Home » , , » IMAN KEPADA MALAIKAT

IMAN KEPADA MALAIKAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, September 30, 2014

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT (All Grup Nanda)

Hari / Tanggal : Senin, 29 September 2014
Narasumber : Ustadz Haidir
Materi : Iman Kepada Malaikat
Notulen : Ana Trienta

Assalamualaikum, kita mulai ya kajian rukun iman kedua; 
"Beriman kepada malaikat"

Malaikat مﻻئكة adalah bentuk jamak dari  ملك (malak) berasal dr kata ألوكة artinya risalah atau pesan karena tugas utama para malaikat adalah membawa pesan dan tugas dari Allah Taala. Karena itu, kadang dalam beberapa hadits malaikat disebut juga rasul; utusan, karena dia adalah utusan Allah jadi bisa juga dia dibilang rasulullah namun tidak umum.
Beriman kepada malaikat, minimal adalah meyakini dan beri'tikad bahwa ada makhluk Allah bernama malaikat. Ingat, sebagai makhluk disini memiliki 2 dimensi; 

Pertama dia tetap sebagai ciptaan Allah, hambaNya dan tidak memiliki sifat-sifat ketuhanan karena itu tidak boleh diyakini sebagai tuhan atau memiliki sifat-sifat ketuhanan walaupun dia memiliki sifat-sifat mulia.

Kedua: Dia adalah makhluk yang nyata yang terbuat dari cahaya, bukan ilusi atau sekedar sifat-sifat mulia. Tidak boleh meyakini malaikat sekedar motivasi kebaikan, bukan sebagai makhluk yang ada dan nyata, meski tidak tampak.

Meyakini malaikat yang lebih sempurna adalah, meyakini segala sifat-sifat dan tugas-tugasnya yang telah dinyatakan dalam Alquran dan sunah yang shahih.

* Malaikat terbuat dari cahaya 
Nabi saw bersabda:

«خُلِقَتْ الْمَلَائِكَةُ مِنْ نُورٍ، وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ، وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ»

"Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari apa yang panas, dan Adam diciptakan sebagaimana telah dijelaskan kepada kalian (dari tanah)." (HR. Muslim)

* Makluk mulia yang selalu tunduk dengan perintah Allah, selalu ibadah dan bertasbih

(…عباد مكرمون .لا يَسْبِقُونَهُ بِالْقَوْلِ وَهُمْ بِأَمْرِهِ يَعْمَلُونَالأنبياء)

“… Sebenarnya (malaikat-malaikat itu), adalah hamba-hamba yang dimuliakan, mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya”. (QS. Al Anbiya’: 26-27)

 لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ التحريم

“… yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”. (QS. At Tahrim: 6)

ومن عنده لا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَلا يَسْتَحْسِرُونَ . يُسَبِّحُونَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لا يَفْتُرُونَالأنبياء/19 :20 .

Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya”. (QS. Al Anbiya’: 20) 

* Malaikat memiliki sayap, hal ini ditunjukkan dalam Alquran dan hadits...
Surat Fathir ayat 1
Menampilkan D07ED210_CBB1_D935_246E_EF3FF6FD0EDC_thumb.png

Dalam hadits diriwyatkan bahwa malaikat memliki 600 sayap yang memenuhi ufuk.

*Jumlah malaikat tak terhitung. 
Dalam satu riwayat disebutkan bahwa di langit terdapat tempat ibadah para malaikat yang bernama Baitul Ma'mur. Setiap hari 70rb malaikat masuk ke dalamnya, yang sudah masuk tidak keluar lagi.

Ada beberapa malaikat yang secara jelas disebut namanya dan harus kita imani. Yang paling utama adalah malaikat Jibril, dialah pemimpin para malaikat, dalam Alquran sering disebut sebagai Ar-Ruuh, lihat surat Al Qadar. Berikutnya ada malaikat Mikail, Israfil, Malik, Ridwan sedangkan nama malaikat lainnya diperdebatkan, seperti Izrail, Raqib Atid, Munkar Nakir, dll.

