Home » , , » Syarah Arkanul Iman (Uraian tentang Rukun Iman)

Syarah Arkanul Iman (Uraian tentang Rukun Iman)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, September 2, 2014

Kajian Online Hamba  اللَّهِ  SWT (Grup Nanda 101 - 115)

Hari / Tanggal : Senin, 1 September 2014
Narasumber : Abdullah Haidir
Materi : Syarah Arkanul Iman (Uraian tentang Rukun Iman)
Notulen : Ana Trienta


In sya Allah, saya akan bahas secara kajian tentang "Syarah Arkanul Iman" (Uraian tentang Rukun Iman).  
Kajian ini membutuhkan beberapa episode penayangan.... anggap saja kita sedang shooting di tv neh... :). Nah, episode kali ini kita kan bahas makna dari 'Rukun Iman'. 
Rukun iman, dalam bahasa Arab disebut أركان الإيمان, arkaanul iimaan. Arkan adalah bentuk jamak/plural dari rukun (ركن) . Dalm bahasa arab, apa maknanya rukun? Siapa yang tahu? yang tahu silakan dijawab sambil saya istirahat ngetiknya.

Rukun dalam bahasa arab adalah bagian pojok, dalam bahasa inggris sering diterjemahin 'corner'. Makanya dalam bahasa Arab, dalam pertandingan sepakbola, tendangan pojok disebut 'dharbah rukniyah' ضربة ركنية.

Nah, bagian pojok adalah bagian terkuat dalam sebuah bangunan. Maka  rukun diartikan juga sebagai penyangga utama sebuah bangunan. Biasanya akhirnya diartikan pilar.
Kaitannya dengan rukun iman apa? Maksudnya, rukun iman ini adalah masalah yang sangat fundamental dalam masalah keimanan. Tingkat keyakinan dan kepamahamannya harus sudah mantap, melebihi yang lain. Tidak ada keraguan dan tidak ada kesamaran
Jadi, jika dikatakan rukun iman ada 6, hal itu bukan berarti masalah iman cuma 6. Karena iman itu cabang-cabangnya banyak. Dalam sebuah hadits dinyatakan;

 الإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ شُعْبَةً ، أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً ، أَفْضَلُهَا لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ ، وَأَدْنَاهَا إِمَاطَةُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيقِ ، وَالْحَيَاءُ شُعْبَةٌ مِنَ الإِيمَانِ

"Iman itu ada 70an cabang, atau 60an cabang. Paling utama adala Laa ilaaha illallah, paling rendah adalah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Malu adalah salah satu cabang iman." (Muttafaq alaih).

Tapi di antara bagian-bagian iman tersebut, rukun iman yang enam ini adalah yang paling pokok dan paling utama. Maka jika dikatakan ada berapa bagian iman? jawabannya adalah banyak. Tapi kalau ditanya ada berapa rukun iman? Jawabannya ada 6.

Pertanyaan berikutnya adalah, sudahkah kita meyakini dan memahami rukun iman ini dengan baik? Keduanya, keyakina dan pemahaman, harus beriringan. Keyakinan harus didampingi pemahaman agar tidak tersesat, pemahaman tanpa keyakinan juga percuma.

Nah yang enam inilah yang akan kita bahas sedikit lebih detail dalam episode-episode berikutnya. Sampe disini dulu deh, takut kebanyakan saya. Denger-denger info, kalau ngasi materi di HA jangan terlalu banyak.... :)

SESI TANYA JAWAB


 GRUP 101
1. Ustadz, apa makna 'iman' sesungguhnya, apa cukup meyakini/percaya dikatakan sudah beriman?
Jawab
Jawaban pertanyaan ini nanti kita bahas di episode berikutnya pada kajian tentang makna iman

2. Bagaiamana cara menguatkan iman?agar iman tak kalah oleh jaman
Jawab
Cara menguatkan iman;
  • Memahami iman dengan benar.
  • Terus jaga ibadah dan ketaatan.
  • Berdoa mohon kekuatan iman dan rajin berzikir.
  • Hindari majelis-majelis syubhat dan hadiri majelis-majelis ilmu.
  • Bergaul dengan orang-orang saleh.

