Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

PARENTING (NEW)

Materi Kajian HA NANDA 104
Selasa, 02 Agustus 2014
Tema: Parenting (Materi Baru)
Oleh : ustadzah.Mimi
Notulen: Fiet

Assalamualaikum Para Ibu Pembelajar.....
Saya mimi teman Grup sebelah yang ditodong jadi "ustadzah" parenting katanya.
Insya Allah dengan ilmu yang sedikit ini semoga membawa manfaat mengingatkan kembali kepada kita bagaimana memaksimalkan peran kita sebagai seorang ibu. Yang bekerja tetap prioritas pada anak...
Yang berdakwah mengutamakan anak2..
Yang dirumahpun fokusnya sama anak
Tema kita hari "membangun Rasa Percaya Diri Pada Anak"
Sebelum saya bahas tema...
Saya ingin teman2 cerita dulu bagaimana tipikal anak2 bunda dirumah ya (disertakan usianya) apakah ia termasuk anak yang cuek. Mudah berinteraksikah. Supelkah. Yang suka ngumpet diketiak ibunyakah?


Membangun dan Membentuk Rasa Percaya Diri Pada Anak
Berdasarkan pengalaman dan kasus beberapa teman2 yang kesulitan menghadapi rasa malu dan tidak PD anak2nya.
Berikut saya paparkan bagaimana kiat menumbuhkan rasa "Percaya Diri" pada anak. Bukan sekedar PD berhadapan dengan orang asing tapi siap menghadapi tantangan dunia luar. Tak takut bersaing. Berjiwa kompetisi. Saat gagal bangkit lagi. Kemudian meraih prestasi
Tentu ini tidaklah mudah. Perlu usaha ekstra keras. Semua energi juga akan terkuras. Sebab membangun rasa percaya diri anak ibarat menanam fondasi dalam jiwanya. Fondasi inilah yang akan menopang berbagai tantangan anak dalam kehidupan. Prestasi diraihpun bukan sekedar impian
Ada beberapa kiat dasar dan prinsip yang harus diupayakan jika kita sebagai orangtua bersungguh-sungguh membangun rasa percaya diri anak. 
Diantaranya :
1. Anak yang memiliki rasa percaya diri bermula dari pengasuhan yang lengkap. Dimana bukan hanya ibu yang terlibat. Namun juga ayah ditengah kesibukannya dlm mencari nafkah. Bahkan keterlibatan ayah dalam pengasuhan memberikan dampak percaya diri yang lebih kepada anak. Anak mempersepsikan ayah sebagai "tokoh" dunia luar yang hangat. Ramah dan menyenangkan. Sehingga anak merasa siap dan nyaman utk tampil kedunia luar yang baru dan asing.
Sedikit contoh pengalaman anak saya dafina. Saat saya temani ia melakukan sesuatu yang sifatnya tantangan dia akan menolak dan udah ciut duluan. Tapi saat ayahnya yang mengajak dan mendampingi ia seakan berani mencoba melakukan sesuatu sebab ayahnya lah yang membuat ia merasa dirinya mampu melakukan. Mungkin karena saya lebih sering bersikap yang menurutnya melindungi. Melarang yang sifatnya menguji adrenalin kalau ayahnya membiarkan dan mendampinginya dengan sabar.
2. Rasa Percaya diri bermula dari rasa nyaman dan perhatian yang diperoleh dari orang terdekat. Khususnya ayah dan ibu. Salah satu indikasinya adalah cukup belaian dan sentuhan yang diperoleh anak dimasa kecil. Itulah kenapa. Seorang ibu yang menyusui anaknya langsung dr puting susunya ketimbang botol. Memberikan kenyamanan bagi anak diawal kelahiran hingga usia balita.
3. Rasa percaya diri diperoleh melalui latihan. Tidak instant. Ada proses belajar karena itu menanamkan rasa percaya diri haruslah bertahap. Perlu ada pendampingan diawal untuk kemudian dilepas secara mandiri. Anak yang "dipaksa" untuk PD tanpa proses justru akan mengalami trauma yg membuatnya makin tak percaya diri.
4. Rasa Percaya Diri diperoleh dari sikap dan perilaku yang direkam anak dari orang terdekat. Yakni ayah dan ibunya. Sebab itu pandai2lah bersandiwara jika mengalami kegugupan atau ketakutan sesuatu. Sebab anak yang diasuh oleh ortu pencemas akan tumbuh menjadi anak pencemas
5. Rasa Percaya Diri diperoleh dari sikap memaafkan disaat anak gagal. Anak merasa dicintai sepenuh hati oleh orang tua dengan cinta yang tak terbatas. Cinta inilah yg akan mendorong anak utk tampil percaya diri dilain waktu

