Home » , , , , » Metode Pengasuhan & Pendidikan Anak

Metode Pengasuhan & Pendidikan Anak

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Sunday, September 14, 2014

Kajian Online Telegram Hamba الله SWT

Hari / Tanggal : Sabtu, 13 September 2014
Narasumber :Ustadzah Nurhamida 
Materi : Parenting
Notulen : Nurza
Editor : Ana Trienta

Assalamualaikum wr...wb
Saudara-saudariku yang dirahmati Allah, izinkan saya berbagi sedikit tentang metode diskusi keluarga sebagai salah satu cara pengasuhan dan pendidikan anak.

Pentingnya diskusi  keluarga dewasa ini bagi pengasuhan dan pendidikan anak mengingat umumnya orang tua sudah sangat sibuk sehingga memilki waktu yang sangat sempit dalam berkomunikasi antar anggota keluarga. Berikutnya, terlalu banyaknya waktu yang dihabiskan anak dengan pengasuh, baik orang lain yang diminta untuk menjaga anak, atau nenek atau kerabat. Hal ini menimbulkan kekosongan jiwa dalam diri anak.

Fakta di lapangan, banyak anak balita yg kesulitan bicara, kesulitan mengkoordinasikan tubuh, tidak memiliki alur berpikir yang jelas,mudah menyerah dalam menghadapi masalah sederhana, anak mengatur orang tua, anak tidak dapat mengendalikan diri, serta kesulitan untuk mengelola dirinya sendiri.

Diskusi keluarga yang dilakukan secara rutin in sya allah dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, berapapun usianya, melatih kesabaran, menumbuhkan kepercayaan antar keluarga. Menumbuhkan keberanian menyampaikan pendapat di depan keluarga, melatih kemampuan menerima pendapat anggota keluarga, melatih diri untuk saling menghormati kepentingan dan perasaan anggota keluarga dan melatih kemampuan mengendalikan diri serta menyelesaikan masalah.

Dari sisi kemampuan bahasa..-.ini yg sekarang sangat sedikit orang peduli. Bahasa kita perlahan dirusak oleh generasi bangsa karena tidak ada yang mengajarkannya dengan benar. Anak akan terampil berbicara, tahu menggunakan kalimat dan kata yang sopan, dan yang terpenting membentuk alur berpikir anak. Seseorang yang terbiasa menggunakan kalimat yang teratur, jelas dan santun, sudah dipastikan ia memiliki pola berpikir yang runut. Biasanya yang seperti ini memiliki kemampuan mempengaruhi orang lain.

Tetapi bila seseorang berkomunikasi dengan cara yang buruk, seperti menggunakan kalimat yang tidak selesai, pilihan kata tidak tepat, nada yang tidak santun maka dapat dipastikan ia mengalami kesulitan dalam menata alur pikirnya

Punyakah pengalaman melihat yang demikian di sekeliling kita? Silakan dishare


TANYA JAWAB

Tanya
Tadi siang murid tanya.. mbak kowe kuliah ndi ? 
Saya jawab : kuliah di deket sini
Dia jawab : mosok rupamu elek ngono kok kuliah ng kono

Beberapa hari sebelumnya juga ada yg bilang "laptop bosok"
Bunda, bahasa di atas adalah bahasa jawa ngoko bun yang berarti bahasa kasar.
Bunda, kedua contoh tadi saya alami sendiri bun. Itu  di ucapkan anak kelas 4 SD.
Jawab
Dari ranah kognitif, anak berlatih kemampuan mengenali masalah, kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah.
Waaahhh....begitukah?


Tanya
Maaf bunda kalo usia 3 thn cara bicaranya lum lancar disebabkan karena apa yaa bunda

Jawab
Yaaa...kalau dilihat dari pilihan katanya kita juga bisa tebak kondisi ekonomi dan pola komunikasi orang tua. Kalau usia 3 thn belum lancar bicara bisa dikenali dulu latar belakangnya Ada yang lebih dulu fisik motoriknya dapat berjalan pada usia 1 tahun namun kemampuan bicaranya baru ia peroleh di penghujung usia 4 tahun

Nyambung ya Mbak Fit... saya suka kasihan sama anak kayak gitu dan mempertanyakan itu orang tua niat ngga sih punya anak. Setiap anak dilahirkan dengan kemampuan masing masing. Perkembangan fisik motoriknya, sosial emosinya, bahasa dan kognisinya amat bergantung pada cara ia diperlakukan dan asupan gizi yang ia peroleh. Setiap anak juga tidak sama dalam memperoleh kelima kemampuan  tadi.


