Home » , » Kesehatan Wanita dan Papsmear

Kesehatan Wanita dan Papsmear

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, September 24, 2014

Rekapan kajian online Hamba الله
Grup Ummi 18
23 september 2014
Narasumber : Bu Ratih
Materi : kesehatan wanita & papsmear
Admin : ofie

Assalamualaikum bunda2 sholeha
Hari ini kita2 sama belajar yuk tentang kesehatan wanita dan disini saya sistemnya sharing ya

Kesehatan seorang wanita
Dimana kesehatan seorang wanita tidak hanya dari luar saja, tapi dalamnya pun harus sehat
Terutama pada organ kewanitaan.
Mungkin bunda2 disini sudah mengetahui tentang papsmear ya
Saya flash back saja ya, karena bunda2 disini pasti sudah mengenal deng papsmear
Apa sih papsmear itu??
Tes Pap Smear Penting untuk wanita, terutama yang aktif melakukan hubungan seks dan sudah pernah melahirkan. Namun, tak cuma soal Pap smear secara rutin tapi juga persiapan melakukannya  harus benar agar hasilnya optimal
ap smear atau tes Pap adalah pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian   dianalisa untuk mendeteksi dini kanker leher rahim.  Selain itu, dengan tes ini kita juga bisa menemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker sehingga kita bisa segera melakukan tindakan pencegahan. Pap smear dianjurkan dilakukan oleh setiap wanita, terutama mereka yang telah berkeluarga dan sudah pernah melahirkan. Jika Anda melakukannya secara rutin, maka Anda telah melakukan tindakan pencegahan kanker leher rahim yang terbaik.
Tak perlu takut. Tes ini sederhana dan prosesnya cepat, serta biasanya tidak sakit. Bayangkan saja tes ini sebagai upaya mengintip kondisi leher rahim. Saat tiba di tempat melakukan Pap smear, Anda akan dipersilakan mempersiapkan diri dan berbaring seperti saat akan dilakukan pemeriksaan dalam. Dokter akan membuka liang vagina menggunakan alat yang disebut sebagai speculum vagina atau dikenal juga dengan istilah cocor bebek. Ketika leher rahim sudah tampak, dengan bantuan alat yang disebut dengan spatula atau semacam sikat halus, dokter akan mengusap sekeliling leher rahim untuk mendapatkan getah atau lendirnya.  Getah yang banyak mengandung sel itu dioleskan pada gelas obyek, lalu dibawa untuk dianalisa di laboratorium. Dokter akan memberitahu kapan Anda bisa mendapatkan hasilnya. Biasanya, seminggu.

