke Laut agar mereka mendapatkan hasil panen ikan yang berlimpah. Hal dekat dengan kehidupan kita seperti wajib adanya beberapa benda hidup atau mati yang harus tersedia ketika acara perhelatan nikahan, seperti harus disediakan ayam hitam, pisang setandan dan lain sebagainya.

Demikianlah fenomena kemusyrikan yang harus kita waspadai dan hindari jauh-jauh agar kita termasuk orang-orang yang akan mendapat syafaat Rasululllah sholallahu 'alaihi wassalam. Sebagaimana beliau saw menyebutkan dalam sebuah hadist : "Setiap Nabi mempunyai doa yang mustajab, dan setiap Nabi sudah menyegerakan untuk memakainya (doa tersebut) di dunia ini, (akan tetapi) aku simpan doa mustajabku ini (sampai) di hari Kiamat. Itu pasti didapatkan insyaAllah oleh orang yang mati diantara ummatku sedang dia tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun." (HR. Muslim).

Demikian kiranya materi untuk edisi pagi ini....
in syaAllah pada pertemuan yang akan datang kita masih akan melanjutkan materi tentang AQIDAH lanjutan.
Sebelum saya akhiri kajian malam ini, saya ingin menyampaikan sedikit kesimpulan agar memperjelas pemahaman para jama'ah Hamba Allah rohimakumullah.
Kesimpulan :
  1. Aqidah Islam adalah suatu keyakinan yang kuat, yang mengikat diri seseorang dengan 6 rukun iman yang pemahaman dan aplikasi dalam amalnya harus sesuai dengan tuntunan Al Qur'an dan Hadist. Tidak boleh kita mempunyai pemahaman sendiri sesuai kira-kira, tanpa dasar hadist dan Qur'an.
  2. Tauhid adalah suatu keyakinan yang mengakui bahwa Allah itu satu-satunya sesembahan yang haq untuk disembah oleh seluruh makhluk. Sesuatu selain Allah adalah Makhluk. Makhluk seberapa pun kekuatannya tidak ada yang bisa menolong atau membahayakan makhluk lain kecuali dengan izin Allah subhanahu wa ta'alaa. Jadi sumber kekuatan dan keselamatan adalah hanya dari Allah semata. jika ada seseorang mengakui adanya kekuatan selain Allah maka itu hal kebathilan besar, yang sangat bahaya hingga bisa mengeluarkan dia dari keislamanya. Dan tidak akan pernah masuk syurga nya Allah kecuali dia telah bertaubat dan beramal sholih sebelum meninggalnya.
  3. Ibadah adalah suatu perbuatan amal dalam rangka taat mengikuti ajaran-ajaran yang dalam tuntunan Qur'an dan Hadist.

Jadi jika seseorang menganut keyakinan Tauhid maka dia telah beribadah, dan bisa dipastikan bahwa aqidahnya benar. Sedangkan jika seseorang mengaku memiliki Aqidah tetapi dia tidak berTauhid (tidak mengEsa kan Allah) maka dipastikan Aqidah dia salah.

TANYA JAWAB

1. Iya, saya mau tanya apa suatu keluarga yang waktu saya masuk rumahnya ada tempelan ayat-ayat al quran di dinding rumahnya. Bagaimana dengan itu?
Jawab :
Al Qur'an adalah kitab suci umat Islam , Al Qur'an merupakan kalam atau ucapan-ucapan Allah atau yang kita sering dengar dengan istilah firman.  Karena Al Qur'an adalah kitab suci kita , maka kita harus memiliki adab dalam memperlakukannya.  Ada beberapa adab yang harus ditaati dalam menerima Al Qur'an sebagai kitab suci, diantaranya adalah memuliyakannya. Tidak menempatkan pada tempat yang tidak semestinya. Jika ada penggalan ayat Al Qur'an yang dipasang didinding saya rasa kita harus tahu persis ya apa tujuannya. Kita penggalan ayat2 suci Al Qur'an ditampilkan di tempat yg layak untuk tujuan syiar, insyaAllah itu tidak termasuk yg dilarang.  Tetapi jika ayat-ayat al Qur'an dipasang di atas pintu dengan tujuan menjaga ini itu atau prinsipnya bukan untuk syiar agama. Maka ini suatu tindakan kemusyrikan. Waallahu a'laam bishowwab

