Home » , , , » THIBBUN NABAWI - CARA SEHAT HIDUP RASULULLAH

THIBBUN NABAWI - CARA SEHAT HIDUP RASULULLAH

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, September 18, 2014

Kajian Online WA Hamba الله SWT 

Hari / Tanggal : Selasa, 05 Agustus 2014 
Nara sumber : Ustadzah Rina Setiawati
Notulen : Ana Trienta

Assalammu'alaikum
Apa kabar Bunda-bunda sholihah yang baik hatinya?

Hari ini kajian tentang thibbun nabawi ya. Teman-teman yang belum bisa ikut nanti bisa menyimak. In sya Allah dimudahkan dalam tholabul ilmi. 

Saya mengisi kajian ini karena merasa perlu mengingatkan kaum muslimin/at tentang cara sehat hidup Rasul yang mulai ditinggalkan. Padahal Israel paling baik mencontoh dan meneladani gaya hidup sehat Rosulullah. Bukankah dakwah adalah saling menasehati dalam  kebenaran, menetapi dalam kesabaran 

1. Bangun Sebelum Shubuh
Rasulullah SAW selalu mengajak ummatnya untuk bangun sebelum Subuh, melaksanakan solat sunah dan solat Fardhu, solat Subuh berjamaah.
Perkara ini memberi banyak hikmah diantaranya adalah :
* Berlimpah pahala dari Allah.
* Kesegaran udara Subuh yang bagus untuk kesehatan misalnya untuk terapi penyakit TB.
* Memperkuatkan fikiran dan menyehatkan jiwa.

Dengan bangun pagi, fikiran dan perasaan juga biasanya lebih segar dan rileks. Bangun Subuh juga dapat mencegah stroke dan tekanan darah tinggi yang umumnya kerap terjadi pada waktu itu karena sempit pembuluh darah. Di luar itu sebenarnya terkait asupan awal yang di terima tubuh, yaitu udara segar.

Waktu Subuh adalah sangat baik karena kaya oksigen dan relatif masih bersih tak dikotori unsur lain seperti asap kendaraan dan perindustrian. Udara yang baik tentu saja berguna untuk metabolisme tubuh dalam beraktivitas sepanjang hari.

2. Minum Air Putih dan Madu
Nabi biasanya sarapan dengan air putih dan sesendok madu. Dua unsur ini sangat luar biasa manfaatnya. Madu terkenal sebagai penyembuh dan air putih kaya akan mineral yang memenuhi keperluan tubuh akan cairan dan sebagai pencuci hati. Madu juga terkenal sebagai unsur yang dapat membersihkan usus dan mencegah radang.

3. Mencampur Minyak Zaitun
Nabi juga biasa mencampurkan cuka, minyak zaitun dan roti. Kombinasi makanan ini ternyata dapat menguatkan tulang, mencegah penyakit masuk angin serta menghancurkan kolesterol jahat dalam tubuh. pada musim dingin, makanan ini sangat baik menjaga kestabilan suhu tubuh.

4. Aktif Menjaga Kebersihan
Rasulullah SAW sentiasa rapi & bersih, setiap hari khamis atau Jumát beliau mencuci rambut-rambut halus di pipi, selalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi.

5. Tidak Pernah Banyak Makan
Sabda Rasulullah SAW: “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan) “(Muttafaq Alaih)

Dalam tubuh manusia ada 3 ruang untuk 3 benda : Sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lainnya untuk makanan. Bahkan ada satu pembelajaran khusus bagi umat Islam dengan adanya Puasa di bulan Ramadhan untuk menyeimbangkan kesihatan.

6. Gemar Berjalan Kaki
Rasulullah SAW selalu berjalan kaki ke Masjid, Pasar, medan jihad, mengunjungi rumah sahabat dan sebagainya. Dengan berjalan kaki, peluh akan mengalir, paru-paru terbuka dan peredaran darah akan berjalan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

7. Tidak Pemarah
Nasihat Rasulullah SAWullah: “Jangan Marah” diulangi sampai 3 kali. Ini menunjukkan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasad belaka, tetapi lebih jauh yaitu dilandaskan oleh kebersihan dan kesehatan jiwa. Ada terapi yang tepat untuk menahan marah:

  • Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berbaring.
  • Membaca Ta ‘awwudz (A’udzubillahimina asy-syaithonirrojim), karena marah itu dari Syaitan.
  • Segeralah berwudhu
  • Solat 2 rakaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan Hati.
8. Optimis dan Tidak Putus Asa
Sikap optimis akan memberikan kesan psikologi yang mendalam bagi kelapangan jiwa sehingga tetap sabar, istiqamah dan bekerja keras, serta tawakal kepada Allah SWT.

9. Tidak Pernah Iri Hati
Untuk menjaga kestabilan hati & kesihatan jiwa dan mental maka menjauhkan sikap iri hati merupakan tindakan preventif yang sangat tepat.

10. Makan Sayur di Malam Hari
Memakan sayuran di malam hari juga di lakukan Rasulullah SAW. Beberapa riwayat mengatakan, Rasulullah SAW selalu memakan al makki dan sanut (jenis sayuran).

11. Jangan Tidur Setelah Makan
Rasulullah SAW biasanya tidak langsung tidur setelah makan malam, melainkan beraktivitas terlebih dulu supaya makanan yang di makan masuk perut dengan cepat dan baik sehingga mudah di cerna, caranya juga boleh dengan solat sunat.

