Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Bahasa Arab (FAIL) bersama Ustadzah Nurul

REKAP MATERI KAJIAN 109 ONLINE HAMBA ALLAH
Hari : Kamis
Tanggal : 2 Oktober 2014
Narasumber : Ustadzah Nurul
Materi : Bahasa Arab ( Fail )
Grup : 109 Nanda
Admin : Fifit
Ketua : Nursiah
Sekretaris : Lastri
PJH :  Mariatul Qibtiyah
-----------------------------------
Mari kita mulai kajian bahasa arab kali ini dengan membaca basmalah.                   
FAIL.                                         
Fail yaitu isim yang di rafa'kan yang didahului fiil dan menunjukkan kepada orang yang melakukan pekerjaan
Contoh:
1. Thooro al 'ushfuuru (burung itu telah terbang)
2. Jaroo al hishoonu (kuda itu telah lari )
3. La'iba alwaladu (anak laki2 itu telah beriman)
4. Ya'uumu as samaku (ikan itu sedang berenang)
5. Yalsa'u al ba'uudhu (nyamuk itu sedang menggigit)
6. Ta'kulu al bintu (anak perempuan itu sedang makan)
Pembahasan:
Contoh2 diatas semuanya adalah susunan jumlah kalimat, setiap susunan jumlah tersebut terdiri dari kalimat fiil dan isim .
Dan bila kita perhatikan dari 3 contoh paling atas bahwa yg terbang adalah burung, yang berlari adalah kuda, dan yang bermain adalah anak lk2 .
Oleh krn itu isim dari contoh diatas dinamakan fail (pelaku) .. Begitu juga dengan contoh yang lainya
Dan jika kita perhatikan contoh2 diatas fail selalu didahului fiil dan akhir dari barisanya dirafa'kan.
Latihan 1
Tunjukkan fail pada kalimat dibawah ini
1. Shooha ad diiku
2. Jaaa ath thobiibu
3.Isytaghola al 'aamilu
4.Waqofa ats tsauru
5. La'iba al aulaadu
Mau latihan lagi?.....
Silahkan dikerjaakan
-----------------------------------
Tuty : Ustadzah rafa itu artinya apa ya?
Ustadzah : Tuty : rofa' dibaca dhommah gampang2nya gtu

Fifit : 1. Fiil : shooha .. fail : diiku
2. Fiil : jaaa .. fail : thobiibu
Begitukah bunda nurul ?
Ustadzah : betul. Lanjutkan
Fifit : Bunda shooha artinya apa bun ?
Tuty : 3. Fiil: isytaghola, fail: al 'aamilu
Ustadzah : Berkokok fit. Tuty : 100 no 3
Tuty : 4. Fiil: waqofa, fail: ats tsauru
5. Fiil: la'iba, fail: al aulaadu
Ustadzah : Lanjutkan

Fifit : Ayam itu sedang berkokok gitu kah bun ?
Ustadzah : 4 5 betul mbak tuty siiiiiip. Betul fit
Fifit : Bunda ... arti nya one by one dong  afwan bun
Tuty : Kalo jaa: kembali kah artinya ustadzah?
Ustadzah : Tuty jaaa itu artinya datang kemblai tu roja'a
Fifit : Jaaa : datang
Roja'a : kembali
Ok fiks
Ustadzah : Ok fit secara urut artinya
1. Ayam jago itu bekokok ,
2. Pak dokter sdh datang,
3. Pekerja itu sibuk ,
4. Lembu jantan itu berhenti ,
5. Anak2 itu bermain

Pitri : Bismillahirrohmanirrohim.
1.shooha fiil diiku fail
2.thobiibu
3.a'amilu
4.tsauru
5.aulaadu
Afwan bunda nggak tau artinya yang pertama itu
Ustadzah : Pitri arti semuanya sudah saya upload diatas baca yaaaa

