KESEIMBANGAN

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, September 25, 2014

Kajian Online Telegram Hamba  اللَّهِ  SWT

Hari / Tanggal : Selasa, 23 September 2014
Narasumber : Ustadz Kaspin
Materi : Kajian umum
Notulen :Nurza
Editor : Ana Trienta

Baik, mudah-mudahan ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk kita semuah ya.

Tema besarnya adalah "Keseimbangan"

Apakah keseimbangan itu? Keseimbangan adalah ya... seimbang. Dah pada tahu kan seimbang? Silahkan buka KUBI. Karena ada KUBI ada bahasa. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Ituh!

Apa yang musti seimbang? Seperti mana kita tahu bahwa manusia diciptakan oleh Allah swt dengan diberikan tiga macam potensi. Potensi potensi inilah yang harus kita jaga keseimbangannya sehingga tidak menjadi impotensi. Seperti disinggung pada ayat diatas, ada tiga potensi yang Allah berikan pada manusia.

Buah tin dan zaitun mewakili jasadiyah
Bukit sinai mewakili fikriyah
Kota mekah mewakili ruhiyah

Buah tin dan zaitun adalah memang sangat bermanfaat buat manusia meski saya belum merasakan buah tin tapi kata guru saya buah tin itu rasanya manis dan tetap dingin meski cuaca panas. Sementara zaitun. yang saya tau minyaknya memanglah sangat bermanfaat untuk kesehatan kata ahli didalam zaitun terkandung squalene (minyak hati ikan hiu) yang bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Bukit sinai terkait dengan 10 perintah Allah kepada Nabi Musa  yang bahwa akal itu harus dibimbing oleh wahyukalau tidak maka bisa ngaco. Sementara bumi mekah yang aman itu adalah pusat pusaran ruhiyah manusia sedunia sejak zaman nabi Ibrahimmereka terus thowaf, ruku dan sujud juga berdoa kepada Yang Maha Esa Allah Subhanahuwataala. Siang malam tidak pernah sepi dari jutaan manusia yang melakukan ibadah disana dan sebentar lagi kita juga akan menyaksikan peristiwa ibadah tahunan meski ia kewajiban sekali seumur hidup, yaitu ibadah haji. Semoga kita semua bisa menunaikannya.
Baiklah, jamaah telegramiyah rohimakumullahu sampai disini kita bisa faham ya...

Jasadiyah:
Kita perlu untuk menjaga keseimbangan jasad / fisik kita dengan makan makanan yang halal dan baik, menjaga kebersihan dengn mandi, menjaga kebugaran dengaan olah raga. Dan memang jasad ini punya keterbatasan keterbatasan yang harus kita jaga, jangan sampai berlebihan atau kekurangan tapi memanglah seiring bertambahnya usia jasad ini akan semakin rapuh, ringkih dan layu.

Fikriyah:
Pikiran atau akal kita juga harus kita jaga keseimbangannya dengan senantiasa kita berfikir positif, bersyukur dan senantiasa di upgrade. Sebab kalau tidak diupgrade dia akan downgrade. Lihat kemajuan luar biasa hasil oleh fikir manusia. Karena itu kewajiban menuntut ilmu adalah kewajiban sampai mati dan tidak ada sunnah nya dalam artian wajibun, kuduun harusun.

Ruhiyah:
Ruh kita asalnya dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Ruh ini akan tenang damai dan sehat sejahtera jika senantiasa berdekat dekat dengan Allah swt.

Semoga kita semua berbahagia dunia dan akhirat.
Sekian. Silahkan jika ada yang perlu didiskusikan banyak ustadz disini saya mah ustadz badal atau mum-tadz murid murid nya ustadz
@kabar tentang itu...carilah dari quran dan hadits ya

TAMBAHAN USTADZ HILMAN
Memperjalankan di waktu malam (Al-'Isrā'):85 - Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit".
Apektif
Kognitif
Psikomotorik

Atau
Sidik
Amanah
Fatonah
Tabligh ya stadz?

Taqwa
Cerdas
Terampil
Cageur
Bageur
Pinter
Bener

Betawi:
Seger
Pinter 
Bener

Orang seger dan pinter tapi kaga bener itu namanya keblinger
Orang seger dan bener tapi kaga pinter itu bisa minder
Orang pinter dan bener tapi kaga seger itu nama nya kelenger.
Ituh

Jawa:
Iso dzikir
Pinter mikir
Gelem ngerewengi dangir
Yen duwe musuh wani mlintir.

Jangan sampe orang muda
Dikongkon dzikir ora iso
Diajak mikir ora teko
Dikongkon dangir malah lungo
Yen ono sego lagi gelem moro.
Piye toh?

Istilah istilah itu hadir dalam kehidupan kita karena memanglah ia sangat penting dan harus mendapat perhatian dalam hidup ini..

Nyambung dikit ust kaspin nur ..
Tentang  anugerah yang Allah berikan hanya kepada manusia tidak kepada makhluq lain; yaitu akal / mental intelektual, hati/emosional, nurani/spiritual dan tubuh/fisikal.

Empat hal ini dituntut "kecerdasan"nya yaitu IQ, EQ, SQ & PQ. Kecerdasan intelektual,  kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan fisik. Ini sesuai dengan do'a yang diajarkan baginda Rasul 

اللهم أغنني بالعلم وزيني بالحلم وآكرمني بالتقوى وجملني بالعافية

SHARING TENTANG MANDI

Mandi tengah malem ga boleh kalau ga ada air nya. Juga jika pake kembang 7 rupa dari tujuh taman dan airnya dari tujuh sumur. Ini jelas ga boleh selain nyusahin juga tujuannya ga jelas. Kalau mandi di rumah boleh aja. Toh ga ada larangannya. Kalau bikin awet muda saya tidak tahu tapi yang jelas kamu lebih muda hari ini dibanding esok.

Setahu saya tidak baik mandi diatas jam 23 malam karena saat itu pori-pori membuka apalagi kalau sedang tidak sehat. Lebih baik mandi ketika jam 2 pagi keatas. Karena kebiasaan Rosul mandi ketika akan tahajud setelah "menyentuh" istrinya. Beberapa ahli kesehatan mengatakan mandi sebelum shubuh dampaknya menyehatkan dan membuat muda. 

Rematik tidak ada hubungannya dengan tengah malam mandi. Namun itu terkait dengan sistem imun tubuh yang sudah menurun. Jika sudah ada rematik maka hawa dingin memicunya untuk nyut nyutan. Jadi rematiknya udah ada dulu. Mandi malem kan dingin. naaah kepicu deh

Cukup sekian dari saya. Jazakumullahu khoiron jaza. Kalau ada kata yang salah mohon dimaafin. Kalau ada maaf yang salah jangan dikatain. Semoga kita semua senantiasa dalam keberkahan dan kebahagiaan.

PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                             
 ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!