2. Bagaimana cara kita menhindari syirik kecil, contoh terhadap uang, terkadang kita tanpa sadar merasa tenang apabila ada uang, merasa untuk sesaat bahwa segala urusan yang kita hadapi akan selesai dengan uang yang kita miliki...
Jawab :
Saya rasa setiap manusia pasti membutuhkan uang ya say.. Karena kita masih hidup dialam dunia, dimana banyak kebutuhan hidup harus dengan melalui alat penukar yang namanya uang.  Uang ini sepanjang tidak memperbudak diri seseorang yang in sya Allah kita tidak ada salahnya mencari dan mengumpulkan dengan giat. Banyak hal yang bisa kira lakukan dengan memiliki uang, seperti kita bisa berzakat, berinfaq dan bersedekah. Namun yg sudah mulai kita waspadai apabila firi kita sudah mulai enggan mengeluarkan sebagian rizki berupa uang yang Allah berikan kepada kita untuk hal-hal yang telah diwajibkan oleh agama. Jika kita oleh agama dianjurkan untuk kaya maka sejalan dengan bertambahnya kekayaan itu harusnya semakin menambah ketaatannya kepada Allah. Bukan semakin cinta kepada harta dan menjauhkan dirinya kepada Allah baik dalam urusan beribadah maupun berinfaq. 
Tips yang bisa menyelamatkan diri kita antara lain adalah :
  1. Tanamkan pada diri kita bahwa uang adalah sebagian kecil bentuk rizki dari Allah yang bisa berpotensi memjadi ujian yang berat jika kita tidak semakin taqwa kepada Allah.
  2. Ingat bahwa, ada rizki Allah yang lain yang lebih berharga daripada uang yakni seperti : keimanan yang ada dihati kita, sifat sabar yg Allah ilhamkan kepada kita, prilaku tawadhu' , kesehatan dlsb. Sehingga kita tidak terpancang apalagi diperbudak oleh uang.
  3. Yang ketiga adalah bahwa setiap kita menerima uang maka ada 2 hal yang kelak akan dipertanyakan di akhirat. Yakni , bagaimana cara mendapatkannya dan kemana saja kita membelanjakannya.  Ini adalah hisab yang sangat berat jika kita tidak berhati2 mengelola rizki uang yg Allah berikan kpd kita. 
Waallahu a'laam bishowwab

3. Ustadzah saya dulu suka main jalangkung-jelangkungan sama teman-teman buat fun aja sih ga ada maksud apa-apa, dulu kan belum tau, gimana ustadzah diampuni gak ya dosa saya?
Jawab :
Permainan semacam itu jika saya tidak salah kan melibatkan jin ya sayang. Naaah padahal kita dilarang oleh agama bermain sihir. Permainan tersebut tidak jauh dari praktek sihir. Sedangkan sihir adalah salah 1 dosa besar setelah Syirik. Segera bersihkan diri dari kotoran dosa besar. Mohon ampun kepada Allah ta'alaa. Dan ikuti perbuatan buruk dengan perbuatan baik. Artinya kejar kesalahan tersebut dengan mengejar amal-amal sholih sehingga bisa menutupi dosa-dosa masa lalu ..
Waallahu a'laam bishowwab

4. Ustadzah kan jaman dulu ada pemsin putruk, gareng ama semar ayat kursi sekarang dibentuk badan mereka gimana itu ustadzah?
Jawab :
Kembali lagi pada apa tujuannya say. Tetapi secara pribadi saya termasuk yang kurang setuju jika ayat-ayat suci Al Qur'an diperlakukan seperti itu. Karena biasanya orang akan lebih menghargai nilai seni nya daripada kandungan ayat-ayat suci tersebut .

