Home » , » Kesehatan (Mendeteksi dini kanker payudara)

Kesehatan (Mendeteksi dini kanker payudara)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, September 30, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH SWT
Grup : 115 Nanda
Tgl : 30 September 2014
Narasumber : Dokter Niken
Tema : Kesehatan (Mendeteksi dini kanker payudara)


Assalamualaikum...
Salam kenal ukhti2 shaliha semuanya, mohon izin untuk bergabung..
Semoga ukhti sekalian dalam kondisi sehat, dan dalam lindungan Allah. Aamiin...
Sebelum saya sharing tentang kesehatan, saya perkenalkan diri terlebih dahulu, Nama Saya dr. Niken asal Jogja.
Pada kesempatan kali ini ingin sedikit sharing tentang deteksi dini kanker payudara dengan ukhti sekalian.
Sebelum saya menyampaikan materi, apabila yang saya sampaikan ada kesalahan, kekurangan atau ketidak berkenanan, Saya mohon maaf, karena sebaik-baiknya ilmu hanya milik Allah..
بسم الله الرحمن الرحيم

DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA
Kanker payudara merupakan salah satu hal yang menakutkan bagi wanita, tinggat kejadian kanker payudara di dunia semakin hari semakin bertambah. 2 dari 10.000 wanita berisiko terkena kanker payudara per tahunnya. Peningkatan ini terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat dan kurangnya kesadaran wanita untuk mendeteksi secara dini ada tidaknya kelainan pada payudara.
               
Sebagian besar kanker payudara berhubungan dengan faktor hormonal & genetik yang berkaitan dengan :
1. Faktor yang berhubungan dengan diet yang berdampak negatif seperti makanan cepat saji, peningkatan BB berlebihan
2. Hormon & faktor reproduksi
  -haid pertama usia <12th
  -melahirkan anak pertama usia > 35th
  -menopause usia > 50th  
  -mengonsumsi pil KB > 7th
  -tidak menyusui anak
3. Faktor keturunan
4. Pernah menderita tumor jinak payudara atau kanker payudara
Mendeteksi ada tidaknya kelainan pada payudara dapat dilakukan secara sederhana di rumah dengan cara SADARI (periksa payudara sendiri). Mengapa harus dilakukan, karena lebih dari 85% benjolan atau kelainan pada payudara diketahui sendiri oleh yang bersangkutan. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan sejak usia 20th secara rutin tiap bulannya. Bagi wanita yang mengalami menstruasi waktu yang tepat buntuk memeriksa di hari 7-10 sejak awal menstruasi, sedangkan bagi wanita menopause sebaiknya dilakukan ditanggal yang sama tiap bulannya.
Hal yang menjadi perhatian saat melakukan SADARI diantaranya:
1. Penambahan ukuran/besar yang tidak biasanya pada payudara
2. Salah 1 payudara menggantung lebih rendah dari biasanya
3. Terdapat lekukan seperti lesung pipit pada kukit payudara atau puting
4. Pori-pori kulit payudara melebar & menebal seperti kulit jeruk
5. Keluar cairan seperti susu atau darah dari salah 1 puting payudara
6. Terdapat benjolan pada payudara atau pembengkakan kelenjar getah bening pada ketiak
          
Sebelum melakukan SADARI, pastikan bahwa tempat yang digunakan untuk memeriksa tertutup sehingga tidak akan terlihat oleh orang lain.
Berikut langkah-langkah SADARI:
Apabila menemukan benjolan atau kelainan seperti yang harus diperhatikan saat melakukan SADARI, mohon jangan langsung panik. Karena 80% benjolan tersebut bukan merupakan kanker payudara, melainkan benjolan yang bersifat jinak.
Saya mohon gambar yang saya sertakan dipandang dari segi keilmuan dan pengetahuan, bukan dipandang dari sudut pornografi .
Karena ini untuk pengetahuan kita bersama