 GRUP 102
1. Apakah orang yang sudah mengimani rukun iman disebut mu'min? Ciri-ciri dari orang mu'min apa ustadz?
Jawab
Jawaban pertanyaan ini nanti kita bahas di episode berikutnya pada kajian tentang makna iman....

2. Ana mau tanya, kita emang percaya bahwa adanya makhluk gaib sejenis setan dan iblis. Ketika manusia diganggu dengan makhluk gaib, sudah tidak asing lagi mereka datang kepada dukun/paranormal/orang pintar, bagaimana dengan hal itu, apa diperbolehkan? kadang juga yang berobat itu suka dikasih jimat /semacam syari'at gitu, apakah kita termasuk mempercayainya?
Jawab
Percaya adanya makhluk gaib itu memang bagian dari iman sepanjang keberadaannya dinyatakan oleh syariat, seperti percaya adanya jin, setan, iblis. Yang jadi masalah adalah cara menghadapinya kalau kemudiannya rujukannya adalah dukun  dan cara-cara pedukunan, ini yang dapat menimbulkan kemusyrikan.

3. Boleh ga kita memakai jimat/syari'at tersebut?
Jawab
Memakai jimat tidak boleh, walau Cuma sekedari dianggap syarat. Sabda Nabi, “Jimat itu syirik.”

4. Apakah diterima amal ibadahnya seorang hamba jika masih ada keraguan dalam hatinya karena imannya tidak sempurna?
Jawab
Keraguan, kalau cuma lintasan pikiran saja tidak masalah, tapi kalau keraguan lebih condong pada pendustaan dapat menggugurkan iman…

5. Imaathotul adza : menyingkirkan batu di tengah jalan gitu kah ustad?
Jawab
Menyingkirkan gangguan dari jalan, maksudnya adalah menghilangkan segala sesuatu yang dapat mengganggu seseorang di jalan, apakah duri, benda tajam, kotoran, atau lainnya.



 GRUP 103
1. Dulu seinget aku, pernah denger ilmu dasar islam itu 4 bukan? Tauhid, aqidah, fiqih dan muamalah. Bener ga ya ustadz?Pengertian sederhananya dan tingkatan serta kaitannya satu sama lain gimana?
Jawab
Dasar ilmu Islam; Tauhid, Aqidah, Fiqih dan muamalah bisa saja dipahami demikian, meskipun ada juga irisannya....
Tauhid itu biasanya berkaitan dengan kajian tentang keesaan Allah, dalam zat dan penghambaan. Maksudnya bagaimana kita beribadah kepada Allah semata. Termasuk dalam kajian ini adalah perkara gaib yang harus diimani berdasarkan nash di antaranya rukun iman.

Aqidah adalah perkara dalam agama yang sudah bersifat baku dan jelas; aksiomatis. Telah ijmak dan disepakati keberadaannya berdasarkan dalil nash yang jelas. Tidak boleh ada keraguan di dalamnya, apalagi pengingkaran.  Umumnya masalah tauhid masuk dalam ruang lingkup akidah. Namun, wikayah fiqih pun bisa masuk dalam bab aqidah, jika perkaranya sangat mendasar dan telah disepakati. Seperti kewajiban shalat atau zakat misalnya. Soal kewajibannya itu adalah masalah akidah, tidak boleh diragukan, apalagi diingkari. Nah masalah praktisnya itu masuk wilayah fikih.Jadi kalau ruang lingkupnya akidah, tidak ada lagi keraguan, bahkan semestinya tidak ada perbedaan pendapat. Shalat wajibnya shalat, tidak ada perbedaan pendapat para ulama.

Adapun fikih, adalah masalah-masalah praktis yang diatur dalam agama berdasarkan dalil-dalil syar'i yang disimpulkan para ulama. Cakupannya luas, bukan cuma thaharah dan shalat saja, tapi semua aspek kehidupan; ibadah, pernikahan dan keluarga, warisan, sosial, ekonmi atau jual beli, jihad hingga kepemimpinan. Nah fikih jual beli atau ekonomi, disebut juga sebagai fikih muamalah. Makanya bank syariah di kita ada yang dinamakan bank muamalat. Adalagi makna lain dari muamalat yaitu masalah sikap dalam interaksi antara sesama, lebih dikenal sebagai bab adab atau etika ini juga ada pembahasannya dalam Islam. Nah, dalam fikih dan muamalah ini, banyak terjadi perbedaan dan sudut pandang hal tersebut sah-sah saja selama masing-masing berdasarkan dalil dan argumentasinya...

