KESEHATAN - POLA HIDUP SEHAT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, September 12, 2014

KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH
Rekap Materi Kajian, 26 agustus 2014

Nanda..
Sakit itu mahal dan sgt tdk nikmat..Krn-nya qta hrs msyukuri nikmat Allah yg berupa kesehatan ini..
Nah..tahukah Nanda? Tnyata bnyk penyakit itu datangnya krn qta undang sendiri..

Antara lain, krn pola makan qta yg tdk berimbang atau krg tepat, shg mengundang masalah..

Coba Bunda tanya,..

Biasanya Nanda makannya gmn:
- Lebih suka mkonsumsi mkn apa sj yg ptg enak, cepat, sesuai selera atau mikir dulu kandungan gizinya sdh seimbang/blm?
-mkonsumsi buah,sayur, serat tiap hr atau kl ingat sj?
-minum air putih 1,5-2 lt atau jarang menakar?
-tenang dan bpikir positif atau lbh bnyk pusing dan stress?
-cukup istirahat atau bnyk begadang dan keteteran atur wkt?
-dan bla bla..


Kalau qta teliti, tnyata msh bnyk pola makan dan pola hidup qta yg blm pas, shg justru mdatangkn penyakit/masalah di tubuh qta..
Ya nggak?

Pipi chubby itu sbnrnx tdk masalah, asalkn berat badan msh ideal..tdk obesitas atau tdk gizi kurang..
Nah..kl pipi chubby terus obesitas, ini yg perlu diperbaiki..

 Ada tips2nya agar tdk obesitas, Lemak tubuh qta itu menumpuk krn kalori yg masuk kelebihan dibanding yg keluar.. Nah..agar tdk obesitas qta hrs menyeimbangkn kalori msk dan keluar tsb..

Kalori msk adl dr makanan..
Maka yg obesitas, hindari makanan2 yg kalori tinggi, yi LEMAK dan KARBOHIDRAT, tmsk mkn yg manis2..
Perbanyak yg kalori rendah dan mengandung bnyk serat, yi sayur dan buah. Kmd buang kalori agak lbh dr biasanya..Yi dg aktifitas yg melibatkn fisik,mis jalan, OR, gerak badan..

Bukan aktifitas yg bnyk duduk, mis liat TV atau chatting sambil ngemil, naik mobil/motor lbh bnyk dipilih dibanding sepeda angin atau jln kaki..

Yg mengandung kolesterol bnyk, mulai dr santan, minyak jenuh, lauk2 yg blemak, Kaldu yg kental..mis soto, gule, jeroan, burung dara, bebek, roti yg bmentega, es krim dll

Coba cek kolesterol darahnya, kl >200 berarti kelebihan, perlu minum obat penurun kolesterol..
Sama mengatur kmbali pola makan yg tinggi kolest dihindari..

Yg kolest.nya tinggi..boleh minum Simvastatin 1x5-10 mg/hr..Yg kolest blm tinggi ndak usah minum..tp jaga pola makan sj.

makanya minumnya sesuai indikasi sj.
Mis cek kolest >200, minum Simvastatin 1mgg, cek ulang..jk sdh normal dihentikn.

 Nah, ini bbrp syarat mkn yg sehat :
- Harus ckp mberikn kalori,tdk blebihan, tdk kurang.
- Memenuhi menu yg berimbang, yi hrs mengandung semua unsur karbohidrat, protein, lemak, serat, air,vitamin dan mineral.
- Pilih menu yg bvariasi, jgn itu2 saja, krn semua mkn itu mengandung unsur spesifik yg tdk dipunyai mkn yg lain..Kl hny itu2, akibatnya akan blebihan di unsur2 yg itu2 saja, dan itu bs menimb mas kesh yg baru.
- Harus bsifat higienis.

Ttg penuaan dini menarik sekali
Kita dianjurkn makan yg bnyk mengandung anti oksidan..
Al yg bnyk mengandung vit A, vit C , vit E.
Sumber2nya bnyk sekali..
Kebanyakan ada di buah2an warna mcolok, mis buah naga, pepaya, semangka merah, apel, wortel, tomat..
Kmd sayur2an hijau, brokoli, kedelai..
Jg bawang putih, dll

Penuaan dini itu adl menurunnya fungsi-fungsi sel seb wktnya..
Mis kulit cpt keriput, gangguan otot dan tlg, dll

Bnyklah minum air putih, hindari pola hidup yg bnyk stress, bnyk marah..
Perbanyaklah senyum..

 Tmsk bintik hitam di wajah, selain mpbnyk konsumsi antioxidan..jg lindungi wajah dr sinar matahari dg cream dan atau penutup wajah..


Sbnrnya yg lbh ptg mengatur pola makan..
Obat hny mbantu,krn jg ada efek2 sampingnya..
Rosulullah mengajari qta..
Makanlah kl sdh lapar, berhentilah mkn seb kenyang..
Beri porsi pd lambungmu, 1/3 mkn, 1/3 air, 1/3 udara..