Latihan 2
Berilah fail pada fiil2 berikut ini
1. Nabaha .... (Telah banyak)
2.Yadhhaku ... ( Sedang tertawa)
3. Yabkiii ... (Sedang menangis )
4. Nathoha ... (Telah menanduk)
5. Yasyrobu ... (Sedang minum)
Monggo dikerjakan
Kajian saya akhiri jam 10 yaaaa
Fifit : Nggih bunda
1.
2. Yadhhaku al Hussein
3. Yabkiii as Samsul
4.
5. Yasyrobu ad diiku
Pitri : 1.
2. Yadhhaku al Hussein
3. Yabkiii as Samsul
4.
5. Yasyrobu ad diiku
Tuty: 1. Nabaha kitabun
2. Yadhhaku ummii
3. Yabkii ash shoghiru
4. Nathoha albaqoroh
5. Yasyrobu abii
Ustadzah : Nama gak usah dikasih al fit di revisi ya
Pitri no 2 smp 5 bener no 1 tolong di benerkan isim kalau di dahului al akhirnya tidak boleh di tanwin revisi ya
Fifit : 1. Nabaha al ma'u
2. Yadhhaku Hussein
3. Yabkiii Samsul
4. Nathoha ats tsauru
5. Yasyrobu ad diiku
Ohh gitu. Jadi pilih salah satu... pilih al atau tanwin gitu ?
Ustadzah : Tuty no 2 dan 4 tolong di revisi lihat mudzaakkar muannasnya ya.
Fifit betul semua sip 100
Ya gitu
Ustadzah: Saya  tambah lagi

Tuty : Benernya jadi apa ya bun?
Fifit : Mudzakkar muannas itu kata penghubung kah bun?
Ustadzah Nurul: Yadhhaku abiiii dan nathoha al baqoru tut

Latihan 3
Berilah fiil pada isim2 di bawah ini
1............ At tilmiidzu (murid lk)
2............ Ats sta'labu (musang)
3........... Ar rojulu ( seorang lk2)
4........... As safiiinatu (perahu)
5........... An namlu (semut)
Monggo
Ustadzah Nurul: Mudzaakar (itu menunjukkan mufrodat lk) muannats (menunjukkan mufrodat perempuan )

Fifit : Pakai kosakata yang di atas yang sudah di pakai gak apa2 kan bun ?
Ustadzah Nurul: Gak apa2. Kajian 10 menit lagi saya tutup

Tuty : Kalo mudzakar pasangan kata selanjutnya muanats gitu sebaliknya kah bun? masih belum mudeng saya
Ustadzah Nurul: Kalau mudzakkar pasanganya harus mudzakkar kalau muannas pasanganya juga harus muannas tut

Fifit : Latihan 3
Berilah fiil pada isim2 di bawah ini
1. Roja'a At tilmiidzu (murid laki telah kembali)
2.  YasyrobuAts sta'labu (musang)
3 jaaa Ar rojulu ( seorang laki2)
4. Waqofa As safiiinatu (perahu)
5. Yasyrobu An namlu (semut)
Ustadzah Nurul: Betul semua fit 100
Kajian kurang 5 menit mau latihan lagi?
Fifit : Jazakillah khairan jaza bun. Boleh bun. Kalo gak cukup waktunya buat PR ya
Tuty Erlina : 1. Dakhola at tilmiidzu
2. Waqofa ats sta'labu
3. Takulu ar rojulu
Saya kurang kosakatanya

Pitri : Yang saya salah semua ya
Ustadzah Nurul: no 3 tolong di revisi tut. Lihat lagi pemakain mudzakkar muannasnya
No 3 tut yaaa yang bener ya'kulu ar rojulu ok
Fit latihanya di bab lain waktu merepet
Kali ini fifit kelihatanya faham banget seneng lihatnya
Pitry yang mana punya kamu?
Tuty : Oh iya bun, harusnya yakulu, maklum bun masih amatiran
Fifit : Na'am bunda
Ustadzah Nurul : Pitri tadi sudah saya komentari suruh merevisi tplong di simak yaaaa
Tuty : Jazakillah bun
Ustadzah : Waktu telah habis moga manfaat ... Mohon maaf atas segala salah. Mari kita akhiri kajian ini dengan bacaan hamdalah
Fifit : Alhamdulillahhirobbil alaamiin. Jazakillah bunda nurul
Tuty : Alhamdulillahhirobbil alaamin
----------------------------------
Doa Kafaratul Majelis
سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang aq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”
Semoga bermanfaat