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum kita melakukan Pap smear?
Pap smear dilakukan di berbagai rumah sakit maupun klinik bersalin. Agar hasilnya optimal, perhatikan hal - hal berikut:
1. Pap smear sebaiknya dilakukan sekitar 5 hari setelah haid, atau 10-20 hari setelah hari pertama haid agar leher rahim Anda bersih dari sisa-sisa darah haid. 
2. Dalam dua hari sebelum Pap smear, Anda sebaiknya menghindari:
membersihkan vagina dengan krim atau sabun apa pun, juga douching (penyemprotan obat atau larutan tertentu ke arah liang vagina).menggunakan tampon atau obat-obatan yang dimasukkan ke dalam vagina, misalnya jeli untuk KB. menghindari dahulu hubungan intim suami istri. 3. Sebaiknya tidak mandi berendam menjelang Pap smear, karena dikhawatirkan ketika berendam ada sisa-sisa sabun yang tertinggal a tau masuk ke vagina.
4. Jika Anda keputihan, beritahukan kepada orang yang memeriksa, termasuk semua keluhan yang Anda rasakan. Misalnya terasa gatal-gatal, sakit atau panas (seperti terbakar) di vagina.
5. Jika hasil Pap smear yang lalu kurang bagus (abnormal), jangan lupa  memberitahukannya kepada dokter.
 Ada beberapa kemungkinan hasil Pap smear, namun secara umum dapat dibedakan menjadi:
Negatif, artinya dalam batas normal dan tidak ditemukan sel-sel yang abnormal atau berbahaya. Ini pertanda bagus, dan Anda biasanya akan diminta melakukan Pap smear kembali setelah satu tahun.
Positif, artinya ditemukan sel epitel (sel pembentuk jaringan pelapis) yang abnormal. Untuk hasil ini, dokter akan menjadwalkan beberapa tes untuk Anda, misalnya pemeriksaan kolposkopi (pemeriksaan leher rahim dengan mengoleskan asam asetat di leher rahim) dan tes HPV (Human Papillomavirus Test, untuk mengetahui ada tidaknya infeksi HPV).
Umumnya, jika dilakukan kolposkopi dan dokter menjumpai area mulut rahim yang menunjukkan kecurigaan kelainan, maka akan dilakukan LLETZ yaitu biopsi menggunakan kawat halus dengan pemanasan.
Displasia, artinya dalam batas normal, namun ditemukan ada perubahan sel.  Kondisi ini bisa terjadi karena ada:Infeksi, antara lain infeksi bakteri, infeksi jamur, atau perubahan sel yang berhubungan dengan virus herpes simpleks.  Dokter biasanya akan memberikan terapi yang sesuai untuk mengatasinya.Perubahan sel reaktif. Sel mulut rahim itu sel yang mudah memperbaharui dirinya kembali, mirip permukaan sel kulit wajah yang secara priodik menjadi tua, mati, mengelupas dan tumbuh sel baru dari sel muda dan berkembang seterusnya. Namun pada keadaan tertentu, bisa terjadi “perubahan reaktif” atau perubahan bentuk sel akibat reaksi terhadap proses tertentu (bisa infeksi, trauma, atau perubahan sel ke arah keganasan). Pada kondisi ini, dokter  akan memberikan terapi yang sesuai dan menyarankan pemeriksaan ulang 3 – 6 bulan kemudian.
Jangan panik. Belum tentu hasil yang tidak normal ini berarti Anda terkena kanker, sebaiknya Anda:
Minta penjelasan mengenai hasil tes itu.Jika masih juga belum mengerti, jangan sungkan minta penjelasan lagi, atau minta hasilnya dan bawa ke dokter lain. Ingat, Anda berhak  mendapatkan second opinion. Ikuti perintah dokter Anda jika ia menganjurkan untuk melakukan Pap smear ulang atau pemeriksaan lebih lanjut untuk menegakkan diagnosa. Demikian juga jika Anda diminta menjalani tindakan penanganan tertentu.Kalaupun akhirnya Anda didiagnosa positif kanker, Anda masih beruntung karena dapat terdeteksi sedini mungkin. Sejauh mana keakuratan hasil Pap smear? Antara 70-95%. Hasil Pap smear bergantung pada laboratorium penguji, misalnya keakuratan pengambilan sampel, transportasi, pengolahan bahan, pembacaan sediaan, interpretasi gambar sediaan, serta penulisan kesimpulan dan anjuran. Bisa saja terjadi hasil false positive dan false negative. Hasil false positive artinya wanita yang bersangkutan sebelumnya dikatakan memiliki sel-sel leher rahim yang abnormal, padahal sel-selnya ternyata normal. Jadi, jika dokter mengatakan hasil Pap smear Anda false positive, maka itu berarti tidak ada  masalah. Sementara hasil false negative artinya wanita yang bersangkutan sebelumnya dikatakan memiliki sel-sel leher rahim yang normal, padahal kenyataannya, ada masalah dengan sel-sel tersebut yang terlewatkan. Namun, dengan melakukan Pap smear secara rutin, jika sel-sel abnormal itu tidak terdeteksi pada satu waktu, maka mereka akan terdeteksi pada saat Anda melakukan Pap smearberikutnya.
 Tidak. Pada dasarnya, Pap smear harus dilakukan paling lambat 3 tahun setelah hubungan seks pertama kali, dan sangat dianjurkan untuk melakukan Pap smear setahun sekali bagi wanita berumur diatas 21 tahun dan aktif melakukan hubungan seks.  Ketika sudah berumur 30 tahun ke atas, Anda dianjurkan untuk melakukannya setahun sekali, jika sudah dilakukan 3 tahun berturut turut dan hasilnya baik (selalu negatif), pemeriksaan boleh dilakukan  2-3 tahun sekali. Lakukan Pap smear secara rutin.
Demikian penjelasan tentang pap smear yang dapat saya berikan