Sabda Rasullulah SAW :
Cairkan makanan kalian dengan berzikir kepada Allah swt dan solat, serta janganlah kalian terus tidur setelah makan krrna dapat membuat hati kalian menjadi keras (HR Abu Nu’aim dari Aisyah r.a)

12. Olah raga
Rasulullah SAW sering menyempatkan diri untuk berolahraga. Terkadang baginda berolahraga sambil bermain dengan anak anak dan cucu cucunya. Pernah juga Rasulullah SAW berlomba lari dengan isteri tercintanya Aisyah r.a. Rasulullah SAW tidak menganjurkan umatnya untuk berjaga malam. Biasanya baginda tidur lebih awal supaya boleh bangun lebih pagi. Istirahat yang cukup diperlukan oleh tubuh krna tidur termasuk hak tubuh. 

Terbukti apa yang dilakukan Nabi sangat baik kerana sesuai dengan ilmu biologi tubuh. Yuk,,kita  mempraktikkan.
Ummahat apakah sudah mempraktekan poin-point diatas? Monggo ya kalo mau ada yang didiskusikan

Keutamaan Shalat Shubuh
Apabila seseorang mengerjakan shalat shubuh, niscaya ia akan dapati banyak keutamaan. Di antara keutamaannya adalah

(1) Salah satu penyebab masuk surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة


“Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.”
(HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

(2) Salah satu penghalang masuk neraka

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا


“Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).”
(HR. Muslim no. 634)

(3) Berada di dalam jaminan Allah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ


“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.”
(HR. Muslim no. 163)

(4) Dihitung seperti shalat semalam penuh

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ


“Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.”
(HR. Muslim no. 656)

(5) Disaksikan para malaikat

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ


 “Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).”
(HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632)

Ancaman bagi yang Meninggalkan Shalat Shubuh

Padahal banyak keutamaan yang bisa didapat apabila seseorang mengerjakan shalat shubuh. Tidakkah kita takut dikatakan sebagai orang yang munafiq karena meninggalakan shalat shubuh? Dan kebanyakan orang meninggalkan shalat shubuh karena aktivitas tidur.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ عَلَى الْمُنَافِقِينَ صَلَاةُ الْعِشَاءِ وَصَلَاةُ الْفَجْرِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِيهِمَا لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا


“Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak.”
(HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Cukuplah ancaman dikatakan sebagai orang munafiq membuat kita selalu memperhatikan ibadah yang satu ini. 
Landasan dalam alquran juga ada

"Sesungguhnya shalat Shubuh itu disaksikan(oleh malaikat)” (Qs. Al-Isra': 78).

Semoga bisa semakin memotivasi kita yah untuk bangun pagi. Terutama dihari-hari libur
Manfaatkan waktu beribadah kepada Allah. Di palestina tidak pernah ada hari libur. Hari-hari mereka penuh dengan kesulitan. Namun Ruh mereka segitu yakin kepada nikmat Syurga..
Demikian kajian ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat

TANYA JAWAB

1. Ustadzah apakah pahala seoranng perempuan sama apabila sholat subuh berjamaah di masjid atau di rumah?
Jawab
Mengenai sholat shubuh untuk perempuan di rumah dan untuk laki-laki ke masjid.

2. Ustadzah nanya, Rukiyah itu termasuk thibbun nabawi bukan ? Cara kerja rukiyah bagaimana ustadzah ?
Jawab
Rukyah yang syar'i termasuk thibbun nabawi, karena ada rukyah yang tidak sesuai syariat bunda. Sebenarnya yang paling mujarab dengan rukyah mandiri

3. Tanya boleh ya ustadzah. Point 3, nabi juga biasa mncampurkan cuka. Cuka seperti apa ya, bisa dijelaskan?
Jawab
Cuka apa saja karena cuka mengandung zat berupa asam asetat yang bemanfaat bagi tubuh bahkan bisa juga cuka yang dihasilkan dari buah. Seperti cuka apel

4. Lanjut tentang Rukyah biasanya untuk terapi gangguan jin, untuk rukyah mandiri apa ada tata caranya ustadzah?
Jawab
Baca ayat-ayat rukyah scara mandiri, baik setelah sholat atau saat muncul gangguan atau menjelang tidur

Tanggaan
Karena ada yang di rukyah ust, pas ustadznya pergi jinnya masuk lagi. Surat apa saja ustadzah? Saya pernah di kasih teman rekaman ustad yang baca ayat untuk rukyah ustadzah, apakah boleh?
Jawab
Jadi intinya yang bisa melawan diri pasien sendiri. Boleh...Kalo bisa nyimak teksnya juga/ mengikuti bacaan agar sesuai panjang pendeknya jika belum mahir

Tanggapan
Apakah jika mendengar ayat rukyah si pasien harus di jaga. Saya pernah sampai muntah-muntah gitu
Jawab
Kalo ada gangguan sebaiknya ada yang medampingi

Tanggapan
Karena pernah ada di acara rukyah massal ust. Arifin ilham, ada yang dirukyah bisa jawab, bacaan kamu sama saya masih bagusan saya. Itu yang jawab jinnya. Akhirnya ustadznya di ganti sama yang lebih senior. Ust.fadhlan yang ngatasin. Terus jinnya baru teratasi. Boleh minta ayat-ayat rukyah mandiri, ustadzah?
Jawab
Ayat-ayat ruqyah banyak yang bertanya, coba ke link ini :
- Nuruddin Al Indunissy | Facebook - 
https://id-id.facebook.com/nai.rehabhati/posts/210067695838928

Alhamdulillah.. Baik, jam 13:00 saya mau otw lagi. Saya akhiri ya kajiannya
Semoga bermanfaat. Sama-sama ditutup dengan hamdalah, istighfar dan doa pnutup majelis. Mohon maaf jika ada kesalahan. Wassalam

Doa Kafaratul Majelis 


سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu 
ilaika 

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.               

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

Ketik Materi yang anda cari !!

Artikel Baru