5. Sekarang kan banyak para tokoh agama yang membuka praktek spiritual atau pngobatan & kita juga tidak tau apakah itu tokoh ulama beneran atau gadungan. Apa hukumnya kita minta tolong pada beliau-beliau? Apakah itu juga termasuk syirik
Jawab :
Sebaiknya kita tidak sembarangan menyebut seseorang sebagai seorang Ulama. Karena dalam Al Qur'an memang kita diperintahkan oleh Allah untuk taat kepada Ulama. Akan tetapi kita harus tahu kriteria nya , siapa atau bagaimana sih yang dimaksud sebagai Ulama itu?Ulama adalah jamak dari 'aliim. Yakni orang yang berilmu. Orang yang berilmu agama tentunya. Dan karena mereka tahu Agama maka merekalah yang paling takut kepada Allah SWT.  Sehingga ketaqwaannya bisa dipertanggungjawabkan. Naaah terkait dengan pertanyaan ibunda tentang pengobatan atau minta tolong kepada ulama ini harus diteliti :
Pertama , ulama ini benar-benar layak disebut sebagai ulama atau tidak. Jika dia memang benar seorang ulama pasti mereka tidak akan melakukan maksiat kepada Allah dengan melanggar hak-hak otoritas Allah subhanahu wa ta'laa. Misal dia berani menjawab tentang nasib seseorang, melakukan praktek penyembuhan dengan cara ghaib dll. Ini jelas bukan prilaku seorang ulama. Justru itu para pelaku syirik. Jadi sebaiknya saran saya lain kali kita harus berhati-hati..Jangan mudah percaya kepada orang pintar dll. Jika kita sakit ihtiarlah dengan pergi ke dokter sambil berdoa memohon kesembuhan kepada Allah ta'alaa. Jika kita perlu petunjuk sesuatu urusan kehidupan apa pun itu mintalah langsung petunjuk kepada Allah. Minta solusi dan ini bentuk ibadah yang benar. Karena doa adalah perwujudan suaustu ibadah yang paling Allah cintai. Jangan bosan untuk berdoa. Hindari kita minta tolong kepada manusia kecuali urusan-urusan yang wajar. Rasulullah saw sendiri berpesan kepada kita ..." Walau hanya urusan sandal mu yang terputus, maka mintalah tolong kepada Allah .... Subhanallah ini suatu ajaran tauhid yang subgguh indah dan luar biasa bagi kita ..
6. Ust mau tanya, apakah seseorang yg melakukan dosa syirik dan bertaubat sebelum dia sakaratul maut tapi belum sempat melakukan amal solih. Apakah diterima taubatnya ?
Jawab :
Allah itu Maha Penerima Taubat. Dosa apa saja yang dilakukan manusia jika dia bertaubat dengan sungguh maka Allah pasti menerimanya, kecuali jika taubat itu dilakukan saat ajal sudah sampai di kerongkongan seperti halnya yang dilakukan oleh Fir'aun. Jika belum sempat melakukan amal sholih bagaimana keburu meninggal. Asal taubat itu dilakukan saat nyawa masih ada genap diraga nya. In sya Allah taubatnya diterima. Tentang amal pahala yang belum pernah dilakukan bagaimana? Yang waktu dan kesempatan sudah habis .. Yang tersisa adalah amal2 jariyahnya semasa hidupnya , yakni ;
1. Anak-anak yang sholih
2. Ilmu yang bermanfaat
3. Harta yang diinfaqkan dan masih bermanfaat.
Waallahu a'laam bishowwab

7. Bagaimana batasannya jika kita minta didoakan orang lain ?
Jawab :
Meminta doa kepada orang lain adalah suatu kebiasaan yang dianjurkan oleh Rasulullah saw. Bahkan Rasul saw pernah melakukannya yakni dengan meminta dia kepada seorang anak kecil. Batasan meminta doa :
  • Kita tahu kesholihan dan kebersihan aqidah seorang yang kita mintai doa. Jika semakin 'aliim semakin sholih maka semakin utama.
  • Kita tidak meminta hal-hal yang buruk baik untuk diri kita sendiri ataupun untuk keburukan orang lain.
Waallahu a'laam bishowwab

