Home » , , , , » Qowwiyul Jismi - Adakah Istri yang Tidak Cerewet?

Qowwiyul Jismi - Adakah Istri yang Tidak Cerewet?

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, September 6, 2014

Rekap Kajian Online Hamba Allah
Senin,6 September 2014
Narasumber : Ustadz Rully
Materi : Qowwiyul Jism i
Grup Ummi 04
Admin : Nunie
Notulen : Any
Editor: Selli
 
Assalaamu'alaikum...
Share dikit ya
ADAKAH ISTRI YANG TIDAK CEREWET ?
Bahkan istri Khalifah sekaliber Umar bin Khatab pun cerewet.
Seorang laki-laki berjalan tergesa-gesa. Menuju kediaman khalifah Umar bin Khatab. Ia ingin mengadu pada khalifah; tak tahan dengan kecerewetan istrinya. Begitu sampai di depan rumah khalifah, laki-laki itu tertegun. Dari dalam rumah terdengar istri Umar sedang ngomel, marah-marah. Cerewetnya melebihi istri yang akan diadukannya pada Umar. Tapi, tak sepatah katapun terdengar keluhan dari mulut khalifah. Umar diam saja, mendengarkan istrinya yang sedang gundah. Akhirnya lelaki itu mengurungkan niatnya, batal melaporkan istrinya pada Umar.
Apa yang membuat seorang Umar bin Khatab yang disegani kawan maupun lawan, berdiam diri saat istrinya ngomel ? Mengapa ia hanya mendengarkan, padahal di luar sana, ia selalu tegas pada siapapun ?
Umar berdiam diri karena ingat 5 hal. Apakah itu ?
1. Benteng Penjaga Api Neraka
2. Pemelihara Rumah
3. Penjaga Penampilan
4. Pengasuh Anak-anak
5. Penyedia Hidangan.
Dengan mengingat lima peran ini, Umar kerap diam setiap istrinya ngomel. Mungkin istrinya capek, mungkin istrinya jenuh dengan segala beban rumah tangga di pundaknya. Istri telah berusaha membentenginya dari api neraka, memelihara hartanya, menjaga penampilannya, mengasuh anak-anak, menyediakan hidangan untuknya.
Untuk segala kemurahan hati sang istri, tak mengapa ia mendengarkan keluh kesah buah lelah.
Umar hanya mengingat kebaikan-kebaikan istri untuk menutupi segala cela dan kekurangannya. Bila istri sudah puas menumpahkan kata-katanya, barulah ia menasehati, dengan cara yang baik, dengan bercanda. Hingga terhindar dari caci maki yang tak terpuji. Ia tak hanya berhasil memimpin Negara tapi juga menjadi Imam idaman bagi keluarganya....
Akankah suami-suami masa kini dapat meniru umar..
Renungan hari ini : diceritakan seseorang yg bertanya kepada seorang syaikh, tentang ibu.               Penanya : Wahai syaikh, ibuku tinggal menumpang bersamaku di rumahku. Dan terjadi masalah antara beliau dengan istriku!
Syaikh : Ulangi pertanyaanmu!
Penanya : Ibuku tinggal menumpang bersamaku di rumahku.
Syaikh : Ulangi pertanyaanmu!
Penanya : Ibuku tinggal menumpang bersamaku di rumahku.
Syaikh : Ulangi lagi pertanyaanmu!
Penanya : Ibuku tinggal menumpang bersamaku.
Syaikh : Ulangi lagi pertanyaanmu !!!
Penanya : Wahai Syaikh, tolong biarkan aku menyelesaikan dulu pertanyaanku jangan Anda potong!
Syaikh : Pertanyaanmu salah, yang benar engkaulah yang hidup menumpang pada ibumu, meski rumah itu milikmu, atas namamu.
Penanya : Iya Syaikh, kalau demikian selesai sudah permasalahannya.
Pelajaran : Jangan durhaka wahai anak, jangan durhaka wahai menantu! Kamu dengan seluruh hartamu adalah milik ibumu.