Jk qta bs spt itu, tdk berlebih2an dlm segala hal..Kmd memp pola pikir positif, pola hidup tertata..
Kita akan mdapatkn kesehatan lahir dan batin..
[20:45 26/08/2014] Nanda Andi Ririn: Rekap pertanyaan :

Ha Ummi Kalsum: Bunda benarkah konsumsi mie instan itu hrs da jeda waktu min. 3 hr?syukron

Bunda Jawab : Konsumsi mie instan sebaiknya tdk tlampau sering, ttg jedanya tdk ada ketentuan pasti..
Tentunya lbh jarang lbh baik.
Sbb mie instan bnyk efek sampingny..bukan krn mie-nya, tp krn pengawet, dan perasa/bumbunya..
Zat-zat kimia jk menumpuk bnyk, jelek pengaruhny di tbh,mis efek karsinogenik...
Di samping itu, kand gizi mie instan hny karbohidrat..Lemak dan protein sdkt, apalagi serat, vit dan mineral hny sdkt sekali, shg tdk sehat utk pcernaan..
Gitu yaa..


Istie ; Iya bun.... tips buat ngecilin perut donk... dan apakah penyebabnya perut bisa membuncit

Bunda Jawab : Hehehe..ngecilin perut ya?
Itu tandanya ada penumpukan lemak di perut..
Cara mengurangi, selain mengatur lg pola makan..yi mengurangi lemak, karbohidrat, mkn2 manis/kalori tinggi..mpbanyak serat dan buah..Juga senam yg bnyk explore drh perut, agar lemak bkurang..
OK??  boleh dilanjut konsul ke guru senam

Chintiya: Bundaa aku mau tanyaa.. TBku 160, BBku 54. Aku rasa aku gendut aku udh cb buat ngurangi makan malem,, tapi tetep ngerasa gendut terutama di bagian paha-_- gmn menurut bunda cara efektif ngecilin bagian kaki? Soalnya kalo mau cari celana jadi sulit Hihihihi

Bunda jawab : Nanda Chintya..ndak terlalu gendut koq, msh ckp ideal..
Hny mgk paha dan kaki ya yg agak besar..coba jg senam yg bnyk explore di daerah paha
Syukuri aja ya Say, tiap org dikasih btk tubuh yg beda2 sama Allah.. Itu malah cukup sexy Say..

nunu : nanya masalah keputihan dong... penjelasannya hehehe

Bunda jawab : Keputihan yg patologis kebnykan krn jamur atau bakteri,mis Candida albicans..
Utk mengurangi keputihan, hindari kelembaban di sktr drh kewanitaan, mis tdk sering pake celana pjg, CD pilih yg longgar, sediakn handuk khusus utk mengeringkn drh tsb setelah BAK/BAB, jgn biarkn basah..
Jk msh keputihan jg, konsul ke dr utk diberi obat..

Izza : Kok bisa ya wanita itu haid nya nggk lancar?? (Bunda. Blm jwb)

nisa : Klo wanita pada umumnya masalah sm berat badan yg cepat naik, klo sy kebalikan, saya susah naik cepat turun. Kira2 apa ya faktor yg buat berat badan cepat turun, ada kah makanan yg hrs dihindari?

Bunda jawab : Nanda Nisa tmsk yg kurus yaa..
Coba diteliti lg, kalori yg masuk sdh cukupkah? Gambaran kasarnya, perbanyak sj LEMAK, KARBOHIDRAT, yg manis, susu..
Tp tetap diimbangi serat, buah, air yg ckp..
Kmd teliti lagi, kalori yg keluar..aktifitas sehari2 bnyk makan energi, baik scr fisik/ fikiran? Istirahatny sdh cukupkah? Hindari stress, ketegangan dan terlalu ter-forsir pd satu masalah..Ganti gaya hidup yg lbh enjoy..
Smg tips2 di atas pas utk Nanda ya..

Ainia : Tanyain bunda dong,penyebab mis V kadang gatal saat haidl,pencegahannya bagaimana,.. Td belum ada jawaban -_-

Bunda jawab : gatal di Miss V saat haid, jwbnnya hampir sm dg keputihan..kurangi kelembaban di drh tsb.. Okay? Ckp jelas ya?


Arin : Kalau jerawat itu ada hubungan tdk dgn pola makanan yg kita konsumsi atau hanya hormon saja bunda? Atau ada yg lain bunda?

Bunda Jawab : Jerawat ya Nanda Arin..mmg berhub dg hormonal, shg ada yg pny kulit bminyak, normal dan kering..Tp faktor yg lain bs mperparah, mis makanan berlemak, perawatan kulit wajah agar tdk tjd infeksi, dll..
Tipsnya..jk pake bedak, cream, pbersih atau kosmetik yg lain, pilih sesuai jenis kulit..Cegah pori2 kulit tdk sering tertutup, mis dg pemakaian cream, sun screen, bedak dasar yg blebihan..maka rutin cuci wajahnya dg pbersih..atau dg wudlu ya Say..
Kalau wajah sgt bminyak, pilih bedak tabur, bukan yg padat..hindari mkn2 blemak.

Sekian.

Wassalamu'alaykum Wr Wb.


di postkan oleh : Ira Wahyudiyanti

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Artikel Baru