8. Mau tanya ustadzah, di rumah mamah mertua masih suka ngadain semacam tahlilan, houl. nah yang saya tau hal itu kan tidak dicontohkan oleh Rasulullah, justru hal itu tradisinya orang-orang hindu sedangkan saya satu rumah dengan mertua kalo niatnya ngebantuin aja (sementara dalam hati kita mengingkari acara tersebut) itu gimana ustadzah? Rasanya ko gimana gitu ya kalo ga bantuin, ga enak jdnya, jadi omongan pula..
Jawab :
Aqidah itu adalah keyakinan yang sangat kuat yang ada didalam hati seseorang mukmin. Aqidah yang benar yang diyakini seseorang membuahkan predikat seseorang tersebut sebagai orang yang beriman. Orang yang beriman itu didalam Al Qur'an dinyatakan belum ditrima sebelum kita diuji. Nah kondisi yang bunda alami adalah suatu ujian keimanan bunda sekaligus Allah menuntut pengakuan keimanan itu perlu dibuktikan. Sejauh mana kesetiaan hati kita mentaati perintahNya dan menjauhi laranganNya. Kemudian sejauh mana kita menjaga diri dari hal-hal yang subhat atau meragukan. Termasuk didalamnya kita dituntut untuk menjauhi hal-hal yang dibenciNya. Seperti Bukan hanya zina yang dilarang , tetapi mendekati zina saja dudah dilarang. Naaaah ini juga demikian, jika kita tahu itu perbuatan yang bertentangan dengan syariat Allah maka kita jangan coba-coba mendekatinya. Cari alasan untuk memghindarinya. Mohon pertolongan kepada Allah , pasti Dia akan kasih jalan. Asal niat yang kuat dalam rangka taat kepada Allah ya. Kemudian pertimbangan yang lain adalah kita memang diperintahkan untuk saling tolong menolong ya tetapi hanya pada urusan taqwa bukan tolong menolong dalam urusan maksiat atau menodai ajaran agama Allah.
Waallahu a'laam bishowwab

9. Ustadzah di sekitar rumah sering kejadian uang hilang. Mereka mengira uang diambil mahluk tertentu milik seseorang apakah termasuk syirik  ketika  kita mempercayai hal tersebut??  Bagaimana kita menyikapinya???
Jawab :
Sebaiknya kita mengindari perbuatan su'udzon atau menuduh kepada siapa pun. Kalaupun itu terjadi karena sudah bicara masalah ghaib kan kita tidak ada yang bisa melihatnya. Ok

10. Ustadzah saya izin tanya deluan. Ketika seseorg telah melakukan perbuatan syirik yang telah membatalkan syahadatnya, apakah dia harus bersyahadat ulang saat beliau taubatan nasuha?
Jawab :
Ya. Karena Syahadatain itu adalah pintu gerbang masuknya seseorang kedalam Islam. Syahadat bisa batal dan menggugurkan pelakunya. Oleh karena itu jika dia sudah nyata-nyata musyrik yang batal syahadatnya dan harus bersyahadat kembali.
Waallahu a'laam bishowwab

11. Bagaimana sikap kita sharusnya apabila tinggal dengan sseorang yang percaya atau bahkan terkadang melakukan ritual/membaca doa untuk tujuan-tujuan tertentu mis: kesejahteraan, kesuksesan, kekayaan,dll.. Dan juga tinggal di dalam rumah yang penuh dengan lukisan-lukisan serta patung-patung walaupun alasannya adalah koleksi karya seni (karena setau saya tidak boleh juga mengkoleksi barang-barang yang menyerupai makhluk hidup).. Syukron
Jawab :
Saran saya agar banyak berdoa kepada Allah untuk bisa segera hijrah / pindah dari kediaman yang seperti itu keadaannya. Karena bisa jadi banyak sekali makhluk halus yang tinggal di lukisan-lukisan dan patung-patung tersebut. Ini bisa mengikis aqidah kita. Karena kita berada ditempat yang kurang baik.

12. kriteria seorang ust/ustadzah apa ya ?
Jawab : 
Ustadz atau ustadzah itu hanya julukan jika di negri kita ini. Sebagai bentuk panggilan atau sebutan penghormatan saja. Jika di negara tertentu khususnya timeng, disana seorang ustadz atau ustadzah adalah untuk sebutan yang sangat prestisius. Selayaknya sorang professor.

13.  Assalamu'alaikum ustadzah. Kapan waktu yang tepat untuk  membacakan do'a yang mustajab??
Jawab :
Waktu-waktu mustajab antara lain adalah :
1. Antara adzan dan iqomah.
2. Waktu sahur , sebelum masuk subuh. 
3. Saat seseorang terdzalimi. 
4. Saat seseorang sedang berpuasa sampai dia berbuka.