 TANYA-JAWAB

TANYA:
Isti: Umi, bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri pada anak yang sudah remaja?
JAWAB:
1. Berikan kesempatan pada si remaja untuk melakukan apa yang bisa ia lakukan tanpa didikte yang benar begini begitu.
2. Berikan kepercayaan dan pengambilan keputusan dalam beberapa hal. Sekolah mana yang ia suka. Ekskul apa yang ia minati. Baju yang mana yang akan ia pakai saat acara keluarga.
3. Fokus pada kelebihannya.
Buat remaja yang suka bermain basket. Jangan minta ia untuk bisa bermain piano. Bagi abege yang suka dengan seni jangan minta ia memiliki nilai lebih dibidang matematika. Dampingi saja. Kenali bakatnya. Dan berikan ia kepercayaan menggali kelebihan dr minatnya.
Diskusikan apa yang menjadi fokus perhatiannya saat ini. Minatnya. Ketertarikkannya. Bantu ia mendampingi dan memperbaiki kekurangannya. Puji ia dan katakan bahwa "kita" percaya akan kemampuannya utk dapat melakukan lebih dari saat ini tanpa membanding2kan dengan orang lain

TANYA
Nurza: Ummi bagaimana pengaruhnya bagi sang anak kalau seorang ibu yang tidak mau mmberikan asinya, yang alasannya itu klise banget ummi, misalnya saja takut kalau bentuk badannya ga ideal lagi..
JAWAB:
Anak yang tidak mendapatkan asi
1. Cenderung tingkat kemampuan kognitif lebih rendah dari anak2 yang minum asi
2. Daya tahan tubuh lebih rentan untuk terkena penyakit ringan maupun berat
3. Anak2 asi cenderung lebih percaya diri karena memiliki bonding atau kedekatan yg baik pada ibunya dan ini menumbuhkan rasa aman dan nyaman pada dunia barunya.
4. Harga diri anak akan rendah jika karena alasan sepele kita meninggalkan kewajiban dan mengabaikan hak anak.

TANYA:
Nurza: Ummi, dirumah ada 2 keponakan yang seumuran 3 tahun..tapi mereka sangat berbeda banget yang 1 pendiem yang 1 agak nakal... Apalagi sekolah sama pergaulan sama tapi cara mereka berpandangan sangat berbeda banget..yang 1 suka hafalan agama yang 1 suka nyanyi.
1 atap kok bisa beda kesukaan
Kakak saya tidak pernah kasih ASI ke anaknya karena tidak keluar air susu nya..itu disebabkan apa yaa umm
JAWAB:
Yaa tiap anak itu unik mba nurza...
Ga selamanya anak yang pendiam itu "aman".
Justru kebanyakkan anak pendiam itu mudah dipengaruhi ketimbang anak periang yang lebih punya sikap. Sebaiknya kita gali kelebihannya. Bisa jadi yang mba nurza bilang nakal dia punya kelebihan dibidang seni.
Hindari juga ya "melabel" anak dengan sebutan "nakal". "Tidak bisa diam". "Pecicilan" dll
Karena kelak akan memperkuat anak2 kita untuk berlaku apa yang kita labelkan padanya
TANYA:
Nurza: Menurut ummi..apa lebih baik sekolah mereka dipisah..karena kalau salah 1 ada yg dipukul yang 1 nya tidak terima kalau saudara mereka dibikin nangis. 
JAWAB :
Menurut hemat orang tua mereka lebih enak ditempatkan dalam sekolah dan kelas yang sama ya. Agar pemantauannya bisa lebih mudah atau antar jemputnya lebih cepat. Tapi kalau pengalaman saya. Kalau pisah sekolah anak bisa lebih mandiri. Tidak merasa dibanding2kan. Dia lebih percaya diri. Dan yang paling penting mereka menjadi tidak bergantung satu sama lain
TANYA:
Nurza: Tapi ummi yang 1 berangkat jam 6 pagi sebelum masuk sekolah ngaji dulu
Yang 1 jam 8 baru masuk
Jadi yang jam 8 ini sekarang minta ikut yang sekolah jam 6.
JAWAB:
Ini yang mba nurza tadi bilang sipendiam dan si aktif itu ya?
Nurza: Yaa ummi
Umur mereka belum genap 3 tahun tapi super aktif.. Sampai sama guru" nya suruh masuk TK aja gak usah di penitipan