Tanya
Ya bunda. Dari itu saya menetapkan untuk memakai bahasa indonesia jika berbicara dengan saya. Seenggaknya melatih mereka. Apakah benar bun ? Afwan. Jawabnya bisa setelah share materi bun

Jawab
Utk Mbak Fifit..mengajarkan bahasa Indonesia di dalam kelas itu suatu keharusan karena bahasa pengantar kita adalah bahasaa Indonesia. Kecuali saat mapel mulok ya bahasa daerah. Jadi sudah benar langkah Mbak Fit.


Tanya
Karena di rumah lagi urus 2 keponakan yang seumuran tapi cara berfikir dan yang lain berbeda banget..

Jawab
Iya Mbak Salsa..walau lahir dari ibu yang sama tetep berbeda perkembangannya. Bila sejak usia 0 bulan (lahir) anak mendapat stimulasi yang intens dalam berkomunikasi,misal ayah dan ibu selalu mengajaknya berdialog walau sang bayi/ batitanya cuma menatap sambil senyum senyum atau bubbling sebenarnya ia tengah menyerap banyak kosakata yang akan ia simpan dalam memori jangka panjangnya.


Tanya
Beda ibu yang 1 ada ibunya yang 1 ditinggal ibunya merantao.. Tapi lebih cerdas yang ditinggal ibunya kerja. Kakak saya kalo ama anaknya keras apa berefek pada pertumbuhannya bunda

Jawab
Kosakata itu akan muncul bila kemampuan alat ucapnya mengalami kematangan. Itulah kemampuan bicaranya muncul dan ia berlatih menggunakan kosakata yang pernah ia dengar sebelumnya. Biasanya anak yang ditinggal ibunya bekerja lebih berani, lebih giat, lebih kreatif. kenapa? Ia tidak punya pilihan selain mengisi waktunya yang tanpa ibu. Ia akan lakukan apa saja tanpa ada kekhawatiran dilarang sang ibu. Sehingga otaknya bekerja. Karena otaknya bekerja maka sinapsis sel sel otaknya hidup yang itu menjadi Indikator kecerdasan. Anak memiliki kreatifitas dan mudah bosan jika tidak melakukan sesuatu.

Bila anak selalu didampingi ibu sebenarnya ini ideal. Hanya saja para ibu suka bingung, aku mau ngapain ya sama batitaku? Persoalan yang dihadapi anak yang ibunya bekerja adalah kekosongan jiwa atau emosinya menjadi tidak stabil. Yang kebanyakan orang menyebutnya anak menjadi caper dan manja apabila ia sedang bersama ibunya pada hari libur.


Tanya
Kan masih umur 3 thn apa udah paham bunda ditinggal dari umur 6 bulan ama ibunya

Jawab
Bukan faham Mbak tetapi secara fitrah ia membutuhkan kasih sayang ibu. Jiwanya yang meminta karena Allah telah menetapkannya demikian.


Tanya
Bagaimana mengajarkan kemandirian ke anak? Kadang-kadang anak saya masih minta di gendong di usianya yang 5th. Makan hampir selalu di suap, katanya lebih enak di suap daripada makan sendiri 

Jawab
Mengajarkan anak mandiri itu syaratnya cuma satu Mbak: Konsistensi dalam melaksanakan peraturan dalam keluarga. Pasti ibunya pusing tujuh keliling ya kalau anaknya ngga mau makan


Tanya
Harus tegas gitu maksudnya bun?

Jawab
Tegas dan konsisten. Begini Mbak, awalnya ibu dan ayah harus punya kesepakatan. Bahwa dalam keluarga ada aturan yang berlaku untuk semua. Ada waktunya makan bersama yaitu pada malam hari saat semua berkumpul (soal waktu silakan saja kapan bisanya kumpul semua ya). Semua anggota keluarga makan dengan tangannya sendiri bahkan ayah harus ambil nasi sendiri, ambil lauk sendiri, semua serba sendiri. Ini dalam kerangka memberi contoh pada anak. Kalau sesekali minta tolong boleh, misal mengambil makanan yang agak jauh dari jangkauan ayah dengan kalimat yang sopan dan lengkap. Kenapa? Karena kita sedang memberikan contoh. Lalu, buatlah suasana makan itu menyenangkan. Tidak ada paksaan atau bentakan



Tanya
Misalnya di iming-imingi dengan hadiah gimana bunda? Apakah boleh?

Jawab
Hadiah boleh saja tetapi nanti
Yang sedang saya sampaikan ini ngga perlu hadiah Bunsa. Yang dibutuhkan: konsistensi ayah dan bunda saja. Bahasa agamanya istiqamah. Apalagi punishment. Ntar anak malah makin bangga mau makan..