 GRUP 106
1. Aku tanya duluan ya mungkin ini diluar tema tapi dari kemaren mengganggu pikiran. Kemaren ada yang bilang sama aku jangann menjual sesuatu yang kita tidak tau contoh menjual barang PO itu kan kita belum tau barangnya seperti apa kwalitasnya bagaimana kadang supplier bilang barang bagus tapi ternyata pas ready tidak sesuai dengan gambar. Nah itu ternyata ada yang bilang kalo tidak boleh melakukan jual beli dengan cara seperti itu dan lebih sering lagi customer sering hit n run karena readynya terlalu lama/tidak sesuai dengan tanggal POnya. syukron
Jawab
Memesan barang itu dibolehkan asal ciri dan sifat2nya jelas. Dalam fiqih Islam disebut 'salam'. Walaupun belum lihat, jika ciri-cirinya telah jelas tidak mengapa. Misalnya merknya, ukurannya, kapasitasnya, hingga warnanya.. dll
Kalau tidak jelas, Cuma dibilang bagus saja, tapi belum ada kesapakatan akad apa-apa juga tidak apa-apa. Yang penting ketika akad jual beli dilakukan, barangnya telah jelas ada dan telah jelas pula spesifikasinya.. Tapi jika belum jelas, terus sudah akad jual beli, itu memang tidak boleh, karena rawan mengundang perselisihan, dan masuk bab gharar (tertipu) nantinya.

2. Di jaman modern ini kan banyak sekali wanita karir ya bund sehingga untuk urusan RT semuanya diserahkan sama asisten RT termasuk membuatkan minuman untuk suami padahal membuat minuman/makanan untuk suami itu pahalanya besar sekali itu gimana? Apakah boleh karena kesibukan istri ataukah itu tetap jadi tugas istri
Jawab
Idealnya, suami yang bekerja keras, dan isteri mengatur urusan rumah tangga. Kalau dengan berbagai alasan harus bekerja, dijaga adab-adabnya, dan pelayanan terhadap suami, terutama yang standar, usahakan jangan diabaikan. Kalau sekedar menyiapkan teh sudah tidak sempat, hal tersebut patut dievaluasi. wallahu a'lam.

3. Malu sebagian dari iman. Konteks malu yang seperti apa ustadz?
Jawab
Malu sebagian dari iman adalah malu yang menghalangi seseorang dari perbuatan maksiat atau perbuatan tercela yang tidak Allah ridhai.

4. Bagaimana cara kita agar keimanan kita tidak goyah, karana di zaman sekarang banyak aliran-aliran yang mungkin bertolak dari agama islam??
Jawab
lihat jawaban 101, no. 2

5. Bagaimana caranya kita menghadapi saudari-saudari yang hijabnya tidak sesuai syar'I sperti komunitas yang lagi ngtrend "jilboobs" dan hijabers, ustad?
Jawab
wanita jilboob layak dinasehati jangan cemooh mereka, sebab merekapun umumnya korban mode… 

 GRUP 108
1. Kadang aku sering denger orang-orang bilang kata sprti ini "yang penting udah niat" tapi sebenernya niatnya itu belum dilakukan. Itu gimana? Sebenernya arti niat yang sesungguhnya itu gimana sih?
Jawab
Niat bagus, tapi harus ada langkah-langkah untuk melakukannya, tidak cukup hanya bilang niat tapi tidak berusaha. Kalau sudah berusaha, masih terhalang juga, moga niatnya membuatnya tetap mendapat pahala.