TANYA:
Indah: Ummi mau tanya, saya kan punya ponakan dia baru kelas 2 MAN. Anaknya si pendiam dirumah tapi gak tau kalo diluar rumah, waktu itu pernah ketauan pacaran umm, padahal kakak saya ngelarang keras ke anaknya, udah beberapa kali di bilangin ini anak masih tetap pacaran.  istilahnya susah banget gitu dibilangin.. takut salah pergaulan juga.. gimana ya ummi cara menghadapi anak seperti itu?? ‪
JAWAB
Mba indah....
Sebenarnya runtutan anak2 kita sekarang sulit untuk dilarang dalam berpacaran. Mereka sejak kecil sudah dijejali tontonan2 yang memperlihatkan hubungan cinta lawan jenis. Coba lihat bagaimana kartun popeye. Siapa pasangan popeye? siapa pasangan mickey mouse? siapa pasangan tom?
Disana ditunjukkan bahwa cinta2an dengan lawan jenis itu biasa sejak mereka usia dini. Belum lagi tontonan2 sinetron remaja saat ini. Makanya kalau sejak kecil lebih kuat penanaman seperti itu ketimbang pemahaman agama sulit untuk melarang anak2 kita melakukannya
Terlebih dunia remaja yang mereka dalam masa pencarian jati diri. Tidak bisa begitu saja dilarang. Harus ada komunikasi 2 arah dari siremajanya ini. Ajak diskusi. BMM. Berfikir memilih dan memutuskan. Jadi apa2 yang kita tidak suka semua perlu proses utk bs diterima oleh remaja.
‪TANYA:
Indah: Nah itu dia ummi, padahal dari kecil anak ini udah di jejali tentang pemahaman agama ummi, kakak saya agamanya kuat banget..  dan anak ini juga udah tau kalo dalam islam gak boleh pacaran, pacaran = berzina.. tapi tetap aja  dilakuin, saya yang jadi tantenya gregetan.. 
Sebenarnya ummi, anak itu boleh dipukul gak sih umm??
👰JAWAB:
Mba indah. Bedakan memberikan pemahaman dengan sekedar perintah dan larangan.
Kalau pemahamannya nyampe keanak. Biasanya ia melakukan sebuah kebaikkan itu berdasarkan motivasinya. Tertumbuhkan semangat kebaikkannya bukan sekedar ini tidak boleh. Ini haram. Ini tidak baik. Ini buruk. Perbuatan yang jahat dll.
Seperti ibadah sholat. Kebanyakkan dari para orang tua mengajarkan "bagaimana" caranya sholat bukan "mengapa kita harus sholat"?
Sebab kalau "bagaimana" kita terjebak pada sebuah ritual. Rutinitas. Tanpa ruh tanpa jiwa. Ibadah menjadi sebuah aktivitas bukan kebutuhan
Kalau "mengapa". Dengan alasan ini. Dengan pemahaman ini. Dengan sebuah kecintaan ia akan melakukan tanpa harus disuruh apalagi diingati dan dimarahi.
Memukul bukan solusi. Anak2 justru menganggap sebuah perintah agama menjadi sebuah kebencian. Allah sendiri memberikan anjuran memukul itu setelah kita melalui beberapa tahap. Ga ujug2 usia 9tahun ga mau sholat langsung dipukul. Tp ada proses kita memberikan pemahaman berulang2. Memberikan pendidikkan aqidah. Membuat anak2 mencintai Allah dan Rasulnya. Mencontohkan kebaikkan...
Kalau proses ini sudah kita jalani. Terakhir baru diperkenankan untuk memukul dalam rangka "mengingatkan" bukan utk menyakiti