Malaikat suka dengan manusia yang taat beribadah, menuntut ilmu, suka berdoa, bersih. Mereka suka mendoakan kebaikan bagi  manusia yang taat. Ada sejumlah perbuatan yang secara khusus didoakan kebaikan oleh malaikat, di antaranya;
  • Menuntut ilmu
  • Bershalawat
  • Bershadaqah
  • Menunggu datangnya waktu shalat
  • Mendoakan sauadaranya tanpa sepengetahuannya...dll
Hikmah beriman kepada malaikat:
  • Meyakini kebesaran Allah Taala yang Maha Pencipta, Dia ciptakan makhluk yang sangat agung, baik dari segi penciptaannya dan kemuliaannya.
  • Meyakini kasih sayang Allah, karena di antara tugas malaikat adalah mengurus urusan manusia.
  • Meneladani sifat-sifat mulia malaikat dan berharap mendapatkan doanya dengan melakukan segala sesuatu yang mereka sukai.
Wallahu a'lam
Thayib, samapi di sini dahulu jika ada pertanyaan silakan disampaikan
Sambil menunggu sedikit catatan, menyebut seseorang atau siapa saja dengan julukan malaikat, tidak baik, seperti malaikat kecilku, malaikat penolongku, dia seperti malaikat, dan semacamnya

TANYA JAWAB


GRUP 103
1. Ustadz, kan kadang kalo di TV suka cerita kalo malaikat bisa menyerupai manusia. Emang bener bisa gitu? Apa malaikat bisa 'menjelma' menjadi manusia? Atau itu fiktif belaka?
Jawab
Malaikat dapat menyerupai manusia, seperti dalam Alquran pada kisah tamunya Nabi Ibrahim dan nabi Luth. Pada masa Rasulullah malaikat dapat berwujud manusia menyerupai sahabat yang bernama Dhihyah tapi ini masalah gaib, tidak dapat ditentukan kecuali oleh wahyu maka ga bisa sekarang orang bilang bahwa ada malaikat dalam rupa seseorang.

GRUP 104
1. Itu kok tadi disebutkan ada nama-nama malaikat yang masih diperdebatkan? Kalo sesuai pelajaran Agama Islam selama ini kan yang diajarkan 10 nama malaikat itu hehe
Jawab
ya, memang sudah sangat dikenal sepuluh nama malaikat tapi ternyata sebagian namanya diperdebatkan.


GRUP 106
1. Jika malaikat dari cahaya dan iblis dari api, bagaimana dengan tafsir albaqoroh tentang penciptaan adam, disitu disebutkan bahwa seluruh malaikat diminta bersujud pada Adam, kecuali iblis. Dan dalam tafsir itu, asal muasal iblis itu adalah malaikat yang membangkang. Nah kalau iblis asal muasalnya dari malaikat, lalu bukankah iblis seharusnya dari cahaya juga seperti malaikat? Kenapa dari api?
Jawab
Iblis bukan berasal dr jenis malaikat, tapi dari jenis jin, hal itu nyata disebutkan dalam Alquran surat alkahfi ayat 50

2. Afwan, mau nanya ketika ayat Kursi diturunkan diikuti beribu-ribu malaikat sebagai pengantar, tapi mengapa membuat Syaitan dan iblis menjadi gempar?
Jawab
Pertanyaan kedua saya belum tahu riwayatnya dan apa maknanya

GRUP 107
1. Kenapa nama malaikat izrail raqib atid munkar dan nakir masih d perdebatkan? Masih belum pasti namanya? Atau bagaimana?
Jawab
Malaikat yang bertugas mencabut nyawa dalsm Al Quran hanya disebut sebagai malakul maut. Penyebutan Izrail terdapat dalam beberapa kitab tafsir, namun  tidak ada riwayat shahih tentang hal tersebut. wallahu a'lam, sebiaknya tidak terlalu dipastikan, tapi juga jangan terlalu diingkari.
Begitu juga dengan malaikat penanya dalam kubur, memang ada, namun penamaannya sebagai munkar dan nakir, ada sebagian ulama yang mengakuinya, ada juga yang tidak karena tidak adanya riwayat yang shahih...
Raqib atid yang disebut dalam Alquran juga diperdebatkan, apakah sebagai nama atau sifat tugasnya, karena raqib dalam bahasa arab artinya memantau atid artinya mencatat. wallahu a'lam


GRUP 108
1. Dalam QS. At Tahrim:6 dijelaskan bahwa malaikat itu selalu mengerjakan perintah-Nya. Pertanyaannya, apakah dalam melaksanakan perintah tersebut para malaikat memiliki kesilapan/kesalahan?? Seperti salah dalam mencabut nyawa, dll
Jawab
Malaikat tidak melakukan kesalahan, mereka maksum....


GRUP 109
Apakah benar kalau langit itu dipenuhi malaikat? Terus apakah berarti jika malaikat beribadah terus kepada Allah artinya malaikat akan masuk surga?
Jawab
Malaikat adalah penduduk langit dan akan masuk surga...

GRUP 114
1. Ustadz apakah smua malaikat 100% bersujud kepada Allh. Tidak ada malaikat murtad?
Jawab
Tidak ada malaikat yang maksiat, semua taat dan tunduk kepada Allah.

