Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Apakah diperbolehkan Membaca Doa kemudian ditiupkan ke Air?

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ  SWT (HA 20 UMMI)

Hari / Tanggal : Selasa, 21 Oktober 2014
Narasumber : Ustadz Dodi Kristono
Tema : Mendoakan Air untuk Pengobatan
Admin : Rahmi
Notulen : Nana


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه
بسم الله الرحمن الرحيم 

Apakah diperbolehkan Membaca Doa kemudian ditiupkan ke Air?
Sering kita melihat ada kiayi atau ustadz yang meniupkan doa ke air kemudian digunakan untuk mengobati orang sakit baik sakit fisik atau gangguan jin. Apakah ini ada contohnya atau apakah disyariatkan?

Kita bahas yuuukk....!!!
Nabi ﷺ  jika merasakan sakit beliau (membaca kemudian) meniupkan surat Al Ikhlas dan Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas) pada tangan beliau sebanyak 3 kali. Lalu mengusapkan kedua tangannya pada bagian tubuh yang mampu diusap sebelum tidur. Dimulai dari kepala, wajah, lalu ke dada. Sebagaimana yang diberitakan oleh ‘Aisyah radhiallahu’anha dalam hadits yang shahih.
Selain itu, Jibril pernah meruqyah Beliau ﷺ  ketika beliau sakit, dengan menggunakan air yang dibacakan doa:

بسم الله أرقيك، من كل شيء يؤذيك، من شر كل نفس أو عين حاسد الله يشفيك، بسم الله أرقيك

“bismillaah urqiika min kulli syai’in yu’dziika wa min syarri kulli nafsin au ‘ainin hasidin allaahu yasyfiika bismillaahi urqiika”

“Dengan nama اللّهُ  aku meruqyahmu, dari segala sesuatu yang mengganggumu, dan dari keburukan penyakit ‘ain yang timbul dari pandangan mata orang yang dengki, semoga اللّهُ  menyembuhkanmu, Dengan nama اللّهُ  aku meruqyahmu”

Ini sebanyak 3 kali. Ini adalah metode ruqyah yang disyariatkan dan bermanfaat.
Nabi ﷺ  juga pernah membacakan (doa/ruqyah) pada air untuk Tsabit bin Qais radhiallahu’anhu lalu memerintahkan ia untuk memercikkan air tersebut padanya. Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Daud dalam kitab Ath Thib dengan sanad yang hasan.

Dan contoh-contoh lain metode ruqyah yang dilakukan pada masa Nabi ﷺ . Diantaranya juga, Nabi ﷺ  sering mendoakan orang yang sakit dengan doa:

اللهم رب الناس، أذهب البأس، واشف أنت الشافي، لا شفاء إلا شفاؤك، شفاء لا يغادر سقماً

“Allaahumma rabbannaas adz-hibil ba’sa wasyfi antasy syaafii laa syifaaa illa syifaauka syifaa an laa yughaadiru saqamaa”

“Ya اللّهُ ,  Rabb bagi manusia. Hilangkanlah penyakit ini dan sembuhkanlah. Engkaulah yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan hanya dari-Mu. Berikanlah kesembuhan yang tidak meninggalkan sisa sedikit pun”

Islam sudah mengajarkan sejak diutusnya Nabi Muhammad ﷺ  jauh sebelum Doktor Masaru Emoto menemukan hal tersebut (adanya perubahan struktur air menjadi lebih baik jika diberikan kata kata yang baik dan bermanfaat), sebelum dan sesudah makan disunahkan untuk membaca doa dan apabila meminum air dengan membaca bismillah dan juga Nabi ﷺ  pernah menjenguk pimpinan lawan perangnya yang sakit dan memberikan segelas air yang telah dibacakan doa dan diberikan kepadanya agar sembuh.

Sehingga perlakuan yang banyak dilakukan oleh orang kampung yang meminta air untuk didoakan oleh para ulama, kiayi, ustaz dan orang alim lainnya, baru diketahui rahasianya berkat kajian Doktor Emoto yang memperkuat diballik rahasia air yang didoakan. Dibalik air yang doakan tersebut, ternyata mempunyai kekuatan menyembuhkan. Subhanallah….!!!

Air di rumah, bisa setiap hari didoakan dengan khusyu kepada اللّهُ, agar anak yang meminumnya saleh, sehat, dan cerdas, dan agar suami yang meminum tetap setia. Air tadi akan berproses di tubuh meneruskan pesan kepada air di otak dan pembuluh darah. Dengan izin اللّهُ Ta'ala pesan tadi akan dilaksanakan tubuh tanpa kita sadari.