TANYA:
Istie:Ummi....kalo misal kita sebagai orang tua sudah mendidik dengan baik. menyekolahkan, dipesantren kan., dan ternyata hasilnya si anak makin dewasa makin melenceng dalam arti dia sudah tidak patuh lagi terhadap ortunya, sholat sudah jarang, ngajipun makin males. sebagai ortu kita harus bersikap bagaimana umii?
JAWAB:
1. Perbanyak mendoakan kebaikkan untuknya.
 Jangan putus doa dan hindari memberikan sumpah atau perkataan2 buruk yang akan memberatkan anak.
Allah yang menggenggam hati anak2 kita. Bangun disepertiga malam doakan khusus utk kebaikkan akhlaq dan masa depannya.
2. Muhasabah atau koreksi diri
Adakah pola asuh yang salah. Adakah niat baik kita mendidik anak yang disampaikan dengan kekerasan atau sumpah serapah. Adakah perilaku2 buruk yang sengaja tidak kita lakukan dan dilihat oleh anak secara rutin dan mempengaruhi pribadinya. Adakah uang2 syubhat dari Rizki yang selama ini kita berikan untuk makan anak2 kita
3. Perbaiki hubungan dan pola komunikasi pada anak.
Lembutkan cara bicara kita. Terima perasaannya. Menjadi pendengar yang baik dari apa2 yang jadi harapan anak2 kita.
Jika semua sudah dilakukan Mintakan petunjuk pd Allah bagaimana harus bersikap padanya.bagaimana mendidik yang baik padanya. Dan pasrahkan pada Allah. Allah yang menjaga dan menggenggam hatinya. Semoga Allah menuntunnya dalam kebaikkan
5. Buat teman2 yg masih single. 
Jangan pernah merasa belum perlu belajar parenting. Belum perlu belajar pengasuhan. Jangan anggap belajar pengasuhan itu nanti saja kalau sudah menikah dan memiliki anak.Belajar terus bagaimana menjadi seorang ibu ditengah tantangan zaman yang luar biasa merongrong anak2 kita. Bekali diri dengan ilmu. Ilmu pasti menjadi seorang ibu dari anak2 kita
Istie: Syukron ummi atas jawabanya.
 Iya mii...apalagi sekarang lingkungan pun juga mendukung. sebaik2nya kita mendidik anak tapi kalo kita berada di  lingkungan yang tidak baik, lambat laun pun juga akan berpengaruh.

TANYA:
Umm kakak saya tidak pernah kasih ASI ke anaknya karena tidak keluar air susu nya..itu disebabkan apa yaa umm
JAWAB:
1. Hanya 1 dari 1000 ibu yang Tidak Bisa menyusui anaknya
‪Untuk itu mba isti anak2 kita perlu dibekali sejak dini konsep diri dan karakter yang baik. Pemahaman keislaman yang tepat bukan sekedar ritual ibadah dan perintah larangan
Ibunya belajar lagi. Ikuti seminar2 parenting. Biar ga kebingungan dlm mendidik anak2nya
Bekali dan perbaiki diridengan buku2 pengasuhan.
2. Asi tidak keluar itu banyak faktor
~ orang tua kurang bekal ilmu bagaimana cara tepat memberikan asi pada anak
~ kurang persiapan atau kesiapan ibunya
~ 3hari pertama sejak kelahiran bayi asi memang tidak keluar. Tapi anak2 kita dibekali asupan dalam rahim utk bekal dia diluar perut ibunya. Jadi selama 3hari itu asi terbatas. Ia masih punya cadangan makanan dan bertahan.
Upayanya ialah tetap menyusukan pada bayi meski belum keluar. Sebab ini akan merangsang produksi asi. Bersihkan bagian aerola (lingkaran hitam payudara) Pijat payudara utk merangsang keluarnya asi
3. Hindari stress. Karena stress mengurangi produksi asi
4. Perbanyak makan sayuran. Buah2an. Makanan bervitamin.