GRUP 116
1.Saya mau tanya, dari sifat-sifat malaikat itu kan ga ada emosi yak, tapi di beberapa kisah misal; waktu Rasul di dzolimi di thaif jibril marah & dari Allah jibril menawarkn untuk mengangkat gunung supaya bisa di timpakan ke kaum thaif. Atau sewaktu Rasul menghadapi sakaratul maut di kisahkn bahwa jibril menangis melihat Rasul kesakitan. Itu gimana ya?
Jawab
Tidak ada pernyaatan jelas bahwa malaikat tidak punya emosi, kalau tidak punya syahwat, iya. Dalam beberapa hadits justru disebutkan bahwa malaikat, senang, ridha, murka, melaknat, dll. Tapi semua itu umumnya karena ketaatannya dan kecintaannnya terhadap ketaatan...

GRUP 117
1. Kalo malaikat mendoakan kebaikan untuk manusia karena manusia melakukan yang baik, apa kalo manusia melakukan kejahatan bisa di doain jelek juga sama malaikat? Apa doanya malaikat itu pasti dikabulkan Allah? Kalo doa manusia, sepengetahuan saya, mohon koreksi ya... Ada yang langsung di kabulkan, ada yang di tunda, ada yang di ganti dengan yang lebih baik menurut Allah. Nah kalo doa malaikat gimana?
Jawab
Dalam hadits disebutkan bahwa setiap pagi malaikat berdoa, ya Allah, berilah ganti bagi yang suka berinfaq, berilah kehancuran bagi yang menggenggam hartanya (bakhil). Hal ini menunjukkan bahwa malaikat juga dapat mendoakan keburukan bagi mereka yang durhaka.wallahu a'lam. Doa malaikat pasti dikabulkan Allah, masalahnya dalam bentuk apa Allah mengabulkannya? Itu tergantung kehendak Allah begitupula doa manusia, selama doanya benar dan dengan cara yang benar, pasti dikabulkan, tetapi sesuai kehendak Allah, bukan kehendak kita.

GRUP 118
1. Pada waktu kapan aja doa kita di kabulkan? dan perpengaruh tidak dengan seberapa banyaknya jumlah malaikat yang mendoakan kita dalam kebaikan lalu Allah swt segera mengabulkan?
Jawab
Ada waktu-waktu yang mustajabah : Antara azan dan iqamah, sepetiga malam terakhir, saat sujud, sesudah tasyahhud sebelum salam, saat turun hujan, di medan perang, saat safar, saat puasa, saat terzalimi, saat wukuf di Arafah. 
Beberapa jam lagi saya akan mulai wukuf nih...:). Pengaruh banyaknya malaikat yang mendoakan mestinya demikian...

GRUP 119
1. Diatas diterangkan bahwa dalam satu riwayat disebutkan bahwa dilangit terdapat tempat ibadah para malaikat yang bernama baitul ma'mur, naah pertanyaanya, minta  dijelaskan rincian riwayatnya?
Jawab
Riwayatnya ada dalam shahih bukhari dan muslim

2. Apa di agama lain mereka juga mempercayai adanya malaikat? Soalnya di film-film animasi dan novel-novel keluaran luar merek mewujudkan malaikat dan memberi nama malaikat sama dengan nama malaikat yang kita yakini?
Jawab
Wallahu a'lam... kemungkinan besar demikian....

GRUP 121
1. Ustadz, afwan aku mau tanya.. Apakah Malaikat dan penduduk langit itu sama? Seperti kisah Uwais Al Qorni..
Jawab
Yang dimaksud penduduk langit adalah malaikat....

2. Ustadz  mau tanya: Katanya kita tidak boleh meyakini malaikat sekedar motivasi kebaikan, bukan sebagai makhluk yang ada dan nyata, meski tidak tampak.m Nah jika memiliki keyakinan bahwa mlaikat itu tampak gimana? terus bagaimna dengan orang-orang yang katanya pernah melihat malaikat + pernah memberi mereka wahyu secara langsung kepada mereka, apa itu benar-benar malaikat apa hanya sekedar ilusi mereka atau bayangan yang lain?
Jawab
Jika sekarang ada yang mengaku melihat malaikat, apalagi medapat wahyu, maka orang itu berdusta. Karena jangankan kita, diapun tak dapat memastikan bahwa itu malaikat, disamping wahyu sudah terputus sejak wafatnya Rasulullah saw...

Sudah dulu ya para nanda, semalem tiba di Arafah jam 3, naik kereta alhamdulillah mau istirahat sebentar dulu untuk persiapan wukuf.....

PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa 
tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                            
  ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Artikel Baru