Bila air minum di suatu kota didoakan dengan serius untuk kesalehan, in sha اللّهُ  semua penduduk yang meminumnya akan menjadi baik dan tidak beringas. 

Rasulullah ﷺ  bersabda, “Zamzam lima syuriba lahu”, “Air zamzam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya”. Barangsiapa minum supaya kenyang, dia akan kenyang. Barangsiapa minum untuk menyembuhkan sakit, dia akan sembuh. Subhanallah! Pantaslah air zamzam begitu berkhasiat karena dia menyimpan pesan doa jutaan manusia selama ribuan tahun sejak Nabi Ibrahim a.s.

Bila kita renungkan berpuluh ayat Al Quran tentang air, kita akan tersentak bahwa اللّهُ  rupanya selalu menarik perhatian kita kepada air. Bahwa air tidak sekadar benda mati. Dia menyimpan kekuatan, daya rekam, daya penyembuh, dan sifat-sifat aneh lagi yang menunggu disingkap manusia. 

Islam adalah agama yang paling melekat dengan air. Shalat wajib perlu air wudlu 5 kali sehari. Habis bercampur, suami istri wajib mandi. Mati pun wajib dimandikan. Tidak ada agama lain yang menyuruh memandikan jenazah, malahan ada yang dibakar. Seorang ilmuwan Jepang tersebut telah merintis penemuan yang hebat ini dan Ilmuwan muslim harus melanjutkan kajian kehidupan ini berdasarkan Al Quran dan hadits.

Dan Kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup.” (QS. Al Anbiya : 30).

Subhanallah..
Mudah-mudahan iman kita senantiasa bertambah dan tidak meragukan sedikitpun akan kekuasaan اللّهُ Ta'ala. 

والله أعلم بالصواب ُ

Molekul air yang dibacakan ayat suci al quran


Molekul air yang mendapat pesan-pesan buruk


TANYA JAWAB
1. Ustadz, bagaimana cara membedakan pengobatan alternatif yang sesuai syariat Islam dan yang menyimpang ust?
Jawab
Membedakannya  →  Kalau Syariat, doa yang dibacakan harus jelas dan dilafazkan secara keras bukan komat kamit dan ngedumel. Khawatir dilakukan pemujaan terhadap sesuatu

2. Kebiasaan papa saya kalau anaknya lagi sakit diminumin air yang sudah beliau bacakan al fatihah sebanyak berapa kali gitu ustadz
Jawab
Boleh... Selama itu ayat suci Al Quran

3. Saya sempat dengar bahwa air yang mendengarkan lantunan ayat-ayat al quran itu membentuk kristal ya pak ustad. Kalo anak saya lagi sakit demam kalo lagi tidak malas saya suka baca yasin kadang 3 balik atau 5 balik karena saya punya buku pengobatan dengan al quran  ustad
Jawab
Boleeehhh Bangeeettt Bundaaa

4. Ustadz bagaimana ciri-ciri kyai yang bisa kita minta doanya untuk pengobatan?
Jawab
Yang mempunyai ke Tauhid an yang tinggi dan bukan ahli Bid'ah. 

5. Bolehkah kita minta doa yang lain kepada seorang kyai, misalnya mudah jodoh, murah rezeki, sukses karier, lancarkan usaha, diberi keturunan dll
Jawab
Boleh boleh saja... Jauh Lebih bagus berdoa sendiri di waktu waktu mustajab.

6. Kalau kyai nya membacakan do'a nya di dalam kamar tertutup gimana ustad? setelah selesai di do'ain terus baru keluar di kasihkan airnya? Kita kan ga tau apa yang di baca kyai tersebut...
Jawab
Tak boleeeeee
Kudu dikeraskan bacaannya. Iyaaa. Bisa saja nanti bukan doa yang dibacakan. Malah jampi jampi kepada setan dan jin

7. Apakah yang boleh didoakan air putih saja, bagaimana dengan sirup obat atau jamu?
Jawab
Jauuuhhhh lebih bagus adalah air putih.

8. Ustadz, katanya sebagian persen besat tubuh kita terdiri dari air kalau kita sering disuguhi pesan-pesan/bacaan/kata-kata postif. Maka kita akan menjadi tenang sedangkan kalau sering dihujami kata-kata atau pesan-pesan negatif maka tubuh dan pikiran kita akan meresponnya dengan tidak baik juga, akhirnya sering gelisah dan tidak tenang.. Apakah hal ini ada hubungannya juga dengan air yang kita kaji sekarang ini??
Jawab
Benerrr bangeeettt Bunda. Baca kalimat Al Quran diujung dari Materi
 “Dan kami ciptakan dari air segala sesuatu yang hidup…” (Q.S Al Anbiya (21) :30) 
Naaaahhh. Air memberikan sumber dari semua makhluk hidup Bunda 

9. Ustadz dulu saya pernah sakit, rasanya perut seperti di lilit.. udah berobat dan di USG tapi ga ada apa-apa terus di kasih air sama orang. Alhamdulillah sembuh. Yang jadi pertanyaan ustadz, saya gak tau itu air apa kalo dijampe-jampe terus saya minum gimana hukumnya?
Jawab
Kalau tidak tahu sebelumnya, maka tidak apa apa. Nextnya lebih hati hati aja yaaa sembuh..