TANYA:
Istie: Bagaimna mi, cara kita menghadapi anak yang super aktif waktu didalam kelas?
JAWAB:
Jangan membatasi anak dengan banyak larangan : Anak yang aktif adalah anak yang suka bergerak. Itu sudah menjadi sifat dari sang anak. Bila kita terlalu banyak memberikan ini dan itu, tentu dia akan merasa ada semacam kerangkeng yang membelenggu tubuhnya. Mungkin ada saatnya dia akan menuruti aturan tersebut. Namun bila ada hal-hal yang membuatnya kecewa, dia bisa berubah menjadi anak yang tidak mau tahu aturan, dan seakan-akan dia akan tumbuh menjadi anak yang
pemberontak. Anak yang aktif biasanya butuh. Pengarahan yang logis : Anak yang aktif biasanya anak yang tergolong pintar. Karena otak mereka tidak pernah berhenti bekerja dan bila itu bisa diarahin ke hal-hal yang positif akan menjadi suatu kelebihan bagi sang anak. Berikan pemahaman dan kata2 yang positif kepada sang anak, tanpa ada rasa emosi saat anak mulai susah mengikuti aturan.
Hindari banyak menasihati. Berusaha tegas. Dan libatkan ia untuk tugas2 yang sifatnya motorik kasar. Ajak ia jadi model agar ia bangga berperan dan ini juga bermaksud menyalurkan energinya utk hal2 yang manfat
Misal.
Kalau ingin mencontohkan pelajaran anggota tubuh. Libatkan ia untuk maju kedepan. Kalau ingin memberikan contoh bagaimana belajar dipapan titian. Libatkan ia. Jadi energinya yg tadinya hanya utk bergerak kesana sini tanpa arah ia jadi terbiasa melakukan sesuatu beraturan dan dengan "sebab"
TANYA :
Jadi intinya kita juga harus sabar ya bun kalo ketemu sama anak yang aktif. apa lagi yang ngomongnya pinter.
JAWAB : Iya. Dalam mendidik anak Semua butuh totalitas. Kesabaran. Telaten. Kesungguhan. Niat karena Allah

TANYA:
Istie: Ouh ya bun....gimana cara menumbuhkan rasa percaya diri pada diri sendiri?
JAWAB:
 Cari tau apa kelebihan mba isti. Tekuni dan pelajari sampai mba isti menikmatinya. Orang bisa percaya diri karena dia percaya bahwa dirinya punya kemampuan dan nilai lebih dalam dirinya
Seperti saya yang suka dunia parenting. Jadi digedor2 mba nurza suruh ngisi parenting ya saya PD. Coba kalau mba nurza minta saya ngisi taushiah atau tahsin ya saya gak akan pede mau disuruh pede kayak apa juga.hihihihi
Nurza: Kok saya yg kena..Hihihihihi
Kenna' deh

