Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

AQIDAH

KAJIAN ONLINE (WA) HAMBA  اَللّه
109 NANDA
Hari:  Rabu
Tanggal: 8 oktober 2014 / 13 Dzulhijah 1435
Narasumber: Ustadz Hilman Rosyad
Materi: Aqidah
Admin: Fifit
Ketua: Nursiah
Sekretaris: Lastri
PJH: Aisyatul Humaira 
Editor: Selli
 
Aqidah adalah ikatan keyakinan dan ideologi seseorang yang mengikat hati, jiwa, akal, kehendak, ucap, sikap dan amal perbuatan seorang muslim atau komunitas muslimin ..
aqidah itu berbasiskan kepada iman terhadap yang ghaib
الذين يؤمنون بالغيب ..
yang ghaib itu adalah hal yang tidak terjangkau panca indera (gak keliatan, gak kedengeran, gak tercium dan gak kerasa apa-apa tapi memang ada) .. sebaliknya adalah syahadah yakni alam yang terjangkau sama panca indera
dari sekian hal yang ghaib yang benar-benar menggelisahkan dan mengganggu pikiran manusia ada tiga perkara;
a) siapa pencipta manusia dan alam semesta?
b) apa yang terjadi setelah manusia mati? dan
c) apa nasib manusia tersebut di waktu yang akan datang?
kita sebagai muslim tidak perlu gelisah, cukup imani saja Allah sebagai satu-satunya pencipta,  imani tentang yaumil akhir dan imani qodho dan qodar ..
apa itu iman? secara bahasa artinya percaya, percaya itu rasa tahu yang sangat yakin .. menurut syari'at Iman itu rasa tahu tentang Allah, yaumul akhir, & taqdir secara meyakinkan dan menghunjam di hati yang paling dalam, juga terekspresikan  dalam ucap kata dan perbuatan .. artinya beriman itu beraqidah, karena tiga perkara ghaib tadi mengikat seorang muslim juga komunitas muslimin ..
Kenapa seorang muslim harus terikat kepada Allah? karena setelah tahu "siapa" itu Allah, bukan "apa" itu Allah, akan muncul pada diri seorang muslim roja' & khauf. Roja' itu rasa penuh harap akan ridho dan rahmat Allah,  khauf itu rasa penuh  cemas/takut akan murka & adzab Allah ..
siapa Allah?
pertama, Dia adalah tuhan pencipta dan pemberi rejeki ..
kedua, Dia adalah Tuhan yang wajib diagungkan dan disembah dengan rangkaian ibadah
segitu dulu aja deh ya! moga manfaat, silakan tanya-tanya moga saya mampu menjawabnya
------------------------
Pertanyaan Aqidah
1. Ustadz... bila kita di cemooh harus legowo ya??  Berarti tidak boleh mendoakan orang tersebut menjadi seperti apa yang dicemoohkan??
2. Saya pernah mendengar doa seperti ini "bila penyakit ini datang dari seseorang, tolong angkat penyakit ini dan kembalikan penyakit ini kepada  orang tersebut "
Apakah salah doa tsb? Afwan
3. Ustadz saya mau bertanya, dalam rangka memperbaiki aqidah ada seorang muslim yang ingin bertobat dari dosa yang selama ini dilakukannya, apakah muslim tersebut harus melakukan pengakuan dosa atau menceritakan dosanya pada orang lain? Sedangkan kita diminta untuk tidak mengumbar aib kita sendiri. Terimakasih ustadz
4. Orang yang beraqidah itu orang yang siap diikat ya tadz?

Doa Kafaratul Majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang aq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga bermanfaat