Mengenal Diri

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, September 27, 2014

Rekap Materi KAJIAN ONLINE (WA) HAMBA اَللّه

Kajian HA 16
Admin : Nury
Pj.        : Else
Narasumber:Usdz Rusma
Editor: Selli
 
 
Assalamualaikum ya akhowati...moga kita semua selalu dalam limpahan rahmat dan kasih sayang Alloh di dunia dan akhirat
Hari ini saya akam menyampaikan tentang "Mengenal diri"
Moga manfaat.
Membaca judul tentu ada diantara kita pernah dapat materi ini yah??!!...tidak mengapa kita ulas lagi...agar kita tambah kenal akan keberadaan kita.
Mengenal diri banyak orang mengidentikan dengan mengenal bakat dan potensi diri. Hal ini tidaklah salah karna ketika kita mengetahui bakat dan minat maka nantinya bisa diterapkan dalam memilih sesuatu yang cocok dengan kita.
Pada kesempatan kali ini saya ingin memperluas pemahaman kita tentang diri kita. Ketika kita bicara diri, hal yg harus kita ajukan pada diri kita adalah:
1. Siapakah saya?
2. Dari mana saya?
3. Mau apa saya dan apa tujuan keberadaan saya di dunia ini?
Karena kita orang Islam kita ambil Alqur'an  sebagai sumber berita yg akurat. Mohon di lihat surah (AlHaj : 5) dan (Assajadah : 7-9) ttg asal usul diri kita
dikatakan bahwa asal kita manusia adalah dari tanah...kemudian keturunan kita berasal dari saripati yang hina (mani)...lalu Alloh beri kita potensi berupa : akal, ruh, hati dan jasad. Kemudian dengan potensi tersebut kita bisa mendengar, melihat, merasakan dan lain-lain yang kesemua itu menjadikan kita sebaik-baik makhluk diantara makhluk yang Alloh ciptakan.
Selanjutnya
2. Dari mana saya
Ini sdh terjawab ya...dengan uraian nomor 1. Yaitu kita memang berasal dari adanya sebab perkawinan ayah ibu kita....lalu Alloh semayamkan di dalam rahim ibu dan Alloh tumbuhkembangkan kita hingga menjadi diri kita sekarang. Karna itu jasa orang tua tidak akan terbalaskan. Karna usaha penjagaan dan perawatan mereka hingga kita bisa seperti sekarang ini.
Karna itu wajib kita berterima kasih kepada orang tua
3. Mau apa saya dan apa tujuan saya ada di dunia?
Mau apa saya?...tentu dengan potensi yang telah Alloh berikan berupa akal, kita bisa mencerna bahwa kita ingin hidup bahagia di dunia juga di alam akhirat.
Sebagai sarana untuk mencapai itu semua Rosul kita Muhammad SAW telah menyuruh kita berpegang teguh pada 2 hal yaitu: Alqur'an dan sunnah Rasul, karna itu wajib bagi kita selalu membaca dan mengkaji 2 hal tersebut sebagai pedoman dalam menjalani hidup kita ini.
Subhanalloh..betapa sayangnya Alloh kepada kita. Dia sudah menciptakan kita sebagai sebaik-baik makhluk dan Dia tidak membiarkan kita tanpa pedoman hidup.
Karena itu orang yg mengabaikan 2 hal ini hidupnya akan tidak terarah dan bisa jadi binasa.
Lalu tujuan hidup kita apa?
Alloh menciptakan kita dengan maksud agar kita menjadi kholifah dan kita beribadah kepadaNya...hanya menyembahNya dan tidak menyekutukanNya.
Sebagai kholifah (pemimpin) bukan hanya memimpin, tetapi juga memelihara alam ini. Sungguh sempit pandangan kita bila kita pahami kholifah hanya seorang pemimpin saja.
Ada dialog antara Alloh dg malaikat (coba dibuka albaqoroh : 30)
Sebuah dialog yang sangat menakjubkan....malaikat sebagai makhluk yang sangat taat merasa khawatir dengan perilaku manusia yang nantinya berbuat kerusakan, namun Alloh mengatakan bahwa Alloh lebih tahu maksud dan tujuan diciptakannya manusia.
Karna itu jadilah kita sebagai kholifah yang amanah dan jadilah hamba yang hanya beribadah/ menyembah Alloh saja, sehingga Alloh akan banggakan diri kita dihadapan para malaikat.
Tujuan kita adalah bahagia dunia akhirat.
Bila hanya dunia yang kita kejar...rugilah kita. Karna hakikatnya kehidupan yang sebenarnya adalah kehidupan di akhirat. Di sanalah kita kekal tidak akan mati dan hanya 2 pilihan surga atau neraka tempat kita tinggal.
Dunia hanyalah tempat sementara, semua yang ada akan kita tinggalkan.
Kana itu penting bagi kita memahami secara benar diri kita dan apa tujuan diciptakannya kita di dunia ini.
Semoga Alloh jadikan kita makhluk yang selalu bersyukur dan memasukan kita dalam surgaNya. Aamiin...itu saja yang saya sampaikan moga manfaat. Bila ada yang bertanya silahkan. Break dulu untukk sholat isya ya.
-----------------------------------
Rekap Pertanyaan :
1.Bunda Nury
ustzah tanya ada orang yg bagus ilmu agama nya, tp kadang prilakunya masih ada yang kurang baik...masih sombong,masih ghibah..gimana menurut usdz?
Jawaban :
Pendapat saya:
orang itu belum paham agamanya. Bila dia faham insyaAlloh akan baik perilakunya.
Orang banyak ilmu belum tentu mau melaksanakannya, karna itu Rasul mengajarkan doa yg harus kita baca tiap hari: Robbi zidni ilma naafi'an warzukni fahman wa amalan mutaqobbala.
Bila kita melihat ada orang seperti itu sikap kita beri nasihat untuk mengingatkan bahwa perilakunya tidak benar...bila kita tidak bisa, doakan saja agar orang tersebut Alloh fahamkan agama.
 