10. Pertanyaan nya mirip dengan mb teni. Tapi yang saya tanyakan suka denger yang bacain doa ke air tu ada kata-kata belum beres. Ada kata-kata bla..bla..abdul qodir jaelani..yang dari selatan..barat.. pokoknya mata angin d baca juga. Itu gimana? 
Jawab
Tak Boleee... Tadi sudah dishare kan 3 pokok dibolehkannya Ruqyah, berasal dari Al Quran, usahakan Bahasa Arab dllnya.

11. Kalau kyai nya orang jawa, terus baca do'a nya menggunakan bahasa jawa gimana ustadz?
Jawab
Tak Boleeeeeeee

12. Ustadz gimana cara membedakan sakit yang datang dari Allah dan sakit karena perbuatan manusia contoh guna-guna/ santet. gimana cara mengatasinya? kebanyakan nih, kalo kena guna-guna/pelet atau lagi santet, perginya ke mbah dukun
Jawab 
Sama aja jawabannya, lewat ruqyah semuanya in sha اللّهُ bisa.  Dan tentunya terkena santet dan guna guna atas ijin dan kehendak اللّهُ juga

13. Ruqyah jarak jauh bisakah ust? Atau bisa tidak dengan rekaman karena susah mendapatkan yang bisa meruqyah? Kalo bisa dan ustadz punya audionya bolehkah share disini ust? syukron..
Jawab
Face to Face yaaaa. Ngusapnya nanti bagaimana....?

14. Apa bedanya antara KYAI, USTAD DAN WALI ? bukankah mereka sama-sama ahli dalam ilmu agama?
Jawab
Sama saja Bunda... Hanya penyebutan istilah saja.

15. Ustadz, saya punya saudara belum lama ini sakit tidak bisa jalan, udah berobat ke dokter sampe 3x opname, dan rontgen juga tapi tidak ditemukan penyakit, tapi begitu ada seorang yang pandai, boleh dibilang dukun datang kerumahnya, dia bilang ada orang yang benci dan menanam benda di tempat penggilingan tahu mliknya dan begitu di ambil seketika itu saudara saya langsung bisa jalan katanya bentuknya seperti kayu namun berisi paku besar dan dia bilang jika dibiarkan keadaan saudra saya akan semakin parah dan bisa-bisa tidak tertolong
Jawab
Ini bisa dilakukan dengan Ruqyah yaaa.

16. Pertanyaan saya, gimana tuk menyikapi keadaan yang seperti itu ustadz? karena di daerah saya masih banyak kejadian seperti itu dan pesugihan juga masih ada yang pake mohon pencerahanya. syukron
Jawab
Agama itu adalah NASEHAT. Jadi tugas kita adalah hanya menasehatinya saja dan gugurlah kewajiban kita Bunda. Jangan memaksakan kehendak sehingga akhirnya tercipta permusuhan dengan mereka, akhirnya mereka semakin tidak mau mendengar nasehat kita.

17. Menulis ayat-ayat al qur,an/ di buat semacam jimat itu boleh tdk ustad, biasanya ditaruh diatas pintu/dalam dompet?
Jawab
Tak Boleeeee. Al Quran itu diturunkan untuk dibaca dan dipraktekkan yaaa

18. Seperti pertanyaan di atas. Kalau dengan ruqyah belum juga sembuh terus gimana ustadz?
Jawab
"Barangsiapa yang tidak dapat disembuhkan oleh Al Qur`an, berarti اللّهُ  tidak memberikan kesembuhan kepadanya. Dan barangsiapa yang tidak dicukupkan oleh Al Qur`an, maka اللّهُ tidak memberikan kecukupan kepadanya".

19. Ustad mau tanya kalau misalnya airnya tuk pengobatan bukan dibaca dari mulut kita sendiri tapi diperdengarkan lewat kaset atau murotal gitu gimana ada khasiatnya tak?
Jawab
Alasannya apa pake kaset? Bukankah jika menggunakan mulut kita sendiri kita juga mendapatkan pahala tambahan tilawah atau zikir?

Cukup yaaaa
Doa Kafaratul Majelis

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga Bermanfaat