Setelah suasana menyenangkan dibangun pujilah anak jika ia mau makan sendiri. Atau ayah atau ibu bisa memotivasi anak: ayo yang bisa habis makannya malam ini akan dibacakan cerita menarik sama ayah. Jadi hadiahnya cerita yang lucu atau yang disukai anak. Bukan iming iming benda atau makanan ya. Atau bisa juga denga mengajaknya berlomba: siapa yang cepat habis makanannya nanti ibu ajak membaca buku cerita.


Tanya
Tapi kalo anaknya lebih tertarik dengan benda gimana bunda?

Jawab
Boleh saja Bun tapi nanti timbul masalah baru.. Bunda harus selalu menyediakan benda setiap ia mau makan. Padahal makan itu adalah kebutuhan tubuhnya sendiri. Jadi yang kita bangun adalah tumbuhnya keinginan anak untuk makan tanpa bantuan orang dewasa. Jika sudah usia 5 thn Bunda bisa ajak bicara dan membuat perjanjian

Mulai hari ini misalnya, abang berlatih makan siang tidak disuapi Bunda. Hanya makan siang saja ya Bun ini jika nanda setiap hari 3  waktu makan disuapi. Konsisten aja membiarkan anak makan siang tanpa disuapi in sya allah jika berhasil kita bisa teruskan ke jadwal berikutnya. Dalam hal ini Bunda harus tega kalau anak mogok makan pertama kali nyoba.


Tanya
Jadi bertahap ya bunda. Emaknya harus ekstra sabaaaaaaar

Jawab
Biarkan saja. Tetapi tetap diingatkan bahwa ia harus makan. Jika tidak perutnya akan sakit. Iya Bun...harus ekstra sabar. Semua ibu bisa melakukannya Bun karena Allah kan sudah titipkan rahim ke kita


Tanya
Anak saya termasuk anak yang manja, karena dulu waktu kecil dititip tiap hari ke mbahnya karena saya kerja
Siiiiiaaaap bun
Pasti bisa
Mandi sendiri sudah berhasil

Jawab
Selain rahim sebagai tempat yang kokoh untuk janin juga sekaligus memiliki kasih sayang yang lebih luaaaaasss dibanding ayah

Sip Mbak Retno Pasti bisa! In syaallah.

Tanya
Keponakan saya kalo ditelepon ibu nya gak mau lebih memilih saya sampai ibunya iri ke aku. Apa karena tiap hari saya ngobrol telepon dan tanya aktifitas hariannya. Ibunya kalo telepon 1 minggu 2 x kalo saya 1 hari bisa 3x

Jawab
Waaahh terbalik tuh Mbak Salsa yang mana ibunya yang mana tantenya. Benar sekali, Mbak salsa sering mengisi jiwa nanda ketimbang ibunya wajar anak menjauh. Lebih sering mengisi jiwa maksudnya. Kalau kelak banyak anak yang durhaka. yaaaa...ngga semua salah di anak ya...


Tanya
Sering saya bilangin mbak, afir bukan anaknya tante tapi afir anak mama nini langsung ngambek dan marah...

Jawab
Iya Mbak jelas nanda marah karena ia merasakan kedekatan emosional dengan tantenya tetapi ternyata tantenya mengatakan hal tersebut. Ia merasa ditolak makanya ngambek. Tetapi tidak apa itu harus disampaikan karena faktanya demikian. Oya untuk melengkapi info sebelumnya keterampilan berbicara anak juga dipengaruhi oleh kemampuan anak mengunyah makanan. Jika usia 2 tahun masih makanan lunak (tim) ini akan memperlambat kematangan bicaranya.


Tanya
Saya heran sama ibu saya kalau ditinggal cucunya 2 atau 3 hari langsung sakit ditinggal saya anaknya bertahun" sehat Alhamdulillah..

Jawab
Kalo da ada cucu lebih deket ke cucu daripada anak


Tanya
Bagaimana saya membahasakan ke anak bunda, anak saya sukaaa sekali belanja jajanan sehari bisa sampai 15rb karena dekat rumah ada yang jualan? Sekali belanja 2rb, 3rb. Tapi dia makan paling cuman 1rb karena kalo dia belanja temen-temennya pasti minta, dan anak saya juga sering nawari ke temen-temennya. Pernah nyoba belikan jajanan biar ga belanja, malah dibagikan ke teman-temannya. Yang saya tanyakan bagaimana saya komunikasi ke anak, mau di larang ntar khawatirnya ngajari anak jadi pelit. Kalo saya biarkan trus, jadi kewalahan belanjanya

Jawab

Prinsipnya sama ya...mengajarkan anak untuk menahan diri tidak jajan berlebihan kuncinya ada pada ibu harus tega untuk membentuk sikap positif pada anak. Mengajarkan anak berbagi itu hal lain. Ada waktunya. Jadi ngga boleh dicampuradukkan ntar bingung sendiri


Tanya
Anak saya lebih fasih bahasa keluarga papanya bahasa indo dikit banget padahal dah diajarin mungkin pengaruh lingkungan ya ustazah?