Tanya jawab

Tanya:
Mbak, saya beberapa kali pemeriksaan dalam. waktu itu untuk program hamil sich. apa ada termasuk papsmear juga ya?
Jawab:

Tidak, jika bunda tidak minta
Pemeriksaan Riwayat pasien. Dokter akan menanyakan: riwayat pasien, riwayat penyakit, riwayat operasi, riwayat perkawinan, pola hubungan intim, riwayat kehamilan (bila pernah), siklus haid, dan sebagainya.Pemeriksaan Fisik . Dokter melakukan pemeriksaan fisik secara umum (tekanan darah, berat badan, tinggi badan) dan pemeriksaan fisik ginekologis (kandungan).Dokter akan menilai organ genitalia eksterna (bagian luar) seperti vulva, vagina dan mulut rahim, dan pada saat bersamaan akan dilakukan pemeriksaan organ genitalia interna (bagian dalam) menilai kondisi rahim, indung telur dan mencari adanya tumor kandungan.Pemeriksaan Ultrasonografi (USG). Dilakukan untuk melihat anatomi rahim, indung telur, saluran telur dan adanya massa (tumor) kandungan seperti kista, mioma, polip dan sebagainya. Pemeriksaan USG idealnya dilakukan menggunakan alat yang dimasukkan ke dalam vagina (transvaginal) atau jika tidak ada dapat menggunakan USG transabdominal (melalui dinding perut yang membutuhkan kondisi kandung kemih penuh guna memudahkan pemeriksaan).Pemeriksaan Histerosalpingografi (HSG). Tindakan ini dilakukan di bagian radiologi, berfungsi untuk menilai rongga rahim dan saluran telur (tuba falopii).Pemeriksaan dilakukan pada hari ke 9-11 siklus menstruasi. Pasien sebaiknya tidak melakukan hubungan intim paling sedikit 2 hari sebelum tindakan.Pemeriksaan Histerosonografi (SIS). Pemeriksaan ini merupakan alternatif bagi pemeriksaan HSG apabila terdapat reaksi alergi zat kontras, tidak adanya peralatan rontgen atau pada pasien dengan riwayat hamil dan melahirkan sebelumnya (infertilitas sekunder). Tindakan SIS mirip dengan Hidrotubasi.Pemeriksaan Laboratorium, dalam kasus infertilitas penting dilakukan pemeriksaan hormon reproduksi yaitu hormon FSH, LH, Estradiol, dan Prolaktin pada hari ke 2-3 siklus haid dan hormon progesteron pada hari ke-21 siklus menstruasi. Bila terdapat riwayat keguguran berulang maka perlu pemeriksaan mendeteksi adanya Sindroma Antifosfolipid (APS) dengan memeriksa Antibodi Anticardiolipin (ACA) dan Lupus Antikoagulan. Jika dicurigai kelainan Sindroma ovarium polikistik (PCOs) maka akan ditambahkan pemeriksaan hormon insulin puasa, glukosa puasa dan pemeriksaan kearah hiperandrogen.Pemeriksaan Analisis Sperma. Pemeriksaan dilakukan suami setelah menghindari sanggama selama 3-4 hari. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan di laboratorium dengan masturbasi. Pemeriksaan dengan melakukan sanggama boleh dilakukan jika dijumpai kesulitan untuk masturbasi.