14. Afwan, ustadzah mau nany ada seseorang yang waktu muda alim dan ilmu agamanya banyak bisa dikatakan guru agama tapi setelah tua dilihat ibadah dan tingkah lakunya jauh dari orang yang tau ilmu agama, putus asa,  marah-marah dan mengeluh terus setiap hari dari hal-hal yang kecil tapi tidak pikun. Bagaimana caranya agar bisa seseorang tersebut dekat dan pasrah dengan keadaannya karena segala cara sudah dilakukan tapi tidak membawakan hasil...syukron ustadzah...
Jawab :
Tetap jangan lelah untuk mengingatkan. Dan doakan mintakan kepada Allah agar dia kembali diberi petunjuk ke jalan yang lurus.

15. Di kalangan masyarakat kan kadang masih ada yang melakukan sesajen. Nah biasanya dengan makanan yang enak juga. Sudah begitu ditinggal saja. Nah apa hukumnya jika kita memakan makanan yang untuk sajen tadi jika kita tidak tahu? Dan jika kita tahu tapi akhirnya memakan bagaimana?
Jawab :
Makanan sesajen haram dimakan.

16. Jadi bunda lebih baik kita biarkan saja?kadang lihatnya jadi mubadjir
Jawab :
Jika Allah sudah menetapkan sesuatu sebaiknya sami'na wa ato'naa - dengar dan taat. Makanan sesajian adalah makanan yang sudah dinikmati oleh syetan , apakah kita mau memakan sisa makanan syetan ?

17. Ustadzah, Saya pernah mendapat materi, bahwa laki-laki muslim boleh/sah menikahi perempuan nasrani (ahli kitab). Bagaimana pendapat ustadzah???
Jawab :
Boleh. Hanya saja kita tidak tahu apakah di jaman sekarang masih mudah menemukan ahli kitab seperti yang dimaksud oleh ayat tersebut. Hal ini yang masih menjadi perselisihan faham para ulama. Tetapi yang jelas Rasulullah mengajarkan jika mencari jodoh ada 4 perkara yang harus menjadi tolok ukur : Agama, nasab, rupa, harta. Dan Rasulullah saw menekankan diakhir hadistnya. 

فاظفر بذات الدين تلبت يداك

Maka pilihlah perempuan yg miliki agama yang benar. Maka akan selamatlah engkau

18. Ustadzah, saya pernah berobat dengan media telur yang ditaruh di tempat yang sakit, kemudian dipecah, ada darah dalam telur tersebut katanya itu penyakitnya keluar. Apa itu termasuk perbuatan syirik, meski orang yang melakkan praktek pengobatan tersebut menggunakan doa & ayat-ayat alquran? Kalo itu syirik, pa yang harus saya lakukan sekarang? Jazakillah ustadzah...

Setiap pagi saya biasa kasih air putih ke anak saya yang sudah saya bacakan beberapa surah Alqur'an & sholawat. Sebelum minum anak saya, saya kecup keningnya sambil membaca doa & sholawat. Apakah menggunakan air juga praktek syirik?
Jawab :
Praktek penyembuhan seperti diatas, yang lewat telor itu sangat dekat dengan sihir dan kemusyrikan. Sebaiknya jangan diulangi lagi. Dan segera bertaubat. Jika dengan media air putih dan baca Al Fatihah kemudian ditiupkan demikan yang diajarkan oleh nabi saw.
Waallahu a'laam bishowwab.

19. Berkaitan dengan aqidah ini, bagaimana hukumnya memberikan selamat atas perayaan agama lain, misal mengucapkan selamat natal, bahkan ada kalangan Muslim yang ikut-ikutan merayakan dengan alasan toleransi..
Jawab :
Hukumnya haram. Karena dia sudah melanggar batas kebolehan dalam bermuamalah dengan orang kafir. Pemberian ucapan selamat natal dlsb kepada pemeluk agama lain sudah menyalahi Al Qur'an. Karena di dalam surah al Kaafiruun ; ada kalimat lakum diinukum waliyadiiin - bagimu ( urusan ) agamamu dan bagiku pula ( urusan ) agamaku. Jadi kalo bermuamalah sekedar berdagang atau bertetangga boleh. Tetapi kalo sudah menembus batas urusan Agama harus stop. Segera taat kpd hukum Allah.