Bismillahirrahmanirrahim
Materi Qowwiyul Jismi
Kiat Sehat Ala…. Rasulullah SAW
1. SELALU BANGUN SEBELUM SUBUH
Rasul selalu mengajak ummatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan sholat sunah dan sholat Fardhu sholat subuh berjamaah. Ha ini memberi hikmah yang mendalam antara lain :
- Berlimpah pahala dari Allah
- Kesegaran udara subuh yg bagus utk kesehatan/terapi penyakit TB
- Memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan
2. AKTIF MENJAGA KEBERSIHAN
Rasul selalu senantiasa rapi & bersih, tiap hari Kamis atau Jum’at beliau mencuci rambut-rambut halus di pipi, selalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi.
“Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang-orang dewasa. Demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman” (HR Muslim)
3.TIDAK PERNAH BANYAK MAKAN
Sabda Rasul : “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)”
(Muttafaq Alaih)
Dalam tubuh manusia ada ruang untuk 3 benda : Sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lainnya untuk makanan.
Bahkan ada satu tarbiyyah khusus bagi ummat Islam dengan adanya Puasa Ramadhan untuk menyeimbangkan kesehatan.
4. GEMAR BERJALAN KAKI
Rasulullah selalu berjalan kaki ke Masjid, Pasar, medan jihad, mengunjungi rumah sahabat2nya, dan sebagainya.
Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah akan berjalan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung
5. TIDAK PEMARAH
Nasihat Rasulullah : “Jangan Marah” diulangi sampai 3 kali.
Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasadiyah belaka, tetapi lebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa.
Ada terapi yang tepat untuk menahan marah :
- Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berbaring
- Membaca Ta‘awwudz, karena marah itu dari Syaithon
- Segeralah berwudhu
- Sholat 2 Rokaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati
6. OPTIMIS DAN TIDAK PUTUS ASA
Sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa sehingga tetap sabar, istiqomah dan bekerja keras, serta tawakal kepada Allah SWT
7. TAK PERNAH IRI HATI
Untuk menjaga stabilitas hati & kesehatan jiwa, mentalitas maka menjauhi iri hati merupakan tindakan  preventif yang sangat tepat.
” Ya Allah, bersihkanlah hatiku dari sifat sifat mazmumah dan hiasilah diriku dengan sifat sifat mahmudah…”...Aamiin
 ---------------------------------
Rekap Pertanyaan H4
1. Bunda Win :
Tadz  mau  nanya, tapi saya enak tu kalau udah ngomel-ngomel ke suami, kayaknya plooong udah keluarin uneg-uneg di hati, itu termasuk marah juga ya? Gimana dong biar itu g terulang mulu?
2. Bunda Fifin:
Assalamualaikum ustadz.. Saya ingin bertanya bagaimana menyikapi teman yang suka iri hati?
3. Bunda Yanti :
 Kalau saya ingin bertanya bagaimana supaya kita yang terbebas dari penyakit iri hati ? Adakah dzikir atau amalan khusus ustdz ?
4. Bunda Tri M :
Ustadz......kalau marah salah satu terapinya adalah sholat 2 rokaat
Yang saya tanyakan sholatnya namanya sholat apaan? Terus niatnya bagaimana?
5.  Bunda Idha :
 Kalau saya mau tanya bagaimana caranya mengurangi emosi alias marah-marah, saya benci kalau saya gampang marah. Malu sama Allah. Tapi kok sulit ya.
6. Bunda Dewi Indri:
 Sayapernah baca status seorang teman yang bgini:"kelak kau akan mengerti bahwa menahan diri untuk tidak menyinggung perasaan orang lain karna lisanmu lebih mulia daripada mengutarakan isi hatimu.."
Itu krn dia sering melihat teman kerjanya suka marah hanya untuk mngeluarkan uneg-uneg dan tidak sadar kalau ada yang tersinggung.. Cuma sebagian dari kita untungnya bisa memahami sifatnya itu. Nah kalau  ternyata ada yang memendam luka dan dendam gimana tuh, berat pertanggungjawaban kita di akherat..
7. Bunda Sarah:
Ustd. Dulu waktu saya belum nikah..kalau kesel dan marah sama orang..saya diem. Liat orang nya ajah udah males. Tapi kenapa sejak nikah liat suami bawel kayak perempuan.. Saya jadi ikut-ikutan kalau marah merepat terus. Apa marah itu termasuk penykit menular?? #afwan
Kayak pagi ini..lagi manasin semur ayam..pagi-pagi udah jengkel merepet..semur ayam nya gosong deh.
8. Bunda Idha SA :
 Nanya lagi donk, apa ya tips yang mantap dan mujaran untuk melupakan perbuatan tidak baik orang ke kita
9. Bunda Rina Rist :
pak ustadz bertanya, bagaimana tipsnya
kalau ada orang kerjaan nya ngiriin kita,
sehingga tiap yang orang lakukan selalu salah di mata dia
kita diam dikomentari, kita action apalagi
biasanya saya diamin aj, eh malah makin jadi
nih orang nyaris pada tiap orang melakukan hal yang sama.
ya jadi kita kita pada maklumin aj,
kadang suka kasian juga ga ada yg menenmani.
10. Bunda Eny :
Tanya ustad : kalau sudah terlanjur marah..nebus dosanya pake apa donk?
11. Bunda Mamay :
 ustd boleh saya sedikit berbagi pengalaman dan tahadus bin nikmat (menceritakan nikmat Alloh SWT).dr pertanyaan ukhti rina.saya pernah mengalaminya bahkan orang itu bukan iri saja di tambah menjelekan saya ke semua orang.saya tetap berprilaku baik kepada orang itu.bahkan saya dan suami mendoakan orang itu.seperti ini "ya alloh sukseskan dia terlebih dahulu, berikanlah dia rumah terlebih dahulu" karna waktu itu kami sama sama ngontrak.subhanalloh doa itu ternyata di kabulkanya untuk saya dan suami.tidak lama setelah doa itu kami memiliki rumah, dengan cash tive 45.sungguh terasa mimpi soalnya saya dan suami waktu itu berencana 3 tahun lg untuk punya rumah.kita kami mau pindah tetangga semuanya minta maaf bahkan ada yg menangis ketika kami mau pindahan.dan ketika saya dan keluarga bersilaturahmi tetangga semua menyambut kami sangat baik.semoga ada manfaatnya
jadi kita harus berprilaku baik terus menerus karna sabar tidak ada batasnya.jangan lupa doakan yg baik untuk orang itu, karna insya alloh akan di kabulkan buat kita.ini sudah terbukti