Tanya:
mbak saya sering nyeri diperut, tapi sudah di usg sih gak apa2, apa ada pemeriksaan lain?
saya kadang juga ada keputihan gak tiap hari, skali2 itu bahaya gak?
Jawab:
Perut bagian bawahkah?
Kalo ya usg vagina, disitu lebih jelas kondisi rahim
bunda, kemudian mengikuti saran dari dr.spog
Jika keputihan tsb tidak gatal, tidak amis/berbau, tidak jernih maka tidak apa2 itu wajar terjadi pada seorang wanita.

Tanya:
Mbak, mau nanya:
1. Saya sering dapat info tentang vaksin HPV, tapi sampai sekarang saya agak ngeri mau vaksin ini, karena terbayang bakteri yang disuntikan, bagaimana ya Bu agar mengatasi kekhawatiran saya ?
2. Jika ingin vaksin HPV, apa benar harus pap smear dulu ? Kaitanya apa ya Bu ?
3. Ini pertanyaan tentang Ibu saya,, yang mengalami turun rahim.. beliau sudah konsul ke dokter, dan disarankan untuk diangkat saja, tapi beliau nggak mau karena takut.. teman ada yang menyarankan dengan laparoskopi, yang ingin ditanyakan :
A. Apakah laparoskopi itu Bu ? Apa benar tidak ada sobekan sehingga bisa langsung pulang setelah diangkat ?
B. mohon info, apa laparoskopi ini bisa dengan BPJS ?
Terima kasih ya Bu.. :)
Jawab
1. Bunda vaksin itu berisi bakteri yang dilemahkan yang bersifat sebagai kekebalan
Dimana bakteri ada yang positif seperti imunisasi dan minuman yakult/yogurt
Yang negatif seperti bakteri yang membuat badan kita jadi sakit(tipes). Berfikir yang positif, lebih baik mencegah daripada mengobati
2. Tidak selalu nda...saya imunisasi HPV tidak perlu pap smear...setelah HPV baru saya pap smear. tapi memang bagus pap smear dulu baru suntik imunisasi. Memang disarankan pap smear pada wanita baligh yang sudah berhubungan sex
Ya tidak berfungsi imunisasinya nda, jika hasil pap smear positif kanker servix
3. Laparoskopi merupakan tindakan bedah yang mengunakan teknikMinimaly invasive surgery (bedah invasif minimal) dimana dokter menggunakan teleskop/camera kecil yang dimasukkan kedalam perut dan instrumen bedah dalam bentuk mini. Sering dikenal sebagai istilah awamnya “diteropong”.
aparoskopi merupakan teknik pembedahan atau operasi yang dilakukan dengan membuat dua atau tiga lubang kecil (berdiameter 5-10 milimeter) pada dinding perut pasien. Satu lubang pada pusar digunakan untuk memasukkan sebuah alat yang dilengkapi kamera untuk memindahkan gambar dalam rongga perut ke layar monitor, sementara dua lubang yang lain untuk instrumen bedah yang lain. Pada suatu keadaan mungkin dibutuhkan lubang tambahan.   Selanjutnya dokter akan menggunakan gas karbondioksida (CO2) untuk mengembangkan rongga perut sehingga mudah melakukan tindakan. Teknik anestesi/pembiusan yang digunakan umumnya anestesi umum.
Selama RS tsb menerima bpjs bisa pake bpjs..jika tidak menerima ya tidak bisa
Jadi dipastikan dulu.
Tanya:
Untuk yang habis melahirkan.. kapan pap smear dilakukan?
Jawab:
Pemeriksaan pap smear dilakukan setelah masa nifas selesai dan sudah haid

Tanya :
Saya kadang merasa gatal di miss v. tapi pas ikut papsmear itu normal umi. apakah tidak ada bahaya dengan kondisi yang saya alami?
Jawab :