20. Nanya ya ustadzah, saya dipapua hidup heterogen agama dan suku berteman dengan teman-teman nasrani di lingkungan kerja dan didunia maya ketika mereka buat status di fb tentang kutipan alkitab. kutipannya menganduklng kebaikan dan saya like apa merusak syahadat saya...
Jawab :
Sangat bisa ! Sebaiknya jangan dilakukan lagi hal seperti itu. Segera bertaubat ya sayang.. Kita sudah punya kitab Suci Al Qur'an sebuah mukjizat terbesar bagi Nabi kita Muhammad saw. Kita tidak boleh sedikitpun menyetujui kitab agama diluar Islam... Ok

21. Bu saya tinggal di india dan di sekitar daerah saya ini banyka tempat-tempat waliullah seperti halnya di indo wali songo dan tidak sedikit umat islam disini yang rajin berziarah termasuk keluarga suami apakah hal ini tidak termasuk bid'ah?
Jawab ;
Ya memang setahu saya didaerah india , termasuk Hyderabat dan sekitarnya banyak Muslim yang suka berziaroh. Saya tanya apa maksudnya. Mereka jawab untuk menghubungkan dirinya dengan Allah, karena mereka menganggap tempat tersebut ada ruh-ruh lelulur yang lebih dekat kepada Allah. Ini suatu bentuk kemusyrikan yang sempurna. Karena Allah tidak suka jika hambaNya menyembahNya dengan melalui perantara. Sebaiknya ibunda tidak ikut-ikutan ya say. Jaga aqidah anti. Ini urusan keselamatan anti kelak pada kehidupan yang kekal di akhirat ya. Baarokallahu fiik .. Aamiin. Yaaa untuk tambahan jawaban bunda yang dari india tadi. Apa yg ditanyakan, betul bahwa itu adalah bid'ah.

22. Ustadzah kalau sebelum syahadatnya diulang  dan perbaharui lagi orang tersebut meninggal dunia apa yang harus dilakukan ahli warisnya untuk menolongnya?
Jawab :
Tidak ada sayang. Semua sudah terlambat. Dan kita tidak boleh memohonkan ampunan kepada Allah untuk seorang yang musyrik. Oleh karena itu mari kita semua berhati-hati dalam menjaga aqidah kita. Tidak ada yang bisa dilakukan, kita sudah terlambat. Karena urusan aqidah itu sangat private tidak bisa diwakili oleh orang lain bahkan itu ahli warisnya sendiri.
Waallahu a'laam bishowwab

23. Gini bunda, itu gurunya ngaji suamiku dan tokoh agama, ustad dll banyak yang ngaji dirumahnya. Dia bisa menerawang sesuatu dan sering didatanggi mahluk halus,  gunung kelud mau meletus dia sudah dikabari sama penunggu gunung ki suro, nyatanya kejadian persis, seperti saya tiap pagi di dapur tempat piring selalu ada ulat jatuh, aku bunuh pada hsl tptnya bersih, suamiq tanya ternyata ada yang mau kenalan yang pernah tinngal dia situ bunuh diri,dll, Terus gimana orang-orang percaya sama dia apakah termasuk syirik?
Jawab :
Benar adanya jika kita mempercayai hal-hal seperti itu adalah syirik. Yang benar jika pun melihat kejadiannya benar terjadi kita aqidah kita harus tetap lurus kepada Allah, dengan mengembalikan segala kejadian yang terjadi ini adalah atas kehendak dan izin Allah terjadinya. Laa haulaa wa laa quwwata ilaa billaah.

24. Mau nanya ust, pekerjaan suami adalah photografer kadang ada job yang mengharuskan suami untuk meliput acara pernikahan orang kristen itu. Apakah diperbolehkan ust? Hukum memajang photo bagaimana ya ust?
Jawab :
Professinya boleh saja. Hanya sebaiknya object yang dipilih tidak subhat seperti itu. Jika saya akan lebih baik menghindar ya karena sumber mata pencaharian bagaimana cara mendapatkan adalah sangat berpengaruh pada keberkahan hidup dirinya dan anak-anaknya. Waallahu a'laam bishowwab

25. Pertanyaan itu seperti yang saya alami, walau dia kristen dia tidak pernah ganggu, dia suka like status dakwah saya, walau tidak saling coment, saya juga balas like status dakwah dia, dia dakwah di jalan kristen dan saya di jalan islam, kira-kira boleh gak ustadz,,karena saya yakin sebagai hamba Allah tidak boleh syirik atau pun saling membedakan satu sama lain atau tidak boleh membenci siappun
Jawab :
Pemikiran ini adalah contoh akibat pergaulan global yang membawa  penganutnya ke arah pemikiran global yang sekuler. Yakni berfikiran bahwa semua agama itu sama. Toleransi beragama harus dijunjung tinggi dll. Sebaiknya anti banyak baca buku Agama dan mulai perbaiki sistem pergaulan sayang agar tidak terseret pada pengikisan aqidah yang benar. Syirik tidak . Tetapi jika aqidah cacat ya sama saja akan sangat merugikan diri sendiri. Mungkin belum tampak terasa di dunia. Tetapi diakhirat segala sesuatu Allah perhitungkan secara detail.