 GRUP 109
1. Masih gak ngerti yang hadist itu. "Iman itu ada 70an cabang, atau 60an cabang. Paling utama adala Laa ilaaha illallah, paling rendah adalah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Malu adalah salah satu cabang iman." (Muttafaq alaih).
Ini hadist.a. mohon di jelaskan ust.. 
Jawab
Hadits tentang cabang-cabang iman lebih menunjukkan bahwa keimanan bukan sekedar keyakinan dalam hati, tapi ada sikap dan perbuatan yang dapat menjadi nilai dan indikasi keimanan. Nanti akan dibahas bahwa bagian dari iman adalah amal… 

2. Boleh tanya tentang hadist d atas?? Adakah maksd kenapa di hadist tersebut 70 disebut terlebih dahulu?? Biasanya kan untuk mmberi sebuah kisaran kita akan mulai dari angka yang kecil
Jawab
Ungkapan 7 biasanya untuk menunjukkan banyak, tidak mesti jumlah yang pasti… 

3. Ustad mau tanya, bagian iman yang 60-70an itu diantaranya apa saja iaa ustad? biar kita lebih paham bagian-bagiannya. terimakasih ustad..
Jawab
Rincian persisnya tidak dijelaskan secara persis. Tapi banyak dalam AlQuran dan hadits, perbuatan-perbuatan yang dikaitkan dengan iman…

4. Bagaimana menumbuhkan dan menularkan iman kepada saudara kita masih islam di ktp saja?
Jawab
Menularkan iman kepada saudara adalah dengan mempergaulinya dengan baik, lalu sedikit-sedikit diberikan sentuhan-sentuhan nilai keimanan, apakah dengan ngobrol santai, mengajak diskusi, memberi buku-buku tentang keimanan atau diajak gabung di pengajian.. dll.

 GRUP 110
1. Mau tanya, bagaimana mendeteksi apakah aqidah kita sudah lurus atau belum ??
Jawab
Mendeteksi aqidah, apakah sudah lurus atau belum dimulai dari upaya memahami prinsip-prinsip akidah yang terdapat dalam Islam. Dari sana kita dapat bercermin dan menilai kualitas akidah kita. Itu tentu tidak cukup, kita pun harus rajin olah jiwa, melalui serangkaian ibadah, zikir dan doa.


2. Mau tanya lagi mengenai kepercayaan. Pernah mengalami waktu lagi acara camping, waktu itu ketua panitianya meminta kepada seluruh panitia agar tidak mandi selama acara tersebut, karena kalau mandi akan hujan soalnya pernah kejadian ada salah seorang panitia nekat mandi, ehh ternyata langsung hujan. Nah, bagaimana kita menyikapinyaa?
Jawab
Keyakinan-keyakinan yang tidak dapat ditelusuri sebab akibatnya secara ilmiah, atau tidak ada landasannya dalam syariat, sebaiknya dihindari dan dijauhi. Mandi dengan hujan, apa kaitannya? Mungkin sekali waktu terjadi, tapi tak dapat dijadikan acuan. 

3. Mau tanya. Masih bisa diterima kah  taubat orang yang takrobuzzina. Dan bagaimana cara menutup aurat yang sesuai syariat dengan keterbatasan biaya. Mksh,
Jawab
Tidak ada dosa yang tidak diterima taubatnya, selama matahari belum terbit dari tempat terbenamnya dan ruh belum sampai kerongkongan selama itu pintu taubat selalu terbuka, betapapun besar dan banyaknya… 

4. Kalo dalam suatu acara, kadang-kadang suka memakai jasa pawang hujan, nahh itu gimana kita menyikapinya? Terus kalo dalam proses acara pernikahan, kan biasanya suka ada upacara  adat, gimana kita sebagai umat islam harus menyikapinya? Sedangkan di sisi lain kita harus menjaga tradisi???
Jawab
Pawang hujan, jika caranya klenik, dan umumnya demikian harus dihindari. Masalah adat dan budaya, tinggal dipilah-pilah, jika tidak ada yang bertentangan dengan ajaran syariat, bagus dipake. Jika bertentangan, ketentuan syariat didahulukan…