Kalo dari hasil pap smear normal dan tidak ada masalah ya tidak apa2 bunda
Kalo masalah miss v gatal itu kebersihan daerah miss v lebih ditingkatkan
Misalnya posisi berdiri saat diwc umum, posisi cebok dari belakang kedepan, selalu bawa sabun cair mini kemana2 dan tisue kering, daerah miss v jangan lembab karena kalo lembab akan menimbulkan jamur2 dan bakteri didaerah miss v, jangan pake celana/rok terlalu ketat, dll
Intinya lebih ditingkatkan kebersihannya, jika sudah ditingkatkan dan masih gatal bisa minum obat atas rekomendasi dokter / bidan dimana bunda periksa

Tanya :
Mba, Saya mau Tanya, saya masih menyusui sejak pasang spiral haid saya tidak normal, cuma flek coklat sesekali.
Kemarin saya coba pembalut herbal Dan langsung keluar darah Hitam.. Saya ganti pakai pembalut biasa bersih, saya pakai pembalut herbal tersebut keluar lagi darah hitam. Mohon sarannya
Jawab :
Darah hitam itu mungkin mau mens nda?? karena ada yang mau mens itu kehitam2an gitu
Ya lebih baik jangan pake pembalut herbal, karena kita tidak tau isi dalam pembalut itu
Untuk mengetahui apakah pembalut itu baik untuk kita atau tidak adalah
Ambil bagian dalam pembalut terus masukkan dalam gelas bening berisi air lalu diaduk dan jika bagian dalam pembalut tersebut hancur dan airnya keruh itu tidak baik buat kesehatan
Tanya :
Assalammualaikum mbak. Saya ibu dengan tiga anak. Setelah melahirkan yang ketiga ini saya pasang spiral. Seperti nya saya merasa cairan putih yang keluar dari vagina pada saat tertentu agak lebih banyak dari sebelum nya tapi tidak bau dan tidak gatal dan kadang seminggu sebelum atau sesudah haid tiba tiba flek gitu.  Haid saya juga siklusnya bersih cuma 19 hari kadang 21.Saya sudah konsultasi dengan spog dan di usg. Posisi spiral dan rahim bagus. Tapi saya tidak pap smear. Saya di kasih obat hormon untuk menetralkan tapi gak ada perubahan.  Yang saya tanyakan apakah hal di atas wajar untuk ibu2 yang pakai spiral?
Ooh ya, haid saya panjang. Bahkan kadang sampai 10 hari. Di awali tiga hari flek. Tiga hari darah yang lumayan banyak terus di tutup dengan flek lagi.
Jawab :
Wajar bunda.
Seorang wanita jika akan haid atau sesudah haid akan mengeluarkan keputihan lebih banyak dari pda hari2 yang lainnya. karena pengaruh hormon dalam tubuh yang disebut hormon FSH yang terdapat dalam pusat otak manusia yang tandanya seorang wanita dalam masa subur.
Kalo ingin mengetahui masa subur adalah cairan vagina kental, jernih seperti susu, saat ditarik panjangnya kira2 10cm, dan suhu tubuh meningkat
Menurut saya tidak perlu obat penetral hormon nda, karena itu wajar terjadi pada seorang wanita
yang berbahaya saat pemasangan spiral adalah nyeri yang hebat, perdarahan yang banyak dan keputihan abnormal
Jadi lebih baik cara penetralannya melalui pemikiran bunda2. lebih rilex.
Tidak apa2 bunda nora
Hari 1 itu coklat kehitaman
2-3/4 merah segar
5-6 coklat lgi
7 dan setrusnya kekuningan
Hal tsb setiap orang berbeda2 tapi rata2 seperti itu
Tanya :
wa'alaikumussalam wrwb, ummi saya mau tanya bila haid tidak lancar dan sakit di perut juga di persendian apa itu gejala terkena kista...dan apakah wanita yang terkena kista itu smakin hari badannya semakin gemuk dan wajah jerawatan, mohon penjelasan dan sarannya, jazakillah sebelumnya.
Jawab :
Untuk menentukan kista tidak bisa diperiksa dengan begitu saja, itu seperti praduga bunda saja.
Yang menentukan lebih berwenang kista/ tidak adalah dr.spog
Tapi kadang dr.spog sendiri juga kadng salah diagnosa, karena menentukan  ini kista/yang lainnya susah nda
Jadi jika sakitnya hebat saran saya pergi kedokter spog tapi jangan 1 dokter agar bisa dijadikan pembanding, nanti bunda pasti akan diusg perut...bahkan mungkin jika diperlukan usg vagina.
Penyakit Kista merupakan penyakit yang menyerang kaum perempuan. Kista sendiri merupakan benjolan yang berisi cairan yang berada di indung telur. Penyakit ini merupakan penyakit tumor jinak, karena kebanyakan penanganannya tidak melalui operasi besar. Namun berdasarkan tingkatan keganasan, penyakit kista dapat dibagi menjadi dua macam:
1. Kista non-neoplastik, yang sifatnya jinak dan biasanya akan mengempis sendiri setelah 2 hingga 3 bulan
2. Kista neoplastik, kista ini umumnya harus dioperasi, namun hal itu pun tergantung pada ukuran dan sifatnya
Di Bawah Ini merupakan Penjelasan Dari Ciri Ciri Awal Penyakit Kista biasanya tidak menimbulkan gejala. baru diketahui jika melakukan pemeriksakan kandungannya melalui USG. akan tetapi bagi sebagian wanita akan merasakan ciri ciri kista awalnya seperti Keluhan nyeri ketika menjelang atau dalam masa haid, beberapa penderita bahkan bisa sampai pingsan karena tidak tahan