Jawab

Di luar kelas kalau memungkinkan ajaklah anak berdialog dengan bahasa jawa halus. Yang bisa diterima semua kalangan tapi tidak kasar

Anak adalah pembelajar yang cepat dan peniru ulung. Ia lebih mudah mengadopsi bahasa yang sering ia dengar di lingkungannya karena pada usia 0-6 thn adalah masa emas atau masa anak memiliki kepekaan tehadap hal hal tertentu. Maksudnya ia akan sangat cepat menyerap informasi yang ia lihat dengar rasa hirup dan yang ia raba

Maria Montessori yang melakukan penelitian tentang hal ini membagi 2 fase
Fase tak Sadar (unconscious) 0-3 th dan Fase sadar (conscious) 3-6 th


Tanya
Bunda anak saya usianya 5 thn, sudah TK B sekarang setiap berangkat sekolah sudah ga mau di antar karena jaraknya ga terlalu jauh sih, kalo saya biarkan apakah bagus bun?

Jawab

Boleh saja tetapi tetap dalam pengawasan yaa...
Itu baik untuk melatih kemandiriannya, menumbuhkan rasa percaya dirinya, juga ia merasa bangga karena ibunya percaya padanya. ini yang penting. 


Bila nanda sejak kecil sampai usia 6 thn ada di lingkungan bahasa tertentu dan konsisten orang tuanya mencontohkan bahas tesebut...dipastikan anak akan menguasai bahasa serupa


Tanya
Gimana ngatasi anak yang sensitive mungkin karena anak tunggal dia terlalu attachment ke saya seperti tidak bisa di tinggal kalo di rumah ada nenek n aunty nya padahal dia umur 8th.

Jawab
Beda kalau anak sudah di atas 6 tahun tidak secepat fase sebelumnya. Namun bahasa tersebut akan mudah hilang jika tidak terus dilatih.

Mengasuh anak yang sensitif memang perlu kesabaran dan pemahaman tentang karakternya Bunda. Karena kalau tidak sebagai ibu kita akan selalu berselisih dalam memahami kemauannya. Bunda perlu melihat ke belakang. Apakah nanda kurang mendapat motivasi dulunya  untuk berinteraksi dengan orang lain? Cobalah untuk menggali apa pendapatnya tentang nenek dan auntynya...pernahkah ia saat ditinggal Bundanya, mengalami pengalaman tidak menyenangkan?

Tanya
Dia selalu takut saya tinggal, apa mungkin karena trauma yang belum hilang sewaktu saya pernah sakit dan koma? Kita berusaha menghilangkan trauma itu tapi tetep belum bisa
Jawab
Oh begitu...masyaallah..luar biasa pengalaman Bunda
Boleh jadi demikian Bun. Efek trauma ini akan panjang dampaknya namun jangan khawatir kelak saat nanda sudah dapat berpikir realistis memasuki masa pubertas dan bergaul dengan teman temannya..perlahan akan berkurang

Yang terpenting Bunda selalu memotivasinya dengan meyakinkan bahwa Allah selalu bersama kita. Kaitkan kejadian komanya Bunda bagian dari pembelajaran iman kepada takdir. Nah ini akan seru bahasannya. Mengajarkan anak beriman pada qadha dan qadar. Tapi ngga sekarang yaaa

Tanya
Kita disini baru 3th ini jadi dia ga begitu deket dengan kel papanya sebelumnya. Pernah waktu sholat berjamaah dengannya saya liat dia doa lamaa banget dan saya nanya doa apa baby? Dia bilang kalo Allah manggil mama saya minta papa dan baby juga di panggil

Jawab
Iya Bun ia trauma dengan kejadian itu jadi Bunda harus ekstra sabar juga meyakinkan Nanda untuk mengimani bahwa itu adalah ketetapan Allah yang tidak bisa dielakkan. Nanda berdoa dengan sungguh sungguh menunjukkan ia sudah punya dasar kepercayaan yang tinggi pada Allah. Hanya ia perlu diajak untuk berdoa dengan kalimat yang lain yang menguatkan.

Bunda sekalian berhubung sudah pukul 21 lewat, saya mohon pamit ya.
Terima kasih sudah mau berbagi di sini. Semoga bermanfaat.
Mohon maaf jika ada hal yang tidak berkenan.


PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis 


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                              

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!