TANYA:
Suci: Ummi berarti kita bisanya pede di 1 jenis bidang aja kalo misalnya cuma bidang itu yang kita suka?
JAWAB:
Kalau untuk awalan gak papa di 1 bidang. Nanti kalau di 1 bidang itu kita mampu dan membuat kita pede. Cari kelebihan dalam hal lain atau belajar dari berbagai hal disekeliling kita
TANYA:
Suci: Caranya biar tau kelebihan sendiri gimana ya ummi? Karena saya masih bingung selama ini semua yang sudah saya lakuin sudah benar atau belum.
JAWAB:
Menumbuhkan rasa percaya diri memang ga mudah, namun dengan usaha
keras dan terus belajar maka kita bisa
menumbuhkan rasa percaya diri.
Tips untuk menumbuhkan rasa percaya diri:
Kenali diri
Cari tahu apa yang membuat teman2 minder dan tidak percaya diri. Apapun yang membuat kita jadi merasa minder atau tidak percaya diri, buang itu jauh-jauh. Yakinlah bahwa teman2 bisa melakukannya.
Bangkit dari kesalahan
Manusia itu tidak ada yang sempurna. Saat kita membuat sebuah kesalahan, jangan ulangi itu dikemudian hari. Teruslah belajar dan bangkitlah dari kesalahan. 
Jangan bergantung pada orang lain
Terlalu menggantungkan sesuatu kepada orang lain akan membuat kita jadi merasa kurang percaya diri saat. Kita harus melakukannya sendiri. Belajarlah untuk hidup mandiri dan mengerjakan sesuatu tanpa minta bantuan orang lain. 
Yakinlah kalauTeman2 bisa! 
Cari tahu kelebihan teman2 . Setiap orang mempunyai kelebihan yang berbeda. Mulailah untuk mengenali apa kelebihan yang teman2 miliki dan manfaatkanlah kelebihan itu.
Syukuri apa yang teman2 miliki
Bersyukur dengan apa yang kita miliki sekarang adalah kunci utama dalam menumbuhkan rasa percaya diri, karena masih banyak yang kekurangan diluaran sana.
Jadilah positif  
Upayakan jangan mengasihani diri sendiri. Jangan biarkan orang lain untuk membuat kita jadi merasa rendah diri.
Lihat cermin dan tersenyum. 
Dengan melihat cermin dan ekspresi wajah setiap hari, mungkin teman2 akan lebih bahagia dan merasa lebih percaya diri.
TANGGAPAN:
Cari tahunya mulai dari hal2 kecil aja...
Apa yang kita suka. Apa yang rutin kita kerjakan. Apa yang mudah dan nikmat untuk dilakukan selama ini? dari situ bisa jadi titik awal kita menemui kelebihan2 dalam diri.
Waah kata2 motivasinya Sangat membantu. Syukron ummi.