Nyeri perut pada bagian bawah, Haid yang sangat banyak atau justru terlalu sedikit, Sering merasa ingin buang air besar / kecil karena jaringan kista terus membesar semakin menekan kandung kemih sehingga tidak dapat menampung banyak air seni. Pada keadaan yang sudah lanjut dapat teraba benjolan pada daerah perut. Perubahan pola haid, misalnya terlambat haid atau pendarahan diantara periode haidPendarahan organ intim rahim yang hebat dan tidak teratur. Nyeri perut hebat disertai mual dan muntah. Pembesaran perut akibat beberapa jenis kista yang cenderung tumbuh makin besar. Rasa sakit seperti digigit semut dibagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantianKeluhan sakit pada pinggang bagian belakang.
Ciri Ciri Dari Penyakit Kista Yang Terakhir Jika kista pecah misalnya saat berhubungan seksual penderita akan merasa nyeri bertambah bila melakukan aktivitas fisik berat.
Tanya :
Assalamualaikum
Ibu mau tanya, saya punya teman yang masa haidnya sebulan bisa dua kali. Haid pertama 8 harian terus 2 minggu kemudian keluar darah lagi bisa 7 harian sehinga sebulan masa bersihnya kadang cuma 14-15 hari. Apakah itu normal? Dan dia sudah menikah 1 taun tapi belum dikaruniai anak apakah ini karena pengaruh haidnya itu?
Sedang saya kalo haid cuma 4-5 hari langsung bersih. Apakah juga normal? Terima kasih
Jawab :
Apakah haidnya diawal dan diakhir bulan? jika iya itu wajar, jika tidak lebih baik konsul kedokter karena itu wewenang dokter...ya jika haidnya tidak normal memang harus distabilkan nda
Ya tidak apa2...tiap orang itu berbeda nda...kembali lagi karena hormon orang itu berbeda2.
Tanya :
ummi umur saya 42 tahun tapi saya sudah tidak haid sudah hampir 1 tahun, apa kalau menopouse lebih awal gpp ummi buat kesehatan saya, akhir akhir ini saya sering sakit pingak sama satu minggu ini kenapa ya mi?
Jawab :
Apa itu menopause? Secara medis, pengertian Menopause adalah berhentinya menstruasi dan kesuburan secara permanen yang terjadi 12 bulan setelah menstruasi terakhir. Pada usia empat puluhan, siklus mulai memanjang lagi. Meskipun kebanyakan orang cenderung percaya bahwa dua puluh delapan hari merupakan panjang siklus yang normal, penelitian telah membuktikan bahwa hanya 12,4% wanita benar-benar mempunyai siklus dua puluh delapan hari dan 20% dari semua wanita mengalami siklus tidak teratur.
Menopause adalah proses biologis alami dan bukan penyakit medis. Meskipun secara fisik dan emosional gejala menopause dapat mengganggu tidur, menguras energi dan memicu perasaan sedih dan kehilangan. Menopause lebih disebabkan oleh perubahan hormon.
Gejala menopause biasanya mulai terlihat pada wanita usia 40 tahun. Namun sekarang ini banyak wanita yang mengalami menopause di usia muda. Gejala seperti ini disebut dengan menopause dini. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab, diantaranya gaya hidup serta pola makan tak sehat, tekanan kerja dan stres.
Gejala Menopouse
Tanda dan gejala menopause antara lain:
Menstruasi yang tidak teraturMenurunnya kesuburanKering pada vaginaTidur tergangguSuasana hati yang mudah berubahBertambahnya lemak pada area perutPenipisan rambutSulit untuk mengambil napas panjang
Dan berikut ini beberapa gejala wanita mengalami menopause dini seperti dilansir laman Boldsky:
1. Kekeringan vagina
Ketika mengalami siklus hormonal, vagina akan selalu dilumasi dengan baik. Tetapi jika vagina menjadi kering untuk jangka waktu yang cukup lama, itu bisa berarti Anda telah mendekati menopause.
2. Sensasi terbakar
Ini adalah tanda yang paling umum dari menopause. Jika Anda masih dalam usia dua puluhan dan merasa seperti telinga Anda terbakar, Anda perlu segera ke dokter.
3. Perubahan suasana hati
Banyak wanita mengalami perubahan suasana hati di mana mereka merasa mudah marah, sedih dan melankolis. Mereka juga sering merasa tertekan dan bahkan memiliki pikiran untuk bunuh diri kadang-kadang.
4. Perubahan pola tidur
Beberapa wanita mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat tidur nyenyak karena depresi atau gejolak hormonal. Perubahan pola tidur ini dapat mempengaruhi suasana hati, produktivitas kerja dan juga hubungan pribadi.
5. Gairah seksual yang rendah
Pada usia 20-an dan 30-an, dorongan seksual wanita seharusnya sedang berada di puncak. Tetapi jika Anda telah menghindari seks dan membuat banyak alasan untuk mengalihkan perhatian pasangan, Anda perlu segera memeriksakan kadar hormon Anda.
6. Menstruasi tidak teratur
Ketika siklus menstruasi menjadi tidak teratur secara tiba-tiba, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Periode menstruasi yang tidak teratur adalah bukti konklusif dari menopause dini.
7. Rendah kalsium
Ketika tingkat estrogen berkurang dalam tubuh, tulang mulai kehilangan kalsium. Jadi jika Anda mengalami sakit sendi atau tulang yang lemah, itu bisa berarti masa menopause sedang mendekati Anda.
8. Palpitasi
Hormon reproduksi wanita melindungi jantung dari kerusakan. Ketika masa menopause sudah dekat, kondisi itu akan mulai mempengaruhi kesehatan jantung. Palpitasi adalah tanda masalah jantung.
9. Infertilitas
Jika kadar hormon dan menstruasi menjadi tidak teratur, Anda akan memiliki kesulitan untuk hamil. Infertilitas atau ketidaksuburan menjadi hal yang umum di antara wanita yang mendekati menopause dini.
10. Lebih sensitif