26. Bagaimana jika kita berobat ke "dukun", tidak ada permintaan yang aneh, dukun hanya memberi obat dari tumbuh-tumbuhan dan racikan jamu, tapi membacakan doa ke obat tersebut dan menyuruh kita bernazar untuk kesembuhan
Jawab :
Jika seseorang datang ke dukun baik dia percaya atau tidak percaya dengan omongan dukun tersebut. Maka 40 hari sholat dan doa-doanya tidak akan diterima oleh Allah. 
Berani mencoba ???

27. Bunda ada pengobatan alternatif tapi mereka pakai tulisan arab yang harus direndam diair dan diminum airnya itu termasuk dosa ya ??
Jawab : 
Ya itu termasuk praktek perdukunan itu ya seperti itu. Hati-hati. Jauhi segera

28. Ustdzah, Kalau kita pergi ke kyai, terus kita minta di doakan hajat kita, karena merasa kiyai lebih dekat dengan Alloh trus kita dikasih garam & rajah juga dikasih ijazah ~ amalan untuk dipakai wirid tiap hari. Gimana itu ustadazh? Astaghfirulloh... gimana caranya saya taubat, cukup dengan sholat taubat, banyak istighfar & tidak mngulangi lagi pengobatan pake telur?
Jawab :
Apa yang dilakukan diatas termasuk perbuatan syirik. Jelas, karena Allah haramkan beribadah atau berdoa kepadaNya dengan melalui perantara siapa pun itu. Semua haram. 
Cara taubat :
  • Baca Syaidul Istighfar
  • Baca doa mohon ampun atas dosa syirik baik yang diketahui maupun yang tidak diketahui.
  • Menyesal.
  • Berjanji tidak akan mengulanginya. 
  • Menjauhi hal-hal tersebut.
  • Segera banyak beribadah, menuntut ilmu secara istiqomah. Dan berbuat baik apa saja dengan ikhlas karena Allah.
Doa pada point 2 :
Allahumma innaa na'udzubika min anusyrika bika syai'an naklamuh wa nastaghfiruka limaa laa naklamuh

29. Bunda, seorang istri kalo meninggal boleh dikubur satu Kuburan dengan suaminya sudah meninggal duluan gak?
Jawab :
Emang kenapa? Gak ada tanah lain?  sebaiknya jangan sayang, tidak lazim dan tidak dicontohkan oleh Rasulullah saw kecuali untuk para syahid perang. Mereka biasanya dikubur dalam 1 liang dan tanpa dimandikan. Karena Malaikat yang memandikan. 
Waallahu a'laam bishowwab

30. Tanya lagi boleh ya ustadzah, kita ngucapin assalamualaikum pas rapat padahal anggota rapat ada yang nasrani. Bagimana menurut pendapat ustadzah?
Jawab : 
Ya sebelum mengucapkan niatkan kita mengucapkan bagi yang muslim saja. Karena dilarang mengucapkan salam bagi orang non muslim

31. Ustad saya punya sodara, suami nya enggan sekali solat akibat nya dia jadi tempramen, suka marah-marah, masalah kecil saja bisa menjadi besar. Sedangkan istrinya taat beribadah. Padahal sangat sering di ingatkan, tapinya kadang suka balik marah. Itu gimana ustadz?
Jawab :
Istrinya berusaha semakin dekat saja dengan Allah dan banyak berdoa agar suaminya segera berahlaq karimah dan sholih. Seperti yang diharapkan.

Ok sudah cukup ya
Saya akhiri sampai disini dulu
Mohon maaf jika ada kekurangan dan salah kata..

Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إلي

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Billaahi taufiq wal hidayah
wassalamu'alaikum warohmatullah wabarokaatuh.