TANYA:
Aris:  Assalamu'alaykum
Ummi, mohon tanya
1. Sikap perfeksionis itu baik atau tidak ya, ummi? Dengan sikap yang perfeksionis tersebut saya cenderung suka menunda pekerjaan karena untuk mencari waktu yang tepat dimana saya bisa melakukan/menyelesaikan dengan optimal
2. Tips manajemen waktu yang baik, umi. waktu yang sedikit dengan amanah yang banyak
3. Umi, terkadang saya merasa raga/jasad yang meminta untuk diistirahatkan tapi semangat untuk menyelesaikan sesuatu masih menggebu. Apakah itu dzholim, umi?
4. Bagaimana menyeimbangkan ambisi dengan usaha, umi...menyeimbangkan idealita kita dengan realita?
5. Apa ciri2 orang panjang angan2, umi?
JAWAB:
Walaikumsalam...
Dari semua pertanyaan mba aris sudah tergambar bahwa mba aris tipe kepribadian melankolis (sempurna)
"Yuk lakukan dengan sempurna"
Standard orang melankolis memang tingi banget. Kadang hal kecil saja jadi fokusnya. Jadi kalau orang lain sudah ganti job. Orang melankolis masih berkutat dipekerjaan yg sama. Karena cenderung detail. teliti dan total. Tapi buat mereka. Sesuatu yang tidak sesuai harapan akan membuatnya mudah putus asa. Bahkan hal kecil sekalipun (ikat rambut yang miring. Pakaian yang terkena noda kecil. Rumah yang berantakkan. Setrika yang kurang licin dll)
Karena detail dan perfeksionis itu jadi waktu lebih sedikit daripada amanah yang ada.
Ini saya beri gambaran bagaimana seorang tipe kepribadian Melankolis
"sempurna"
"Yuk kita lakukan dengan cara yang benar"
1. Hasrat : Melakukan segalanya dengan benar
2. Kebutuhan emosional : Rasa stabil. Ruang. Ketenangan. Kepekaan. Dukungan.
Kunci kekuatannya : mampu mengorganisasikan dan menetapkan sasaran2 jangka panjang. Memiliki standard idealisme yang tinggi. Menganalisa secara dalam
Kunci kelemahan : mudah depresi. Terlalu banyak membuang waktu untuk persiapan. Terlalu terfokus pada yang detail. Mengingat hal yang negatif dan curigaan terhadap orang lain
Menjadi depresi kalau : hidupnya tidak teratur. Standard2 tidak terpenuhi. Tampaknya tak seorangpun peduli.
Takut akan: tak seorangpun memahami perasaannya. Membuat kesalahan. Harus mengkompromikan standard2.
Senang dengan orang : serius. Intelektual. Mendalam. Dan mau bercakap2 dengan masuk akal
Tidak senang dengan orang: kelas ringan. Pelupa. Lambat. Tidak terorganisasikan(cuek.santai.dekil.kotor.jorok). Tidak mendalam. Berbohong. Dan tdk dapat dianalisa atau diramalkan.
Dalam pekerjaan : kemampuan detail. Suka menganalisa. Tindak lanjut. Standard prestasi tinggi. Belas kasih bagi yang mengalami kepedihan (mudah terenyuh. Empati)
Bisa lebih baik kalau: tidak terlalu serius menjalani hidup. Tidak memaksa orang lain menjadi perfeksionis atau mengikuti standardnya.
Sebagai pemimpin ia : mampu mengorganisasikan dengan baik. Peka terhadap perasaan orang. Memiliki kreatifitas mendalam. Menginginkan prestasi berkualitas.
Reaksi terhadap stress: menarik diri. Asyik membaca. Menjadi depresi. Menyerah. Mengingat2 masalah.
Dikenali dari : sifatnya yang serius dan peka. Pendekatannya yang sopan. Komentar2nya yang merendah. Penampilan yang teliti dan rapih.

Kalau mba aris mengenali dirinya insya Allah akan lebih mudah mengatasi hambatan2 dalam diri
 

TANYA:
Nana:  emang tipe kepribadian itu ada berapa aja, bun??
JAWAB:
Ada 4 (tapi jangan minta saya bahas 1 persatu ya) hihihi...belom fokus kemasalah ini
Koleris
Sanguinis
Phlegmatis
Melankolis
Nana: hihihi, tau aja, bun..

TANYA:
Laily:  Umii.. Mau tanya.. Balik ke materi parenting tadi. Gimana ya ibu yang bekerja? Kan ga bisa fokus 100% ke anak. Sedangkan kerja kan maksudnya membantu suami..
JAWAB:
Pahami konsep rizki mba laily....
Pahami "membantu" suami dalam Rizki itu bukan solusi. Terlebih jika mengambil pekerjaan yang memakan waktu dan mengorbankan fitrah dlm mendidik anak. Mengurus suami dan melayani kebutuhan mereka. Allah memberikan peran pencari nafkah pada suami. Percayakan itu dan bantu ia dengan doa dan managemen keuangan yang baik.
Bekerja memang mubah. Tapi jika akhirnya memakan waktu mengorbankan rumah tangga. Kelak diakhirat akan dimintakan pertanggung jawaban apa2 yg seharusnya kita lakukan didunia

Pelajari. Atur dengan baik dan seimbangkan semuanya. Ibu bekerja itu luar biasa amanahnya. Emosi kudu diatur benar2. Sebab kelelahan dipekerjaan seringkali membuat perempuan menjadi tidak bergairah melakukan perannya dirumah.
Prioritaskan anak dan rumah tangga dalam hidup. Jadi soal penentuan pekerjaan kita bs atur sejak awal berumah tangga. Cari aktivitas yang fleksibel dalam waktu

Laily:  iya. Insha allah umi. Terima kasih jawabannyaa.. 
  

Teman2 terima kasih atas keaktifannya hari ini ya...
Kita tutup ya taklim kita hari ini dengan membaca doa kafaratul majlis....
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                              ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
ُ