Penyebab Terjadinya Mebopouse
Penyebab menopause antara lain:
Penurunan hormon reproduksi secara alamiah yang terjadi seiring dengan usia sekitar 40an tahun.Hysterectomy (pergerakan uterus). Meskipun anda tidak lagi mengalami menstruasi, ovarium akan tetap memproduksi sel telur dan hormon estrogen dan progesteron. Tetapi proses perpindahan tidak akan terjadi karena berpindahnya uterus dan ovarium.Chemotherapy dan terapi radiasi lain yang digunakan untuk mengobati kanker dapat menyebabkan menopause.Tidak cukup memproduksi hormon reproduksi.
Tahapan Menopause
Menopause sendiri memiliki dua tahapan, yaitu Perimenopause dan Postmenopause.
Pada tahap ini anda akan mulai mengalami tanda dan gejala menopause meskipun anda tetap mengalami menstruasi. Hormon anda akan meningkat dan turun dengan tidak merata, dan anda mungkin mengalami gejala menopause.
Ketika 12 bulan telah lewat sejak menstruasi terakhir anda, anda telah mengalami menopause. Ovarium menghasilkan sedikit estrogen dan tidak ada progesteron.
Tanya :
Assalamuaalaikum umi bidan.....saya mau nanya.......dari setelah melahirkan sampe anak saya usia 20 bulan saya gak haid tapi menginjak usia Anak 21 bulan haid, bersih 4 hari keluar darah lagi nambah deras/banyak sampe 10 hari, yang ingin saya tanyakan apa keluar darah itu dari kb saya yang gak teratur yang kadang suntik, kadang pil terus pil juga gak rutin minumnya.....sebelumnya terimakasih umi bidan saya tunggu jawabannya
Jawab :
Sepengetahuan saya itu haid yang memang belum bersih nda..
Dan diusahan memilih 1 jenis kb saja dan rutin dipake