Tanya :
Bu dokter pada bulan mei saya di vonis tumor payudara jinak 2 buah di sebelah kiri dan ternyata tumornya sudah lama. Dan sampai saat ini saya belum operasi karena takut. Apa ada cara lain dok selain operasi
Terimakasih
Jawab :
Pembentukan tumor pada payudara sebagian besar disebabkan faktor hormonal, untuk usia reproduksi aktif pengendalian secara hormon kurang baik bagi si penderita. Sejauh ini cara yang ditempuh memang operasi.
Kalau memang ada rasa takut untuk melakukan operasi, itu hal yg sangat wajar bagi pasien. Menunda operasi jg tidak mengapa karena ini tumor jinak, tp alangkah lebih baik cepat dilakukan tindakan & tidak ditunda terlalu lama

Tanya :
Apabila tumor bertambah besar apa akan berubah sifat menjadi ganas yang brarti kanker dok?
Dan apakah benar rebusan daun sirsak itu bagus dok, karna saya minum setiap hari di takutkan bahaya bagi kesehatan lainnya
Jawab :
Pertambahan ukuran tumor jinak belum tentu akan menjadi tumor ganas/kanker. Tetap kita perhatikan kekenyalan dari tumor tersebut. Kalau tumor itu tidak kenyal/keras, kemungkinan besar itu kanker. Selain itu harus diperhatikan juga pori-pori kulit payudara bagaimana, puting payudara bagaimana, ada atau tidak cairan yg keluar dari payudara. Apabila ada perubahan yg tidak biasanya, kemungkinan kanker, tp harus dibuktikan minimal dengan pemeriksaan AJH (aspirasi jarum halus) atau usg payudara atau mamogragi bila memungkinkan
Penggunaan herbal saat ini memang marak digunakan masyarakat. Yg perlu diperhatikan apakah khasiat herbal yang akan digunakan sudah ada pembuktian secara ilmiah atau tidak, dan sudah dipublikasikan atau tidak memalui jurnal resmi kedokteran khasiat herbal tersebut. Sejauh ini saya belum pernah membaca jurnal penelitian khasiat rebusan daun sirsak terhadap tumor pada payudara.

Tanya :
Dokter kalo saya praktikan langkah2 mendeteksi kanker itu ternyata ada benjolan tapi jika ditekan tidak keluar darah atau cairan seperti susu apa itu termasuk tumor?
Jawab :
dalam bahasa kedokteran tumor itu berarti benjolan. Jadi yang ditemukan di payudara itu kemungkinan besar tumor jinak, karena tidak ada ciri keganasan.
Yang perlu diperhatikan adalah waktu pemeriksaan. Jangan memeriksa pada saat menjelang menstruasi, karena di sebahian wanita akan ada benjolan yg nanti akan hilang sendiri setelah menstruasi dan itu benjolan yang normal. Jadi lakukan di antara hari ke 7-10 sejak mens mulai

Tanya :
Dok, apakah puting yang masuk ke dalam bahkan sampai habis melahirkan tetapi tidak keluar..ada kemungkinan tumor/kanker?
Jawab :
pada beberapa wanita, memang terdapat kondisi dimana puting payudara masuk. Kondisi tersebut tidak serta merta akan mengarahkan pada kanker. Tetap yg paling utama harus ditemukan benjolan disertai kondisi puting payudara yg masuk, padahal dahulunya kondisi puting payudara keluar seperti pada umumnya

Tanya :
Kalo kondisi puting kadang keluar kadang masuk tapi tidak disertai benjolan ataupun cairan bagaimana dok?
Jawab :
selagi tidak disertai benjolan dan kondisi puting tidak masuk padahal awalnya tidak masuk, insyaAllah tidak apa

Tanya :
Dok, kalo kondisi mamae itu besarnya beda ukuran,lebih besar sedikit daripada satunya apakah itu normal atau ada gejala lain?
Kalo diperiksa tidak ada benjolan sama sekali
Jawab :
kondisi payudara agak lebih besar dari pada sisi yang lain itu normal selagi tidak ditemukan tanda keganasan seperti yang sudah saya sampaikan. Karena salah satu payudara yang agak lebih besar dari satu nya dipengaruhi juga oleh otot dada. Pada orang yang dominan beraktivitas dengan tangan kanan, umumnya ditemukan kondisi payudara yang lebih kencang daripada yang kiri. Karena otot dada kanan jauh lebih terlatih daripada otot dada kiri
Attachments area

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!