2. Bunda Neni
Ustzah, gimana ada orang yang baik banget, sabar, santun, pokoknya akhlaknya jempol deh tp maaf orangnya gak pernah sholat, gimana tuh ustzah, afwan
Jawaban :
Pertanyaan bunda neni Jawaban sama dg nomor 1 ya karna hampir mirip
 
3.Bunda Nur Ana dan bunda Evasari
Assalamu'alaikum. Ustadzah apakah kiat-kiat kita agar kita selalu istiqomah untuk ibadah, dan beramal sholeh?
4. Bunda  ayu
Assalamu'alaikum. Ustdzah mau tanya bagaimana cara menghilangkan rasa iri hati di dalam hidup kita? Dan menghilangkan pikiran negatif kepada orang lain ?
Jawaban :
Kiat kita agar istiqomah di jalan Alloh :
 1.  sering membaca doa sesudah sholat: Yaa Muqollibal qulub tsabbit qolbi 'ala diinika
(wahai (Alloh) yg membolak balikan hati tetapkanlah hatiku ini dalam agamaMu.
2. Cari teman yang selalu mengingatkan akhirat (teman yang faham agama tentu selalu mengajak kepada kebaikan baik dunia atau akhirat)
3. Jangan sekali-kali berani meninggalkan kewajiban agama, karna ini pintu untuk berani ingkar kepada Alloh...na'uzubillah min zalik
4. Sibukkan diri dengan kebaikan dengan datang di majlis taklim, baca buku agama, baca alquran dll.
 
5.Bunda Ida
Assalamu'alaikum. Ustdzah Tujuan kita adalah bahagia dunia akhirat. Bila hanya dunia yang kita kejar...rugilah kita. Yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya agar kita terhindar dari tipu daya dari kehidupan dunia yang hanya sementara ini
Jawaban :
Pertanyaan tentang terhindar dari tipu daya dunia
1. jauhkan panjang angan-angan / berhayal
2. tanamkan diri untuk berjihad di jalan Alloh...berjihad jika tidak  di medan perang ada bentuk lain yang dikatagorikan sebagai jihad.. seperti mengurus dan merawat anak, suami dengan ikhlas dan benar juga termasuk jihad. Banyak uang niatkan dan usahakan berangkat haji atau umroh juga jihad. Menuntut ilmu juga termasuk jihad
3. Mengingat mati bisa menghilangkan cinta dunia yang berlebihan...karna itu ada perintah ziarah kubur.
 
6. Bunda  Emmy
Ustzah mau tanya apa benar kalau wanita suka mengambil keputusan berdasar kan emosi dan tidak rasional sedang kan kaum peria semua dipikir kan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan, pada hal kita sama-sama mahluk yang diciptakan ALLAH SWT
Jawaban :
Tentang perbedaaan laki-laki dengan perempuan dalam mengambil keputusan....
Memang ada perbedaan pembawaan atau karakter ya antara laki-laki dengan perempuan....
Subhanalloh inilah karunia Alloh menciptakan adanya berpasang-pasangan....ada baik ada buruk, ada cantik ada jelek, ada yang kuat ada yang lemah yang diberikan kepada makhluknya...manusia memang makhluk yang tidak sempurna sehingga ada perintah untuk nikah untuk laki-laki dan perempuan dalam rangka saling melengkapi dengan sifat-sifat yang kurang tersebut, sehingga akan keluar hasil yang sempurna.
Jadi itulah hikmah mengapa ada perbedaan laki-laki dengan perempuan dalam karakter/ sifat....walau sama-sama ciptaan Alloh. Dan dalam pandangan Alloh orang yang bertaqwalah yang paling baik dan akan dimasukan dalam surgaNya
Wallohu a'lam
Mohon maaf bila jawaban belum memuaskan.
 
Semoga bermanfaat & terima kasih.
PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.      
        
            ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Ketik Materi yang anda cari !!