Tanya :
kalau sudah menikah hampir 5 tahun, tapi belum punya anak , usia 31 tahun, apakah sudah wajib untuk papsmear? makasih
Jawab :
Pap smear disarankan untuk wanita yang sudah baligh dan sedang berhubungan sex

Tanya :
Anak saya umur 13 tahun, gadis. Punya amandel dan kalau dikelas, dapat duduk dibelakang, tulisan yang dipapan tulis gak kelihatan dan akhirnya pusing berat. pertanyaannya : apakah ada kaitannya amandel + penglihatan gak jelas? Apakah anak saya kena minus mata? Jazakillahu atas jawabannya
Jawab :
Maaf ya nda...saya kurang mengetahui tentang pengaruhnya amandel dengan mata
Dan untuk menentukan berapa minus maka dan maki itu dokter mata...
Untuk amandelnya periksa kedokter THT agar anaknya segera mendapatkan menanganan sedini mungkin.
Semoga lekas sembuh ya nda putrinya.
Tanya :
kalau mens-nya terlalu cepat/lambat datangnya tiap bulan itu karena pengaruh apa?
Jawab :
Pengaruh Hormonal
Yang namanya wanita sangat dipengaruhi dengan hormon progesteron dan esterogen. Mungkin dialah yang menjadi kambing hitam untuk sifat moody, marah  dan malesnya wanita saat PMS (Premenstrual Syndrome) hehehe. Fluktuasi hormonal dalam siklus menstruasi tidak merupakan sebuah siklus yang statis namun dinamis.
Alasan mengapapa menstruasi lebih cepat karena padaa saat tanggal yang biasa kita jadikan sebagai patokan “hari dapet” kadar hormon progesteron justru turun lebih cepat dari hari biasanya.
Sama halnya dengan mengapa menstruasinya terlalu lama? karena kadar hormon progesteron masih dalam titik yang tinggi sehingga perlu beberapa hari lagi untuk mencapai kadar progesteron turun.

Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                              ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ





Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Artikel Baru