5. Mau tanya lagii. Bagaimana cara menanamkan aqidah yang kokoh kepada anak sejak dini?? Dan apabila seorang anak didik, antara didikan sekolah dan dirumahnya berbeda, apa yang harus orangtuanya lakukan sementara orangtuanya memiliki keterbatasan ilmu
Jawab
  • Orang tua harus terus mengokohkan imannya dan terus meningkatkan pemahaman aqidahnya.
  • Memberikan penjelasan tentang keimanan sesuai dengan pemahaman dan daya tangkap anak.
  • Mengajarkan iman secara praktis.
  • Perbedaan didikan di sekolah dan di rumah, tinggal diluruskan saja jika ada kekeliruan. Kalau perlu kasih masukan ke sekolah.
6. Saya mau tanya tentang jika ada akhi dan ukhti menginginkan pernikahan tapi dari orang tua tidak mengijinkan karena belum lulus kuliah dan harus anak pertama yang menikah. Kita harus bagaimana? Sedangkan menikah itu harus di segerakan jika sudah baligh, mampu dan untuk menjaga pandangan. makasih..
Jawab
Dikomunikasikan baik-baik masalahnya. Idealnya orang tua memudahkan perkawinan jika telah ada pasangan yang cocok dan anaknya setuju. Namun jika masih belum setuju, teruslah lakukan pendekatan. Kematangan dan kedewasaan diri kita dalam masalah ini juga cukup menentukan sikap orang tua. Namun, usahkan jaga kata-kata dan sikap yang tidak menyinggung orang tua.

7. Saya mau tanya, Sebetulnya dalam Islam pengadaan 7 hari, 40 hari n 100 hari untuk orang yang sudah wafat hukumnya apa? bapak saya meninggal (30 Juni 2014) yang lalu, sebelum meninggal bapak pesan ga mau ada acara begitu-begituan kalo bapak ga ada. cukup sampai 3 hari saja, begitu pesan beliau. Saya dan adik tetap bersikeras untuk tidak mengadakan acara 7 harian dkk, seperti wasiat bapak, tapi kakak saya memaksa untuk mengadakan acara tersebut dengan alasan ga enak dengan tetangga. Akhirny acara 7 harian pun dibuat. Bagaimana cara menyikapi hal tersebut?
Jawab
Acara 7 hari, 40 hari atau 100 hari, sebenarnya tidak ada dalilnya. Hanya saja ini memang sudah jadi tradisi sedemikian rupa. Jika kita mampu menghindarinya lebih bagus. Apalagi orang tua sudah berpesan seperti itu. Dapat dibicarakan baik-bail dengan kakak untuk masalah ini. Kalaupun akhirnya dia bersikeras apa boleh buat… jangan putus silaturrahim karena ini.

 GRUP 112
1. Bismillah.. assalamualaykum. Afwan saya ingin bertanya, kemarin sebelum keclakaan saya kan sedang haid, sekarang saya sudah selesai haid tapi kondsi tidak memungkinkan untuk mandi besar. Kemarin sempat tanya ke murabbi di liqo katanya gak  boleh di ganti tayammum tapi tadi ada saran dari kawan kalo boleh di ganti tayammum. Sebaiknya bagaimana ya? Mohon pendapatnya  syukran. Jzk
Jawab
Jika kondisi tidak memungkinkan untuk mandi, maka seorang wanita dapat tayammum untuk bersuci dari haidnya… sebab dia masuk dalam katagori 'orang yang tidak mendapatkan air'  sebgaimana disebutkan dalam surat Al-Maidah ayat 6

2. Tadz nanya. Dasar Islam itu ada aqidah, syari'ah / akhlaq, dan mu'amalah. Dikatakan bahwa kalau aqidahnya baik, maka semuanya akan baik. Maksudnya gimana? Syukron.
Jawab
Jika aqidahnya baik maka semuanya akan baik. Idealnya dan semestinya begitu. Namun kadang ada juga praktek, seseorang akidahnya kuat, namun adabnya tidak layak. Yang jelas, prinsip-prinsip aqidah adalah paling utama, berikutnya ibadah dan akhlak juga penting dirawat

 GRUP 113

1. Ustadz iman itu kan menyakini  baik secara lisan , hati dan perbuatan ... namun apa hukumnya  jika kita hanya menyakini sceara lisan dan hati tanpa mengaplikasikannya dalam perbuatan??
Jawab
Pertanyaan tentang pemahaman iman, kita tunda jawabannya hingga penjelasan tentang makna iman…

2. Ustadz, apa yang menjadi sebab dari turunnya iman seseorang , dan apakah sholat yang tidak khusuk itu bagian dari iman yang turun ??
Jawab
Sebab-sebab turunnya iman, lihat sebab-sebab yang menguatkan iman. Jika point-point di atas diabaikan akan menyebabkan turunnya iman. Shalat yang tidsk khusyu, boleh jadi isyarat kondisi iman yang tidak sehat…


Doa Kafaratul Majelis

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga bermanfaat

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT