Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

AKHLAQ DALAM ISLAM

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT (All Grup Nanda)

Hari / Tanggal : Senin, 13 Oktober 2014
Narasumber : Ustadz Herman Budianto
Materi : Akhlaq
Notulen : Ana Trienta

Assalamu'alaykum saudara/i seiman semua. Hari ini bahas tentang masalah akhlaq ya

Akhlak Dalam Islam
Islam secara umum terbagi menjadi 3 bagian besar yaitu aqidah, syariah dan akhlak. Ketiga hal ini harus dijalankan dengan sempurna oleh seorang muslim. Pada kajian ini kita akan membahas masalah penting akhlak dalam Islam. Terdapat beberapa riwayat  ayat dan hadits yang membahas tentang hal ini : 
"Sesungguhnya Alloh mencintai perkara-perkara yang mulia dan membenci perkara yang rendahan." (H R. Thobroni: 2894, Ibnu Adi I/114, al-Qudho'i 2/89. Lihat ash-Shohihah: 1627) 
"Sungguh seorang mu'min dapat meraih derajat orang yang sholat dan puasa karena akhlaknya yang bagus." (H R. Abu Dawud: 4798, Hakim I/60, Ibnu Hibban: 1927) 
Imam Ibnul Qoyyim berkata: "Agama ini seluruhnya adalah akhlak, barangsiapa memperbaiki akhlaknya maka baik pula agamanya." (Madarijus Salikin 2/320)  
“Jadilah engkau pemaaf, dan suruhlah orang mengerjakan kebaikan serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh.” (QS. al-A'rof : 199) 
"Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia." (HR. Ahmad 2/381, Bukhori dalam Adab Mufrod: 273, Hakim 2/613) 
Imam Ibnu Sirin رحمه الله mengatakan: "Dahulu para sahabat mempelajari  adab  sebagaimana mereka mempelajari ilmu." (Tadzkirotus Sami'wal Mutakallim hal. 14, oleh Ibnu Jama'ah al-Kinani, cet. Dar Kutub llmiyyah. Lihat pula Mausu'ah al-Adab al-lslamiyyah hal. 13, oleh Abdul Aziz Futuhi, cet. Dar Thoyyibah) 
Hubungan Akhlak dengan Islam
Dalam keseluruhan ajaran Islam akhlak menempati kedudukan yang sangat penting. Hal itu dapat dilihat dalam beberapa hal berikut: 
a. Nabi Muhammad SAW diutus menjadi Rasul dengan maksud utama untuk membina dan menyempurnakan akhlak, sebagaimana dinyatakan dalam hadits,
Artinya: “bahwasanya aku diutus oleh Allah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak (Budi pekerti)” (HR. Ahmad) 
Tugas nabi yang digariskan dalam sejarah hidupnya cukup menarik simpati manusia untuk mengikuti dan melaksanakan ajaran-ajaran risalahnya. Karena Risalah yang diajarkan nabi Muhammad memberikan informasi tentang faktor-faktor keutamaan akhlak, lengkap dengan penjelasan aspek-aspeknya.

b. Akhlak merupakan salah satu ajaran pokok agama Islam, sehingga Rasulullah pernah mendefinisikan agama itu dengan akhlak yang baik. Pendefinisian agama Islam dengan akhlak yang baik itu sebanding dengan pendefinisian ibadah haji dengan wuquf di Arafah. Rasulullah saw pernah menyebutkan,“Haji adalah Wukuf di Arafah.” Artinya tidak sah haji seseorang tanpa wukuf di Arafah. 

c. Akhlak yang baik akan memberatkan timbangan kebaikan seseorang nanti pada hari kiamat. Rasulullah saw bersabda: 
Artinya: ”Tidak ada satupun yang akan lebih memberatkan timbangan (kebaikan) seorang hamba mukmin nanti pada hari kiamat selain dari akhlak yang baik.” 
d. Rasulullah menjadikan baik buruknya akhlak seseorang sebagai ukuran kualitas imannya.

e. Islam menjadikan akhlak yang baik sebagai bukti dan buah dari ibadah kepada Allah SWT Misalnya: shalat, puasa, zakat dan haji.

f. Nabi Muhammad SAW selalu berdo’a agar Allah SWT membaikkan akhlak beliau.

g. Di dalam Al-qur’an banyak terdapat ayat-ayat yang berhubungan dengan akhlak.  

Pentingnya Akhlak   
Pentingnya Akhlak merupakan garis pemisah antara yang berakhlak dengan orang yang tidak berakhlak. Akhlak juga merupakan roh Islam yang mana agama tanpa akhlak samalah seperti jasad yang tidak bernyawa karena salah satu misi yang dibawa oleh Rasulullah saw ialah membina kembali akhlak manusia yang telah runtuh sejak zaman para nabi yang terdahulu mulai pada jaman penyembahan berhala oleh pengikutnya yang telah menyeleweng.

Hal ini juga berlaku pada zaman jahilliyyah dimana akhlak manusia telah runtuh,perangai umat yang terdahulu dengan tradisi meminum arak, membuang anak, membunuh, melakukan kezaliman sesuka hati, menindas, suka menjolimi kaum yang rendah martabatnya dan sebagainya. Dengan itu mereka sebenarnya tidak berakhlak dan tidak ada bedanya dengan manusia yang tidak beragama. Kekalnya suatu umat juga karena kokohnya akhlak dan begitulah juga runtuhnya suatu umat itu karena lemahnya akhlaknya. 

Hakikat kenyataan di atas dijelaskan dalam kisah-kisah sejarah dan tamadun manusia melalui al-Quran seperti kisah kaum Lut, Samud, kaum nabi Ibrahim, Bani Israel dan lain-lain. Ummah yang berakhlak tinggi dan senatiasa berada di bawah keridhoan dan perlindungan Allah ialah ummah yang seperti pada zaman Rasulullah saw. Tidak adanya akhlak yang baik pada diri individu atau masyarakat akan menyebabkan manusia krisis akan nilai diri, keruntuhan rumah tangga, yang tentunya hal seperti ini dapat membawa kehancuran dari suatu negara.

Presiden Perancis ketika memerintah Perancis dulu pernah berkata : “Kekalahan Perancis di tangan tantara Jerman disebabkan karena tentaranya runtuh moral dan akhlak”

Akhlak tentu amat penting karena merupakan asas yang dilakukan oleh Rasulullah saw ketika memulai pembentukan masyarakat Islam. Sheikh Mohamad Abu Zahrah dalam kitabnya Tanzim al-Islam Li al-Mujtama’ menyatakan bahawa budi pekerti atau moral yang mulia adalah satu-satunya asas yang paling kuat untuk melahirkan manusia yang berhati bersih, ikhlas dalam hidup, amanah dalam tugas, cinta kepada kebaikan dan benci kepada kejahatan. 
Paling sempurnanya iman orang mukmin adalah yang paling bagus akhlaq mereka, dan yang paling terpilih di antara kamu sekalian adalah yang paling terpilih akhlaqnya terhadap isteri-isteri mereka. (HR. At-Tirmidzi, ia berkata hadits hasan shahih, dan Ibnu Hibban, Al-Baihaqi, dari Abi Hurairah). 
Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Maukah aku khabarkan kepada kamu sekalian siapakah yang haram atas neraka? Atau siapakah yang neraka haram atasnya? Neraka haram atas setiap orang yang (akhlaqnya) dekat (kepada manusia), rendah hati, lembut, dan mudah (baik perangainya). (HR. At-Tirmidzi, ia berkata Hasan Gharib) 
Al-Mawardi berkata, dengan hadits ini dijelaskan bahwa bagusnya akhlaq itu memasukkan pelakunya ke surga dan mengharamkannya atas neraka, karena bagusnya akhlaq itu adalah ungkapan (ekspresi) dari keadaan manusia yang mudah perangainya, lemah lembut, wajah berseri-seri, tidak membuat orang lari, bagus ucapannya; tetapi sifat-sifat ini terbatas seukurannya pada tempat-tempat yang berhak untuk disikapi demikian. Karena apabila melebihi batas yang baik maka menjadi merunduk-runduk, dan bila diselewengkan dari fungsinya maka menjadi pura-pura (kamuflase). Merendah-rendah adalah hina, sedang pura-pura (kamuflase) adalah tercela. (Al-Munawi, Faidhul Qadir juz 3/hal. 136).

TANYA JAWAB

GRUP 101, 104, 121, 124
1. Bagaimana caranya agar kita mempunyai akhlak yang baik?
Jawab
Kunci mempunyai akhlaq baik adalah :
  • Mengetahui jenis-jenis akhlak baik dalam islam misal sabar, tidak pemarah, tawadhu tidak sombong, pemurah tidak bakhil dll
  • Setelah tahu maka kita bermujahadah/sungguh-sungguh dan ikhlas untuk mengamalkan akhlaq yang baik tersebut
  • Berusaha keras membuang akhlaq yang buruk, tidak melakukan pemberlaan terhadap akhlaq buruk. Misal saya ini dilahirkan pemarah maka akan terus pemarah.
  • Bergaul dengan orang-orang sholeh dan hindari bergaul dengan orang tidak sholeh yang akhlaqnya buruk. Misal ingin berhenti berkata kotor maka hidari teman yang terbiasa berkata kotor.
  • Berdoa kepada Allah agar memiliki akhlaq yang baik
GRUP 102
1. Kadang ya, saya nemuin orang yang ilmu islamnya banyak,  tapi ternyata akhlaknya ga sebaik ilmunya. Itu kenapa bisa gitu ya?

Jawab :

Ilmu dan iman harus menjadi satu paket. Kalau ilmu tanpa iman maka tidak dijalankan/diaplikasikan. Iman tanpa ilmu maka juga sama saja, karena tidak ada yang bisa diamalkan



2. Akhlak yang baik itu standarnya seperti apa ya? Sementara manusia itu kan ga ada yang sempurna, pasti punya kelebihan dan kekurangan..
Jawab
Akhlaq baik itu standarnya adalah Al quran dan hadits. Bukan standar manusia, karena standar manusia itu subyektif sesuai selera. Misalnya : dalam islam pria dan wanita bukan mahrom tidak salaman tapi dalam budaya indonesia belum tentu diterima karena kebiasaan ada sungkem dll


3. Qori pernah dapat argumen bahwa mending orang sikap dan kelakuannya baik walau agamanya tidak jalan dibanding orang yang rajin ibadah tapi perbuatannya tercela seperti suka hasut orang, gosip dan kasar. Nah bagaimana sebaiknya kita menanggapi itu?
Jawab :
Kedua hal tersebut tentu tidak ada yang baik karena hubungan dengan Allah dan manusia harus diperhatikan dengan baik. Walau secara dosa tentu lebih berdosa orang yang tidak beribadah kepada Allah karena Allah mutlak untuk diibadahi

GRUP 103
1. Betul akhlak dalam Islam memang nomor 1. Akhlak yang bagaimana yang mengantar kita ke syurga? Terkadang kita berusaha berakhlak baik pada orang lain, berbuat baik dll tetapi penerimaan orang ada yang beda malah sampai salah paham.. syukran.
Jawab 
Akhlaq yang baiklah yang dapat membuat ke surga. Yaitu akhlaq yang dilandasi dengan aqidah dan syariat yang benar.

GRUP 104
1. Bagaimana sikap kita terhadap muslim yang mencela sunnah rosul?
Jawab
Orang yang bermaksiat kita anggap adalah orang yang sakit, kita berusaha mengobati doa dengan cara yang benar. Jangan dibiarkan karena dia akan semakin sakit. Jangan dimusuhi karena dia akan semakin sakit juga. Kalau tidak mampu memasehati maka doakan agar dia mendapat hidayah dari Allah.

2. Ustadz, beberapa kali saya berada di fase baca al quran setiap hari, sholat tidak pernah bolong, berkumpul dengan orang-orang sholihah, mendatangi majelis agama, dan melakukan hal-hal yang sesuai perintah agama tapi saya merasa akhlak saya malah jadi kurang baik terutama pada keluarga. Biasanya saat menyadari hal itu saya jadi mengambil jarak sementara dengan dunia luar dan banyak istighfar baru bisa kembali ke keadaan seperti sebelumnya. Kira-kira apa penyebabnya, ustad? Apakah itu normal terjadi?
Jawab
Keluarga adalah lingkungan terdekat kita, disitulah tempat praktek keislaman kita terdekat. Setelah mengaji, tilawah dll maka kelanjutannya adalah mengamalkan dalam keluarga. Kalau sulit maka harus merenung dulu, apa penyeban sulitnya tsb. Apakah karena bemturan budaya yang berbeda atau hal lain. Terus dipelajari cara mempraktekkan akhlaq yang baik dalam keluarga, kalau sudah sukses maka akan lebih mudah ketika menjalankan akhlaq di masyarakat umum


3. Kalau pendiam merupakan akhlak baik atau buruk?
Jawab
Dalam sebuah hadits disebutkan berkatalah yang baik atau diam. Hadits ini akan berarti baik bila diamnya adalah mencegah dari berkata buruk

4. Bagaimana caranya agar tidak sering terbawa perasaan? Dari terbawa perasaan ini kadang bisa bersikap dingin terhadap orang-orang di sekitar...
Jawab
Membiasakan berfikir positif sehingga selalu kebaikan yang kita pikirkan. Dengan ini maka energi positif akan menguatkan kita dalam beraktifitas

GRUP 106
1. Akhlak bisa dibentuk dari ketika kita masih kecil.  Nah gimana cara mendidik anak yang benar agar terbentuk akhlaknya, agar bisa menjadi anak yang berkhlak baik?
Jawab
Melatih akhlaq dari kecil adalah membiasakan mengajarkan dari kecil missal makan dengan tangan kanan dll, lalu memberikan contoh akhlaq yang baik, orang tua jangan memberikan contoh akhlaq yang buruk karena akan ditiru, dan terakhir adalah diberikan lingkungan yang memberikan akhlaq yang baik. Bila pulang bermain kemudian menunjukkan perubahan menjadi buruk maka kita harus menasehati dengan pelan-pelan, sambil ketika akan tidur kita mendongeng kisah-kisah islam 

2. Akhlak seorang mar'atus sholihah seperti apa? berhubung kita wanita semoga bisa jadi calon bidadari surga.
Jawab
Akhlaq seorang istri yang sholeh adalah sama dengan akhlaq yang baik secara umum ditambah dengan akhlaq yang baik kepada suami, anak dan juga mertua.

3. Apa maksud dari 'islam menjadikan akhlak yang baik sebagai bukti dan buah dari ibadah seperti sholat puasa dan haji?' Lalu keruntuhan khilafah islam apakah juga karena akhlak muslin saat itu juga jelek?
Jawab
Ibadah sholat, puasa haji adalah ibadah ritual kepada Allah, sebagai bukti bahwa kita benar sukses dalam ibadah tersebut maka akan mempengaruhi jiwa kita, iman semakin bertambah dan akhlaq semakin baik. Habis sholat tentu tidak akan berkata kotor lagi, sudah haji maka tidak akan minuman keras lagi dll


4. Secara umum definisi Akhlak  itu apa ustadz? contohnya?
Jawab
Secara umum akhlaq adalah tingkah laku yang sesuai tuntunan islam. Contoh sabar, pemaaf, tidak iri,  dengki, jujur dll

GRUP 107
1. Kira-kira apa cirinya atau bagaimana kita bisa mengetahui niat kita tilawah itu karena kita cinta pada Allah atau kita hanya menjadikannya suatu rutinitas tiap hari dengan masuk odoj yang membuat dan menjaga kita jadi disiplin?
Jawab
Bedanya adalah ada dalam perasaan kita, adanya ketenangan dalam hati. Kalau niat ikhlas maka hati kita akan merasakan ketenangan, karena Allah menjadi obat dan barokah bagi yang membaca Al Quran. Selain itu tanpa ada yang melihat atau melihat maka tilawah kita tetap khusuk 


2. Dari penjelasan di atas hadis tirmizi menyebutkan : Neraka haram atas setiap orang yang akhlaknnya dekat dengan manusia, rendah hati,dan lembut perangai nya. Kalau ada orang yang demikian baiknya terhadap manusia tapi dia tidak berhijab gimana?
Jawab
Syarat akhlaq adalah harus memenuhi syarat keimanan yaitu beraqidah islam dan menjalankan syariat lainnya. Karena akhlaq itu perhiasan, kalau memakai perhiasan tapi telanjang maka tidak akan terlihat indah


GRUP 108
1. Saya mau bertanya ust.. mengenai melebihi batas yang baik maka menjadi merunduk-runduk? Apakah itu berarti jika terlalu baik pada orang lain adalah salah.. syukron
Jawab
Merunduk-runduk itu bukan akhlaq dalam islam tapi budaya jawa atau lainnya. Sehigga dalam Islam akhlaq baik itu bukan merunduk-runduk


2. Assalamu'alaikum.. Ustadz, saya mau tanya. Misalnya ada teman yang kurang sopan dari segi bahasa dan perilakunya. Bagaimana sikap kita seharusnya tapi tanpa menyinggung perasaannya? Kalau akhwat bagaimana dan kalau ikhwan bagaimana? Apakah jika tidak bisa menasihati dengan mendoakannya saja cukup?
Jawab
Wa'alaykumussalam.. Silakan orang tersebut dinasehati tapi jangan didepan umum. Ajak bicara santai sambil makan atau minum bila sesama wanita atau kalau bukan mahrom maka harus ada temannya atau diserahkan ke ikhwan untuk menasehatinya

3. Katanya kalau kita terkadang susah bangun untuk tahajud dan subuh itu pertanda iman kita masih kurang?
Jawab
Ada dua hal : 1. Karena memang tidurnya kurang atau 2. Diikat oleh syetan
Misal tidur hanya 2 jam maka kurang, sebaiknya tidur itu 4-5 jam. Kalau tidur cukup maka kuatkan niat untuk bangun dan jangan sampa lupa dosa. Diikat setan maksudnya dibisikkan untuk tidak usah bangun, orang yang tidur tanpa doa maka diikat syetan sehingga susah untuk ibadah


GRUP 109
1. Rasulullah menjadikan baik buruknya akhlak seseorang sebagai ukuran kualitas imannya
realita di lingkungan kita ada seseorang yang mengerti agama, mengamalkan amalan wajib & sunnah (habluminallahnya baik) namun habluminanasnya kurang baik, ataupun sebalikny. Faktor apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi?
Jawab : 
Faktor tersebut disebabkan orang tersebut hanya memandang hubungan dengan Allah saja yang penting padahal hubungan dengan manusia juga sangat penting sehingga dalam sebuah hadits disebutkan tidak akan masuk surga walau seorang rajin ibadah tapi lisannya menyakiti orang lain

2. Bagaimana bila kita dipimpin oleh pemimpin sekularisme dan yang akhlak juga agamanya samar-samar? Adakah imbas untuk rakyat yang dipimpinnya?
Jawab
Ujian berat umat islam bila dipimpin oleh orang yang tidak sholeh sehingga dapat membahayakan diri. Dalam kondisi tersebut maka harus terus meningkatkan iman dan menguatkan lingkungan yang islami

GRUP 110
1. "Merendah-rendah adalah hina". Rendah diri atau bagaimana ya maksudnya?
Jawab
Yang buruk adalah merendahkan diri, missal kita meminta-mitan kepada seseorang maka itu merendahkan diri. Yang baik adalah rendah hati (tawadhu) yaitu tidak sombong, missal walau kaya tidak pamer kekayaan, walau pandai tapi tidak pamer kepandaian dan menghormati yang ilmunya dibawahnya


2. Jika fulan penurut dengan orang tua, sopan santun, selalu jaga sholat & tilawah tapi ketika pertunangannya kandas si fulan langsung memutuskan silaturahmi menurut pandangan ustadz gimana akhlaknya?
Jawab
Tidak ada manusia yang sempurna, mungkin bagi dia hal tersebut ujian yang sangat berat sehingga memerlukan proses panjang untuk memaafkan atau melupakan. Minta maaflah berulang kali dengan ikhlas


3. Bagaimana bila seorang hamba, shalat 5 waktu, tilawah, bersedakah, megikuti kajian dan hal baik lainnya tapi masih terkadang merasa belum tentram. Apa yang salah dan harus dilerbaiki?
Jawab : 
Konsep ibadahnya apakah sudah menikmati atau masih terpaksa? Maka perlu peningkatan kekhusyuan dan niat ikhlas karena cinta atau ingin dekat kepada Allah bukan karena terpaksa beribadah


4. Ustadz, berkomentar agak menyakitkan tapi bermaksud memberi saran yang baik apa bisa  disebut berakhlak? Misalnya ada berita yang buruk mengenai seseorang atau sesuatu. Kemudian dia berkomentar negatif tapi sambil bawa bawa ayat suci.
Jawab
Nasihat itu harus disampaikan dengan baik juga, kalau disampaikan dengan keras maka akan terjadi perpecahan

GRUP 112
1. Kalau akhlaq seseorang masih dianggap kurang baik atau bahkan buruk, bolehkah ia mengajarkan akhlaq kepada orang lain atau mengkritiknya? dan bagaimana supaya seandainya kita yang dikritik / diajari bisa menerimanya sedangkan si pengkritik sendiri masih berakhlaq buruk? jzkllah
Jawab
Orang yang menasehati maka harus berusaha memperbaiki akhlaqnya karena dalam surat ash Shaf ayat 2-3 disebutkan bahwa Allah membenci orang yang mengatakan sesuatu tetapi tidak mengamalkannya. Tetapi bukan berarti orang harus sempurna akhlaqnya baru boleh mengajak atau menasehati orang lain, sambil jalan untuk saling memperbaiki

GRUP 113
1. ana mau tanya tentang akhlak seorang muslimah. Sering kita lihat sekumpulan muslimah berhijab pula mereka tertawa terkekeh kekeh atau terbahak-bahak. Nah bagaimana mengenai hal tersebut dalam pandangan islam?
Jawab
Tertawa dalam islam boleh, tetapi sunahnya adalah tidak terbahak-bahak. Karena Rosulullah tidak tertawa seperti itu, cukup tersenyum atau tertawa yang biasa 


2. Gimana akhlak yang baik yang semestinya dilakukan dalam bergaul dengan lawan jenis?
Jawab 
Akhlaq dengan lawan jenis : tidak ikhtilat (bercampur), tidak berkhalwat (berduaan), godhul bashar (menjaga pandangan), tidak menyentuh dan menjaga cara bicara yang penting saja dengan gaya bahasa sederhana jauh dari kesan menggoda

GRUP 116
1. Ustadz, (ini hanya dari kaca mata saya ya perlu masih banyak belajar) begini ustadz saya tinggal di kampung ya in sya alloh orang-orangnya itu baik, sangat baik mungkin bisa dikatakn seperti itu, tapi baik saja tidak cukup kan ustd? perlu benar, masih banyak hal-hal tidak dicontohkn rosululloh masih mereka tradisikan seperti kenduri, merti desa/persembahan atas rasa syukur, dan juga masih banyak ghibah dan untuk wanita masih banyak yan belum berjilbab. Saya termasuk yan kuper di kampung, bergaul hanya seperlunya saja. Akhir-akhir ni  alhamdulillah saya bisa lebih memperbanyak tilawah, hati jadi lebih lapang dan hidup terasa lebih dekat dengan Allah, namun disaat ada waktu berkumpul misal dalam acara hajatan yang berhari-hari/pernikahan dll dengan mereka terjadi pergolakan batin, jiwa rasanya yang saya baca dan saya pelajari belum bisa saya pratekkan dalam kehidupan sehari-hari bersama mereka  sejak saat itu saya lebih suka merenung dan tilawah saya jadi berkurang kuantitasnya. Apa saja ya salah dengan saya ya ustad? Mohon penjelasan dan nasihat dari ustadz. Jazakallah. Mohon maaf jika terlalu panjang
Jawab
Itulah kondisi masyarakat kita, merupakan tantangan dakwah bagi kita yang sudah memahami islam dengan baik. Kalau kita mampu menasehati maka kita masuk ke dalam lingkungan tersebut dan bersama yang lain untuk menjadikan sesuai ajaran islam. Tapi kalau merasa tidak mampu maka cukuplah dengan tetap menyapa mereka dan sesekali berkumpul sambil terus mendoakan mereka 


GRUP 117
1. Cara kita mengikhlaskan sesuatu yang berharga itu bagaimana?
Jawab 
Yakinlah bahwa Allah akan mengganti dengan yang jauh lebih baik yaitu ganti di dunia maupun akhirat


2. Jika kita diperlakukan tidak baik & difitnah apakah akhlak yang baik selain memaafkan?
Jawab
Akhlaq baik adalah dengan tidak membalasnya dan mendoakan agar diampuni Allah seperti yang dilakukan oleh Saad bin Abi Waqash ra. Sebelum tidur selalu mendoakan saudaranya yang telah menyakitinya. Karena doa tersebut sangat makbul

GRUP 118
1. Cara merubah akhlak seorang yang buruk menjadi baik gimana ya? Apalagi orang itu agak susah untuk dinasehati..
Jawab
Kalau sulit dinasehati maka tunjukkan contoh yang baik kepadanya dan terus doakan

2. Kenapa ada orang yang rajin solat tapi akhlaknya kurang baik? Misalnya suka marah-marah, suka ghibah, suka jutek dan bicara kasar.
Jawab
Sholatnya berarti belum sukses karena sholat yang sukses adalah bisa mencegah perbuatan dosa, perlu peningkatan kekhusyuaan dalam sholat sehingga hasilnya semakin baik. Umar bin Khattab mengatakan lihatlah hasil sholat setelah orang itu keluar dari masjid, apakah dia semakin baik atau tidak. 

3. Akhlak apa yang bisa dan boleh dirubah dan akhlak apa yang tidak bisa dan lebih baik tidak berubah. Manusia tidak mungkin sempurna kan kak. Dan bagaimana tips menjaga akhlak mahmudah.
Jawab
Semua akhlaq yang buruk harus dirubah, akhlaq yang baik maka terus dipelihara. Memang tidak ada yang sempurna tetapi kita harus berusaha menjadi sempurna karena kita ingin mencontoh Rosulullah yang sempurna


4. Aku mau tanya kiat-kiat hijrah menuju akhlak yang baik biar tidak mudah terpengaruh apa ya ustadz?
Jawab :
Kiatnya adalah dengan perjuangan sungguh-sungguh dengan ilmu yang benar dan berada di lingkungan yang mendukungnya. Perbanyak istighfar agar senantiasa dijaga Allah dari godaan syetan


GRUP 119
1. Ana mau nanya apakah salah kalau kita ingin berperilaku seperti orang lain? Misal humoris gitu? *maaf kalau melenceng
Jawab
Meniru akhlaq orang asalkan baik maka diperbolehkan seperti kita ingin seperti rosulullah yang juga kadang bercanda. Tapi pelawak itu profesi yang kurang baik karena membuat cerita bohong agar orang lain tertawa.

2. Terus maksud dari kata-kata ini apa? "Karena apabila melebihi batas yang baik maka menjadi merunduk-runduk, dan bila diselewengkan dari fungsinya maka menjadi pura-pura (kamuflase). Merendah-rendah adalah hina, sedang pura-pura (kamuflase) adalah tercela. "(Al-Munawi, Faidhul Qadir juz 3/hal. 136). ??? Afwan
Jawab
Betul sekali sehingga akhlaq baik itu tidak berlebihan tapi sesuai takaran dalam islam

3. Ustadz, mau tanya. Seperti apa keterkaitan antara akhlak dan iman seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari? Jazakillah
Jawab
Kaitannya adalah akhlaq itu buah dari iman kepada Allah karena menjalankan ajaran Allah yang sesuai dengan syariat islam


4. Kenapa oranng yang kita fikir baik ibadahnya. Tapi ternyata ketahuan buruk akhlaknya. Kurangnya dimana ini ya ustadz?
Jawab
Berarti kurangnya di akhlaq bu. Terkadang ada orang yang hanya fokus mempelajari ibadah dan lupa atau kurang belajar akhlaq sehingga akhlaqnya buruk. Sebagai umat islam harus mempelajari semua dari aqidah, syariah (hukum-hukum) termasuk ibadah dan akhlaq. Kalau tidak dipelajari semua maka akan ada yang kurang


5. Ustadz, bagaimana benteng diri agar kita dapat mewarnai dengan akhlak yang baik meskipun kita berada ditempat yang kurang kondusif?
Jawab
Ini ujian berat karena tinggal di tempat yang tidak islami. Usahanya harus lebih keras dengan sekaligus dakwah membentuk lingkungan yang islami


6. Ustadz, bagaimana  akhlak kita terhadap seseoranng yang selalu menghina kita, kita diamkan malah tambah bertambah hinaannya?
Jawab
Dikisahkan Abu Bakar dihina orang tapi diam. Maka Rosulullah tersenyum. Tetapi ketika dihina lagi maka Abu Bakar marah sehingga Rosul pergi. Maka abu bakar bertanya kenapa Rosul pergi. Rosul menjawab ketika tadi dihina dan diam maka ratusan malaikat datang mendoakan abu bakar. Tapi begitu marah maka malaikat juga pergi. Nah pilih yang mana?


7. Ustadz, kenapa budaya mencarut sekarang begitu gampang kita temui? Padahal mereka orang yang berpendidikan. Banyak sekarang teman-teman yang terpecah belah karena politik. Padahal dulunya mereka sangat akrab. Bagaimana akhlak berpolitik yang baik itu ustadz?
Jawab
Politik yang baik tentu politik islam yaitu tujuannya untuk menjalankan islam bukan kekuasaan atau uang.

GRUP 121
1. Banyak dari kita yang pandai berteori dan bertausiyah, tapi sulit mengaplikasikannya sehingga orang lain enggan mendengar kata-kata kita meskipun benar, jadi apa yang harus dilakukan?
Jawab
Kita wajib memberikan contoh berakhlaq yang baik, sehingga apa yang kita sampaikan akan dipercaya seperti yang Rosulullah katakan.

2. Tolong nasehatnya kepada orang yang suka berkata kasar, dia mengaku memang karakternya begitu karena dibentuk lingkungan tapi kami merasakan perubahan sikap darinya, lisannya cenderung menyakiti ketika berucap. Juga suka membesarbesarkan masalah padahal shalatnya baik.. Bagaimana cara terbaik menyadarkannya ustadz?
Jawab
Silakan disampaikan bahaya kata yang kasar, karena itu merupakan dosa yang akan terbawa sampai ke akhirat kalau tidak meminta maaf.  Ini adalah salah satu hadits tentang bahaya lidah : 
“Suatu hari salah seorang sahabat bertanya kepada Rasul. "Wahai Rasul, apakah kita akan bertanggung jawab atas apa yang kita katakan?". Dan Rasulpun menjawab "Demi ibu yang telah mengandungmu-sesungguhnya mereka akan dicampakkan ke dalam api neraka dengan muka ke arah bawah hanya karena apa yang telah diucapkan oleh lidah mereka." (HR Tarmizi).
GRUP 122
1. Assalamualaikum. Ustad, ada teman saya ikhwan yang awalnya sudah berniat mau menikahi seorang akhwat. Kemudian tidak jadi lantaran si akhwat menceritakan perilakunya yang kelam saat masih sekolah dulu. Katanya seharusnya tidak usah akhwatnya ini bercerita sendiri nanti kan ikhwannya akan mencari tau. Jadi, ikhwannya ini merasa si akhwat ingin merenggangkan hubungannya. Padahal mungkin akhwatnya tidak bermaksud demikian.  Jadi ustad apakah kita tetap harus merahasiakan masa lalu kita atau terbuka sebelum terlanjur menikah. Karna takutnya setelah menikah ada yang merasa menyesal. Ustad apakah juga merahasiakan keburukan kita di masa lalu termasuk berpura-pura baik? Apakah itu termasuk orang munafik ustad?
Jawab
Wa’alaykumussalam..  Masa lalu adalah aib, maka seharusnya aib ini dijaga dan tidak perlu disampaikan kepada siapapun. Karena Allah sudah menutup aib tersebut dan kita berdoa agar aib tersebut tetap ditutup dan diampuni Allah dunia dan akhirat

Tanggapan
Afwan jika kurang sopan. Maaf saya boleh menanggapi ga? Bukankah kita harus jujur dengan pasangan kita walaupun itu menyakitkan.. Jadi kenapa harus ditutupi? bukankah itu pelajaran buat kita agar jangan sampai terulang kembali kedepannya. Pasangan kita mau terima atau tidak yang penting sudah bicara jujur daripada menyesal dikemudian hari apalagi kalo sampai nikah pasti berdampak dengan perceraian, karena kita dibohongi oleh pasangan kita

Jawab Ustad
Boleh juga pendapat tersebut, saya hanya mengambil ibroh kisah nabi musa dan umatnya. Suatu ketika terjadi kemarau panjang sehingga seluruh umat nabi musa dikumpulkan berdoa meminta hujan. Tetapi hujan tidak turun juga dan nabi musa mendapat kabar dari Allah sebab tidak diterima hujan karena ada satu orang di situ yang masih berdosa. Lalu nabi musa mengumumkan bagi siapa yang berdosa/mempunyai kesalahan untuk segera mengakui. Lama ditunggu tetap tidak ada yang mengaku. Dalam barisan umat tersebut ada satu orang yang berdosa sedang ketakutan lalu memohon ampun kepada Allah dengan sungguh-sungguh. Setelah itu hujan turun. Nabi Musa kaget dan bertanya kepada Allah kok bisa hujan, dijelaskan bahwa orang tersebut telah taubat. Lalu nabi musa ingin tahu siapa orangnya dan dijawab Allah tidak usah tahu karena Allah sudah mengampuni dan menutupi aibnya sehingga tidak perlu dibuka lagi aibnya. Tidak masalah kalau ada pendapat yang berbeda ya 


Tanggapan
Makasih ustadz.

GRUP 124
1. Biar kita gak bersifat sombong gimana? Dan tidak gampang tersinggung? Syukron
Jawab
Agar tidak sombong maka meyakini bahwa sombong adalah dosa dan masih banyak yang jauh lebih hebat dari kita. Agar tidak gampang tersinggung dengan cara memperbanyak dzikir, ketika ada kata-kata yang menyinggung maka segera perbanyak dzikir, ambil air wudhu, dan tidak menanggapi perkataan teman tersebut serta membiasakan prasangka baik kepada ucapan teman kita

2. Bagaimana cara kita menyikapi keadaan apabila sedang ada masalah?
Jawab
Yakinlah bahwa tiap masalah adalah peluang kebaikan untuk kita dari Allah dan yakin Allah akan menolong kita

Kita cukupkan dulu ya.. Lain kali in sya Allah bertemu lagi
Mohon maaf atas kekhilafan


PENUTUP :
Doa Kafaratul Majelis :

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك 

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika 
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”.                           
   ​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