Rekap Jawaban dari Ustadz Rully :
Gak papa bu, minta maaf lah kemudian kepada sang suami ibu, dan beri tahu bahwa ibu hanya melampiaskan kelelahan saja...
Do'akan dia, dan kemudian berilah hadiah tanpa dia minta...
Banyak Puasa sunah dan shalat tahajjud kemudian shadakah diam-diam lanjutkan dengan berdo'a sesuai kebutuhan ibu
ambil Wudhu kemudian shalat sunah wudhu
Banyak Puasa dan Shadaqah terus berdo'a agar di beri ketenangan
Pertanyaan dan jawabannya dah di jawab sendiri yah...
Mudah saja bu tiap orang itu ada plus dan minusnya...
Yang kita perhatikan dan banggakan dari kawan kita tersebut adalah plusnya...(kelebihannya)
Ibu marah kepada suami itu wajar tapi sampe gosong masakannya gak wajar...
Cobalah ibu bicarakan kepada suami agar semuanya bisa clear dan beritahu bahwa ibu tidak suka ini dan itu...dan ibu pun juga harus memahami sang suami tentunya...
Pertama yah terus ber do'a dan selanjutnya ibu bisa request ustadzah yg paham tentang ilmu parenting kepada admin grup ibu...
Tips nya mudah saja
1. Ingat ingat saja sekecil pun perbuatan baiknya kepada kita...dan jadikan itu hal terbaik dari dirinya....
2. Berdo'a dengan penuh harap agar dia di beri kebaikan yg banyak.
 Jawabannya... Ada dari bunda Mamay
Lebih baik berdo'a terus untuk kebaikannya...
Nebus nya pake wudhu trus shalat 2 raka'at dan istighfar 100 kali...

Semoga bermanfaat & terima kasih.
PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaik

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.      
        
            ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Artikel Baru